KELINCI UNTUK HARI ESOK YANG LEBIH BAIK

rendah lemak, rendah kolesterol, populasi cepat, dahsyat!

Menjawab Masalah Kelinci


Mengapa Kelinci anakan mudah mati?

Mengapa Induk Kelinci tidak mau menyusui? Mengapa kudisen dan apa obatnya?

Bagaimana cara mengawinkan kelinci secara tepat?

Bagaimana perawatan kelinci hamil?

Mengapa kembung dan bagaimana menanganinya?

Kenapa kelinci sudah dikawinkan tidak juga hamil?

Apakah kelinci butuh air minum?

Berapa lama anak kelinci wajib mendapatkan ASI?

Sejumlah pertanyaan seperti ini muncul hampir setiap hari, khususnya bagi para peternak kelinci pemula. Pada kasus induk kelinci tidak mau menyusui misalnya, seringkali membuat bingung para pemelihara kelinci. Sebagian memang tidak mau menyusui karena masa kehamilan tidak dirawat secara baik. tetapi sebagian bukan karena induk tidak mau menyusui melainkan karena ketidakpahaman pemelihara itu sendiri. Para pemelihara pemula tidak tahu bahwa waktu kelinci menyusui sangat pendek, berlangsung sekitar 2-3 menit dan itupun terjadi pada malam hari, biasanya jam 7, jam 11 atau menjelang subuh.

Mungkin karena setiap jam melihat pada siang hari induk membiarkan anak-anaknya, maka peternak pemula ini menganggap induk tidak mau menyusui. Parahnya lagi, karena tidak paham anak-anak bayi sering dipegang memakai tangan kosong, dan itu justru mengakibatkan induk tidak mau menyusui kemudian. Akibatnya fatal, mati. Demikian juga pada kasus kembung. Ketidakpahaman penyebab dan penanganan mengakibatkan kelinci pada mati. Kembung seolah-olah dianggap penyakit biasa, padahal itulah bukti kelinci terkena kuman pasteurella yang berbahaya. Pilek pun sering disalahpahami sebagai penyebab, padahal itu juga akibat dari kuman pasteurella. Dan masih banyak lagi masalah tentang kelinci.

Pemeliharaan kelinci tidak sulit. Tetapi menjadi sulit karena kita memang malas belajar dan tidak percaya pada teori. Buku Kelinci tidak pernah dibaca karena menganggap memelihara kelinci hanyalah perkara mudah. Sikap ceroboh ini mengakibatkan gagal dalam mengembangkan kelinci.  Munculnya Buku Kelinci: Pemeliharaan Secara Ilmiah, Tepat dan Terpadu sebenarnya bermaksud menjawab tantangan tersebut. Buku tebal berharga murah, Rp 61.000 ini bisa memberikan solusi. Sekalipun bukan sebuah kitab suci yang memiliki kebenaran mutlak, tetapi paling tidak bisa membantu menemani perawatan kelinci sehari-hari. Pastikan ilmu pengetahuan menjadi pilar kemajuan peternakan kelinci Anda.

KELINCI: pemeliharaan secara ilmiah, tepat dan terpadu/Penulis: Faiz Manshur/Kata Pengantar: Mutazim Fakkih/Penerbit: Nuansa Cendekia Bandung/Harga : Rp 61.000/Bisa didapat di toko buku Gramedia, Toga Mas, Gunung Agung, Mitra Aksara, Palasari, dan lain-lain. Atau pesan langsung. Hubungi Hasyim: 0818638038

Bagian I: ASAL USUL KELINCI

– ke masa silam kelinci

-Penyebaran dan Domestifikasi

– Ia berjenis logomorpha

– Pembantaian di Australia

-di Indonesia

-Jenis-jenis ras kelinci dunia

Bagian II: LEBIH AKRAB DENGAN KELINCI

-Memahami Karakter kelinci

– Anatomi

-Jenis kelamin

-Pola tidur

-kelinci sehat dan tidak sehat

Bagian III: SEKSUALITAS KELINCI

-Masa puber

-Ovulator dan hormon

-Cara mengawinkan

-Problem kawin

-Masa kehamilan

-Pelayanan saat melahirkan

-Perhatian setelah melahirkan

-Merawat Anak kelinci

-Pola makan anak

-Setelah 30 hari

-Masa remaja

-Perhatian terhadap induk

Bagian IV: PAKAN DAN POLA MAKAN KELINCI

-Di sekitar kita

-Komposisi

-Mencerna tanpa lambung

-Standarisasi pakan

-Tiga komponen pakan

-Pelet unggas untuk kelinci?

-Pasar pelet

-Alternatif selain pelet

-Membuat pakan dari bekatul

-Membuat pakan dari ampas tahu

-Bungkil kelapa sebagai tambahan

-Hay dan cara membuatnya

-Beberapa pakan yang dianjurkan

-Jadwal pemberian pakan

-Pentingnya air minum

-Pentingnya serat untuk kelinci (lampiran)

-Ampas tahu sebagai pakan kelinci (lampiran)

Bagian V: KANDANG SEHAT UNTUK KELINCI

-Syarat Pendirian Rumah kandang

-Lantai kandang

-Kandang Batere

-Ukuran Kandang batere

-Alas kandang batere

-Dua model kandang

-tempat pakan

-tempat minum

-kotak beranak

-kandang koloni

-kelengkapan dan efektivitas

-kebersihan kandang

Bagian VI PENYAKIT DAN PENANGANAN KELINCI

-Luka

-Radang (kornea) mata

-Pilek (pasteurallis)

-Tungau Telinga

-Jamur Kulit

-Bisul

-Syaraf (tengeng)

-Kanibal

-Kencing dan Persoalannya

-Penyakit pencernaan

-kembung

-Diare biasa/kasus caecotrophs

-Kokkidiosis

-Mucoid enteropathy

-Mucoid Enteripathy

-Mucoid Etiopathogenesis

-Caecal impaction

-radang usus

-Enterotoxaemia

-Inflammatory Chronic

-Sembelit

-Kuman Pasteurellosis

– Salmonellosis

– Lepotosporisis

– Cacingan

-Mastitis

-Stres

-Mengenal antibiotic

-Menghindari efek samping dengan antibiotik alamiah

Bagian VII KELINCI MENGHASILKAN APA?

-Antara hias dan pedaging

-Daging kelinci dan manfaatnya

-Etika memotong kelinci

-Penyembuh asma

-Olahan pasca panen

-Penghasil bulu (Fur)

-Manfaat feses kelinci

-Manfaat Urine

Bagian VIII PRINSIP SUKSES BUDIDAYA KELINCI

-Budidaya secara modern

-Mencapai target pembudidayaan

-Memilih bibit yang baik

-Manajemen modal

-Manajemen pembudidayaan

-Prinsip dasar Kesuksesan

-Suhu bukan masalah

-Kebersihan syarat sukses

-“Waris” hanyalah mitos

-Antara uang dan kasih sayang

-Ekonomisme yang harus dihindari

-kesuksesan dan kegagalan

-Pemberdayaan diri

-Ternak Terpadu

-Bargaining pasar

-peran pemerintah

Bagian IX LAIN-LAIN

-Glosarium

-Referensi

38 responses to “Menjawab Masalah Kelinci

  1. 0W0Y 19 November 2009 pukul 7:14 am

    saya punya sepasang kelinci sudah dua kali di kawinin blm juga lahih padahal udah satu bulan lebih

  2. muhamad ikhsan 22 November 2009 pukul 2:59 am

    saya sedang merintis usaha ternak kelinci,kira-kira pemasok daging kelinci ya ada di jwa tengah di daerah mana?kalau ada hub.email saya http://www.ichan_krtrwelu@yahoo.com

  3. Dokter Pulsa 23 November 2009 pukul 3:54 pm

    Ngomong-ngomong masalah kelinci, dari sederet pertanyaan diatas, saya punya tambahan satu pertanyaan lagi yang mungkin tidak ada sangkut pautnya dengan budi daya peternakan kelinci. Tapi terus terang saya sendiri memang nggak ngerti, kenapa kelinci identik dengan lambang atau logo playboy atau hal-hal yang relevan dengan masalah tersebut ya…??

  4. heru 23 November 2009 pukul 5:38 pm

    Mas saya ada di Jember Jawa timur,di sini sedikit sekali peternak kelinci ( breeder) kalo mau cari indu’an yang berkualitas di sekitar sini di mana ya Mas?
    tims!

  5. Kabar Kelinci Indonesia 24 November 2009 pukul 7:10 am

    kelinci memang play boy, gemar kawin, siklus kawinnya mirip manusia yang tidak kenal waktu kecuali seminggu sebelum dan sesusah menyusui. Pokoknya hobi kawin, daya seksualnya tinggi.

  6. Enal 2 Desember 2009 pukul 2:23 am

    Bagaimana yah mas atasi kelinci strees dlm perjalanan jauh, dan umur brp kelinci aman dibawa dlm perjalanan jauh.

  7. agus 11 Desember 2009 pukul 5:29 am

    mw tanya…. cara mencukur bulu kelinci gmn?
    tips2 nya gm? pke alat khusus ato pke gunting biasa jg bs?

    cz dpt pengalaman buruk nih barusan….
    aq baru beli anggora baru,, bulu di pantatnya menggumpal, jd aq cba gunting pke gunting biasa, stelah aq mandiin. aq gunting beberapa bulu yang menggumpal. Celakanya pada bagian pantatnya ad kulit yang ikut ke gunting.waduh ngeri puol aq. emg sih g berdarah, tp kasihan liat kelincinya pasti nahan sakitnya.. tolong dong kasih tips2 ngencukur yang baik dan benar.
    sebelumnya terima kasih…

  8. Kabar Kelinci Indonesia 11 Desember 2009 pukul 11:05 am

    menggunting bulu prinsipnya mudah. pakai gunting yg tajam dan situsi kelinci dalam keadaan nyaman, tidak berontak.

    soal gumpalan itu masalah lain. bagian sulit jangan disamakan dengan bagian bulu yg mudah. Sebelum digunting bersihkan dulu pakai air hangat. agak panas juga gpp asal jangan nyiprat ke daging. uraikan kotorannya dulu. nanti kalau sudah mengurai otomatis mudah mengguntingnya. Tangani saja secara khusus bagian gumpalan. harus sabar karena itu kesalahan kita sendiri yg tidak rutin mencukur secara rutin. kalau sering diperiksa sebelum menggumpal terlalu lama tentu tidak akan masalah.

  9. anes 14 Desember 2009 pukul 2:24 pm

    kelincikuzsakit perut mual tapi bukan mau melahirkan ………………….kembung ……….sudaah di kasih obat diapet. kok ngak sembuh……………apa ya obatnya

  10. Kabar Kelinci Indonesia 14 Desember 2009 pukul 2:36 pm

    kembung sudah gawat. Segera cari metronidazol atau enrofloxacin. Itu antibiotik bisa didapat di obat hewan.

  11. putri 14 Desember 2009 pukul 2:53 pm

    selamat mlm…

    obat kelinci itu bisa d dapatkn d mna???
    sy krj d p’ushaan obat&vaksin utk hewan tp plig sring utk ayam,babi,sapi,anjing & kucing.utk kelinci tdk ada(blm pernah jual utk kelinci)utk vit.B komplek sy pakai produk sy sndri,tp utk p’nyakit jamur,konsentrat,dll.sy msh bingung m’carix k mna????
    mohon infox dr KKI.trimss

  12. Kabar Kelinci Indonesia 14 Desember 2009 pukul 4:19 pm

    YA DI OBAT HEWAN KAN BIASANYA ADA. sudah nyoba belum? sementara pakai obat hewan ruminansia saja. Tetapi memang harus hati2 soal dosis. kelinci agak rawan dengan antibiotik. Cari saja enrofloxacin yg sudah direkomendasikan khusus untuk kelinci. atau coba cari di http://www.temanc.com/profile.php itu ada obat kelincinya. Cari enro saja ya.

  13. bagus bambang 17 Desember 2009 pukul 4:50 am

    klinci annggora q sakit mncret obatnya apa?

  14. zalipunya 26 Januari 2010 pukul 10:56 am

    sayuran apa saja ya yang baik buat kelinci.
    kelinciku cepet bosen…

  15. Kabar Kelinci Indonesia 26 Januari 2010 pukul 12:52 pm

    rumput adalah pakan terbaik bagi kelinci. Daun bayam boleh tetapi hanya sedikit buat gizi dengan campuran, begitu juga daun semanggi. Untuk kelinci anak tidak usah macam2. Cukup ASI induk dgn sedikit rumput. Kangkung dan kubis tidak baik. Daun brokoli bagus. Tetapi mesti dicuci krn byk pestisida.

  16. Pingback: TERNAK KELINCI « Gelekyulis'sBlog

  17. andi 1 April 2010 pukul 12:42 pm

    ass.w.w
    sy mo tanya lg,kelinci sy terlihat lesu,pucat,tdk banyk gerak,dan telinga terkesan diturunkn. feses’y keras & kecil(mirip feses anakan umur 2bln) & bentuk’y tdk beraturan. nafsu mkn juga turun. selama sakit sy beri ldah buaya 2 hr sekali. sekarang belum menunjukkan tanda2 sembuh total. klo boleh apa nama penyakit’y,apa obat’y dan pemberian lidah buaya apakah dibenarkan?
    makasih atas jawaban’y.
    wass.w.w

  18. Kabar Kelinci Indonesia 2 April 2010 pukul 11:55 am

    stres. Bisa jadi kalah dominasi yang stres itu kemudian mengakibatkan gangguan pencernaan. Kalau kotoran bau menyengat biasanya gangguan enteritis.
    Coba obati dengan jahe merah campur bawang putih dan biji pepaya kering. Ditumbuk, lalu ambil airnya, 2-3 sendok makan cukup setiap pemberian. 2-3 x saja.

  19. Nia 12 April 2010 pukul 3:16 pm

    malam,
    saya mau tanya, anak kelinci saya sudah berumur 2 bulan lebih 1 manggu, tapi baru saya sadari 2 ekor dari 7 ekor anak kelinci saya mempunyai gigi yang tidak wajar menurut saya karena yang lain tidak seperti itu..
    giginya lebih panjang yang bawah daripada gigi yang atas dan tapak seperti cakil…jadi jelek karena bulu di leher bawahnya sampai tersangkut di gigi bawahnya…kasihan sekali..
    saya pernah baca buku bahwa kelinci perlu mengasah giginya dengan makanannya…apa itu benar?
    kalau iya, mengapa yang 5 tidak memiliki gigi seperti itu?padahal makanan yang diberikan sama karena masih jadi 1 kandang..bagaimana solusinya?karena yg 2 ekor itu juga akhirnya malas makan yang harus dikerat-kerat seperti wortel..
    mohon bantuannya,apa yg bisa saya lakukan?
    terima kasih banyak sebelumnya..

  20. Kabar Kelinci Indonesia 13 April 2010 pukul 1:17 am

    Keturunan inses melahirkan masalah seperti itu. Hasil perkawinan sedarah memang merusak banyak hal. Makanan wortel dan ubi jalar (putih) cukup membantu pada masa pertumbuhan, tetapi tidak menjamin sembuh. Solusinya nanti potong gigi secara khusus.

  21. derly 28 April 2010 pukul 8:45 pm

    bang kelinci rek saya sdh 7hr telapak kaki depanya bengkak jadi klo jln kaki yg bengkak slalu diangkat jadi hanya menggunakan 3 kaki, sy gak tau penyebabnya dan pada bagian luar ga da luka. asalnya cuma pincang dikit aja tp skrg bengkak. klo saya mau periksa kaki nya tuh kelinci slalu brontak. trus tuh klinci lg hamil mungkin semingguan lg bersalin,
    bagai mana dan apa obatnya

  22. Dallin 29 April 2010 pukul 7:24 am

    Kelinci saya…saya kasih makan rumput y campur2, kira2 bguzz gk y….???

  23. Kabar Kelinci Indonesia 2 Mei 2010 pukul 5:25 pm

    ya mestinya begitu. kalau enggak campuran gizinya susah, minimal 3 jenis rumput setiap pemberian.

  24. Kabar Kelinci Indonesia 2 Mei 2010 pukul 5:31 pm

    kemungkinan gangguan tulang patah. kalau sakit dipegang ya berontak. Itu soal teknis kepintaran kita mengendalikan kelinci.Pangku elus2 dan perlakukan secara baik. Periksa sebaik mungkin. Jika urusannya tulang berikan pasokan kalsium yg baik supaya tidak lumpuh, apalagi masa hamil. Wortel rutin tiap pagi, daun pepaya dan juga ubi jalar.

  25. taman kelinci purwakarta 15 Mei 2010 pukul 9:14 pm

    mohon penjelasan nya sy ada kelinci puzylop umur 3,5bulanan, sewaktu beli pada umur 2bulan telinganya sdh turun semua tp knp skrg stlh berumur 3,5bln telinganya naik sebelah. apakah hal ini disebut gagal ras? dan apakah akan begitu seterusnya ?.

  26. Kabar Kelinci Indonesia 16 Mei 2010 pukul 4:37 am

    kenapa masalah otot dijadikan persoalan ras? sungguh rasis. Hehe….
    namanya juga barang panjang, ya wajar kalau lentur. Kelinci domestik yang kurang mengembangkan fungsi ototnya wajar jika memiliki kelemahan dalam otot, termasuk otot telinga. Perubahan2 otot adalah hal yang lumrah. Biarkan saja.

  27. taman kelinci purwakarta 16 Mei 2010 pukul 4:14 pm

    maaf pak sy penghobi pemula, selama ini sy tau nya jika puzylop sewaktu masih anakandibawah 2bln telinganya tegak sama seperti kelinci lain kemudian seiring bertambah usia telinganya akan berangsur turun, bukankah itu ciri khas ras puzylop/holand lop. tapi puzylop sy ini semakin besar malah kembali tegak, sering sy amati telinga puzylop lop indukan kadang waktu2 tertentu suka tegak jika ada suara kucing/anjing atau suara lain yg mengejutkan tp beberapa saat kemudian turun lagi, lain halnya dgn yg ini lagi makan pun telinganya tegak, apakah ini efek dr obat oles radix55 krn ada kudis ditelinganya

  28. Anita 29 Juni 2010 pukul 12:37 pm

    mohon bantuannya pak … hidung kelinci saya mengeluarkan cairan putih kental, apakah pilek ? atau penyakit lainnya ? dan bagaimana cara mengobatinya … terima kasih pak …

  29. Kabar Kelinci Indonesia 30 Juni 2010 pukul 2:44 am

    bisa dicari pada masalah pilek di situs ini. Sebenarnya kelinci tidak memiliki sakit pilek. Hidung berlendir bersin2 90% penyakit pasteurella multocida. Itu sangat menular dan bisa menurun karena penularan dari induk ke anaknya. Sulit sembuh, kalaupun sembuh suatu ketika bisa kambuh lagi. Oleh karena itu perawatannya harus ekstra. Tidak cukup penjelasan singkat. Anda bisa mencari terapi dengan kata kunci “pasteurella multocida rabbit” supaya lebih jelas.

  30. Anita 2 Juli 2010 pukul 5:12 am

    terima kasih atas penjelasannya ya …

  31. rayidede 21 Juli 2010 pukul 6:58 pm

    maap mas saya punya anakn klinci EA umur 1,4 bulan dtnggal mati indukx,
    skrng saya bru ada mslh mas,yg satu kmren lusa mulai nampak gejala2 kembung sprti geraknx ga lincah,ada lendir mnngantung d anus,nafsu mkan brkurang dsb (tp fesesx biasa,bulet2 trus keras) trus kmren saya kasi antangin cair tp mpe skrng blom ada kmajuan signifikn,
    nafsu makan masi dikit trus klinci jarang gerak..
    sbaikx gmn y mas?

    trus yg satu lg badanx gemetaran gt mas,kasian ngliatx..
    bwat anakan kelinci umur sgtu,sbaikx saya kasi makan apa y mas?
    makanan yg biasa saya kasi pasca ibux mati cman daun kacang,daun pisang,sma hay trus tak kasi mnum jg air d campur vitamin ti-rex..

    ada solusi bwat ngrawat kelinci kecil saya g mas?
    saya butuh bgd infox..
    trimakasih..

  32. luv rabbit 9 Agustus 2010 pukul 5:57 pm

    kk saya baru dapet kelinci 3 ekor…
    kayaknya c masi dbawah 2bln coz bli dipinggir jalan…
    nah saya dah ngumpuliun cukup referensi bwt pemeliharaan kelinci…
    bwat pakan saya punya pelet, daun singkong,rumput, daun jambu, daun pepaya,jagung dan wortel…(slalu tersedia)
    apakah daun singkong baik utk kelinci…???
    baiknya seperti apa, semua daun di campur???atau di beri satu jenis tiap hari???
    aturan pakannya yg baik bagai mana setelah pagi hr diberi pelet..????
    pakah pemberian rumput jg sama seperti pemberian sayuran ???(harus dilayukan dulu)

    mohon pencerahan kk…
    terimakasih
    bls lewat email y kk byar lebih jelas…^_-
    auliarakhman.rakhman@gmail.com

  33. Kabar Kelinci Indonesia 11 Agustus 2010 pukul 3:06 am

    terimakasih. tapi sepertinya semua pertanyaan anda sudah terjawab di situs ini. Mohon telaten membacanya.

  34. Wawan 16 Agustus 2010 pukul 11:50 am

    Mas, saya peternak pemula baru 7 bulan, skrg kelinci saya kurng lbh ada 50 ekor, jenis :rex, lyon, anggora, EA, FLAM. saya bru beli 3 anakan rex, jarak 1 hari mati krn kembung. Dan dr situ spt menular ke yg laen. Total 4 hr udah mati 12 ekor anak2 smpai indukan. Sy br obat ttp saja? Apa penyebab dan solusi obatnya? Trm kasih

  35. Wawan Krisbianto 27 Agustus 2010 pukul 2:59 am

    Kelinci saya barusan terkena kembung saya cari obat metronidazol kesulitan…apa ada yang lain??

  36. Kabar Kelinci Indonesia 27 Agustus 2010 pukul 2:23 pm

    penjelasan masalah kembung di situs ini panjang lebar dijelaskan. Mohon bisa melihat pada bagian tulisan lain judulnya kelinci kembung.

  37. sukakelinci 18 September 2010 pukul 8:27 am

    kak..kelinci rex saya pertama-tama muncul seperti gondok, tetapi lama-kelamaan menjalar ke kaki depan sebelah kiri (membengkak) sehingga kakinya sampai tidak kelihatan..
    Itu kenapa yaw??
    obat apa yang bisa diberikan??
    terima kasih..

  38. prazeric 6 Desember 2010 pukul 10:50 am

    mas, saya mau tanya,,
    jari kelinci saya ada semacam kerak,, itu knapa ya ? apa kena tungau yang umum menyerang telinga kelinci ? obatnya apa kira2 ?
    mkasih sbelumnya,,

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: