KELINCI UNTUK HARI ESOK YANG LEBIH BAIK

rendah lemak, rendah kolesterol, populasi cepat, dahsyat!

TANYA JAWAB MENYUSUI


Apa bedanya ibu kelinci dengan ibu manusia?

T (Tanya)
J (Jawab)

T: Kelinciku tidak mau menyusui. Kenapa?
J: Memang kenapa? sakit parah?
T: Tidak tuh. Sehat-sehat saja. tapi habis melahirkan cuek bebek terhadap anak-anaknya. Sikecil itu bergelimpangan sendirian di kotak. Kasihan.
J: Pakai logika saja Bung. Namanya habis melahirkan ya butuh istirahat. Capek. Butuh air minum, butuh makan banyak. Menyusui juga ada waktunya.
T: Iya pak. Tapi dari pagi melahirkan sampai sore tidak disusuin? Malah rumputnya diaduk-aduk untuk menutupi anak-anaknya.
J: Sudah tahu belum waktunya menyusui?
T: Belum.
J: Nah, makanya jangan berprasangka buruk sama kelinci. Yg enggak mau menyusui itu biasanya manusia, ibu karir atau yang sok kariries. Kalau kelinci sih sayang sama kesehatan anak-anaknya. Mau menyusui sampai akhir waktu. Kalau manusia malah tega nyusuin cuma 6 bulan dari kewajiban 2 tahun. Anak-anaknya malah direndahkan derajatnya jadi anak sapi.
T: Maksudnya?
J: Belum paham tho? Ya itu. Jangan khawatir kelincimu seperti ibu-ibu manusia. Tenang saja. Selama tidak sakit parah atau stress gawat, alias gila, induknya pasti mau menyusui.
T: Kapan?
J: Gini aja. Biar yakin, ente tongkrongin di depan kandang dari jam 5 sore sampai subuh.
T: Wah! Repot dong.
J: Makanya, jangan sok berprasanga buruk sama kelinci. Menyusui itu ada waktunya. Bisa magrib, tengah malam, dini hari. Kadang-kadang saja siang hari. Induk kelinci itu baik-baik tidak seperti manusia. Setiap habis menyusui atau melihat sarangnya tidak nyaman biasanya langsung dibenahi. Induk perhatian pada anak-anaknya supaya tidak kena udara dingin sebelum anak-anaknya punya bulu.
T: Tapi ada kasus anak-anaknya pada mati karena induk tidak mau menyusui.
J: ya itu wajar. Dalam artian induk tidak dalam situasi normal, entah stress, bisa jadi kanibal juga, atau penyebab sakit akut. Kelinci dalam kondisi sakit selama masih bisa bergerak ia tetap akan menyusui kok.

52 responses to “TANYA JAWAB MENYUSUI

  1. Abughifari 14 Desember 2009 pukul 2:33 am

    wah mantap pencerahannya, selama ini saya dapat informasi yg menyesatkan utk bisa pelihara kelinci. hampir semingguna kami sekeluarga stress akibat info kalau kelinci ngga mau nyusui. berhubung kelinci kami baru melahirkan terus dilihat siang hari dia ngga mau masuk kotak..he he ternyata lebih banyak malam hari ya…pantes sudah 4 hari ini si anaknya masih hidup.
    terima kasih banyak info berharga ini.

  2. yahya sanusi 16 Desember 2009 pukul 2:20 am

    Masa kanak2 Saya pernah pelihara banyak kelinci,cara saya memelihara bgini… klo pasca lahiran…anak2 kelinci yng masih kecil itu…saya pisah dari induknya, krena kalo disatukan sering diinjak2 oleh siibunya sendiri… trust klo mo nyusu… saya ambil siibu kelinci…saya baringkan dg cara pegang ke4 kaki serta daun telinga nya saya pegang erat2…lalu saya dekatkan ke bayi2 kelinci yang masih merah….so…berbondonglah menyulu sibayi2 dengan nyaman….hal semacam ini saya lakukan pagi, siang dan sore….sampai akhirnya sibayi2 bisa makan rumput sendiri….Klo sudah bisa makan sendiri siibunya saya campur lg dech dg si jantan…. dg bgini jd buanyak sekali ampe g’ ketampung…. apa cara semacam ini dibenarkan….saya g’ tau…

  3. Kabar Kelinci Indonesia 16 Desember 2009 pukul 2:27 am

    Ceritanya masih meragukan. Ukuran kotak itu sangat penting. Prinsipnya induk tidak menginjak kecuali terinjak krn kotak kurang lebar. Ukuran kotaknya berapa? induknya sebesar apa? Yg namanya di dalam kotak lalu induk masuk ya pasti seolah2 terinjak. Kalau bukan karena kanibal atau stress tidak perlu dengan cara begitu. Anda agaknya blm paham pola dasar penyusuan kelinci. Malam hari kelinci menyusui dan hanya sebentar. Mengapa harus siang dan sore? memang setiap hari berapa kali kelinci menyusui? Kasihan sekali induknya kalau harus menyusui lebih banyak. Induk itu punya daya terbatas pasokan susu. Bisa bengkak kalau dua kali. Cukup jam malam saja. Rutin. Kalau jam 7 ya jam 7 jangan digeser waktu menyusuinya. Anak kelici sudha bisa makan pada umur 17 hari. Tapi butuh kumpul sampai umur 2 bulan dengan induk. Kalau Anda memisahkan anak hanya karena alasan sudah bisa makan sendiri itu dzalim. Campur lagi dengan jantan? tidak ada konsep hidup campur kecuali hanya beberapa menit untuk kawin. Bisa stres itu induk kalau tiap hari dikawini sama pejantan.

  4. annisa 17 Desember 2009 pukul 5:25 am

    wah wah ,
    kaya aku doong …
    kesel bangeet sama ibunya kelinci !
    abisnyaa ga mau di susuin anaknya ,
    smpe aku taro anaknya di kandang …
    eh , pas pagi” anaknya jatoh ada di bawah kandang !!!
    mana pas malemnya hujan gede lagi !
    ya ampuuuun …
    kasian banget !
    tega deh sang induknyaa T_T

  5. Kabar Kelinci Indonesia 17 Desember 2009 pukul 12:14 pm

    Bukan ibu kelincinya yg tega, tapi pemeliharanya. Siapa bilang kelinci enggak mau menyusui? memang menyusui terus sepanjang hari?

  6. otakatikatakata 16 Januari 2010 pukul 12:42 pm

    Kalo ceritanya begini gimana? Mohon kasih solusi,,,
    Kelinci saya sudah dua kali melahirkan, yang pertama mati karena terinjak. Yang kedua hidup (msh b’umur 3 hari, hari ini).
    Yang menjadi pertanyaan:
    1. kelinci betina saya puting susunya tidak keluar, trz gmn dia bs mnyusui, karena saya sering nongkrongin kandangnya, dia gak kunjung menyusui (makanya saya cek puting susunya, ternyata belum keluar juga).
    2. Kelinci saya, sudah dua kali ini melahirkan, anaknya cuma 1 doank, normalkah itu?
    3. Haruskah kelinci jantan dipisahkan dengan betina bila sedang proses menyusui?
    Terimakasih

  7. Kabar Kelinci Indonesia 16 Januari 2010 pukul 12:55 pm

    Pada prinsipnya induk tidak mau menginjak anak. Itu sangat celaka. Yg terjadi ialah induk kesulitan mencari tempat untuk menapakkan kakinya karena kotak sempit. Jika cukup pasti tidak akan sengaja menginjak. kedua, kalau pun terjadi injakan biasanya tidak akan mati dan induk akan segera mencabut injakannya. Induk juga punya naluri perlindungan sehingga tidak usah khawatir injakan selama luas kotak cukup.

    yang belum keluar itu puting susu atau air susu? kami belum yakin bahwa Anda sudah mahir dalam mengecek hal ini. Cara nongkrongin kandang apa benar anda pernah melakukan dari magrib sampai subuh? kalau nongkrongnya siang dijamin deh tidak akan melihat penyusuan karena masa penyusuan biasanya sepanjang malam dan sangat jarang yg dilakukan siang hari.

    jumlah anak bisa normal berapapun. Kelinci melahirkan 1 ekor anak juga wajar saja. Sedikit banyaknya anak sangat ditentukan oleh hormon, entah dari sang betina atau pejantan. Bisa jadi seekor betina biasanya melahirkan 8 anak, tiba2 dalam perkawinan lain hanya melahirkan 2, atau 1 ekor. Bisa jadi karena pejantannya, bisa pula karena faktor perkawinan yg kurang tepat.

    pertanyaan ketiga agaknya menunjukkan bahwa Anda belum memiliki kaidah dasar masalah kelinci, karena itulah tadi soal susu kami ragukan. Kematian bisa jadi karena memang tidak mau menyusui, tetapi yg lebih sering ialah tidak punya pasokan air susu karena gizi yg diberikan miskin. Pertanyaan ketiga bukan harus, tetapi wajib. Jika induk melahirkan dalam situasi campur dengan pejantan, dipastikan induk stres, bahkan anak-anak kelinci bisa dimatikan oleh pejantan. Sangat dzalim jika dalam masa kehamilan atau penyusuan induk betina dicampur dalam satu kandang dengan pejantan.

  8. pongki 22 Januari 2010 pukul 1:51 am

    Kelinci rex saya melahirkan 5 ekor.. setelah beberapa hari tampaknya ada satu bayi yg kurus kempot sementara bayi2 yg lain sehat dan gembul2.. boleh ga bayi yg kurus itu saya kasi susu? kalau boleh susunya apa? bagaimana cara pemberiannya? Saya tidak punya kelinci betina lain yg sdang menyusui juga, jd ga bisa nebeng..
    trims

  9. pongki 22 Januari 2010 pukul 2:51 am

    Lanjutan yg td ya pak, saya mo kasi pertanyaan n keterangan yg lengkap biar ga diomelin ama KKI gara2 ga jelas nanya-nya hehehe..
    Kelinci saya biasanya nyusuin pagi subuh2 sekali doang.. Sore2 bayi yg kurus itu coba saya deketkan ke badan induknya & saya tempelkan supaya menyusu ke putingnya. Si bayi mau ngenyot, tp koq perutnya ga penuh2 ya, kempes mulu. Sepertinya pasokan ASI si induk belum pulih, jadi itu bayi mulut nya pindah2 mulu dari puting satu ke puting lain n kyk ga puas gitu.. saya takut lama2 tenaganya makin lama makin abis trus mati. Saya tdk mau menjadi orang kota pembantai kelinci.

    trims

  10. otakatikatakata 23 Januari 2010 pukul 5:29 am

    Karena keluarga saya sangat menginginkan kelinci kami berkembang biak, kami secara bergiliran memeriksa kandangnya begitu kelinci kami itu melahirkan. Dan jawabannya tetap sama, si induk cuek dan tidak menyusui anaknya. Maka dari itu, kami curiga, kami periksalah si betina, hasilnya= puting susunya tidak keluar, saya sudah merabanya dengan benar, dan sudah memastikannya.
    Nah, dari temuan itu pula kami ingin bertanya demikian…
    Skrng saya ingin bertanya lagi, dari temuan yang sudah saya jelaskan tadi, abnormalkah kelinci betina saya? Apakah ini berhubungan dengan jumlah anak?

  11. otakatikatakata 24 Januari 2010 pukul 3:04 am

    Apakah kelinci boleh dimandikan?
    Gmn caranya biar ia tidak berontak?

  12. Kabar Kelinci Indonesia 24 Januari 2010 pukul 4:12 am

    kalau sudah 4 bulan boleh. Kalau anda bisa akrab tidak berontak. Tetapi kelinci dimandikan itu akan membuat stres, terutama masa-masa awal. Ya biasakan saja. Jangan hanya sekali karena Anda hanya ingin memandikan. Kalau tujuannya hanya ikut2tan trend mandikan kelinci tidak usah. Kalau tujuannya untuk perawatan kebersihan karena kotor silahkan. Cara tidak berontak mesti menyediakan kandang khusus untuk mandi. Buat saja dari kawat yg sebesar badan kelinci, pas. Jangan sampai air kena bagian leher. Itu membuat ngilu kepala kelinci. Jgn juga masuk ke bagian telinga dan hidung. Stres payah nanti.

  13. Kabar Kelinci Indonesia 24 Januari 2010 pukul 4:15 am

    Kalau memang sungguh tidak memiliki puting, tentu saja itu ada kelainan, penyebabnya sejak kecil pertumbuhan abnormal, alias kurang gizi, termasuk sang induk itu tidak mendapatkan gizi baik dari induknya. Kelinci yg dijual sembarangan di pinggir jalan tidak mengherankan mengakibatkan hal itu. Kalau memang induk tidak mau menyusui dengan ditandai kematian anak secara serempat paka 2-3 hari itu, nanti kalau melahirkan lagi dan susu tidak ada, mestinya disusukan ke induk lain yg sedang hamil bersamaan. Kalau tidak puny induk lain, itulah memang repotnya. Kami tidak menyarankan kelinci hidup berkembang sendiri. Mesti memiliki banyak kelinci supaya perkawinan dan penyusuan bisa bekerjasama,-sebab kelinci memang makhluk sosial.
    Tidak ada hubungannya dengan jumlah kelahiran anak.

  14. Kabar Kelinci Indonesia 24 Januari 2010 pukul 4:22 am

    Selama masih menyusui gak usah terlalu reaktif begitu. Jangan menganggap induk tidak bisa merawat. Jangan pula ditengak-tengok sampai2 muncul kesimpulan kasih susu. Mau kasih susu apa? susu kelinci ya sudah cukup dari asi induknya itu. Biarkan saja. Selama induk bergizi anak-anaknya nanti bergizi juga.

  15. Kabar Kelinci Indonesia 24 Januari 2010 pukul 4:24 am

    kalau sudah mau menyusui ya sudah. Kenapa Anda harus terlibat sampai sejauh itu? berikan gizi yang baik dan kondisi yang nyaman saja. nanti tumbuh berkembang sendiri. Jangan tidak sabaran. Nanti kalau sudah besar kelihatan.

  16. asep jo 24 Januari 2010 pukul 7:31 am

    no coment
    soalnya kelinci saya baru melahirkan jam 1 pagi tadi saya belum tau jelas berapa jumlah anaknya soalnya gak keliatan ama bulu
    emang dari setelah melahirkan ampe sekarang blm jg menyusuin anaknya tpi gpp, kita liat nanti perkembangannya setelah 2 hari. semoga induknya mau menyusui………^_^

  17. Kabar Kelinci Indonesia 24 Januari 2010 pukul 10:36 am

    pasti mau. Tidak ada kelinci yg tidak mau menyusui. Jika sakit itu bukan tidak mau, melainkan tidak bisa. Bahkan dalam kondisi sakit pun kelinci selama masih bisa menyusui pasti ia akan melakukan. Pastikan tidak ada semut di kandang, tidak ada basah dan nyaman. Rumput kering/jerami perlu disediakan sebagai tambahan supaya induk merasa nyaman melindungi anaknya.

  18. gelekyulis 25 Januari 2010 pukul 11:26 am

    kelinci saya ngk prnh tak beri minum bahaya ngk ?krn saya baru meliahara kelinci

  19. Kabar Kelinci Indonesia 25 Januari 2010 pukul 1:48 pm

    baca penjelasan tentang air minum di situs ini.

  20. dimas'mom 27 Januari 2010 pukul 7:46 am

    senin jam 14.00wib 25januari 2010, kelinci kami melahirkan 6 anak, mati 1 tinggal 5 waktu dicek magrib, nambah 1 lagi dan siibu tampaknya mengalami perdarahan…. dimana2. hari ini jam 12 siang mati3 dan sepertinya siibu tdk pernah menyusui anak2nya. akhirnya saya putuskan menganggkat dan menyusukan dg pipet ke3 anak itu. kata orang jika sudah kena tangan manusia induk tidak mau menyusui lagi anaknya, apa yg harus saya lakukan ? tetap memberi susu dg pipet atau mengembalikannya kekandang bersama ibunya….

  21. asep jo 27 Januari 2010 pukul 2:28 pm

    ternyata kelinci mempunyai sifat atau karakteristik yang unik. dengan sifatnya itu sering sekali bikin sang pemilik panik dan salah tingkah……. satu masalah tlah terselesaikan, saya tidak lagi panik jika ada indukan yang melahirkan………….:)

  22. yulis 20 Februari 2010 pukul 2:53 pm

    pak knp kelinci induk selalu menginjak anaknya hingga pada mati smua

  23. Kabar Kelinci Indonesia 21 Februari 2010 pukul 8:37 am

    Naluri induk tidak akan begitu. Tidak juga akan menginjak secara sengaja. Kenapa terinjak? biasanya kotak tidak ideal sehingga induk sulit menempatkan kakinya. Kedua, kematian biasanya bukan karena injakan tetapi mungkin disebabkan induk kurang gizi sehingga ASInya tidak bagus. Pastikan kotak sarang sebaik mungkin.

  24. samuel 28 Februari 2010 pukul 7:37 am

    klinciku kmaren nglahirin 5 anak.. tp mpe skrg g da nyabutin bulunya shingga anak2nya trgeletak bgitu saja.. apakah itu normal??

  25. Kabar Kelinci Indonesia 3 Maret 2010 pukul 6:15 pm

    itu dari induk yang bibitnya tidak bagus. Kedua, bisa tidak masalah manakala anak-anak diberikan rumput kering atau jerami yg bersih. kelinci tanpa bulu butuh perlindungan dari rumput kering yg tidak busuk atau jeramin lembut. yg banyak biar rapat.

  26. samuel 4 Maret 2010 pukul 12:25 am

    jyah telat agan jawab,, 2 udah mati, satu pagi ini dktemukan trbaring lemah tanpa tenaga,, slama ini jg si induk tidak mau mnyusui makanya tiap hari kmi paksain buat nyusuin,, klo biar bisa diadopsi ma induk laen gmn caranya mas?? soalnya ada induk satu lg jg nglahirin cm beda 2 mingguan..

  27. Kabar Kelinci Indonesia 4 Maret 2010 pukul 12:58 pm

    masalah induk tidak mau menyusui itu tidak akan terjadi manakala pakan dan keadaan kandang sudah layak untuk kelinci. Dipaksa-paksa juga sulit karena sesungguhnya kelinci bukan tidak mau menyusui, tetapi lebih banyak disebabkan kurang gizi. Adopsi bisa, tetapi biasanya hanya untuk jarak dibawah kelahiran 4 hari. Kalau jarak jauh ya pasti mesti disusukan. Dan ini juga bukan tanpa resiko krn induk itu diperberat oleh sedotan susu. Gizi mesti diperbanyak. Rumput harus banyak.

  28. samuel 12 Maret 2010 pukul 10:38 am

    nanya lagi mas,, umur brapa telinga loop bunny mulai jatuh?? apakah skaligus dua duanya apa sbelah2 dulu??

  29. Kabar Kelinci Indonesia 12 Maret 2010 pukul 10:59 am

    ya kalau sudah memanjang dan hilang keseimbangan jatuh sendiri. Satu atau dua langsung itu tergantung struktur telinga. Tidak usah terlalu merepotkan dengan telinga.

  30. restu 26 Maret 2010 pukul 6:47 am

    kelinci saya baru lahir ,anaknya ada 6 tp dari sebelum lahir belum saya sediakan kotak,,jadi begitu sudah lahir baru saya pindahkan bayi kelinci ke kotak beserta bulu2 kelinci induk yang rontok,, salah ga saya ya? takutnya jadi bau tangan manusia. apakah si induk jadi tidak mau menyusui bayinya?

  31. Kabar Kelinci Indonesia 27 Maret 2010 pukul 5:08 pm

    ya tidak salah. Itu tindakan cepat. Sebagian induk memang sensitif, tetapi sebagian tidak mempermasalahkan bau tangan manusia.
    Pastikan kotak dengan tambahan jerami/rumput lapangan kering. biar anak2 itu nyaman dan induk tenang.

  32. andi 12 April 2010 pukul 1:41 pm

    sy mo tanya,
    kelinci sy melahirkn 6 anak.ketika anak mulai bsa makan, ya kira2umur 1bulan, anak2’y mati berurutan.ketika itu sy berasumsi krn sy beri polar. kemudian indukan yg lain ketika anak’y mulai bsa makan tdksy beri polar. hasil’y sama.anakY jg pada mati berurutan. gimana solusi’y ya agar anakan kelinci bsa hidup semua?dan apa gizi yg harus diberikn utk indukan yg menyusui?
    mohon jawaban’y.

  33. Dian 13 April 2010 pukul 2:31 pm

    pak apa betul klw anak kelinci yg br lahir tdk boleh terpegang manusia,,, kta org tdk mw menyusui lg,,,benerkah itu?

  34. Kabar Kelinci Indonesia 13 April 2010 pukul 8:11 pm

    sebaiknya jangan. Kalau terpaksa harus megang pakai tisue, koran atau kain. Sebab penciuman kelinci sangat tajam sehingga mencium bau makhluk lain ia akan merasakan kelainan. Tidak semua kelinci menolak anak yg telah dipegang oleh manusia, tetapi sebagian memang sensitif. Kalau induk sudah lama akrab dgn tubuh kita biasanya tidak masalah. Nah, sebaiknya hindari. Itu saja lebih baik.

  35. pratiwi kusuma dewi 29 April 2010 pukul 6:15 am

    kenapasich kelinci sering memakan ankny sendiri yang lemah??
    kalu anaknya di anggap sudah tidak bisa bertahan hidup malah induknya memankanny//
    knpa?/

  36. fajar 29 April 2010 pukul 4:58 pm

    maaf pak saya mau yanya, anak kelinci rex saya baru umur 9hari,pas tadi hujan deras;jendela kandangnya lupa saya tutup plastik,trus anak2 klincinya kena sdikit air hujan,nanti induknya masih mau menyusui ga ya pak,pertanyaan yg ke 2 kelinci angora saya melahirkan pdhal dah saya sediain kotak tp ga mau mlahirkan dlm kotak,terus saya pindah kekotak.kira2 siinduk nantinya mau menyusui ga ya pak.trims

  37. Kabar Kelinci Indonesia 2 Mei 2010 pukul 5:21 pm

    ya buktikan saja. masalah2 itu agaknya tidak menganggu penyusuan. Yg jadi masalah itu adalah kedisiplinan menjaga kelinci, mosok sampai kena air hujan. Bisa menganggu. Kenapa tidak mau melahirkan di kotak yg disediakan? ya kotaknya yg bermasalah. Periksa ada apa? kemungkinan besar kotaknya sudah pernah ditempati induk lain untuk beranak ya?

  38. nugroho 3 Mei 2010 pukul 12:12 pm

    pak, saya mau nanya, anakan kelinci yang sudah bisa makan selain asi induknya, lebih baik dikasih makan apa ya???????? terimakasih

  39. Kabar Kelinci Indonesia 4 Mei 2010 pukul 10:45 am

    anak kelinci bisa memulai makan umur 17 hari. Itupun makan serat saja, karbohidrat dan kalorinya masih mengandalkan susu.
    Di bawah umur 22 hari belum perlu memberikan makan. ASI sudah cukup. Baru kalau sudah 17 hari rumput bisa ditambahkan pada siang hari.

  40. taman kelinci purwakarta 26 Mei 2010 pukul 7:55 pm

    aduh sy bingung membaca penjelasan KKI atas komentar NUGROHO:

    “anak kelinci bisa memulai makan umur 17 hari. Itupun makan serat saja, karbohidrat dan kalorinya masih mengandalkan susu.
    Di bawah umur 22 hari belum perlu memberikan makan. ASI sudah cukup. Baru kalau sudah 17 hari rumput bisa ditambahkan pada siang hari.”

    katanya belum 22 hr gak perlu kasih makan tp umur 17hr rumput bisa…gimana ini maksudnya ???
    sekalian mau nanya juga neh…umur anak kelinci sy 20 hr sdh makan rumput terus kalo sy mau ngasih makan induknya dgn bekatul,ampas tahu, pelet apa gak berbahaya buat pencernaan anaknya kalo ikut makan makanan yg padat

  41. Kabar Kelinci Indonesia 27 Mei 2010 pukul 12:27 pm

    kata bisa dengan kata perlu diberi itu sendiri sudah menegaskan.
    berbeda kan?
    Bisa= kalau kita memberi makan kepada induk, kelinci akan sering mulai belajar makan. mengunyah2 sendikit rumput. Itu bisa terjadi pada kelinci umur 17 hari. Tetapi tidak semua melakukan itu. Masing-masing tergantung kondisi kelincinya.
    PERLU DIKASIH= ya pada umur perkembangan perlu dikasih. Toh setiap hari kita akan kasih makan rumput induk. Tidak usah direncanakan memberi untuk anak secara otomatis anak-anaknya akan ikut makan rumput yg kita berikan kepada induk. Bukankah tdk ada teori pemisahan anak umur segitu?
    jelas ya?

    anak-anak kelinci kecil secara alamiah tidak akan makan pakan padat sebelum umurnya, kecuali jika dalam sehari tidak diberi rumput, bisa jadi saat lapar ia akan lari ke makanan padat. Oleh karena itulah mengapa pada induk menyusui perlu diberi rumput kering/layu pada siang hari, itu perlu supaya anak-anaknya tidak agresif mengejar susu induk pada siang hari hanya saat ia lapar. Pakan seperti bekatul tidak begitu menganggu pencernaan anak-anak kelinci di bawah umur 20 hari.

  42. taman kelinci purwakarta 27 Mei 2010 pukul 5:58 pm

    wah makasih bnyk neh penjelasanya sngat detai skrg bisa sy pahami maksudnya, maklum bos pemula he…he….haus info

  43. Anonim 7 Juni 2010 pukul 4:39 pm

    salut ama mas,, sabar bagt njawab pertanyaan….
    mudah-mudahan usahanya semakin lancar….
    amiin…

  44. yopi 9 Juni 2010 pukul 12:15 am

    saya juga salut ama mas KKI,begitu sabar dan gigih dalam menjawab pertanyaan,meskipun ada pertanyaan yang sudah ditanyakan sebelumnya dan sudah dijawab masih mau menjawab pertanyaan tersebut..🙂 bravo..

    saya baru 3 bulan mencoba berternak kelinci dan saya juga ingin mengucapkan terima kasih karena banyak informasi yang sudah saya dapat dari sini.sejak awal saya selalu mencari informasi dari mas KKI meskipun harus browsing lewat HP dan selalu direpotkan dengan sinyal HP yg putus sambung.

    berkat tulisan mas KKI di blog ini banyak sekali informasi yang saya dapat,dari awal melangkah yang dalam keadaan benar2 tidak tahu sama sekali tentang kelinci sampai sekarang ini saya sudah memperoleh cukup banyak wawasan ilmu tentang kelinci,yang dulu saya benar2 tidak tahu makanan kelinci,penyakit kelinci,tetapi paling tidak saya sekarang sudah bisa mengobati sendiri kelinci saya yang sakit dan alhamdulillah sudah sembuh..

    sebenarnya saya ingin bertanya tapi saya sudah banyak menemukan jawabannya di blog ini, sekali lagi terima kasih mas KKI atas informasi-nya.semoga ilmu mas KKi bermanfaat buat orang banyak dan usaha-nya semakin sukses

  45. zezu 22 Juni 2010 pukul 1:31 pm

    aku baru tau kalau klinciku melahirkan dua hari yg lalu. kemarin sempat aku pindahin kelinciku itu kekandang lain,dan kelinci yg jantan ku letakkan di kandang betina tadi (bertukar kandang). pas aku mau bersihin kandangnya,eh ga tau nya ada bayi kelinci, berarti bayi kelinci tadi 2 hari dengan indung jantannya,dan dua hari ngga di susuin indung betinanya.
    hari ini aku kumpulin indung betinanya kekandang asalnya agar dia menyusui dan merawat anak2nya,
    tapi tadi aku perhatikan si indung betinanya kok cuek aza..dan ngga ada nyusuin anak2 nya,cuma duduk diluar kotak melahirkannya,paling sebentar aja masuk trus itu cuekin lg.
    jd gmn ya,selama 2 hari hampir 3 hari si bayi nnga minum asi? aku khawatir bayi2 itu mati…da indung betina ngga mau menyusui..

    tolong bantu sosusinya…

  46. Kabar Kelinci Indonesia 22 Juni 2010 pukul 1:38 pm

    pertama kami menyayangkan sikap pemindahan yang tidak teliti sampai2 membiarkan anak kelinci tidak berada dalam induknya. Anak kelinci pasti kelaparan kalau sehari tidak menyusui. Sedangkan induknya pasti stres berat.
    Pola menyusui induk kelinci tidak seperti anjing yang setiap saat mendekap anaknya. Kelinci menyusui pada jam2 tertentu, malam hari, dan itu hanya dilakukan 2-3 menit. Tiap malam pasti menyusui. Tetapi menimbang anak kelinci yg sudah 2 hari itu tidak menyusui agaknya anda perlu melakukan tindakan darurat. Baringkan betina kelinci itu dipangkuan anda, lalu anaknya ditaruh di atas perut kelinci supaya segera mendapat susu induk.
    Kalau anak kelinci masih berumur di bawah 5 hari sebaiknya tidak dipegang tangan terbuka. Misalnya pakai tisue atau kertas koran yg bersih. Biar aman.
    Memindah-mindah induk hamil, apalagi menyusui sangat tidak baik dan sering menimbulkan banyak madharat.
    Bacalah buku2 kelinci agar hal2 kecil seperti itu tidak jadi malapetaka.

  47. Aries 15 Agustus 2010 pukul 2:08 pm

    Kenapa kelinci betina saya yg baru melahirkan 1minggu yg lalu tiba2 kaki belakang nya lumpuh , awal2 nya gara2 anjing yg menggonggong di bawah kandang kelinci saya lalu kelinci saya tiba2 badan nya seperti kejang dengan posisi kaki depan menjulur ke depan dan kaki blakang menjulur lurus ke blakang kondisi seperti ini hanya beberapa detik saja lalu saya berikan pertolongan karna seperti nya dia strees ketakutan anjing yg menggonggong , pertanyaan saya apa kelinci mudah strees seperti itu , lalu apa yang harus saya lakukan untuk menyembuhkan kelinci saya ?
    kelinci saya jenis dutch , trimakasih sebelum nya . . .

  48. widi 30 Agustus 2010 pukul 2:14 pm

    kelinci saya baru melahirkan kemarin siang..kotak yang saya sediakan berupa kardus yang sudah saya sesuaikan dengan ukuran induk dan kandang kelinci (kardus tsb sy masukan dlm kandangnya). kelinci saya sangat sensitif, terutama jika saya memindahkan kandangnya..
    kelinci melahirkan siang hari ditempat lain (saat itu kotaknya belum siap).
    sorenya, anaknya saya pindahkan (tidak kontak langsung dgn tangan) ke kotak. dengan kotak yg dari kardus tsb saya mudah untuk memindahkan anak2nya.
    posisi kandang ada di atas. tadi pagi, saat indukan keluar kandang saya pindahkan kotak ke dekat induk dgn harapan mau disusui.tp hanya dijilat2 dan di tindih saja. (soal menyusui insyaAllah sy sdh paham krn pas panik sy baca situs ini) jadi saya pindahkan lagi kotak tsb ke kandangnya. kemudian si induk membuat sarang ditempat semula ia melahirkan. saya berinisiatif memindahkan kandang yg didlmnya trdpt kotak berisi anak2 kelinci dekat dgn sarang yg baru, posisinya di bawah. sepertinya induk mulai beradaptasi dan mulai sensitif soal proteksi. jika kami mendekat ke kandang, ia langsung datang dgn maksud mungkin ” jangan dekat2 dan macam2 dgn anak sy”. karena kekhawatiran cuaca (angin dan hujan) serta predator (tikus dan kucing), kemudian saya pindahkan lagi kandang tersebut ke posisi semula (di atas). si induk sewot. saya tenangkan dengan memasukannya dlm kandang tsb dan memberikan pakan yg cukup. bgmn untuk menenangkan kelinci tsb?? saya bingung. dibawah takut hujan dan predator, di atas takutnya susah untuk si induk bergerak. si induk kan suka keluar2 untuk istirahat dan cari makan. takut jatoh juga si anaknya. mohon penjelasannya.

  49. widi 30 Agustus 2010 pukul 2:37 pm

    oh ya..kelihatannya si induk sering ingin keluar kandang..apa hanya perasaan saja atau memang ada hal lain yg kurang saya perhatikan? sbg info sj sang induk berada dlm kandang tersendiri dengan kotak melahirkannya didlm kandang..ukuran cukup besar tp tidak kebesaran. cukup untuk induk dan 3 ekor anaknya. kodisi kandang baik dan bersih. pakan memadai hanya terkadang jika malam tempat minumnya tdk sy masukan kandang. klw lg ga mood kadang suka ditumpahin, mksdnya biar kandang tetap kering shga anaknya nyaman. apa ini hanya perasaan saya atau memang ada hal lain yg kurang saya perhatikan shga induk tidak nyaman, misalnya posisi kandang yg di atas atw di bwh? trmksh

  50. Kabar Kelinci Indonesia 30 Agustus 2010 pukul 8:21 pm

    Ceritanya terlalu panjang.
    tapi bisa dijawab singkat saja begini:
    Kotak sarang itu di dalam kandang. Tidak boleh terpisah kalau tidak ingin induk stres.
    memindah-mindahkan terus-menerus itu berbahaya.
    Yg disebut nyaman adalah, kandang luas dan cukup gerak efektif buat kelinci. Soal menyusui itu bukan urusan pemilik, tapi urusan naluri Induk.
    Kalau saatnya menyusui ya pasti menyusui, tidak usah dipaksa-paksa. Anak berada di dalam sarang ya biarkan saja. Suka bergerak-gerak ya wajar karena makhluk hidup. Kalau saatnya nanti menyusui pasti induk akan masuk.
    Induk sensitif kalau kita ke anak ya itu naluri. Setiap makhluk punya naluri melindungi anak-anaknya. Menjilat-jilat ya itu perhatian. jadi ada waktunya kapan menjilat-jilat kapan menyusui.
    Sarang dari kardus sangat rawan. Bisa cepat rusak.
    Ukuran ideal sarang bukan dilihat dari jumlah anaknya, melainkan dari kemampuan menampung badan induk dengan kelonggaran yg wajar, misal 5-8 Cm sisa kosong cukup.
    kalau sudah ada kandang mengapa takut ada predator? selama kandang aman dari jangkauan predator ya sudah cukup.
    Kami agak bingung dengan situasi kandang anda kok sampai ada masalah bawah dan atas. Sebab selama kelinci berada di dalam kandang ya sudah itu aman, dengan catatan kandangnya standar. Sekiranya minat memperjelas mohon lihat gambar2 kandang kelinci. apakah kandang Anda sudah sesuai atau belum?
    atau barangkali bisa belajar dari peternak lain.

  51. Kabar Kelinci Indonesia 30 Agustus 2010 pukul 8:22 pm

    masalah terpenting agaknya kandang Anda tidak memakai kaidah secara tepat. Kami tidak paham kandang atas dan kandang bawah yg dimaksud anda itu.
    Kalau induk kepingin keluar kandang itu tandanya ada permintaan yang belum terpenuhi. Misalnya, situasi kandang terlalu panas, lapar, gemar menggigit/menggerat pasokan gizi terutama kalsium miskin. Sering menumpahkan air minum juga bagian dari protes. Kelinci tidak bisa bicara dgn bahasa manusia. Bahasa tubuhlah yang digunakan.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: