KELINCI UNTUK HARI ESOK YANG LEBIH BAIK

rendah lemak, rendah kolesterol, populasi cepat, dahsyat!

Metode Tanya Penyakit Kelinci


Banyak yang bertanya soal kelinci sakit. Sebenarnya setiap penyakit kelinci bisa dan bahkan mudah dideteksi. Sayangnya kebanyakan pertanyaannya tidak memakai kronologi dan penjelasan detail. Ini sangat menyulitkan untuk menjawab. Berikut ini beberapa hal yang mesti disampaikan dalam bertanya seputar kelinci sakit:
1. Kondisi Feses. Apakah berhenti total? Hitam kecil bercampur mucus (cairan putih)? atau keluar cairan lembek coklat berlendir? atau cairan biru kehijau-hijauan? atau bagaimana?
2. apakah keluar air kencing atau tidak?
3. apakah dalam kondisi sakit itu masih mau makan atau tidak? Apakah tidak mau makan pelet dan hanya mau makan rumput?
4. apakah gigi sudah gemerutuk atau belum?
5. apakah kaki depan merapat menjorok atau tidak?
6. pada beberapa hari sebelumnya, minimal 3 hari sebelumnya memakan sesuatu yang tidak lazim seperti buahan, kurang rumput?
7. apakah situasi stress terjadi seperti perjalanan jauh? adanya binatang? habis berkelahi?
8. dll yang sekiranya penting.

Sample-sample di atas akan memudahkan jawaban.

Karena setiap hari terdapat puluhan pertanyaan kelinci sakit yang tidak jelas, mohon maaf kami terus kerepotan memberi jawaban. Setiap kali hendak memberi solusi kami harus terus bertanya latar-bekalangnya. Karena itu KKI tidak akan menjawab pertanyaan yang sifatnya celetukan-celetukan tanpa kronologi yang jelas. Kami ini memberikan solusi yang tepat. Karena itulah sebelum memberi solusi kami harus tahu secara detail kondisi dan latarbelakang sakitnya kelinci.

About these ads

126 responses to “Metode Tanya Penyakit Kelinci

  1. Hermanto 14 Januari 2010 pukul 1:10 pm

    Terima kasih atas petunjuknya. Saya ingin bertanya ttg: 1. Faeses pada kelinci yg lembek berair ttp tdk berlendir. Kemarin terjadi pd kelinci saya berumur 2 bln, sdh d pisah dg induknya. Saya biasa memakai amoxilin, untuk menolongnya. Dg dosis 1/3 tblt, bagi kelinci dewasa biasanya berhasil. Ttp untuk kelinci yg masih kecil sering gagal. Benarkah tindakan saya ini?
    2. Kelinci saya ada masalah pd matanya. Selalu berair, bau tak nyaman, ttp cairanya tak berwarna. Bgmn menolongnya? Selera makan & produktifitasnya ttap tinggi. Selama ini sering saya cuci muka dg desinfektan untuk meringankan nya. Kasih solusinya. Hermanto d Blitar Jatim

  2. Kabar Kelinci Indonesia 14 Januari 2010 pukul 4:32 pm

    Kalau lembek hijau itu murni tanpa disertai lendir atau mucus, kemungkinan besar diare biasa. Jika ketahuan dalam waktu sehari cukup dengan ramuan tradisional seperti daun pisang. tetapi jika sudah akut, lebih 3 hari barangkali besar kemungkinan disebabkan oleh pakan busuk atau sebab lain.
    Antibiotik amoxilin adalah larangan keras karena sangat tidak familiar dengan kelinci. Mestinya jika mau pakai antibiotik pilih enrofloxacin. Ini adalah antibiotik paling aman. Sedangkan metronidazol atau oxytetraciclyn bisa menjadi alternatif. Jangan lagi pakai amoxilin ya, buat kelinci dewasa sangat beresiko sekalipun selamat. Buat anak bisa kolaps, kalau hidup bisa kekebalan tubuhnya rendah.

    2. saya pikir selama kelinci sehat dan terkena gangguan mata bisa pakai obat mata yang paling cocok dengan kelinci. sedikit mahal tapi mujarab. http://kelinci.wordpress.com/category/obat-mata-kelinci/

  3. Sufi 16 Januari 2010 pukul 12:20 pm

    Bila terjadi masalah sperti diare atau kembung pada seekor kelinci yg sedang bunting /menyusui/kudis apakah masih aman utk d obati? Apa yg harus d lakukan utk menyelamatkan nya?

  4. Kabar Kelinci Indonesia 16 Januari 2010 pukul 12:57 pm

    tergantung obatnya. Kalau cuma penyakit luar, pakai saja obat luar, tak usah suntik. Masalah kudis itu masalah sepele, yakni soal kebersihan. Obati saja secara telaten. Kudis sangat mudah diobati. Boleh memakai obat kulit manusia. tata caranya kami sudah berkali-kali menulis di situs ini. Cari sendiri.

  5. huda 21 Januari 2010 pukul 4:48 am

    pada musim hujan ini banyak kelinci saya yang mati, khususnya yang lagi berumur 2bl. saya kira itu cuma salah perawatan saja, tapi setelah saya tanya kepeternak yang lain ternyata ditempat lain juga demikian banyakl yang mati. dan katanya ada yang bilang kalau itu disebabkan oleh virus. sekedar info ditempat saya juga banyak ayam mati. yang saya tanyakan apakah flu burung juga dapat berpengaruh pada kelinci? terima kasih atas penjelasannya

  6. zalipunya 22 Januari 2010 pukul 9:48 am

    saya punya kelinci yang sedang hamil.
    dan beberapa hari ini dia di perkirakan akan melahirkan.
    awal dia hamil memang makannya buanyak banget.
    tapi 2 hari lalu nafsu makannya berkurang.
    dan juga di tempat pembuangan kotoran yang ada di bawah kandang terdapat cairan pekat warna merah seperti darah.
    padahal makanan yang ia makan juga biasa seperti rumput,wortel,ketela,kulit jagung,wortel,dan selada air.
    sekarang dia malah hampir tak pernah makan.
    itu kenapa ya?
    apa itu bahaya buat kelinciku?

  7. zalipunya 22 Januari 2010 pukul 11:47 pm

    tambahan…
    kotorannya tidak mencret,
    dan masih normal…

  8. Kabar Kelinci Indonesia 24 Januari 2010 pukul 4:09 am

    memang apalagi kalau bukan soal perawatan? Di Indonesia sangat jarang memelihara kelinci secara tepat. Kebanyakan tidak berpengalaman dan kebanyakan pula gagal. Ada virus yg biasanya menyerang dan mengakibatkan kematian. Tapi itu virus lazim. Tak ada hubungan dengan flu burung dan tidak akan ada flu kelinci, sebab kelinci tidak bisa flue. Kalaupun keluar bersin itu akibat pasteurella multocida.

  9. Kabar Kelinci Indonesia 24 Januari 2010 pukul 4:20 am

    soal cairan kencing seperti darah, asal benar2 bukan darah itu hanya pengaruh pigmen makanan, dan wortel sangat mempengaruhi hal itu. Soal nafsu makan tidak ada hubungannya dengan air kencing. setiap kelinci sakit nafsu makannya pasti berkurang. Feses normal tetapi nafsu makan kurang bisa jadi sedang stres. Kalau kami tidak menemukan gejala lain dari pertanyaan Anda, saran kami makanan teruskan saja. KUlit jagung tidak boleh banyak, hanya boleh sebagai campuran. Selada air juga kurang baik. Rumput bersih yang baik, konsentrat dan wortel sudah sangat cukup. dalam kondisi hamil, daun pepaya layu serta air minum yg bersih sangat diperlukan, biar pertumbuhan anaknya bagus.

  10. edo 27 Januari 2010 pukul 3:42 pm

    klincai saya kok kuping sebelah kanan selalu turun
    kalu dari 9 faktor di atas tidak ada masalah sama sekali
    semua sehat cuma selalu turun kupingnya
    tapi kuping satu lagi normal seperti biasa???
    untuk pakan saya sering kasih biter buny pakan khusus kelinci
    umurnya sekarang 2 blnan
    mohon penjelasan lebih lanjut
    perlu diketahui karena jarang dikasih pakan sayur atau rumput klinci saya selalu banyak minum tapi dari pipisnya sedikit sekali

  11. Kabar Kelinci Indonesia 27 Januari 2010 pukul 5:45 pm

    resiko barangpanjang ya bisa lemas. Kurang gerak saja. Sesekali dilepas juga tegak sendiri. gak usah dipermasalahkan selama kelinci sehat.

    rumput itu pakan pokok. Jgn percaya pelet bermerek sepenuhnya memasok serat. Di negara maju sendiri sekarang lebih memilih kelinci dengan pakan sehat rumput asli.

    Ukuran jumlah kencing sedikit dan banyak kami tidak bisa menilai. Anda mesti mempelajari dari jumlah takaran kencing kelinci yg sesungguhnya biar jelas.

  12. Alphi - Solo 29 Januari 2010 pukul 2:06 am

    Salam Sejahtera…
    Saya ingin menanyakan, ditempat kotoran saya ngliat ada lendir putih kental & agak lengket. Feses-nya normal, kencing normal, nafsu makan minum normal (daun kacangtanah, jagung muda, konsentrat bekatul+polart, wortel, rumput, daun pisang layu, daun pepaya layu) semua pakan hijauan sy pastikan bersih. Pada tanggal 29-12-09 lalu kelinci itu sy kawinkan untuk yg pertamakali dan sudah terjadi 3x hubungan, sejak 2 minggu terakhir bulunya kasar dan rontok (mungkin sedang ganti bulu ya…?) 2 hari ini matanya berair bukan berlendir, tapi sudah sy kasih tetesmata dan udah agak mendingan. Sebelum dan sesudahnya terima kasih.

  13. Kabar Kelinci Indonesia 29 Januari 2010 pukul 11:03 am

    pakannya kok berat2 ya. Mana rumputnya? jagung, daun kacang tanah, bekatul tambah wortel daun pisang. Serat-kasar tinggi semua. Normalkan memakai pakan rumput biar pencernaannya enak. Mucus/cairan putih itu tanda perut susah mencerna pakan karena berat sekali komponennya. carilah rumput dan untuk beberapa hari kurangi pakan padat dan serat kasar tinggi itu. Semoga matanya memang hanya karena iritasi dan bisa sembuh dengan pengobatan luar. tetapi jika itu gejala dari dalam krn pakan kurang standar bisa jadi kekurangan kalsium. wortel ada nilai kalsium tapi tetap kurang. Rumput berdaun lebar agaknya perlu. Berikan lidah buaya satu sendok sehari dua kali selama 4 hari. kupas kulit dan blender saja. Campur parutan jahe 2 sendok setiap pemberian.

  14. Alphi - Solo 30 Januari 2010 pukul 1:54 am

    oh ya… kadang juga saya carikan rumput kok, dan tdk langsung saya berikan, sy layukan dulu beberapa jam baru sy berikan. Rumput itu bagus diberikan segar / layu..? cara pemberian lidah buaya disuap ato dicampurkan ke pakan? apakah jahe dicampurkan pakan juga? trima kasih.

  15. Tianabie 3 Februari 2010 pukul 2:51 am

    Kelinci saya kena penyakit seperti koreng, tp tdk kluar nanah dan tdk bau.
    Kering. Bagian pertama yg trkena pnyakit ini adalah telinganya, awalnya hanya bintik2 putih kecil dan keras, tp smakin lama smakin membesar dan smua pinggir telinganya menjadi keras dan tebal, bulunya ikut menggumpal dan lama kelamaan rontok. Lalu menyebar ke hidung dan kakinya, ini menyebab kn sbgian kuku rontok dan hdung juga demikian.
    Korengnya keras seperti adukan semen yg mengering. Ini dsbab kn ap yah?
    Stiap hari kandang d.bersih kn, tempat pnampungan kotoran pun d.bersih kn pagi dan sore, ap masih kurang brsih yah dlm pmeliharaannya?
    Lalu menyembuhknnya dgn apa?
    Slama ini saya hanya memberi salep kulit, skrg telinganya sdh lbh baik, tp hdung dan jari2 nya sulit krna bnyk bulunya.
    Saya dpt info katanya d.berikan ivermectium bsa smbuh, apa benar demikian?
    Klau benar dmn saya dpt memperoleh obat trsebut?
    Krna saya cari d.apotik biasa tdk ada yg jual.
    Mohon info nya.
    Maaf trlalu panjang.

  16. Ardelie 9 Februari 2010 pukul 1:25 am

    Pagi semua … salam kenal … Dalam forum ini ingin nanyakan tentang permasalahan dgn kelinciku. Mungkin ada yg pernah mengalaminya n’ gimana mengatasinya. Langsung aja yach….
    Begini, kebetulan saya lihat kelinci pas kencing ada keluar lendir putih bersih kental, kenapa ya..????? Saya khawatir dgn si kelinci tsb. krn sy perhatikan nafsu makannya normal. Pakan berupa antara pagi – sore: konsentrat, rumput, wortel, daun pepaya layu (tdk banyak), daun kacang (Rendheng). Sore – malam: rumput, daun kacang, konsentrat. Untuk minum saya berikan air campur vitamin khusus kelinci (maaf tdk menyebut merk) dosis sesuai aturan. o..ya.. jenis kelinciku Flaam betina 1th belum pernah bunting, baru dikawinkan 4 hari yg lalu. bunting apa gak blm tahu nich… Mohon pencerahannya barangkali ada yang pernah mengalami hal serupa ….

  17. nisa 15 Februari 2010 pukul 7:45 am

    mau tanya .
    kelinci saya kena penyakit pada matanya sembab itu dikasi obat apa?trus sehari berapa kali dikasih obatnya?
    trus pada hidung terdapat kudis,bagaimana cara mengobatinya?
    mohon dikasih solusi soalnya belum biasa merawat kelinci.

  18. Kabar Kelinci Indonesia 15 Februari 2010 pukul 8:23 am

    obat mata merek cendo di apotik pasti dapat.
    kalau scabies itu biasanya invermectim, kalau belum parah pakai wormectim.

  19. Kabar Kelinci Indonesia 15 Februari 2010 pukul 8:29 am

    putih kental dalam masa kehamilan bisa jadi keguguran. Tetapi jika dalam masa tidak hamil dan anda menemukan saat pipis kemungkinan besar kelinci Anda kelebihan kalsium. Dilihat dari makanannya yang menyertakan vitamin itu barangkali sebabnya. Coba cek kadar kalsiumnya berapa. Sebab dengan wortel saja, kalsium sudah cukup. Wortel biasanya kandungan kalsiumnya 1% sedang wortel super 1,5%. Ini sudah cukup buat kelinci.
    Kalau sudah dikawinkan ya sudah anggap itu hamil. Kalau Anda sudah ahli kelinci nanti pada umur 12 hari bisa meraba bagian perut. tetapi Kami tidak menyarankan Anda melakukan sebab banyak yang salah cara dan mengakibatkan kerusakan janin. Biarkan saja dulu. Kalau sudah umur 22 hari nanti akan kelihatan dengan perut melebar saat tidur tengkurap. Siapkan kotak sarang melahirkan pada umur 25-26 hari. Jangan lupa jerami dan pasokan makanan yang lebih banyak serta bagus.

  20. Kabar Kelinci Indonesia 15 Februari 2010 pukul 8:31 am

    kalau sudah memasuki umur hamil 25-26 hari siapkan kotak sarang. Itu wajib supaya kelinci bisa punya tempat beranak. Jika tidak pasti stres. dilihat dari makanan yang Anda berikan air merah itu adalah pigmen sebab makanan. Tidak usah cemas. Kurangi saja selada airnya, wortelnya juga, pasok rumput lapangan. Kalau sudah tidak mau makan itu tandanya sakit. Periksa kotoran.

  21. andi 22 Februari 2010 pukul 1:24 pm

    salam,
    saya punya permasalhn ttg kelinci.mohon solusiny.
    di musim penghujn ni banyak kelnci sy yg mati.perut’y mengglembung besar.sy pikir tu kembung.trus sy obati dgn obat anti bloat.bgi sbagian kelinci tu efektif.tpi ada yg gagal trus mati.stlah sy liat di usus bsr’y ada banyak feses yg bentuk’y gepeng dan agak keras yg tak bsa dikluarkn.apa nama penyakit’y?gmana cara mgobati’y?
    makasih atas jawaban’y.

  22. Kabar Kelinci Indonesia 23 Februari 2010 pukul 4:19 pm

    bisa dibaca pada bagian kembung dan juga mungkin perlu tambahan mucoid enteropathy. sudah diulas panjang lebar di situs ini.

  23. tata 24 Februari 2010 pukul 10:21 am

    saya punya sepasang kelinci.. tapi yang jantan baru saja mati.. keesokan nya kelinci betina saya yang biasanya lincah tiba2 saat sedang bermain langsung tumbang, badan nya lemah dan tidak mau makan.. apa yang harus saya lakukan agar dia kembali seperti sedia kala. trims

  24. septiana 24 Februari 2010 pukul 12:43 pm

    saya pnya masalah ma kelinci saya ,. uda 2 hari ini kelinci sya gak bsa jalan ( kaki depan lumpuh ) kayaknya gara” kena jamur … ditambah juga gak napsu makan apalagi bangun ,. takut nya kalo mati gmna solusi nya .????trima kasih,,,,,

  25. Kabar Kelinci Indonesia 24 Februari 2010 pukul 4:22 pm

    kalau sudah tahu jamur, maka fokus penyelesaiannya pada jamur. Kalau lumpuh tulang cara penyelesaiannya lain.
    Jika memang benar2 akibat jamur maka segera pakai invermectim, itu sudah akut kalau sampai lumpuh. Tapi apa iya kulitnya berjamur lantas lumpuh?

  26. Kabar Kelinci Indonesia 24 Februari 2010 pukul 4:23 pm

    periksa fesesnya seperti apa? makanan sebelumnya apa? sulit menjawab kalau tdk dijelaskan panjang lebar. Takut salah kasih solusi.

  27. rifai 25 Februari 2010 pukul 7:26 am

    koq kelinci saya sering/gampang kena scabies padahal kandang saya bersihkan tiap hari terimakasih sebbelumnya

  28. Kabar Kelinci Indonesia 25 Februari 2010 pukul 5:49 pm

    periksa kukunya. sumber kotoran kalau tidak dikandang ya di kuku. Mengobati mesti tuntas sebab jika tidak tuntas bisa kambuh.

  29. bintang permana 28 Februari 2010 pukul 9:47 am

    pak,sy punya sepasang kelinci hangora,sekarang yg betina kena penyakit mata,sy obati pake obat buat manusia tadinya belek sekarang beleknya sudah agak berkurang,tapi matanya yg satu ky ada kataraknya putih2 begitu apa kelinci sy buta? penyakik satu lagi bulunya menggumpal kaya gimbal gitu,bisa gak pak di obati ,supaya matanya sembuh + bulunya bagus lagi,pake obat apa dan di mana belinya? sebelumnya banyak2 terima kasih,.

  30. pongki 4 Maret 2010 pukul 3:40 am

    pak mau tanya, gigi tonggos pada kelinci itu faktor keturunan atau bukan? induk betina yang tonggos akan melahirkan anak-anak yang tonggos juga?
    apakah jika gigi sudah dipotong kemudian diberikan balok kayu utk digigit-gigit, gigi tidak tumbuh tonggos lagi?

  31. Kabar Kelinci Indonesia 4 Maret 2010 pukul 12:54 pm

    itu hasil perkawinan sedarah (inses). bisa menurun kalau dikawinkan sedarah lagi. Perkawinan sedarah itu sangat dilarang. Cari pasangan kawin yang jauh darahnya. Memotong gigi boleh, dengan catatan memakai metode anastesi/analgesi seperti saat memotong gigi manusia. bawalah ke dokter gigi. Jangan asal memotong krn itu akan membuat kelinci bisa kena syaraf. Balok kayu itu tidak berfungsi apa-apa. Orang salah asumsi kelinci hewan menggerat, padahal tidak. Kalau kalsium dan pakan baik tidak bakal menggerat.

  32. ari rabbit 4 Maret 2010 pukul 2:40 pm

    pa mau tanya klu kelinci tiba2 lumpuh dan kurang napsu mkn saya mau tanya apa penyebabnya dan apa obatnya???????

  33. pongki 4 Maret 2010 pukul 3:20 pm

    ooo gitu tho pak.. terima kasih banyak atas info-nya.
    Saya mau adopt kelinci yg gigi-nya tonggos..
    Jadi sebaiknya 2 minggu sekali rutin dibawa ke drh/dr.gigi utk dipotong giginya – karena toh balok kayu tidak membantu memperlambat laju pertumbuhan giginya?
    kalo rajin dikikir dengan kikir kuku bisa menolong tidak pak? (kan kalo dikikir rasanya tidak terlalu ngilu, lagipula tanpa harus sering-sering ke dr.gigi/drh, bisa bokek.com hehe..)

  34. Kabar Kelinci Indonesia 4 Maret 2010 pukul 5:49 pm

    miskin kalsium.
    Saat bayi kurang baik ASInya.
    dan situasi pakan sangat jelek. Wortel, daun pepaya atau vitamin yg mengandung kalsium perlu segera dipasok.

  35. Kabar Kelinci Indonesia 4 Maret 2010 pukul 5:51 pm

    kenapa harus berulang-ulang?
    potong ke drg sekali saja. Bagaimana Anda bisa mengatakan tidak terlalu ngilu? apa sudah mencoba mengikir gigi Anda?
    anastesi/analgesi wajib diberikan saat pengobatan seperti itu. Potong saja ke drh, lalu nanti sembuh. Berikan pakan yg baik untuk pertumbuhan gigi. Apa pakan yg baik? ialah rumput kelinci setiap hari, wortel, daun pepaya dll.

  36. pongki 5 Maret 2010 pukul 12:47 am

    ok pak, terimakasih atas jawabannya. siap meluncur ke dokter hewan..

  37. erin 11 Maret 2010 pukul 9:15 am

    Saya pelihara kelinci betina umur 3 bulan, namun sekarang sudah mati.
    Pagi harinya kelinci saya masih tampak sehat, namun pas malam mendadak dia lumpuh. Kelumpuhan menyerang keempat kakinya sehingga tidak bisa berdiri. Nafsu makan baik dan harus disuapi karena sulit bergerak, hanya bagian kepala yang masih dapat bergerak. Tetapi jika kakinya distimulasi (dikelitiki dengan lidi) masih bisa merespon (kaki bergerak). Untuk berpindah tempat dia harus susah payah menyeret tubuhnya dengan menggerak-gerakkan kaki-kakinya. Pup tampak baik meski awalnya sempat lembek.
    Setelah 3 hari menderita sakit demikian akhirnya dia mati juga.

    Yang mau saya tanyakan: Apa penyakitnya? Penyebab dan cara menyembuhkannya?
    Terimakasih.

  38. Kabar Kelinci Indonesia 11 Maret 2010 pukul 6:19 pm

    kalau sudah jelas lumpuh ya itu fakta dasarnya adalah miskin kalsium. bisa disebabkan sejak kecil kurang gizi karena induknya kurang gizi, bisa juga disebabkan sejak umur 1,5 bulan lepas menyusui makanan sangat buruk. Jadi ini soal makanan.

  39. aris 14 Maret 2010 pukul 1:14 pm

    pak mau nanya nih….kelinci saya sudah berumur 6 bln,,baru tadi malam mengalami kelumpuhan di bagian kaki blakangnya,,sampai sekarng msh lumpuh,,,cara mengatasi supaya normal kembali bagaimana pak???

    tlng segera bls ke email saya pak…trimakasi

  40. Kabar Kelinci Indonesia 14 Maret 2010 pukul 10:15 pm

    Lumpuh atau radang sendi itu tanda pakan sangat buruk. Kekurangan kalsium sangat jelas. Segera carikan vitamin yg mengandung kalsium. Pakan rumput juga harus terjaga, selain penting dipasok wortel, bayam dan daun pepaya.

  41. ardelie 15 Maret 2010 pukul 1:11 am

    Salam sejahtera…
    Saya mempunyai kasus 2 kali kejadian bahwa beberapa kelinci yg mengalami kejang2 hebat lalu krglbh 6-8jam ujung-ujungnya lemas trus mati, padahal kelinci sehat2 aja, nafsu makan minum normal & tdk ada ciri-ciri yg menandakan dia sakit. Suplai makan yg saya berikan adalah rumput, konsentrat (bekatul+ampastahu+polart), kadang juga sya berikan sayur(wortel 1minggu 3kali, 1hari 1 buah perekor). Apa yang harus saya lakukan untuk kasus tsb supaya kelinci2ku yg lain tdk mengalami hal serupa. Mohon pencerahaanya, Trimakasih…

  42. Kabar Kelinci Indonesia 15 Maret 2010 pukul 2:01 am

    kolap; atau varian dari kolap. Biasanya menimpa anak kelinci di bawah 3 bulan karena kebanyakan makan padat/konsentrat yang tidak imbang dengan serat (dari rerumputan). Ini sering terjadi karena pemelihara kurang memperhatikan rumput.
    Jika bukan faktor itu, bisa juga disebabkan keracunan pakan. Bisa racun itu dari rumput kotor atau mungkin kotoran tikus. Pada anak kelinci atau pada induk hamil dan menyusui pakan harus ekstra diperhatikan. Takaran dan pola makan harus tertib. Jika sudah standar dan kelinci merasa enak jangan suka berganti2 krn pergantian pakan sering juga menimbulkan masalah.

  43. dharma 15 Maret 2010 pukul 2:26 am

    Selamat pagi Pak,
    kelinci saya umur 5 bulan, sudah 5 hari ini lemas, makan sedikit sekali hari 1 tidak mau makan pelet hanya makan rumput dan wortel / sayuran itupun sedikit dan minumnya sangat sedikit, fases sangat dikit namun ukuran bulat hitam kecil dan keras tidak ada lendir (normalnya besar), kencing juga sedikit. kedua kaki depannya selalu dibentangkan melebar kedepan, mata sayu, saya periksa perutnya tidak besar dan keras, sebelum sakit saya kasih pakan pelet, rumput malam hari, wortel, dan daun pisang agak banyak. setelah sakit saya kasih wortel, daun sawi, daun pepaya, dan sedikit bawang putih (krn saya pikir kembung). kemarin sudah mulai makan pelet. tapi kok keadaan masih sangat lemas, sepetinya ke2 kaki depannya lemas sekali untuk digerakan, kalo saya lepas, larinya seperti dipaksakan. kira2 knapa yah… dan solusi pengobatanya apa…. trimakasih.

  44. Kabar Kelinci Indonesia 15 Maret 2010 pukul 2:49 am

    sudah akut itu. Kemungkinan umum dua hal. 1) keracunan makanan, bisa dari rumput, termasuk daun pisang. 2) bisa karena disebabkan oleh stres.
    Karena setiap penyakit harus dideteksi memakai medis, dan itu sulit, maka langkah praktisnya segera berikan vitamin B 12 atau vitamin B komplek, dosis setengah dari manusia. Penting juga memberikan cairan jahe dan merah, atau juga mencampur biji pepaya kering dengan bawang putih dan gula merah.
    Berikan kira2 3-4 sendok makan 2x sehari. Berikan kesempatan bergerak di rerumputan supaya mencari obat2 alamiah seperti patikan kebo, patikan cina, dandelion dll.

  45. dharma 15 Maret 2010 pukul 3:09 am

    wah.. sudah akut yah… :-(
    untuk campuran biji pepaya, bawang putih, dan gula merah,
    itu dicairkan ya.. pemberiannya seperti memberi minum ?…

    terimakasih sebelumnya atas solusinya..

  46. Kabar Kelinci Indonesia 16 Maret 2010 pukul 1:22 am

    ya. kalau pakai sendok sering tumpah, pakai suntikan (tanpa jarum). Baringkan kelinci. masukkan ujung suntik itu dan tekan pelan2. Kelinci harus dalam keadaan tenang.

  47. ferdyan 18 Maret 2010 pukul 8:18 am

    mas mohon bantuannya banget, kelinciku nggak mau makan, kondisinya :
    1.kondisi feses bulat hitam dan kering, kadang keluar cairan putih tapi pas sakit nggak keluar lagi
    2.keluar air kencing
    3.tidak mau makan, kemaren masih mau makan pelet, trus nggak mau lalu dikasih rum put ma wortel masih mau, tapi pagi ini dah nggak mau makan lagi rumput sama wortelnya
    4.barusan di pindah dari rumah saya kerumah temen saya, jarak kurang lebih 1 kilo meter,
    5. umurnya sekitar 2 bulanan
    6. biasanya di kasih makan pelet di selingi rumput
    7. nggak mau minum air lagi
    kira2 dia kenapa mas, dan kira2 gimana solusinya ???

  48. Kabar Kelinci Indonesia 18 Maret 2010 pukul 9:29 am

    Kalau feses hitam bercampur mucus cairan putih itu biasanya kembung. Coba periksa kembung. sayang anda tidak melihat apakah itu kembung atau tidak. Jika memang itu kembung maka anda bisa memakai teknis pengobatan di bagian kembung pada situs ini. Kami sudah mempublikasikannya. Jangan diberi pelet atau pakan padat lain. Itu pencernaan anak kelinci umur di bawah 3 bulan mesti diperbanyak rumput. Tak usah makan pelet dulu juga tidak apa2, terlebih saat sakit.
    Kalau sakit sudah parah ya pasti tidak mau makan dan minum. Itu sudah konsekuensi logis. Berikan juga vitamin b12 atau B kompleks 2x sehari.

  49. ferdyan 18 Maret 2010 pukul 10:16 am

    kondisi perut tidak keras mas, kalo kembung perutnya keras atau gimana mas ?

  50. ferdyan 19 Maret 2010 pukul 12:25 am

    mas kotorannya masih nggak mau keluarr, padahal dah di pijet perutnya pake air bawang putih, yang ada bulunya malah rontok. apa nggak papa mas ?

  51. ferdyan 22 Maret 2010 pukul 4:31 am

    makasih mas,dah sembuh kelincinya

  52. ardelie 24 Maret 2010 pukul 1:25 am

    selamat pagi….mas, saya ada kasus, papilon saya mau brnanak yang ke3x ini, dia aku kawinkan tgl 12/2 dan prediksi sy tgl 14/3 akan lahiran, yang ingin saya tanyakan kok sampe hari ini tidak lahiran juga yach…. padahal dari ciri2nya menandakan bahwa positif bunting. Utk kelahiran yg I dan II normal” aja melahirkan 6 ekor, bahkan 2 hari seblm hari H pada kelahiran yg I dan II dia sudah saya berikan kotak dan jerami kmudian dia buat sarang dlm kotak dgn jerami yg aku taruh diluar kotak, sedangkan yng III ini dia cuek aja… penasaran aku check dikelamin warnanya merah sekali (merah tua), sy coba gabung dgn pjantan dia tdk mau dikawin. sya jadi bingung…mohon pencerahannya dunk…. apakah kelinci tsb mengalami kemunduran ato bahkan gagal bunting ? makasih atas balasannya….

  53. Kabar Kelinci Indonesia 24 Maret 2010 pukul 1:39 am

    kalau sudah lewat 33 hari biasanya karena bunting semu. atau bahkan bisa jadi proses perkawinan tidak jalan. Misalnya, saat kawin dulu sperma pejantan kebetulan sedang “mandul”, atau sebab lain. Sama seperti reproduksi makhluk lain yang terkadang memiliki masalah.
    Masalah mau dan tidak soal kawin juga sesuatu yang normal. Kita tidak bisa mendekte bahwa setiap dikawinkan pasti mau. Diulang lain waktu, misal jeda sehari, dua atau tiga, bahkan terkadang butuh jeda 1 minggu. Terkadang pula satu kelinci dengan pasangan yg sama tidak mau kawin. Biasanya ketika diganti dengan kelinci lain sebagai mitra seksual lantas mau.

  54. ari 24 Maret 2010 pukul 5:56 am

    pak saya mw tanya.
    saya punya bayi kelinci berusia 2 minggu lebih. bayi kelinci ini di bagian kaki-kakinya bulunya hilang dan kulitnya berwarna merah seperti membengkak dan kukunya patah (menghitam). apa yang penyebabnya dan apa yang sebaiknya saya lakukan untuk menyembuhkannya?
    terimakasih.

  55. dharma 24 Maret 2010 pukul 7:58 am

    Terima kasih Kelinci wordpress, dah 2 hari ini kelinci saya sudah aktif dan makan dan kotorannya sudah normal. berkat bawang putih serta cairan gula jawa, jahe, dan temulawak. terimakaih atas sarannya.

  56. Kabar Kelinci Indonesia 24 Maret 2010 pukul 6:06 pm

    kami belum tahu pasti seperti apa. tetapi kalau boleh menduga, ada kutu/kotoran di sekitar kandang/kotak. Penyembuhan kulit bisa pakai betadine atau salep lain. Bersihkan saja kandangnya, kalau perlu dipindah yg kering dan sehat.

  57. Adi 26 Maret 2010 pukul 1:12 pm

    Kelinci saya kok kencingnya berwarna merah seperti darah ya? nafsu makan nya tetap baik seperti biasa. kelcinci saya tadi siang makan pisang ambon dan kulitnya juga. Apakah itu yg menyebabkan kencing kelinci merah atau karena sakit? perlukah diberi obat atau diperiksakan ke dokter hewan?

  58. iwalyfa 27 Maret 2010 pukul 5:10 am

    pak, mw nanya nih..
    kelinci saya umur hampir 2 bulan. Tiap hari saya kasih makan pelet tiap pagi n ksh wortel 1 batang tiap sore truz malam ksh rumput sedikit. Dr kemarin kotoran kelinci saya berwarna hitam gelap dan agk lembek tidak sekeras biasanya. Apakah itu normal?kelinci saya masih mau makan dan dari sikapnya sehari – hari hampir tidak ada perubahan. Terimakasih

  59. Kabar Kelinci Indonesia 27 Maret 2010 pukul 5:05 pm

    kalau lembek, apalagi bau, itu harus waspada. Bisa jadi terkena enteritis. Apakah sudah diperiksa kebersihan rumput dan basahnya rumput? banyak dipengaruhi oleh kotoran. Tetapi lembek bukan berarti pasti fatal, sebab terkadang kadar penyakitnya sedikit sehingga sembuh sendirinya. Periksa juga kotoran dari pihak luar seperti tahi/kencing tikus.

  60. Kabar Kelinci Indonesia 27 Maret 2010 pukul 5:06 pm

    Merah seperti darah, bukan darah. Normal, dalam artian biasanya mengonsumsi makanan berkadar kalsium. Wortel, sayuran dll, termasuk pisang itu juga berpengaruh. Pisang tidak baik buat kelinci krn kadar gulanya juga tinggi. tarik saja pakan buahan. Tidak perlu.

  61. iwalyfa 28 Maret 2010 pukul 3:23 pm

    belakangan ini saya tidak kasih rumput karena kondisi kota saya yang terus menerus hujan sehingga saya tidak bisa mengambil rumput untuk diberikan kepada kelinci. Jadi sementara saya memberikan kelinci saya pellet kelinci.
    Saya sudah memberikan obat mencret kepada kelinci selama sehari. Apakan pemberian obat itu gpp?rumah saya tidak ada tikus karena saya menaruh kandang kelinci dalam rumah tidak digarasi rmh. Kotoran kelinci saya tidak lembek bangt cm agk lembek pak. Bau kaya`y ga bau” bngt pak. Seperti itu apakan cm penyakit sementara?thx

  62. Kabar Kelinci Indonesia 28 Maret 2010 pukul 3:39 pm

    pakan normal kelinci yg nyaman sebenarnya rumput. Kalau terlalu banyak karbohidrat atau komponen pakan padat dan kurang serat ya pasti biasanya gangguan pencernaan, entah sedikit atau akut. terutama pada anak kelinci dibawah 3 bulan kekurangan serat (dalam hal ini rumput) sangat tidak baik. Saran kami tetap berikan rumput. Kalau rumput kehujanan layukan saja sampai kering. Musim hujan ini banyak keuntungan dimana kita bisa menimbun rumput sampai 1 hari. Misalnya kemarin merumput, berikan sore tadi. Aman saja, asal jangan habis merumput langsung diberikan.

  63. shushie 29 Maret 2010 pukul 4:03 am

    hallo KKI
    nich aq mau curhat, aq punya kelinci yang baru hamil ( bentar lagi melahirkan ) masalahnya kelinciku itu malah kena gudik! yang aq mau tanyakan ” apakah boleh kelinci waktu hamil aq suntik untuk obat gatal?” padahal udah aq obati pakai salep ama obat semprot malah di jilati obatnya n sembuhnya kurang cepat kalau pakai obat salep ? trims

  64. iwalyfa 29 Maret 2010 pukul 11:24 am

    ok pak.. makasih banyak y balasan`y..
    jadi lumayan tau tentang kelinci.. saya coba ambil” rumput di dkt rumah tiap siang truz saya kasihkan tiap malam..
    thx info`y pak KKI

  65. Kabar Kelinci Indonesia 29 Maret 2010 pukul 3:18 pm

    suntik bagian kulit biasanya tidak bermasalah pada bagian pencernaan. Kebersihan mesti lebih penting ketimbang mengobati. Selain obat suntik, pasok makanan bergizi, seperti wortel dan daun pepaya (layu) supaya cepat sembuh. Perlu juga obat oles.

  66. iwalyfa 30 Maret 2010 pukul 4:45 pm

    pak KKI mau nanya lg nih..
    saya kemarin melihat dideket anus kelinci saya banyak kotorannya yang menempel..
    kotorannya juga seperti sedikit lengket dan hitam pekat (seperti tinta)..
    kira” kelinci saya kenapa ya pak?

  67. Kabar Kelinci Indonesia 31 Maret 2010 pukul 1:18 am

    feses begitu gejala sakit. Makan padat, pelet atau mungkin juga gangguan enteritis dari pakan yg tidak beres.

  68. iwalyfa 1 April 2010 pukul 10:40 am

    lalu pengobatan`y gmn pak?

  69. Kabar Kelinci Indonesia 2 April 2010 pukul 12:00 pm

    kasih bawang puting. 1 siung bawang putih dengan jahe merah ditumbuk, airnya diminumkan. 2-3 sendok makan cukup. berikan 2x sehari selama 2-3 hari.

  70. shushie 6 April 2010 pukul 8:09 am

    Pak kki aq jg mau tanya lagi??

    apakah baik jika kelinci habis melahirkan di suntik obat semacam antibiotik ( katanya sich biar tidak terkena tumor )
    mohon sarannya ????

    trims

  71. taman kelinci 6 April 2010 pukul 9:16 pm

    pak sy mau tanya cara nyuntik B12 itu sama ga kaya nyuntik scabies (dibawah kulit diatas daging) atau jarumnya sampai masuk ke daging, mohon dijawab krn kelinci sy lg mogok makan

  72. Kabar Kelinci Indonesia 9 April 2010 pukul 3:42 am

    kalau Vitamin sampai ke daging.

  73. Kabar Kelinci Indonesia 9 April 2010 pukul 3:42 am

    kalau sedang hamil atau menyusui memiliki resiko. Tumor? ada-ada saja. Kalau tidak sakit ya kenapa mesti disuntik.

  74. derly 9 April 2010 pukul 10:36 pm

    waduh selama ini ternyata aku ikuti petunjuk yg salah dr toko penjual obat, pantesan setiap ada kelinci yg sakit terus aku suntik dibawah kulit tp ga ada reaksi sembuh malah lebih cepat mati, saya ingin tanya :
    1. bisa dijelaskan dibagian mana pak nyuntik daging nya soalnya aku agak takut baca di web sebelah salah nyuntik bisa lumpuh/daging busuk, kalo nyuntik scabis alhamdulillah slalu berhasil.
    2. 3minggu lalu sy beli 1pasang indukan puzylop dr luar kota berjarak 50km diangkut pake motor ditempatkan pada box/contener, sehari kemudian kelinci betinanya agak murung mungkin strees, makin hr napsu makanya semakin berkurang sampai akhirnya sama sekali ga makan dan mati, bagai mana caranya agar kelinci habis perjalanan jauh tdk alami strees, hal ini sudah dialami 3x beli indukan.

  75. Novi 10 April 2010 pukul 3:34 am

    mas KKI….. gimana sich caranya kurusin kelinci,,, karna aku punya flaam usia udah 13bln-an mau bunting pertama selalu gagal… apa mungkin karena kegemukan ya… dilihat posturnya apalagi di bagian leher bawah (gemuk banget)…
    dibalas ya… makasih

  76. Kabar Kelinci Indonesia 10 April 2010 pukul 5:30 am

    Nyuntik untuk daging itu di bagian pangkal paha kanan, atau kiri. Biasanya mudah bagian kanan. posisi jangan duduk biasa sehingga kulitnya menebal. Kalau bulu terlalu menganggu bisa dicukur sedikit, sebelum menyuntik lebih bagus dikasih al-kohol biar tidak terlalu sakit.

    Solusi pembawaan jarak jaruh ya hindari. Kalau ini sudah dimana-mana fakta; stres ya pasti sakit lalu mati. Beli yg dekat saja. Jangan memaksa makhluk hidup seperti barang mati. Atau beli yg jelas sudah besar, itu meminimalisir. Perjalanan harus banyak istirahat dan layanan pakan minum harus baik. kalau ini merasa merepotkan ya mohon maaf tidak ada solusi lain.

  77. Kabar Kelinci Indonesia 10 April 2010 pukul 5:33 am

    Kami tidak melihat langsung kelinci anda, jadi tidak berani menyimpulkan obesitas. BUnting pertama biasa gagal karena belum pengalaman.

  78. renal 11 April 2010 pukul 6:28 pm

    sama kejadiannya dengan kelinci saya
    tapi knp tdk ada jwbannya nih…sayang sekali
    mohon bantuannya dong bapak/ibu thank’s

  79. derly 12 April 2010 pukul 6:53 pm

    yg sy alami 3x mati itu terjadi pada indukan, yah pengen nya sih yg didlm kota tetapi di kota purwakarta yg ada jual cuma klinci lokal doang makanya sy beli ke lembang/parongpong yg berjarak 60km dr tempat sy,

  80. derly 19 April 2010 pukul 6:16 pm

    bang kki sdh 3 hari kelinci saya tdk mau makan dan minum mungkin strees, kemudian sy ingin obati dgn vitamin B12, keterangan dibotol B12 nya injeksi, apakah boleh kasih B12 dgn cara oral berhubung sy tdk pengalaman nyuntik,

  81. Kabar Kelinci Indonesia 21 April 2010 pukul 12:00 pm

    kalau tidak bisa nyuntik ya cari obat oral. Kalau tidak mau makan sampai tiga hari anda biarkan itu semakin parah. Saat melihat kelinci tidak mau makan pada pagi hari misalnya, mestinya langsung sigap. Sekarang sebagai tindakan darurat buatkan ramuan jahe merah, bibi pepaya, bawang putih, gula gawa. Tumbuk campur secukupnya. masukkkan gelas, tuangkan air panas. Rendam sampai hangat. Baru diberikan pagi sore. 2-3 sendok makan cukup.

  82. derly 21 April 2010 pukul 8:03 pm

    sayang sekali ALLAH telah telah memanggilnya pada hari ke 4,
    untuk jaga2 kedepanya tolong bang rekomendasi obat/vitamin napsu makan oral apa yg bagus?
    terus 1 pertanyaan lg untuk tindakan darurat kelinci yg keracunan hijauan ramuan/obat apa yg hrs di berikan, krn sy bepergian kemudian sy suruh org untuk cari pakan dan rupanya ada pakan hijauan yg beracun, daunya mirip daun ubi tp lebih besar dan ada getahnya serta jalarnya berbulu, orang kampung bilang “AREUY GEUTAH”

  83. Kabar Kelinci Indonesia 22 April 2010 pukul 9:59 am

    untuk nafsu makan yg baik sarat utama adalah tidak stres. makan itu sudah menjadi kebutuhan dasar setiap makhluk hidup sehingga tidak perlu diributkan manakala jaminan hidupnya baik. Menjadi persoalan karena stres atau karena sakit. Jika stres maka pemeliharaan harus memperhatikan kaidah; misal jangan berdekatan dengan hewan lain, apalagi pemangsa, situasi nyaman dan layak serta tidak pengap (kelembaban terjaga standar).

    Masalah bakteri dari pakan menjadi salahsatu masalah besar. Ini masuk kategori kebersihan dan kesehatan pakan. Sangat vital. Karena itu sangat dilarang memberikan pakan/rumput sebelum dilayukan karena di sana banyak bakteri. Tunggu sampai layu, misalnya minimal 4-5 jam dari merumput. Jangan kotor, jangan merumput dekat selokan apalagi tempat sampah. Tidak usah takut tumbuhan beracun sebab yg dimaksud racun itu bukan tumbuhannya, melainkan karena kotorannya, termasuk telor nyamuk.

  84. taman kelinci 27 April 2010 pukul 8:15 pm

    pak saya mau tanya tentang pengobatan injeksi apa yang di maksud :
    1. INJEKSI INSTRAMUSKULAR
    2. INJEKSI SUBKUTAN
    soalnya saya baru beli obat LIMOXIN-200 LA buat obati batuk dan pilek sedangkan petunjuk pemakainya dgn injeksi instramuskular atau subkutan

  85. Kabar Kelinci Indonesia 28 April 2010 pukul 12:37 am

    INTRAMUSKULAR adalah penyuntikan untuk memasukkan antibiotik, anastesi atau memasukkan vitamin. Penyuntikan ini melalui jalur otot atau daging.
    Subkutan adalah suntik bagian kulit; biasanya untuk menyuntik penyakit kulit/daging sehingga tidak perlu masuk sampai daging, cukup suntik atas.

  86. taman kelinci 28 April 2010 pukul 6:08 pm

    terima kasih pak atas responya,

  87. cindy 9 Mei 2010 pukul 11:26 am

    mu tanya bagusan mana ngasih makan kelinci dengan pelet ato rumput
    kelinci saya kena borok , di kuping telinga sama kaki . beli obatnya dmanaa???
    klo beli kelinci yang aslanya di kasih pelet trus berubah jadi rumput gak apa2?????
    kalo 1 kelinci borok mungkin gak nular ke kelinci lain? makasih

  88. yuli 10 Juni 2010 pukul 12:20 pm

    Kelinci saya pilek,hidung berair dan nafsu makan semakin berkurang,sehingga lama kelamaan menjadi kurus,sudah di suntik anti bioktik,tapi tetap pilek,suara nafasnya grog grog. maunya minum terus,tapi gak mau makan,kotorannya kecil2.gimana y cara menyembuhkannya.Terima kasih

  89. Fifien 13 Juni 2010 pukul 8:38 am

    Bung KKI, kelinci saya sakit, mulut bawah dan kaki depan berair, jadi bulunya kotor dan lengket. kelinci juga jadi berbau. nafsu makannya turun, tapi masih mau makan wortel. berat badan turun. kelinci tinggal bebas di halaman belakang rumah, tapi ada kandang yang dibuat dari papan palet. Gimana cara mengobatinya supaya kelinci bisa pulih dan sehat kembali.

  90. minawati 27 Juni 2010 pukul 10:41 am

    Hallo pak, kelinci saya fuzzy loop umur 3 bulan mati 3 hari lalu, baru saya beli 2 minggu lebih dari peternakan.
    Selama ini si loopy makan banyak, poop & pee juga banyak, sehari2 sangat sehat. Makanannya pelet & timoty Hay, minumannya selalu saya beri 1 tetes BIOREX.
    Kandangnya selalu saya bersihkan, dan 2 x seminggu saya cuci dan basuh dengan detol.

    Yang herannya terkadang bulu dibawah mulutnya ada 2 garis kusut di sisi kiri-kanannya (ngeces kayaknya). Tapi kelinci tidak menunjukkan gelagat sakit sama sekali.
    Nah vet memberikan MIRATIM 1 tetes. jadi bisa dibilang sudah sembuh ecesannya.

    Suatu hari saya beri dia daun pisang cukup banyak (krn di peternakannya memang makanannya pelet dan daun pisang), hari selanjutnya saya tetap beri daun pisang (tapi daun kali ini sudah sempat dimasukan ke kulkas, sehingga warnanya bukan hijau segar lagi. daunnya saya anginkan dahulu supaya tidak dingin baru saya berikan). selanjutnya saya tidak berikan lagi karena merasa ragu dengan daun pisang yang warnanya sudah cokelat itu.

    Nampaknya setelah itu si loopy terlihat suka menyendiri. rupanya perutnya agak kembung. maka saya berikan REBUNG-K 0.1cc juga WORMEX 0.1cc. Poopnya agak lembek.
    Besokkannya dia gak mau makan sama sekali, jadi buatkan bubur pelet dengan cara suntik oral (tanpa jarum). Poopnya makin lembek, jadi saya berikan FLAGYL syrup 0.1cc.
    Malamnya mulai diare, poopnya berlendir berwarna hijau. Minuman juga sudah tidak saya berikan.

    Besok paginya saya berikan lagi FLAGYL 0.1cc. Siang dia mencret banyak sekali, tapi tidak berlendir lebih tepatnya berair, dan banyak sekali sampai kandangnya muncrat dimana2 dan 1/2 lebih badannya penuh dengan poopy. Saya berikan makan + juga FLAGYL 0.2cc. Nah disaat ini mulutnya juga berair. jadi terus terang saya bingung harusnya diberi MIRATIM atau FLAGYL. karena lebih urgent mencretnya maka aku berikan FLAGYL.

    Saat itu saya bingung haruskah saya bersihkan badannya atau saya biarkan. Saya lap tapi gak bisa, jadi akhirnya saya basuh dengan air, segera saya keringkan dengan lap dan hair dryer, lalu saya jemur 15 menit. Dan saya masukan ke kandang baru yang bersih.

    Pulang2 dia sudah kaku.

    Pertanyaan saya?
    1. Apa penyebab kematiannya? daun pisang kebayakan kah? sempat saya baca di internet, warna poop seperti itu berarti kebanyakan serat kasar.
    2. Apakah benar saya berikan bubur pelet, padahal lagi mencret dikasih yang berair juga.
    Tapi kalo gak mau makan gimana donk pak?
    3. gimana caranya supaya si kelinci tidak lemas?
    4. Gimana caranya setidaknya menanggulangi rasa sakit mulesnya dulu di kelinci, soalnya jelas banget dia kesakitan. Dan saya merasa banget kalo FLAGYLnya tidak menolong.
    5. Kalau badannya jorok begitu dimandiin atau ngak ya? atau tunggu sembuh baru dimandiin?

    Terus terang saya hanya bisa pantau kelinci saya di pagi dan malam saja, karena saya bekerja. Saya trauma bawa ke VET karena, dulu saya juga punya kelinci.. masih bisa loncat2 dibawa ke vet, keluar dari ruangan vet mangap2, sampe ditolong pake oksigenpun akhirnya lewat. Kondisi kelinci drop banget kalo dibawa ke VET, mungki proses tunggu bersama hewan lain, ruangan VET yang super dingin, dll membuatnya stress ya…

    Kumohon banget bantuannya, supaya bisa mencegah kematian pada kelinci2ku yang masih ada sekarang ini. Terima kasih.

  91. minawati 27 Juni 2010 pukul 10:49 am

    Oya pak, mau nanya lagi.

    Kelinci saya yang namanya MOCA, umur 2,5 bulan.
    tadi sempet mencret dikit (warna poop hijau tua, masih kelihatan bentuk bulat2 gepeng yang menyatu jadi 1 bentuk panjang), setelah saya beri REBUNG-K 1cc sekarang sudah hampir sembuh, tapi kenapa ujung telinga masih dingin?

    Katanya kalau telinganya agak dingin berarti kelincinya sakit? tapi kelinciku keliatannya ga kenapa2.
    Makannya masih normal. Cuma dikandang memang dia tinggal sendirian karena ditinggal Loopy yang mati 3 hari lalu.
    Jadi apa yang harus saya lakukan? Kutunggu jawabannya ya pak.
    Terima kasih.

  92. Kabar Kelinci Indonesia 28 Juni 2010 pukul 9:11 am

    tidak akan terjadi kebanyakan daun pisang kalau kita memberikan pasokan makan yg beragam. Rumus pemberian pakan rumput beragam, minimal 3 jenis rumput setiap pemberian. dengan sendirinya daun pisang tidak akan dimakan banyak.
    Bubur pelet? kok aneh-aneh. Mencret itu bukan karena unsur air, tapi kerusakan pencernaan. Justru kalau dikasih pelet bisa kolaps. Kalau pencernaan terganggu pakan yg harus disediakan adalah beragam jenis rerumputan gulma. Di buku kelinci domestik panjang lebar dijelaskan soal itu.
    lemas itu akibat sakit. Kalau sembuh sakitnya ya tidak lemas.
    cara menanggulangi sakit dengan terapi segera. Misalnya dengan pemberian antibiotik alami, seperti cairan bawang putih, campur jahe merah juga butuh gula jawa untuk energi.
    kalau sulit mandiin cukur saja bulu2 yang kotor dan lengket itu.
    pada intinya penyakit pencernaan itu biasanya disebabkan pola pakan yg buruk, terkena bakteri negatif terlalu banyak, dan juga stres.

  93. Kabar Kelinci Indonesia 28 Juni 2010 pukul 9:13 am

    Telinga dingin memang salahsatu indikasi terkuat sakit. Kelinci stres, termasuk hidup sendirian sangat mudah mengembangkan penyakit.
    feses hijau tua dan bau itu biasanya terkena radang usus/enteritis.
    pengobatan bisa memakai ramuan lidah buaya, pagi, sorenya dikasih ramuan bawang putih campur tumbukan biji pepaya kering dan campur juga jahe merah.

  94. nancy3wsb 10 Juli 2010 pukul 7:56 am

    untuk dosis pengobatan enrofloxacin kelinci umur 2 bulan diberikan seberapa banyak? apa ada obat suntiknya? thanks

  95. Kabar Kelinci Indonesia 10 Juli 2010 pukul 12:39 pm

    dosis kan sudah pasti ada di Labelnya. Itu saja yg diperhatikan. Masing2 antibiotik, apalagi kalau kombinasi bisa berbeda.
    Tetapi yg lazim biasanya 5-15 mg/ per Kg, setiap hari.

  96. nancy3wsb 12 Juli 2010 pukul 6:03 am

    saya memelihara kelinci lyon dewasa betina 3 ekor, jantan 2 ekor, umur 6bln da n 1 th, dan 14 ekor anak kelinci usia 1 bln-2,5 bln. kandang besar ukuran 4x5m dengan lantai semen yang berhubungan dengan tempat umbaran ukuran 1,2x7m(memanjang) dengan lantai batu dan tepian dengan batu bata/genting dan sedikit tanah. kandang dalam terbuat dari bambu seperti kandang ayam uk 60cmx50cmx60cm. Makanan kelinci saya kluban sawah/daun ketela rambat/daun pepaya dan pellet kelinci. Kelinci yang dewasa sudah saya pelihara sejak mereka bayi. Untuk sayur sudah saya layukan dan bagian2 yang busuk saya buang sebelum diberikan kelinci. air minum setiap pagi sore diganti, tempat makan minum dicuci setiap hari, lantai kandang juga dibersihkan tiap hari, Kalau sangkar bambu diganti alasnya dengan koran karena masih ada anak kelinci usia 1 bulannya. Yang jadi masalah kemarin salah satu kelinci usia 2.5bln mencret sehari, lalu sudah berhenti setelah saya beri norit dan bawang putih. Tapi malah besok paginya waktu berlarian dirumput (kadang kalau cuaca cerah,saya lepas di kebun supaya bermain bersama)tiba2 lemas dan terguling jatuh, sejam kemudian setelah itu dia mati. Kok tumben lama prosesnya, dielus2 sejam di cuma sesekali berusaha mengangkat kepala dan kakinya bergerak-gerak. waktu mati, mulutnya keluar air dikit. Kira2 sakit apa dia ? yang jadi masalah sekarang kedua saudaranya tidak mau makan (tapi tidak mencret). Jadi bingung mau diberi penanganan apa. Apa kalau kelinci usia 2 bulanan sudah boleh diberi obat via suntikan? Btw, untuk wormectin yang disuntikkan dibawah kulit, jarumnya dimasukkan dibawah kulit kira2 berapa milimeter? kadang obatnya keluar lagi waktu saya suntik, kurang dalam mungkin. Apa cukup seminggu sekali suntiknya? Mereka perlu diberikan vitamin apa? kondisinya bagian tepi telinga berkeropeng dan ujung kuku-jari kaki ada sedikit putih2nya. Saya perhatikan kudis sering muncul waktu cuaca mendung melulu, waktu kandang kena matahari terus tidak/jarang berkudis. Apakah kelinci lyon bisa dipelihara ditempat terbuka, ada rumah untuk mereka, disebelah kandang kambing, tapi tanpa pagar dan kelinci bisa berkeliaran sendiri dikebun? Beberapa akan saya berikan teman yang punya tempat luas, tapi tak tersedia kandang khusus kelinci. Mungkin nyaman karena bebas, tapi karena hewan breeding saya jadi tidak yakin untuk melepas mereka. Untuk ketersediaan rumput/jenis kluban sawah ada banyak disana,( kalau saya harus beli dipasar). Duh ternyata mumet jugaq kalau sayang dengan hewan peliharaan. jadi bingung kalau mau melepasnya ;-) Jika sempat tolong segera dibalas ya pak, terimakasih banyak

  97. Kabar Kelinci Indonesia 13 Juli 2010 pukul 8:59 am

    prinsipnya sudah tepat. Yang penting untuk indukan itu masing2 kelinci 1 ekor hidup sendiri.
    Kandang koloni memang rawan penyakit manakala terlalu sesak. Selalu ada potensi kotor dan menular, terlebih kelinci berbulu panjang.
    Pada masyarakat kita kurang memperhatikan memelihara kelinci bulu panjang, dan dianggap biasa seperti kelinci bulu pendek, padahal perawatannya harus ekstra karena butuh konsentrasi sendiri menjaga kebersihan, termasuk mencukur bulu.
    Soal kematian selalu ada celah terjadi. Bisa jadi dari makanan, terutama jika itu sayuran bisa karena terkontaminasi pestisida.
    Tidak mau makan tiba2 tanpa indikasi penyakit seperti mencret biasanya karena stres. Barangkali bisa karena dominasi kelinci lain, ketakutan akan hewan mangsa atau sebab lain.
    Obat suntikan bisa saja diberikan, hanya saja tergantung apa jenis obatnya. Ini yang membuat kita lebih jelas. terlalu panjang kalau kami jawab. Pertanyaan berapa kali menyuntik juga soal teknis. Kalau tidak sakit ya mengapa pula disuntik. bukan mingguan jadwalnya, tetapi tergantung kebutuhan dan dosis harus dipahami secara akurat supaya tidak celaka.
    Kudis atau penyakit kulit langsung disebabkan oleh kotoran atau kelembababan yang tidak ideal. Mestinya kandang kering dan tidak lembab.
    Kalau ada yang sakit mesti dipisahkan supaya tidak menular. Kelinci sakit kudis bisa saja kambuhan. pernah sembuh tapi krn dorongan lain bisa kambuh lagi.
    Kelinci bisa ditempatkan area terbuka. Masalahnya kita siap enggak menjaganya, dari lari jauh dan tidak kembali dan terjaga dari hewan mangsa?
    bagaimana pula kondisi alam itu? jangan2 perumahan, jelas tidak cocok. Cocoknya ya di kebun yg penuh rumput.
    Jangan mendekatkan kelinci dengan ternak sapi, kambing apalagi ayam. Sumber penyakit mudah dari sana.

  98. sely 5 Agustus 2010 pukul 9:25 am

    Pak, saya ingin menanyakan, kelinci saya umur 3bulan jenis REX betina, terkena scabies. Kemudian baru sy sy bw k dokter dan tnyt dokter tdk berani nyuntik, kmdn diberi salep scabies, namun bulu btmbh rontok. Kmdn sy dpt info hr tgni dg derma solution khusus cat (pemberian oral dan minum), &ditambah vit penambah nafsu makan. Namun scabies d telinganya belum sembuh.
    Pemberian makan menggunakan daun2 hijau yg sdh sy cuci bersih dan keringkan.

    Sekarang kelinci memiliki mata jernih,lincah, makan banyak, pup bagus n tdk mencret. Namun dia sering duduk dg ke2 tgn kejang seperti org menabuh drum, n saat bjln ke2 tgnnya spt kebiasaan..

    Yg ingin sy tanyakan, apa kah kelinci sy wajar (tdk menimbulkan kelumpuhan)??

    Thanks Pak.

  99. evi savitri 10 Agustus 2010 pukul 9:38 am

    sy mau tanya kelinci sy msh kcl sktr 2 bulannan pup nya kecil htm sm kencing nya ada cairan warna putih trus di bagian leher bulu2 nya kotor dan lengket kira2 sakit apa ya..? perut nya jg agak kembung.. mhn saran apa obat nya..?

  100. sony septiadi 13 Agustus 2010 pukul 7:09 am

    halo.. saya mau nanya…kelinci saya tampak lemas…. giginya gemerutuk… kotorannya cir berwarna hijau… itu kenapa ya? terima kasih

  101. nancy3wsb 13 Agustus 2010 pukul 7:59 am

    Anakan kelinci umur 2,5 bulan apakah sudah boleh disuntik wormectin? Karena dia terkena scabies, sudah tampak dikuping tepiannya berkeropeng dan disekitar pinggiran mata. Adakah obat oles yang bisa dipergunakan jika scabies tampak dipinggiran mata? Thanks infonya.

  102. nancy3wsb 13 Agustus 2010 pukul 8:48 am

    jika sudah kena scabies, suntik wormectin cukup sekali perminggu atau tiap 3 hari? Thanks

  103. nancy3wsb 18 Agustus 2010 pukul 8:59 am

    Selamat sore Pak, saya lihat di you tube ada hipnotis untuk kelinci. Apa boleh/tidak berbahaya untuk kelinci? Karena jika aman dilakukan, mungkin akan memudahkan saat mencukur bulu bagian perut dan bagian bawah lainnya. Tapi ada yang bilang hipnotis itu berbahaya untuk kelinci karena menurunkan tensi dan membuat kelinci stress. Saya ingin menanyakan juga untuk scabies pada kelinci suntik dengan wormectin sesuai dosis tertera untuk kucing?(0.02ml/kg beratbadan) atau dipukul rata semua kelinci dewasa 0.5 ml dengan berat badan minimum 2 kg? lha untuk kelinci yang masih kecil misal 1 kg (umur 3 bulan) dosisnya gimana? Thanks

  104. nancy3wsb 18 Agustus 2010 pukul 9:02 am

    Kelupaan tadi mau menanyakan suntik wormectin cukup sekali seminggu samppai sembuh atau 3 hari sekali? Jika pas disuntik obat sebagian mengalir keluar perlu diulang? Baiknya jarum diselusupkan dibawah kulit kira-kira sedalam sepertiga jarum cukup?

  105. jeany 22 Agustus 2010 pukul 5:12 pm

    kenapa kelinci saya dikasih wortel terus mencret

  106. Kabar Kelinci Indonesia 25 Agustus 2010 pukul 7:38 am

    apa benar sebab wortel atau karena kotoran yang ada di wortel?
    Wortel jaman sekarang selain jorok di pasar juga banyak pestisida. Mesti dicuci terlebih dahulu. Wortel busuk jgn dikasih.

  107. Ragil 26 Agustus 2010 pukul 4:45 am

    Saya punya 2 kelinci yang sama sama kena mencret,, trus saya kasih obat diapet kapsul saya campur ke air minumnya. hasilnya besoknya 1 kelici sehat dan satunya lagi mati> kenapa ya?? ada yg tau ga??

  108. irman 28 Agustus 2010 pukul 11:26 am

    teman saya punya kelinci kecil, beberapa hari yang lalu, entah kenapa tiba2 kaki kirinya yg belakang gk bisa jalan, pahanya patah mungkin, karena ketika pahanya saya pegang, ada bunyi kretek2 di sambungan paha ma badannya, saya ndak tahu juga. tu terjadi mungkin karena kejepit, karena klinci tu ditempatkan di sangkar burung.
    disini tidak ada dokter hewan atau orang yang tahu tentang hewan, mohon bantuannya bagaimana cara menyembuhkan kelinci itu. saya tidak tega melihatnya.
    makasih banyak sebelumnya…

  109. Kabar Kelinci Indonesia 29 Agustus 2010 pukul 5:11 am

    Kalau penyebabnya kejepit segera pindahkan ke kandang yg aman.
    Patah kaki, pada kaki yg kuat pun masalahnya sama dengan patah tulang manusia.
    Silahkan cari terapi tulang khusus. Dokter hewan pun sulit kalau sudah masalah tulang.
    berikan bayam dan wortel rutin untuk pemulihan tulangnya.

  110. Rusidi 29 Agustus 2010 pukul 5:18 am

    Metode perawatan dan pengobatan patah tulang Saya dapatkan di Buku Kelinci Domestik-perawatan dan pengobatan (warna sampul merah). Lengkap dan bisa dilakukan dg bbrp cara.

  111. tini 23 September 2010 pukul 3:04 am

    saya memelihara sepasang kelinci fuji lov … yg mau ditny sifat dr kelinci jenis ini seperti apa apakah di abisa stress ?? trs kelinci yg betina itu di bagian perutnya seperti bergelambir kalo di lihat sprt perut hamil buncit sdh 2bln tdk kempes2 knp ya ?? dan warna bola mata nya berbeda kiri hitam nya penuh dan kanan hitamnya sedikit ( pupilny hitam kecil dan di kelilingi kornea yg warna putih ) apakah normal atau ada gangguan penyakit mata krn saya lihat dia aktif tp jk di perhatikan mata kananny itu sprt yg sayu atau ngantuk … apakah tdk apa?

  112. Kabar Kelinci Indonesia 27 September 2010 pukul 2:20 am

    Semua makhluk hidup bisa stres. Stres bisa mengakibatkan lambung. Menganggu pencernaan dan bisa menimbulkan penyakit.
    Soal perut itu kalau tidak melihat langsung sulit memberikan penjelasan. kalau hamil ya itu normal saja. kalau tidak hamil sulit.
    mata sayu seperti itu mungkin akibat kurang gizi. Perhatikan saja pakan. Kalau pakan dan situasi baik kelinci akan ceria.

  113. cia 3 Oktober 2010 pukul 9:42 am

    gmana ngatasi kelinci yg menceret tanpa obt (alami gtu)

  114. Kabar Kelinci Indonesia 5 Oktober 2010 pukul 4:23 am

    mencretnya itu gimana? apa bener mencret hanya karena anda melihat cairan? atau itu penyakit lain dari pencernaan?
    masing2 penyakit ada penanganan khusus. kalau memang cuma diare biasa sembuh dengan pupus daun pisang, pupus daun jambu.
    Kalau penyakit akut ya lain urusannya.

  115. widi 7 Oktober 2010 pukul 4:44 am

    saya mau tanya pak. kelinci saya jantan usia krg lbih 1 thn. sudah 3 hari nafsu makan turun begitu jg dg berat badanya. tapi alhamdulillah masih mau makan. makanan yg sehari-hari sy berikan: wortel, bayam (biasanya liar), rumput2an, kangkung, pelet, dan hijauan lain (sawi tp jarang sekali). sebelum sakit, kelinci saya memang berkelahi dg pejantan lain yg juga sakit (nafsu makan turun drastis demikian jg dg berat badanya, lemas, matanya juga tampak radang alias seperti lecet2 di pinggiran mata, pilek, feses lembek dan keluar cairan cokelat kental, dan kemudian bercampur darah sampai akhirnya meninggal). setelah pejantan lain itu meninggal, klinci sy yg ini jd tidak lincah sperti sbelumnya.tp makan biasa, dll. sempat pilek tp sudah tidak lagi. hanya nafsu makan turun, berat badan turun, lemas, air kencing masih keluar. tapi sepertinya dia susah BAB krn fesesnya tdk sebanyak dlu dan spertinya terlihat susah keluar ktika dia menandai wilayahnya (biasa saya lepas di pekarangan rumah).dia sering sekali tertunduk lesu dan lemas. saat ini fesesnya masih bulat2an hitam hanya agak lembek. mohon penjelasan serta obatnya trmksh

  116. widi 7 Oktober 2010 pukul 4:47 am

    dimana saya bisa mendapatkan obat tersebut, bagaimana dosisnya dan apakah ini menular?trmksh.

  117. khristianto 7 Oktober 2010 pukul 2:44 pm

    penyakit kudisan pada kuku, hidung, telinga kelinci apa obatnya?
    penyebabnya apa? trims

  118. Kabar Kelinci Indonesia 18 Oktober 2010 pukul 5:22 pm

    penyebabnya mudah. pasti kandang kotor. Kotoran yang berada dikuku itu menjadi penyebab utama karena kuku sering buat garuk2. Selain itu bisa juga ketularan kelinci lain. Obatnya invermenctim.

  119. Kabar Kelinci Indonesia 18 Oktober 2010 pukul 5:25 pm

    stres akibat perkelahian bisa mengakibatkan sakit kalau berkepanjangan. Obat stres dan suplemen bisa diberikan sesegera mungkin.
    kalau kelinci pilek itu pasteurella multocida. baca artikel lain di situs ini.

  120. Maya 19 Oktober 2010 pukul 6:11 am

    Saya ingin berkonsultasi. Saya memiliki betina, usia sekitar 10 bulan. Biasanya saya beri makan rumput (legetan, bandotan, tempuyung, dll) dan ampas tahu + polar.
    Sudah 2 hari ini kelinci saya tidak mau makan (sejak hari Minggu). Hari ini telinga sudah dingin, posisi jatuh di ke belakang.
    Kondisi feces –> feces terakhir keluar hari Minggu malam. Saat itu kondisi feces agak tidak biasa: ada beberapa yang lebih lembek dari biasanya, ada beberapa yang berbentuk lonjong menyerupai rantai. Warna feces saat itu hitam. Namun sejak hari Minggu malam sampai hari ini (Selasa siang), kelinci tidak mengeluarkan feces lagi.
    Kondisi air kencing –> kelinci masih mau kencing.
    Kondisi perut –> sesekali terdengar suara gemericik dari dalam perut.

    Saya sudah membawa kelinci saya ke dokter hewan (hari Senin siang). Oleh dokter hewan, dikatakan bahwa ada bakteri/ protozoa di dalam perut kelinci saya. Kemudian kelinci saya disuntik & diberi obat (antibiotik) untuk diminumkan selama beberapa hari. Ketika saya tanya, nama antibiotiknya Yekaprim.

    Selain itu, karena saya juga menduga bahwa kelinci saya kembung, saya juga memberi kelinci saya bawang putih (dihaluskan & dicampur dengan air + madu). Saya juga mengurut perut kelinci dengan bawang merah & minyak kayu putih agar gas yang ada di perut kelinci saya keluar.

    Namun hingga saat ini, kelinci saya masih belum mau makan (dan juga tidak keluar feces). Kelinci malah tampak semakin lemas.
    Yang ingin saya tanyakan:
    1. Apakah ada obat/vitamin/tanaman tertentu yang bisa menguatkan nafsu makannya? Karena dari waktu ke waktu kelinci saya makin lemas saja.
    2. Apakah yang saya lakukan sudah benar? Atau adakah hal lain yang bisa saya lakukan untuk membuat kelinci saya lebih baik?

    Terimakasih sekali untuk jawabannya..

  121. Kabar Kelinci Indonesia 21 Oktober 2010 pukul 3:36 pm

    Ya sudah benar itu. Antibiotik macam2 juga bisa apalagi sudah kedeteksi. Cuma kadang kelemahan dokter hewan jenis antibiotiknya seadanya stok. jadi sekalipun cocok kadang kurang efektif. Saran tambahan, berikan jahe merah (awas jgn keliru jahe wangi). Beli di indomart, biasanya harga Rp 7.000. Campurkan ke air panas bersama biji pepaya kering (yg ditumbuk), plus bawang putih jantan. Kalau bawang putih biasa tidak manjur. Berikan minum saat air sudah hangat.

  122. Nadh 1 November 2010 pukul 8:14 am

    1. Kondisi Feses. berbentuk seperti buah anggur menyatu. tapi sekarang agaknya sudah berhenti tidak pup lagi
    2. Keluar air pipis tapi tidak banyak
    3. Tidak mau makan. Hanya sedikit sekali makan sesekali rumput
    4. Gigi tidak gemerutuk
    6. Makanan tidak ada yang berubah. saya beri rumput dan kangkung
    7. Pasangan kelinci ini *yang perempuannya* baru saja mati tadi pagi karena di kejar kucing. Saya curiga kelincinya yang sekarang stress. Ada yang bisa saya lakukan tidak untuk mengurangi stressnya? Saya sangat takut kelinci ini akan mati juga. terimakasi

  123. nancy3wsb 1 November 2010 pukul 9:26 am

    induk kelinci saya habis melahirkan 2 hari yang lalu, badannya panas dan makan sedikit saja. sukanya mojok disudut kandang, masih mau menyusui. saya perhatikan putingnya oke (karena saya kira kena mastitis). Kemarin saya suntik dengan terramycin 50mg/ml buatan pfizer, bahan aktif oxytetracycline. Dg dosis 0.15ml untuk kelinci 2 kg. Kok belum tampak ada perbaikan, sudah saya beri pegagan, patikan kerbau, iler,calincinglegetan sedikit, karena nafsu makannya turun. Suntik oxytetracycline 50mg/ml diberikan setiap hari atau cukup sekali saja? Trims

  124. Kabar Kelinci Indonesia 6 November 2010 pukul 5:30 am

    feses berbentuk anggur itu bukan penyakit. Itu caesotrop yang akan ditelan kembali. Mohon baca kaidah dasar pemeliharaan supaya tidak bingung.
    Jadi Anda sudah tahu masalahnya. Stres dikejar kucing. Ya sudah. Tempatkan pada kandang yg aman. Jangan sekali-kali dibuat stres dgn kucing. Itu sulosinya,.

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 144 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: