KELINCI UNTUK HARI ESOK YANG LEBIH BAIK

rendah lemak, rendah kolesterol, populasi cepat, dahsyat!

Pengganti Kelinci Percobaan Siap Tahun Depan


WASHINGTON–Pikirkan ulang jika hendak menggunakan kiasan “kelinci percobaan”. Pasalnya, mulai tahun depan, industri kosmetik kemungkinan tak lagi menggunakan hewan untuk mengetes reaksi produknya terhadap manusia. Gantinya, mereka akan menggunakan sebuah chip dari kaca dan potongan sel kulit manusia sungguhan.

Teknologi itu saat ini tengah dikembangkan oleh Hurel Corp, yang dibiayai oleh produsen konsmetik dunia, L’Oreal. Targetnya, adalah menggantikan binatang — biasanya kelinci, tikus, atau babi — dalam tes laboratorium untuk mengetahui efek obat dan kosmetik.

Perangkat yang akan digunakan dalam tes laboratorium itu menggunakan sel kulit orang dewasa untuk mensimulasikan alergi kulit terhadap bahan kimia asing. Percobaan pendahuluan menunjukkan hasil yang memuaskan, tapi tes ketat masih diperlukan untuk menentukan ketepatan teknologi itu. Selama ini, metode standar untuk menguji reaksi alergi dilakukan dengan cara menyintikkan bahan kimia ke telinga tikus, yang kemudian dibunuh dan dibedah untuk dipelajari.

North Brunswick, pimpinan Hurel di New Jersey, optimis proyek mereka akan membuahkan hasil. Menurutnya, uji coba dengan hewan dalam skala laboratirium dalam industri kosmetik nantinya akan menjadi barang kuno. Cara terbaru, dengan memaparkan bahan kimia pada sel kulit di atas chip kaca justru akan lebih menggambarkan bagaimana reaksi alergi tubuh yang sesungguhnya.

Menurutnya, prototipe alat ini sudah siap untuk dipertontonkan pada publik pertengahan tahun depan. Selain pada industri kosmetik, alat ini juga bisa digunakan dalam industri pembersih peralatan rumah tangga dan pabrik pestisida.

Republika Kamis, 14 Januari 2010, 16:08 WIB

Redaksi – ReporterRed:siwi/Sumber Berita:associated press

http://www.republika.co.id/berita/101030/pengganti_kelinci_percobaan_siap_tahun_depan

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: