KELINCI UNTUK HARI ESOK YANG LEBIH BAIK

rendah lemak, rendah kolesterol, populasi cepat, dahsyat!

Perlukah kelinci minum?


minum2Setiap makhluk hidup butuh air minum. Air minum itu selain penghilang haus juga sebagai pemasok cairan tubuh yang memang membutuhkan. Bahkan tubuh makhluk hidup seperti manusia dan hewan itu 70 persen lebih terdiri dari air minum. Maka kelinci jelas sangat butuh air minum.

Ada yang bilang, kelinci yang sudah diberi rumput tidak perlu diberi air minum. Dengan kata lain, air minum diperlukan bagi kelinci yang hanya diberi pelet sepanjang hari. Teori ini berpangkal dari pemahaman bahwa dalam rumput sudah banyak kandungan air minum. Itu benar adanya karena rumput segar memang terdapat kandungan 80 persen air. Tetapi harus diingat bahwa rumput untuk kelinci itu tidak baik diberikan dalam kondisi segar, alias harus sudah layu. Dalam kondisi layu kandungan air dalam rumput paling hanya sekitar 10-15 persen. Tentu kadar airnya minim. Mestinya air minum tetap diberikan dengan dua alasan, bahwa selain tubuh membutuhkannya, kelinci juga sering harus, terutama pada siang hari atau sehabis makan.

Urusan minum itu juga bukan soal hidup atau mati. Kita tidak minum juga tidak mati. Paling stress, kurus, kurang sehat, sakit ginjal dan gampang kena penyakit lain karena pencernaan tidak berjalan secara baik.  Kalau kasih minuman itu usahakan jangan pakai mangkok atau kaleng terbuka. Itu sering jadi masalah karena bisa jadi sumber penyakit.  Pakai botol akan lebih aman karena air tidak akan kemasukan kotoran.[]

About these ads

39 responses to “Perlukah kelinci minum?

  1. poniman 19 April 2009 pukul 7:37 am

    Dear redaksi KKI….
    Saya poniman , ternak kelinci udah 9 bln, tpi msh tradisionalan . kelinci saya jenis plam ( pedaging ) dan Lokalan , semuanya udah ada 24 ekor , tapi kelinci saya juga tidak sya ksh minum soalnya gak punya botol minumnya , klu di ksh pakai mangkok cuma di tumpahin aja . di mana sya bsa beli botol minumnya? Sya tinggal di Kalimantan timur , bisa gak sya di kirimin botolnya ke Kalimantan timur..??

  2. chou 19 April 2009 pukul 9:16 am

    sy pternak klinci dr malang apakah sy bs membeli botol utk mnum klinci d toko2 hewan dmalang yg sperti pd gambar?

  3. Kabar Kelinci Indonesia 20 April 2009 pukul 3:10 am

    Botol kelinci seperti itu banyak di petshop anjing. Itu botol untuk anjing. Tapi ya harganya memang mahal. Yg kecil sepetti itu saja Rp 15ribu. Yg 500cc, standar untuk induk harganya Rp 25-30 ribu. Dan ironisnya kadang mudah pecah kalau jatuh.
    Kalau pakai mangkok bisa saja. Murah. Itu lo biasanya bisa pakai tempat pakan ayam yg kecil. Yg penting mulut kelinci bisa masuk. Tapi pakai mangkok ini resikonya air minum mudah kemasukan kotoran. Bisa jadi biangkerok penyakit. Saran saya kalau pakai mangkok kasih saja dalam beberapa jam, terutama pagi hari pas kasih makan pelet. Siang ditarik. Malam pasang lagi. Ini untuk menghindari air menjadi kotor.
    Kalau mau kreatif bikin sendiri……

  4. Oscar 4 Mei 2009 pukul 10:00 am

    Oh jd gt om
    brarti kt org jangan d ksi minum krna tkut mati, mungkin di tempat air minumnya kna kotoran, sehingga perut anak2 klinci ga kuat.. Bner ya?

  5. tiwi 18 Mei 2009 pukul 8:46 am

    thanks ok…………..
    ilmunya bgs……….( hehehe)

  6. sugiarno 19 Juli 2009 pukul 1:57 pm

    Info yang menarik, trims.

  7. aditya 22 Agustus 2009 pukul 9:02 am

    trim,atas pemberi tahuanya.

  8. Natasha 25 Oktober 2009 pukul 11:34 am

    Ooh… jaddi di petshop Anjing ya ?
    di Jambi mah Banyaak..

  9. mukhlis 30 Oktober 2009 pukul 10:24 am

    makasih atas ilmunya yang sangat bagus buat kami !!
    kata temansaya anak kelinci tidak boleh dikasih minum! apakah itu benar dan beralasan!
    terima kasih

  10. dodi 30 Oktober 2009 pukul 1:17 pm

    jangankan manusia dan hewan, tumbuhan pun butuh air minum. Anakan kelinci juga minum air susu induknya, tentu setelah itu butuh air minum kan? pakai logika saja lah. jangan dibuat susah susah. Yg bilang kelinci mati kalau diberi air minum itu kan bakul/bandar kelinci dipinggir jalan. Mereka sangat senang kalau kelinci mati setelah dibeli dengan harapan membeli lagi. Itulah cara pikir buruk. JADI BERILAH KELINCI AIR MINUM SETIAP HARI, JANGAN SAMPAI TIDAK.

  11. Intan 4 November 2009 pukul 12:36 am

    seberapa banyak air yang diberi untuk setiap harinya untuk kelinci yg masih kecil?

  12. arifin 21 November 2009 pukul 12:51 am

    mas….kelinciku masih umur 2 bulan…tak kasih minum air putih malah mencret…truz mati…
    minuman yang baik apa ya?

  13. Kabar Kelinci Indonesia 21 November 2009 pukul 2:25 am

    aneh. Penyebab mati kok disimpulkan dari air. Gimana sih? air baigon kali? penyebabnya itu bukan air. Mati karena penyebab lain itu.

  14. RSALIM 15 Desember 2009 pukul 1:39 am

    Kalau untuk minumnya pakai bekas infus, terus di sterilkan n di modifikasi bisa engga? tks

  15. anang 15 Desember 2009 pukul 3:42 am

    bang saya bru aja berternak klinci…..
    itu juga gak ada niat dan belum punya modal ilmu yang cukup untuk berternak klinci.smua posting sangat membantu buat saya…..
    apalagi setiap ada info baru saya di i-mail
    trims…..

  16. Kabar Kelinci Indonesia 15 Desember 2009 pukul 5:08 am

    ya, baca saja semua dulu. Baru sering tanya. perhatikan satu persatu.

  17. Kabar Kelinci Indonesia 15 Desember 2009 pukul 5:10 am

    @RS Salim. agaknya perlu dihindari. Sebagian ada yg memakai itu. Tetapi gimana ya? namanya juga bekas pengobatan. Dari rumahsakit saja hati-hati membuangnya supaya tidak digunakan. KKI Idem kalau sudah soal seperti ini. Gak berani merekomendasikan, tetapi tidak berani melarang krn memang secara dasarnya punya potensi untuk digunakan. Saran kami, pertimbangkan resiko.

  18. randif 2 Januari 2010 pukul 1:27 pm

    koq di link ini http://www.kelincilucu.110mb.com/memelihara%20kelinci.htm kelinci gak boleh di kasih minum ya…??
    sebenarnya umur berapa sich boleh di kasih minum atau minum itu bukan tergantung umur tapi tergantung makanannya ya..??

  19. Kabar Kelinci Indonesia 2 Januari 2010 pukul 1:54 pm

    tergantung makhluknya. Kalau makhluk hidup semua butuh air minum. Bakul2 memang senang kalau kelinci mati karena mereka berpikir supaya beli lagi. Kelinci minum sejak lahir, langsung minum air susu dan kemudian kalau sudah beranjak besar wajib minum air untuk kebutuhan mineral, energi dan melancarkan pencernaannya.

  20. wahyudi 13 Januari 2010 pukul 8:45 am

    fuzzy lop & dutch ku minumnya kenceng….malah tambah sehat & cepet gemuk….jgn percaya kalo di kasih minum mati…kalo minumnya satu ember ya pasti mati…he..he..

  21. Umi ahnaf 21 Januari 2010 pukul 10:40 am

    pak..saya tuh punya kelinci umurnya 22 hr masih disusui oleh induknya..menurut yang saya baca diblog ini, Pemisahan anak dari induk minimal 35 hari. Dimulai sapih pada usia 32 hari.
    nah yang saya tanyakan dikasih minum airnya itu dari sekarang apa ntr kalo dah disapih. soalnya kemarin saya ke petshop mau beli tempat minum yang kecil kata yg jual klo anaknya jangan dulu dikasih minum nanti mencret. saya jadi bingung..mohon pencerahan…makasih yah pak sebelumnya.

  22. Kabar Kelinci Indonesia 24 Januari 2010 pukul 4:07 am

    Ya orang petshop mana tahu soal kelinci. Tahunya soal uang. Malah biasanya sering menyarankan tidak dikasih airminum, supaya mati dan Anda beli lagi.
    Kalau masih dalam masa menyusui, itu makanan dan minuman bisa mengandalkan air susu induknya. Memberi minum pada induknya saja, kalau nanti anak-anaknya ikut minum itu tandanya ia semakin tidak bergantung sepenuhnya pada ASI. Itu saja. Jadi jelas, selama masih menyatu, yg dikasih minum induknya saja.

  23. Umi ahnaf 27 Januari 2010 pukul 3:56 am

    makasih yah pak..

  24. tianabie 1 Februari 2010 pukul 4:53 am

    saya beli pelet kelinci tapi bentuknya keras sekali, sulit ditumbuk juga, jadi ga pernah dimakan oleh kelincinya. pelet kelinci memang seperti itu atau bukan ya? kalo bukan bentuknya seperti apa?
    mohon infonya.

  25. Kabar Kelinci Indonesia 1 Februari 2010 pukul 6:43 am

    wah kalau enggak mau dimakan ya berarti tidak baik itu. Ganti dong. Pelet kelinci mestinya lunak dan mudah pecah. kalau sampai sulit dimakan itu bahaya. Logikanya bagaimana mungkin pencernaan kelinci mampu mencerna kalau keras? soal bentuk mau bulat, gepeng atau lembut tidak jadi soal. Yg penting bisa ditelan.

  26. asep jo 3 Februari 2010 pukul 6:38 pm

    kalo pake tempat minum ayam tpi d taruh agak atas kira2 setinggi badan kelinci efektif ga ya? masalahnya kl bikin susah, nyari2 di pet shop gak ada. cuma dapet 1 sedangkan kelinci saya 7…………….

  27. Kabar Kelinci Indonesia 4 Februari 2010 pukul 4:51 pm

    prinsipnya coba saja. Kita memang mesti kreatif. botol anjing di petshop buanyak. kalau habis ya cari petshop lain kan bisa…
    atau pakai mangkuk, tetapi resiko kotoran masuk. mesti telaten membersihkan saat kotor. sehari bisa 2-3x.

  28. moonie 16 Februari 2010 pukul 1:10 am

    waa klo kelinci saya dr dulu mknnya yg keras2 peletnya, bitter bunny n krn dokter blg kegemukan akhirnya ganti CP diet, dia tetep suka,( camilan tetep dikasi, mkanan cemilan: rumput + wortel + sawi + jagung + apel )
    nah kmrn abis baca artikel ini, saya ganti d ke pelet yg lokal, saya campur sedikit2 gantinya, tp kelinci saya sama skali ga mau mkn yg lokal pdhl cukup lunak dan gampang pecah, dia betul2 pilih satu2 mknnya, trus klo uda sisa yg lokal dia cakar2 smua isinya ke tanah ( kelinci saya dilepas di kebun) trus di’beol’in jg , saya biarin pola mkn begitu 3 hr tp tetep ga mau mkn pelet lokal akhirnya saya yg menyerah d, saya balikin ke pelet CP diet smua, walhasil ga ada yg dibuang lg ama kelinciku, knp bgitu?

  29. Kabar Kelinci Indonesia 16 Februari 2010 pukul 3:32 am

    masalahnya bukan soal lokal, nasional atau internasional. Urusan pelet murni masalah kandungan. Kalau sudah dapat yang cocok ya itu biarkan saja pakai yg sudah disukai. Perubahan makanan butuh adaptasi beberapa kali. bIsa seminggu. Itupun kalau cocok. kalau tidak ya tetap akan pilih yg sudah disukai. Habis baca artikel ini, maksudnya artikel apa? kok implikasinya mengganti pelet Cp dengan lokal? apakah ada tulisan yg berpesan begitu? salahtafsir kali. Yg kami pesankan agar tidak terpengaruh istilah komplet feed, seolah2 makan kelinci cukup dgn pelet krn sudah dikatakan komplet. Campuran rumput liar sedikit sayuran seperti wortel sangat penting.

  30. Risa 18 Maret 2010 pukul 1:57 pm

    mw tnya dunk.. klo kelinci’y agak mlz gerak, truz cma gerak kdng” doank.. Tu knp y?
    truz kelinci’y kliatan’y ngantuk truz.. jd srng diem aja.. pa krn kelinci’y agak gemuk gt?
    skrng di mulut’y ky da pa gt.. ky nempel tp ga bsa diambil..
    kotoran’y jg lembek..
    tiap hri c diksh pakan khusus klinci yg ngandung hay.. n air mnm jg di botol..
    tlng ksh saran yg bgz dunk.. tq..
    coz cemas bngt ma keadaan’y..

  31. RADEN MAS AJI SUPENO 28 Maret 2010 pukul 2:47 pm

    masalahnya kelinci yang tidak biasa minum biarpun di kasih air juga tidak mau minum .gimana cara melatihnya supaya mau minum.thanks.

  32. Kabar Kelinci Indonesia 28 Maret 2010 pukul 3:40 pm

    sesekali disuapin. Pendidikan hewan adalah mimikri, meniru-niru. Maka dengan menyandingkan kelinci yg suka minum itu juga bisa dilakukan. syukur kalau kelinci masih kecil, dicampur dengan kelinci kecil lain yg doyan minum. nanti akan ikut2tan.

  33. rigel 14 April 2010 pukul 5:44 am

    mau tanya dong……… kenapaya kelinci saya ko dekat kelopak matanya ada seperti kulit yang keluar dari dalam kulit kelopak mata. padahal kandang selalu bersih, pakan dan minum juga ga pernah telat di kasih, trus penyebab dan pengobatannya apa y?……………

    tank’s atas informasinya.

  34. aji 16 April 2010 pukul 6:46 am

    kelinci saya gak mau minum klo cuma pakai air tawar,sejauh ini saya pakai gula jawa untuk pemanis,dan mereka doyan.klo misal saya ganti dengan tetes tebu(biasa untuk minuman kuda)boleh gak,dan apa pengaruh nya?

  35. Kabar Kelinci Indonesia 16 April 2010 pukul 11:23 pm

    kebiasaan saja. Kalau yg diminum pakai gula2 terus malah repot pencernaannya nanti. Kasih air putih pakai botol biasanya lebih memudahkan.

  36. adi 25 April 2010 pukul 3:16 am

    kalau dikasih makanan daun daunan aja gmn?

  37. Kabar Kelinci Indonesia 26 April 2010 pukul 10:09 am

    ya kurang dong. Pertumbuhannya jelek. Daun2 yang dimaksud itu daun apa juga? rumput sangat penting, begitu juga karbohidrat. Air minum wajib.
    Pertanyaan kalau dikasih daun2 saja, sama analognya dengan pertanyaan bagaimana manusia jika hanya dikasih makan sayur saja tanpa nasi, tanpa minum.

  38. Dallin 28 April 2010 pukul 10:30 am

    Mas saya udh punya tempat minumnya,, tapi kelincinya kok gak minum,, airnya tetap segitu2 aja !!

  39. dika 17 September 2010 pukul 7:00 am

    kelinci boleh di kasih susu kaleng kah??
    jika klinci itu msh kcil…
    tolong info’a..
    thx…

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 141 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: