KELINCI UNTUK HARI ESOK YANG LEBIH BAIK

rendah lemak, rendah kolesterol, populasi cepat, dahsyat!

Peluang Bisnis Ternak Bibit Kelinci Impor


arnabJenis kelinci impor pedaging seperti New Zeland, Flemish Giant dan English Spot sangat dibutuhkan para peternak. Cukup dengan promosi ke beberapa peternak saja dipastikan laku keras.

Kenapa mesti impor?

Ada beberapa alasan menjawab pertanyaan ini.

Pertama, bibit kelinci impor sangat langka. Sebagai pondamen peternakan yang handal kelinci asli sangat dibutuhkan. Tanpa ketersediaan bibit asli tersebut niscaya dalam beberapa tahun kualitas keturunan akan memudar. Kedua, harga anakan kelinci impor bisa didongkrak dengan harga relatif tinggi,-menyesuaikan dengan biaya modal impor dan peternakan. Ketiga, manfaat secara sosial sangat tinggi karena dengan begitu para peternak kecil bisa mendapatkan keturunan asli dari kelinci impor tersebut. Keempat, pangsa kelinci impor sangat luas sekaligus ekseklusif. Luas dalam artian bahwa selama ini para peternak sangat kebingungan mencari anakan keturunan langsung atau anakan keturunan kedua. Para peternak sudah menyadari bahwa harga mahal pun akan dibayar demi mendapatkan kualitas keturunan yang baik.

Apakah jenis kelinci hias, penghasil bulu atau pedaging yang paling banyak dicari?

Jenis-jenis tersebut tidak terlalu penting dipersoalkan. Semua peternak kecil membutuhkan. Hanya saya penulis menyarankan agar pengimpor lebih memikirkan nilai sosial untuk kemaslahatan dengan menjatuhkan pilihan utama pada kelinci impor besar untuk pedaging. Hal ini supaya masyarakat peternak kelinci lebih fokus mengarahkan ternaknya ke arah pemanfaatan pedaging.

Kita tahu bahwa beternak atau berbisnis kelinci hias memang lebih tinggi keuntungannya. Tetapi harus diingat bahwa pasar kelinci hias tergolong labil di banding kelinci pedaging. Selain dari itu kelinci hias sebenarnya kurang memberi manfaat bagi masyarakat luas, khususnya untuk peningkatan gizi dan penyerapan tenaga kerja.

Tetapi bukankah kelinci pedaging lebih murah dibanding kelinci hias? Itu benar adanya. Tetapi khusus untuk keturunan asli, (baik keturunan pertama, kedua, maupun ketiga), harga bibit keturunan asli ini bisa dinaikkan setara dengan harga kelinci hias impor. Sekali lagi, para peternak sudah memiliki kesadaran tentang harga tersebut. Mahal bukan masalah asal kualitas memang terjamin.

Andaikan modal beberapa ratus juta kita miliki untuk belanja induk kelinci impor asli, maka itulah kecerdasan luar biasa yang sedang kita terapkan. Berikut saya mencoba memberikan gambaran real bagaimana putaran uang beternak kelinci dengan bibit impor asli.

Prakiraan modal dan laba dari ternak bibit kelinci impor asli

Jenis Induk

Harga Beli Induk umur 5-6 bulan

Harga Jual anakan (f1) umur 60 hari

Rata-rata kelahiran

Flemist Giant

Rp 4 Juta*

Rp 300.000**

6 ekor x Rp 300.000= 1.800.000

New Zealand

Rp 4 juta*

Rp 250.000**

6 ekor x Rp 250.000 = 1.500.000

English Spot

Rp 4 juta*

Rp 350.000**

6 ekor x Rp 350.000 = 2.100.000

*Harga beli induk impor ini sangat relatif. Biasanya kelinci jenis mini mahal harganya, tetapi biaya paket agak murah karena bobotnya ringan. Sementara kelinci jenis besar biasanya agak murah harganya tetapi ongkos timbangan paket lebih mahal. Harga 4 juta ini adalah harga kelinci impor berlisensi. Sedangkan kelinci impor non lisensi biasanya bisa didapat dengan harga antara Rp 2,7-3,9 juta (termasuk ongkos kirim). Harga tersebut hanyalah prakiraan. Untuk kepastiannya sebaiknya dicek langsung pada peternak yang menjual melalui internet.

**Harga jual setelah 60 hari lebih tinggi. Kenaikan harga ini yang paling fleksibel ditentukan oleh biaya perawatan dan pakan. Katakanlah setiap hari Rp 3ribu, maka dalam sebulan harga dinaikkan Rp 9 ribu.

(sumber tulisan ini dari buku TERNAK UANG; faiz Manshur 2009)

45 responses to “Peluang Bisnis Ternak Bibit Kelinci Impor

  1. mohammad yasin 28 Maret 2009 pukul 5:19 am

    saya peternak kelinci diKab Malang Jatim, saya hampir mempunyai seluruh jenis kelinci( yang beredar di Kab, Malang) tapi saya ragu tentang keaslian jenisnya karena dpatnya pun dipeternak kecil yang tanpa di sertai dengan sertifikat kelinci, saya tertarik dengan kelinci jenis flam, masalahnya saya tidak tahu ciri-ciri jenis flam. mohon bantuannya.

  2. sofwan.kalipaksi 31 Maret 2009 pukul 2:25 am

    terima kasih infonya. Saya juga pernah menulis tentang peternakan kelinci yang dikelola sebuah Karang Taruna di Kota Batu, Malang.

    Salam

  3. dwi 31 Maret 2009 pukul 3:46 am

    sayaseorangpecintakelinci,saatinisayapunyasepasangrexdanpengenbelisepasangflamtapisamasepertimohammadsayagtaupersisgimanaciri”flamyangaslisalamkenal

  4. dwi 31 Maret 2009 pukul 3:51 am

    Sory untuk yg membaca komentar saya mungkin berfikir “Wah ni orang baru belajar ngetik” he..he..he ma’af bget tadi yg ngetik anak saya yg baru TK

  5. ongke 31 Maret 2009 pukul 1:44 pm

    harga indukan sepasang ya ?? dimana alamat yang jualan F0 nya ??

  6. Iwan 2 April 2009 pukul 5:19 am

    saya penghobi kelinci saya punya sekitar 16 jenis dari giant,dwarf,nd,lop,himalayan,dll…saat ini saya sedang mencari indukan flum yang bagus..dimana saya bisa dapatkan ya
    O iya minifarm saya di jakarta barat n saat ini lagi bikin juga di Pacet mojokerto

  7. catur g budiowasis 3 April 2009 pukul 5:56 am

    Saya menyukai ternak kelinci bagaimana prospeknya,dan saya kepingin ternak saya ini berkembang dan memiliki nilai tambah buat saya utamanya untuk nilai tambah dalam keuangan saya ingin skali dapat tambahan pengetahuan tentang teknis ternaknya,dan bisnisnya

  8. ZAINAL 25 April 2009 pukul 5:08 pm

    gw zainal, domisili Lampung. gw penghobi kelinci nih, tapi lom da yang jenis giant. kalo mas ada harganya berapaan yah…?

  9. F. Azzahra 1 Mei 2009 pukul 9:46 am

    Saya peternak kelinci pedaging dan hias di wilayah bogor, bagi yang butuh indukan dapat menghubungi 081314931209 atau 021-93011778 atau email : lecascade@gmail.com. Di tunggu pesanannya ya………

  10. andhy 13 Mei 2009 pukul 2:38 pm

    di lampung – metro ada kok mas jenis giant telpon ke sini aja 08566970454568

  11. hf 18 Mei 2009 pukul 4:51 am

    saya dari kuala lumpur. siapa saya patut hubungi untuk import induk/baka pedaging? ini email saya : hf@fotoempire.com

  12. slamet 29 Mei 2009 pukul 9:28 am

    area malang yg mo jual kelinci buat bibit hub 085234101429 or e-mail ngess_68@yahoo.com

  13. Hendra 10 Juni 2009 pukul 9:14 pm

    Buat pecinta kelinci di sekitar Malang Raya, akhir bulan ini ada kontes kelinci yang akan diadakan di kota Batu. Info lengkapnya di tabosrabbit.blogspot.com
    Diharapkan keikutsertaannya untuk memeriahkan acara ini.
    Salam

  14. ice 12 Juni 2009 pukul 10:41 am

    Salam,
    Saya Fahmi dari Kuala Lumpur. Siapa yang menternak arnab pedaging, silakan hantar informasi mengenai kadar pembesaran untuk baka New Zealand White indonesia. Saya mendapat informasi kadar pembesaran sekilo untuk sebulan, 4kilo empat bulan. Apa benar?? silakan hubungi saya di nuckcull@gmail.com

  15. idris 10 Juli 2009 pukul 7:43 am

    salam. saya peternak pemula. say mempunyai 2 jenis kelinci. flamish giant dan new zealand white. tapi saya masih ragu keasliannya. tapi jika liat gambar di berbagai situs, punya saya memang mirip dengan jenis tersebut. mohon info pasar.

  16. TRI HARJANTO 28 Juli 2009 pukul 2:24 am

    BAGI YANG MEMBUTUHKAN ANAKAN KELINCI JENIS REX dan FLAM, saya ternak kelinci di BOYOLALI. hub : 085725024005 atau email : harlanzz@yahoo.com

  17. Thamrin 8 November 2009 pukul 2:36 am

    saya pemelihara kelinci , tapi saya g.tau mana kelinci cw/cwo .
    nah , disalah.satu kelinci saya di.bag kelaminnya timbul seperti biji jambu mete.
    2 buah + warnanya pink,bening ..
    apakah itu ?.
    dan bagaimana caranya , agar kelinci saya cepat kawin ..
    karna saya juga mencoba buat nernak .
    thx.
    mohon di.balas yaa
    lewat FB. aja ..
    thamrin arthur anderson ..
    please bgt ..
    infonya di.tunggu …

  18. Kabar Kelinci Indonesia 8 November 2009 pukul 9:27 am

    @Tamrin. Kelinci jantan mudah terlihat setelah 2 Bulan. Tapi dalam bulan pertama bisa dilihat dengan membuka kelaminnya. Kalau lebar berarti betina, kalau ada penisnya berarti jantan. kalau sudah ada biji di sekelilingnya berarti jantan.
    BIAR CEPET KAWIN? waduh. kawin itu ada masanya.jgn paksa. Anda harus memanusiakan hewan supaya tidak celaka. Umur kawin betina pertama yg baik kalau sudah lewat 5,5 bulan. Usahakan kawinkan pada usia matang saja biar aman, yakni 6 bulan. Biar anaknya bagus, kawinkan betina itu dengan pejantan yg sudah pengalaman kawin.
    Saran kami. hati2 pelihara kelinci. Banyak hal yg mesti ditelaah memakai ilmu secara serius. Belajar yg sungguh2. Jangan kalau sudah ada kasus baru cari ilmunya, lebih baik cari ilmu dulu sebelum ada kasus.

  19. pak asmen 16 November 2009 pukul 1:57 pm

    Pak di mana ya saya mau menjual anakan kelinci lokal super? saya punya hampir 50 ekor indukan, tempat saya di dampit.
    tolong pak ya kalau ada informasi hubungi saya 085755599688

  20. muhamad ikhsan 22 November 2009 pukul 3:18 am

    saya sedang merintis usaha ternak kelinci,di mana tempat pengepul kelinci di daerah jawa tengah,kalau ada yang deket kebumen.

  21. irawan wijayanto 23 November 2009 pukul 9:26 am

    salam kenal, saya irawan. domisili di karanganyar solo. saya pelihara kelinci jenis flam, spot, rex, angora, australi (new zealand white. akhir2 ini saya resah, karena banyak peminat kelinci yang sebelumnya adalah para pemain anthurium daun. malah saya pernah jumpai kandang anthurium berubah jadi kandang kelinci. mg2 kelinci gak “dimainkan” seperti waktu booming anthurium ya.menurut saya yang tepat kelinci itu untuk memperbaiki kualitas gizi keluarga. ya gak? he3x…., menurut saya lho… Oya, silaturahmi yuk. sms aja di 085229081347

  22. danang 24 November 2009 pukul 3:15 am

    saya peternak kelinci dari boyolali, jika ada yang membutuhkan kelinci hias berbagai jenis hub: 085740888118

  23. Fauzi 6 Desember 2009 pukul 3:38 am

    Area Malang atau Batu, bagi yang butuh anakan rex HUB 085736368224

  24. Tri harjanto 22 Desember 2009 pukul 7:38 am

    HARLANZ KELINCI BOYOLALI ternak kelinci pedaging jenis flam, hub : 085725024005

  25. muhanang 21 Januari 2010 pukul 3:06 am

    saya mau beli kelinci jenis flemish giant yang FI yang asli di mana ya hub 081 233 059 625

  26. The Bunny 2 Februari 2010 pukul 7:03 am

    kiat-kiat pemasaran scr detail kelinci hidup (kelinci nukda). Bisa email ardelieone@gmail.con. Matur Nuwun.

  27. hadi 15 Februari 2010 pukul 3:22 am

    salam kenal dari hadi SURABAYA. saya sudah lama cari jenis Flemish Giant yang asli belum juga ketemu, mohon dong rekan-rekan mau bantu aku cari anakan ato indukan Flemish Giant yang asli serta hargany aklo tahu, sekian terima kasih…………….

  28. hadi 15 Februari 2010 pukul 3:26 am

    rekan-rekan bisa juga kirim ke email:lastdream65@yahoo.com. tolong donk bantuannya. ku tunggu………………….tuk kelinci jenisFlemish Giant asli

  29. zainuri 21 Februari 2010 pukul 9:50 am

    minta tolong saya diberi tau dimana sentral
    pemasaran kelinci malang

  30. Aji 11 Maret 2010 pukul 6:10 am

    Yg punya kelinci jenis fuzi lop.Sms aku ya.085746123459

  31. Gilang 22 Maret 2010 pukul 7:53 am

    ada yang butuh kelinci fuzzy lop?
    call me o.k di 08996043661

  32. Arzia 25 Maret 2010 pukul 5:32 am

    Saya bantu temen jual kelinci nya ada macam2
    1 . Rex
    2 . Lion
    3 . unggul dan lokal super

    Temen saya jual anakan umur 45 hari sistem borong minimal 20 ekor harga sama rata 15 ribu. Wilayah malang di antar
    hub : 081 326070175

  33. ANdik BAtu 30 Maret 2010 pukul 3:07 am

    Sasaji . . sam terwelu loop umur 2bulanan harganya berapa ?
    Au butuh 4. 3 cewek n 1 cowok .n Netherland dwarf umur 2bulanan 4 ekor jg.3cewek n 4 cowk. ad g ?
    bles d’numb 085646367292

  34. fendy 1 April 2010 pukul 4:42 am

    mohon di informasikan daerah suplayer bibit kelinci pedaging yang ungul dan perkiraan harga perekor?

  35. dwi yanti 11 Juni 2010 pukul 12:54 pm

    Salam kenal, sy mau beli kelinci jenis flemish giant kira2 brp ya harganya n bs d dapat dmn sy tinggal. D jakarta timur tks

  36. Mas 18 Juni 2010 pukul 4:32 am

    Salam buat smw.. Ass. saya baru mw coba ternak kelinci,, domisili di palembang.. kira2 ada gk ya peternak asal kota palembang, atau paling tidak masih kawasan sumatera selatan… kl saya pesan yang di luar pulau, akomodasi dan transportasi nya gmn ya…? email saya eko_supriyo86@yahoo.co.id…… trm ksh..

  37. Mas 18 Juni 2010 pukul 4:38 am

    mas, andhy..saya baru mw coba ternak kelinci,, domisili di palembang..kl saya pesan, akomodasi dan transportasi nya gmn ya…? apa mesti sy langsung ksn..? btw harga indukan satu paket untuk memulai ternak butuh duit brp mas..?

  38. dani 5 Juli 2010 pukul 7:30 am

    bagaimana cara pemasaran kelinci impor yang baik?
    karena di daerah saya masih belum bisa untuk pemasarannya

  39. erik 20 Agustus 2010 pukul 3:25 am

    saya mencari kelinci flemish giant murni. Domisili jakarta barat. Mohon bantuannya apabila ada yg jual. infokan lewat email atau sms 08161910710. Harga dan cara pembayaran, serta infokan berat induk( yg tdk murni hanya 5 – 7 kg) terima kasih.

  40. yusuf al malik 25 September 2010 pukul 1:11 am

    Bosss………………. q mo jual kelinci ke panjenengan bisa g’ domisiliku di gondang legi berapa no telp dikau?………..

  41. jovan 28 September 2010 pukul 3:14 pm

    saya berencana mau beternak kelinci pedaging secara besar2an di manado. bisa di info apakah bisa kirim anakan kelinci pedaging ke manado. mohon di email bagi yang sanggup mengirim ke manado di jovan.tampanguma@yahoo.com. terima kasih.

  42. irvan 1 Oktober 2010 pukul 3:59 am

    bagi yg berminat beternak kelinci Flemish Giant bisa menghubungi saya di 081216161461, lokasi di batu-malang
    saya punya 3 ekor indukan FG, berat 6kg dan ada banyak stock anakan

  43. Kabar Kelinci Indonesia 3 Oktober 2010 pukul 7:59 am

    Kalau belum pernah berpengalaman, ikut pelatihan dan masih pemula tidak perlu besar-besaran. Wirausaha yg baik itu bukan bagaimana berani besar dengan modal besar, tetapi keberanian memulai memakai tahapan yg baik.

  44. aris 11 Oktober 2010 pukul 2:07 pm

    saya bisa mendapatkan bibinya langsung caranya gimana, terus setelah di kenbangkan cara penasaranya , serta jualnya kemana aja,serta peluang peluang yang dapat di nasuki itu apa aja trim nyak

Tinggalkan komentar