KELINCI UNTUK HARI ESOK YANG LEBIH BAIK

rendah lemak, rendah kolesterol, populasi cepat, dahsyat!

BUKU KELINCI


Mengelola hewan kesayangan Kelinci tidak boleh asal-asalan. Kisah kegagalan akibat minim produktivitas atau kematian menjadi cerita sehari-hari. Di banyak negara para peternak yang sukses selalu berpijak pada ilmu ternak kelinci secara serius. Buku tentang pengelolaan kelinci menjadi kebutuhan. Beruntunglah saat ini ada buku baru yang secara ilmiah dan dikemas dengan bahasa popular hadir kehadiran Anda sekalian. Sekadar untuk mengintip isi buku ini Anda bisa membaca ulasan dan daftar isi berikut ini:

kelinci

Judul Buku: KELINCI (Pemeliharaan secara ilmiah, tepat, dan terpadu). Penulis: FAIZ MANSHUR. Kata Pengantar:Mu’tasim Fakkih SE MM. Editor: Mathori Al-Elwa. Penerbit; Nuansa Cendekia Bandung. Tebal Halaman284:

Harga Rp 61.000 belum termasuk ongkos kirim.

Layanan pembelian langsung bisa dilakukan melalui Distributor Nuansa Cendekia Sdr Hasyim (0818638038). Telp 022-76883000. Faks 022-7834013. Email: nuansa.market@gmail.com. Alamat Penerbit Nuansa Cendekia. Jl Vijayakusuma II/E-06 Ujungberung-Bandung 40619. Rekening transfer BCA Ujung Berung 283300183.A/n Taufan Hidayat.

Atau bisa didapat langsung di Peternakan Kelinci Asep Rabbit Lembang Bandung:Telp 0817217784/022-2784541

http://ternaksukses.blogspot.com/

Buku ini juga bisa Anda dapatkan di Toko Buku Gramedia dan Toko Buku lainnya. Informasi selengkapnya Toko Buku penjual buku ini hubungi 0818638038 (layanan sms dan tlp)


=========================

Apa yang Anda bayangkan dengan buku panduan teknis?

Biasanya tak jauh dari kesan kiat-kiat praktis namun saat dibenturkan dengan kenyataan sehari-hari isinya hanya sedikit yang relevan. Beragam buku kiat peternakan misalnya, hanya sedikit yang benar-benar bisa diterapkan secara realistis oleh para peternak. Terutama pada dunia peternakan kelinci, beberapa buku yang ada tersebut nyaris sulit diterapkan oleh para peternak atau pemelihara. Hal ini sering dimaklumi karena beberapa alasan.

Pertama, buku ternak (dalam hal ini ternak kelinci) kebanyakan mengambil referensi dari literatur asing yang sudah usang. Soal sumber, dari mana pun sebenarnya tidak masalah, tetapi sumber ilmu pengetahuan yang tertinggal biasanya cukup menyulitkan. Kita tahu, perkembangan ilmu pengetahuan terus meningkat pesat, sementara dengan paradigma ternak lama (tahun 1980an-1990an) sudah banyak mengalami perubahan.

Kedua, bisa jadi karena buku-buku tersebut kurang menganalisa dan menjabarkan secara mendalam dan kontekstual sehingga pembaca di Indonesia gagap ketika menerapkan. Para penulis memang mampu dalam mengutip sumber-sumber asing dan menjelaskan dalam bahasa yang baik. Tetapi bahasa tidak cukup, sebab realitas peternakan di negara lain sangat berbeda dengan di Indonesia. Tak heran jika beragam masalah yang tidak relevan dialami para peternak/pemelihara kelinci di Indonesia justru dijelaskan panjang lebar, sementara masalah-masalah yang terjadi di sekitar kita tidak dibahas secara tuntas.

Kehadiran buku ini nampaknya sangat ambisius untuk menjawab tantangan-tantangan di atas. Penulisnya menganggap semua sumber referensi adalah inspirasi, bukan doktrin yang harus mutlak kebenarannya. Karena itu pengalaman peternak, dokter atau pengelola kelinci di negara lain sama pentingnya dengan pengalaman para peternak di Indonesia. Buku yang ditulis oleh seorang pemelihara kelinci ini menyuguhkan ulasan-ulasan yang sifatnya praktis. Tetapi praktis di sini bukan berarti mengabaikan literatur ilmiah/teori. Antara teori dan praktek diolah menjadi satu kombinasi yang baik untuk menjelaskan persoalan-persoalan yang dialami peternak kelinci.dsc05478

Masalah kesehatan dan Makanan kelinci menempati pembahasan utama. Menurut penulis, hal ini penting dikemukakan karena saat ini banyak peternak yang gagal karena kedua masalah ini. Tak heran jika setiap penyakit diulas secara detail sehingga pembaca lebih jeli dalam menganalisa sebab-musabab timbulnya penyakit serta pencegahan dan pengobatannya. Sementara dalam hal makanan penulisnya menjelaskan aneka ragam bahan makanan yang baik bagi para pemelihara/peternak kelinci. Beragam khazanah lokal dikemukakan sebagai solusi supaya pemelihara/peternak kelinci mampu memanfaatkan aset-aset di sekitar kita menjadi bahan makanan kelinci.

Kreativitas buku barangkali terletak pada kombinasi antara sumber asing dengan khazanah lokal. Dengan demikian pembaca akan merasakan bahwa banyak cara bisa dilakukan menangani penyakit kelinci tanpa harus membawa ke dokter. Kalau kita telaten membaca satu persatu uraian dari buku ini secara seksama, barangkali akan banyak manfaat bagi panduan pemeliharaan/peternakan kelinci Anda. Mungkin di dalamnya memuat banyak kekurangan dan barangkali ada kesalahan. Kekurangan jelas sangat wajar karena menjelaskan dunia perkelincian tak cukup dengan ulasan buku setebal 300 halaman. Kita tahu, berbagai literatur di Amerika Serikat misalnya, dalam hal penyakit saja seringkali bukunya mencapai setebal 600 halaman.

Kritik dan saran atas buku ini sangat ditunggu. Selamat membaca.

Penerbit Nuansa Cendekia

simak ulasan lebih lanjut buku ini di situs khusus http://ternaksukses.blogspot.com/

12 responses to “BUKU KELINCI

  1. Vita 30 Januari 2009 pukul 1:22 pm

    Berapa hari ya kalau pengiriman ke jakarta?

  2. Rachmy 30 Januari 2009 pukul 1:26 pm

    Waaah akhirnya aku dah beli tadi, thanks buat penulisnya ini panduanku untuk si chayank, koci kelinci rex kesayanganku.

  3. Yono 30 Januari 2009 pukul 2:11 pm

    Buku yang bagus. Uraian yg menyenangkan. Fotonya buanyak disertai data akurat. Agak mahal tapi tidak masalah. belum baca semua….habis tebal banget….nget…

    salam
    Yono

  4. budi 30 Januari 2009 pukul 3:46 pm

    61 ribu ya? dulu saya beli buku kelinci yg merah cuma 47ribu.
    Coba deh saya beli. Yang penting lengkap soal penyakit. Mahal tak masalah asal memberi ilmu berguna.

  5. Ninik 2 Februari 2009 pukul 2:58 am

    Buku yg lucu…..nomor rekening untuk transfernya kemana ya?

  6. fikri 6 Februari 2009 pukul 10:08 am

    Di bandung toko buku mana saja yang sudah menyediakan? saya mau beli. Biasanya ada diskon kan?

  7. soeis 6 Februari 2009 pukul 1:47 pm

    mas ,tadi siang saya nyari buku kelinci di gramedia solo kok belum ada ya?,kapan sampe solo ya?

  8. Kabar Kelinci Indonesia 6 Februari 2009 pukul 7:34 pm

    Kalau solo mungkin sudah sampai. Tapi biasalah gramedia, tidak langsung menyediakan. Ada baiknya sms ke agen di Yogya yang sudah ada. Itu lebih baik karena tidak setiap toko buku yang menerima buku langsung memajang di tokonya.
    Silahkan hubungi Pustaka Gedong (sms ke hp 081931178790). Tanya di Solo di mana yang sudah ada.

    salam
    dodi

  9. Davy Kurniawan Adiwidya 23 Maret 2009 pukul 5:53 am

    Saya Davy tinggal di Banjarmasin, Saya mau beli itu buku kalo di gramedia banjarmasin uda ada ya mas, tlg dibls secepatnya soalnya kelinci saya baru beranank dan dia gak mau nyusui anaknya dan saya bingung cara ngerawat anak kelinci thx.

  10. dodi 23 Maret 2009 pukul 4:37 pm

    Coba cek di daftar toko buku yg ada di blog ini. Buka. Kali aja banjarmasin sudah ada. Kalau tidak ada ya bisa pesen paket.
    http://ternaksukses.blogspot.com

  11. Abu 6 April 2009 pukul 11:43 am

    salam kenal semua…
    saya mau memulai usah ternak kelinci, mulai darimana dan kira2 berapa biayanya ya.terima kasih infonya

  12. firman 25 Juni 2010 pukul 3:37 pm

    buku di kediri ada gak ya

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: