KELINCI UNTUK HARI ESOK YANG LEBIH BAIK

rendah lemak, rendah kolesterol, populasi cepat, dahsyat!

Pakan Rumput Kelinci


Ada banyak jenis rumput untuk kelinci. Beberapa gambar berikut ini bisa jadi ilustrasi rumput apa yang cocok buat kelinci Anda. Karena banyaknya jenis rumput, kami tidak bisa memangsa satu persatu. Sebagai bantuan kami sarankan mencari sendiri di google misalnya dengan mengeklik beberapa nama rumput berikut ini: patikan kebo, patikan cina, tempuyung, dandelion, sintrong, legetan, bandotan, mangkokan, rumput gulma tegalan dll.

Rumput-rumput gulma

=========================================

Sintrong. Bisa diberikan sebagai campuran.

=============================

Legetan (sangat disukai kelinci), kandungan legetan baik untuk pakan. Boleh diberikan dlm jumlah banyak.

===============================

Bandotan sedikit disukai kelinci, bisa untuk tambahan.

======================================================

ATAS: Beberapa rumput hijau untuk kelinci. Bisa diambil dari banyak tempat,seperti pinggir sawah, pinggir lapangan, tegalan (di bawah pohon jagung) dan lain-lain. Rumput-rumput liar (gulma) inilah yang baik untuk kelinci dan bukan rumput seperti setaria atau rumput gajah, rumput setaria atau jenis serupa (Bawah).

Rumput gajah, setaria, alang-alang atau sejenisnya sangat keras dan tidak boleh diberikan untuk kelinci.  Sedangkan bunga rumput gajah boleh diberikan sebagai gizi tambahan dalam jumlah sedikit.

artikel terkait: https://kelinci.wordpress.com/2010/01/03/1196/

About these ads

25 responses to “Pakan Rumput Kelinci

  1. angga 26 Februari 2010 pukul 10:35 am

    pak saya mau tanya kalau pake pelet pp2 bagus gak yach terima kasih

  2. Rifky 6 Maret 2010 pukul 11:12 am

    pak saya mao tanya,
    kalau tidak ada rumput.
    dengan apa kita harus menggantinya??
    adakah alternatif pilihan hijauan yang mudah didapat terutama untuk daerah perkotaan seperti Jakarta??
    terimakasih.

  3. Ping balik:Rumput sehat kelinci « KELINCI UNTUK HARI ESOK YANG LEBIH BAIK

  4. ajis 13 April 2010 pukul 5:06 am

    mau nanya dong, saya newbie dalam hal memelihara kelinci. Yg mau saya tanyakan adalah, kelinci saya saya beri makan tumbuhan liar, yg saya tidak tahu nama nya (kata orang daerah rumah saya itu tumbuhan bayam-bayaman, yg biasa di gigit kucing akar nya)…apakah tumbuhan ini baik???
    kelinci nya umur 1-2 bulan..
    makasih

  5. Kabar Kelinci Indonesia 13 April 2010 pukul 8:12 pm

    wah sulit jawabnya karena tidak lihat langsung. Yg jelas rumput kelinci itu biasanya banyak di ladang jagung atau ketela. Para petani angkatan 70an paham mana rumput untuk kelinci dan mana yang bukan.

  6. Kiki Kelinci 23 April 2010 pukul 9:28 am

    Hi KKI, Gambar rumput Setaria kok mirip rumput Timothy? aku jadi binggung. apakah jenis rumput Setaria nyaris mirip dengan rumput Timothy?

  7. Kabar Kelinci Indonesia 23 April 2010 pukul 2:40 pm

    beda. Mungkin lihat langsung saja. Barangkali kurang jelas fotonya.

  8. dimas 24 April 2010 pukul 10:45 am

    pak saya mau tanya , klo klinci yang kecil itu harus di kasih minum gak n di kasih makanya sama kya klinci dewasa??

  9. Kabar Kelinci Indonesia 26 April 2010 pukul 10:11 am

    kasih saja. Biar minum. Air minum itu akan baik untuk melawan dehidrasi, terutama pada panas terik. Juga baik untuk melancarkan pencernaan.

  10. Kiki Kelinci 27 April 2010 pukul 10:03 am

    aku belum pernah liat langsung rumput Timothy Kak… selama ini ya aku liatnya digambar. makanya aku bingung lho kok timothy sma setaria gambarnya sama? setaria rumput yang bunganya kaya ekor kucing itu kan?

  11. masno 1 Mei 2010 pukul 2:45 pm

    boleh enggak sih kalo kelinci dikasih pakan konsentrat untuk babi…….

  12. Kabar Kelinci Indonesia 2 Mei 2010 pukul 5:10 pm

    tergantung kandungan konsentratnya yg diberikan babi itu sesuai untuk kelinci enggak? kalau bahannya ampas tahu campur bekatul ya berarti bisa.

  13. Ronny 4 Mei 2010 pukul 1:38 pm

    Mohon pencerahan nya.. Klau di batu/malang nama lain legetan apa ya ?? soal nya saya tanya orang2 pada ngga tau.
    Trus legetan biasa nya bisa di dapatkan dimana ??

    Thx ^^

  14. Kabar Kelinci Indonesia 5 Mei 2010 pukul 7:39 am

    tunjukkan saja rumputnya. Masing2 daerah berbeda nama.

  15. may sum 8 Mei 2010 pukul 5:48 pm

    pak di daerah sy kesulitan cari ampas tahu sbb pabrik2 tahu sdh diboking oleh peternakan sapi dan domba, 1kg pun sy tdk dpt beli krn sdh di dp peternakan sapi, apakah lebih bagus gizinya klo sy berikan tahu yg sdh jadi? sy coba 1 x pada kelinci lokal sih mau makan

  16. dagingkuda 10 Mei 2010 pukul 1:42 am

    Saya mempunyai hotot jantan, dan dia suka sekali menggigiti bulu teman-temannya, sampai-sampai bulu temannya botak.
    Apakah ini normal? mengingat pakan yang saya berikan cukup banyak, dan kelinci yang lain tidak ada yang berperilaku yang sama dengan hotot jantan saya tersebut.
    Sekian, terima kasih

  17. Kabar Kelinci Indonesia 10 Mei 2010 pukul 12:37 pm

    makan bulu, mengerat adalah miskin gizi. Pastikan rumput untuk kelinci tersuplay secara baik.

  18. pugu 5 Juli 2010 pukul 11:16 am

    kalau pakan dari sayuran sayuran apasaja yang bisa di berikan ke kelinci pak>

  19. Kabar Kelinci Indonesia 5 Juli 2010 pukul 12:08 pm

    Bayam (kalsium bagus) . Sosin (sayuran mie ayam) juga bisa. wortel. daun wortel.
    wah banyak banget. Prinsipnya banyak sayuran di Indonesia bisa dimakan.
    Kangkung juga boleh, tetapi daunnya saja. Kalau batangnya itu sudah jenis bambu, kadang nimbun bakteri jahat.
    Kangkung sebaiknya tdk diberikan saja.
    Semua sayuran memiliki serat kasar tinggi, artinya kelinci hanya akan makan sedikit. Jika dipaksa dengan cara memberikan sebatas sayur saja, bisa jadi perutnya terganggu. Oleh karena itu pemberiannya hanya sedikit dan itu sangat bagus dicampur dengan rumput.

  20. nancy3wsb 16 Juli 2010 pukul 7:38 am

    untuk Romy di Malang yang bertanya soal nama legetan, mungkin disan dikenal dengan nama kluban sawah. Cari dipasar tradisional biasanya dijual dalam bentuk ikatan, berisi macam2 gulma yang enak juga dimakan manusia sebagai alternatif sayuran untuk pecel. Paling seikat Rp 500 pas mahal, biasanya Rp 1000 dapat 3 ikat.

  21. Kabar Kelinci Indonesia 16 Juli 2010 pukul 2:55 pm

    legetan tidak pernah dijadikan kuban. Yg sering dijadikan kuban itu sintrong. Beda dengan legetan.

  22. thomas 5 September 2010 pukul 6:58 am

    misi pak…
    saya mw tanya nih..
    kalo rumput” yg tumbuh di sekitar lapangan/rumput” liar yg tumbuh di tepi” jalan..
    itu boleh tidak yah??

  23. laras 13 September 2010 pukul 12:44 pm

    kalau dikasih makan rumput liar gimana? bisa ga? atau ada makan lain yang lebih murah dan mudah dicari? dimana bisa mendapat vitamin?

  24. Kabar Kelinci Indonesia 14 September 2010 pukul 1:19 pm

    yg dimaksud rumput liar itu apa? rumput tegalan apakah bukan rumput liar? vitamin atau obat biasanya bisa didapat di toko obat hewan.

  25. Mahendra Cipta 19 Oktober 2010 pukul 5:26 am

    kelinciku suka bgt ma legetan.. :D

    tiap hari saya kasih legetan dan habis semua… alhasil legetan di samping rumah jadi abis… sekarang bingung cari legetan dmn… T__T

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 141 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: