KELINCI UNTUK HARI ESOK YANG LEBIH BAIK

rendah lemak, rendah kolesterol, populasi cepat, dahsyat!

Perhatian Sebelum Memelihara


Maklumat Kabar Kelinci Indonesia

Pesona kelinci yang begitu menawan membuat setiap orang mudah tertarik untuk memelihara. Sayangnya sebagian besar calon pemelihara tidak tahu menahu seluk-beluk pemeliharaan kelinci secara tepat. Banyak dari mereka yang hanya belajar beberapa menit, itupun dari orang-orang yang tidak tahu menahu seluk-beluk perkelincian. Akibatnya kematian demi kematian melanda kelinci. Kita patut berduka karenanya. Maka dari itu, Kabar Kelinci Indonesia berpesan kepada calon pemelihara kelinci untuk memperhatikan beberapa hal sebagai berikut:

  1. Jangan membeli kelinci sebelum belajar. Bacalah banyak materi-materi kelinci sebanyak mungkin mulai dari karakter hewan, umur, pola pemeliharaan, makan/minum, perawatan, perkawinan dan seterusnya. Materi-materi yang ada pada situs ini bisa menjadi referensi dasar untuk memasuki pengetahuan lanjut. Setelah itu kita bisa menambah wawasan lebih mendalam dari buku-buku kelinci dan kemudian dilanjut studi lapangan ke peternak yang bisa dipercaya. Jangan berpikir bahwa harga buku atau biaya print dari materi ini mahal. Pilih buku yang lengkap dan jangan memilih asal murah karena biasanya tidak banyak menjawab persoalan. Jika tidak berat hati, belilah banyak buku sebagai sumber perbandingan ilmu pengetahuan. Semahal-mahalnya belanja buku dan bacaan lain tak akan melebihi Rp 100.000. Harga itu akan lebih baik dikeluarkan daripada nanti membuat kita kebingungan saat merawat dan akhirnya menyia-nyiakan nyawa kelinci.
  2. Jalin hubungan dekat dengan peternak lama, yang minimal sudah beternak lebih 2 tahun sebagai konsultan saat-saat terjadi masalah dengan kelinci Anda. Terus menerus bertanya, terlebih hal-hal mendasar dan sepele memang membuat kita malu dan menganggu. Karena itulah jangan sampai buku dan bacaan lain yang sudah dibeli tidak dibaca sungguh-sungguh. Dengan mengetahui teori-teori dasar dari buku dan bacaan lain kita bisa meminimalisir pertanyaan yang remeh-temeh. Ilmu yang terserap dari bacaan juga akan membuat kita lebih murah menggali ilmu secara langsung karena secara otomatis tidak akan memboroskan pulsa dan biaya perjalanan.
  3. Sekiranya sudah mengetahui dari bacaan dan diskusi tetapi merasa kerepotan dan kesulitan jangan buru-buru memelihara sebab nanti akan merepotkan kehidupan pribadi. Jika merasa bisa melakukan, tunda nafsu belanja kelinci lebih banyak. Tetaplah memelihara sedikit kelinci terlebih dahulu, baru kemudian setelah berjalan 6-7 bulan kita bisa berpikir mengembangkan lebih banyak.
  4. setelah membaca tiga hal mendasar ini, marilah menyimak banyak wacana di situs https://kelinci.wordpress.comini, Baru dilanjut berburu referensi bacaan buku dan kemudian mencari relasi peternakan.
  5. Selamat memelihara kelinci. Kebahagiaan menyambut kita! (KKI)

5 responses to “Perhatian Sebelum Memelihara

  1. Agus Purwoko 31 Desember 2009 pukul 7:59 am

    Trims atas infonya!
    Lam knal aja ya!

  2. siswanto rabbitry 31 Desember 2009 pukul 9:30 am

    luar biasa…artikel2 semacam ini akn banya manfaatnya bagi kami para peternak pemula..eksis terus kki..

  3. rahayat letiek tea 6 Januari 2010 pukul 1:02 pm

    Betul point pertama saya merasa,, saya memulai agustus 09 namun tinggallah penyesalan namuntak berguna, kini saya lebih sayang lagi, kadang saat liburan pun di cancle karena sang Rabit,, namun saya berpikir agar lebih berkembang. namun sarana dan prasaran belum ada.

  4. wimbadi 1 Maret 2010 pukul 4:44 pm

    kang saya tertarik mau.ternak,kasih tips dan jaringan yang deket dengan daerah aku.aku di temanggung jawa tengah.

  5. bejo 18 September 2010 pukul 10:01 am

    artikel ini sangat luar biasa,ini dapat menggugah semangat bisnis,khususnya bagi anak” muda yng ingin memulai berbisnis.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: