KELINCI UNTUK HARI ESOK YANG LEBIH BAIK

rendah lemak, rendah kolesterol, populasi cepat, dahsyat!

Catatan Kontes Kelinci Yogya


Kelinci, Lemah Lembut, Makan Tak Rewel
Kedaulatan Rakyat (27/02/2009 08:46:02

HARI kasih sayang atau Valentine Days bagi Komunitas Pecinta Kelinci Yogyakarta (KPKY) merupakan momentum yang tepat untuk menggelar kontes kelinci ras nasional. Sekitar 50 ekor kelinci dari berbagai daerah mengikuti kontes kelinci dengan tajuk Valentine at Sunday Morning di Gedung University Club (UC) UGM Bulaksumur, Minggu (15/2) pekan lalu.Menurut Ketua Panitia Kontes Kelinci Ras Nasional Mada Surbakti, kelinci termasuk hewan kesayangan yang lemah lembut, lucu, cantik. Soal makanan dan perawatan mudah, tidak rewel. Karena itulah Komunitas Pecinta Kelinci atau Rabbit Lovers Community (RLC) Yogyakarta di Hari Kasih Sayang ini berkumpul untuk memberikan kasih sayang kepada hewan kesayangan. Dalam kegiatan kontes kelinci ini juga digelar pameran kelinci yang diikuti 15 peserta, selain itu juga dipamerkan hewan kesayangan yang lain seperti kucing, ular, produk makanan, buku-buku tentang hewan kesayangan. Selain itu juga digelar dialog tentang hewan kesayangan, terutama kelinci. Kontes kelinci memperebutkan piala Gubernur DIY, Walikota, Dinas Pariwisata, Dinas Perhubungan Yogyakarta dan Kelompok Studi Hewan Kesayangan (KSHK) Fakultas Kedokteran Hewan UGM.


Tim juri dalam National Rabbit Contest ‘My Bunny’s Valentine’ tersebut antara lain seorang dari Balai Lintas Peternakan (Balitnak) Bogor dan dua orang dari Fakultas Kedokteran Hewan (FKH) UGM. Kelinci yang dilombakan kelas A (Angora), kelas B (Minilop), kelas C (Dutch), kelas D (Lyion), kelas E (Rex) dan kelas F (Giant) masing-masing diambil juara I. ”Selain mendapat hadiah piala para pemenang juga mendapat hadiah uang pembinaan, produk dari sponsor dan sertifikat. Kontes hewan kesayangan kelinci ini merupakan yang pertama digelar di DIY dan Jawa Tengah, khusus kelinci yang dilombakan ras dari Amerika Serikat,” ujar Gama Surbakti sambil menambahkan, peserta kontes datang dari Jakarta, Bandung, Semarang, Boyolali dan DIY.


Kontes ini dikemas menarik sehingga, selain menyalurkan hobi peserta dari luar DIY sekaligus menikmati pariwisata. Bagi pebisnis atau peternak hewan kesayangan bisa saling tukar informasi. Menurut Gama sebagai pecinta kelinci, hewan kesayangan ini yang paling digemari jenis minilog ras Amerika, Belanda maupun Prancis. Kelinci termasuk hewan mamalia dari famili Leporidae. Kelinci dapat ditemukan di banyak bagian belahan bumi ini dan terbagi dalam beberapa jenis seperti Angora, Minilop, Dutch, Giant, Lyion dan sebagainya. Beberapa sumber menyebutkan, khusus Lyion merupakan kelinci hasil silang luar dari jenis Angora dengan jenis lain. Di kalangan peternak Lyion ini digolongkan kelinci hias juga disebut Lyion atau Angora jadi-jadian. Di Indonesia, peternakan kelinci dibagi dua, yaitu peternakan daging dan hias. Lama hidup dari kelinci antara 5-10 tahun, lama produksi 1-3 tahun, lama bunting, 28-35 hari (rata-rata 29-31 hari). Lama penyapihan 6-8 minggu, umur dewasa 4-10 bulan, umur dikawinkan 6-12 bulan, kawin sesudah beranak (calving interval) 1 minggu setelah anak disapih.


Siklus kelamin, poliestrus dalam setahun bisa 5 kali bunting, siklus birahi sekitar 2 minggu, periode estrus 11-15 hari, ovulasi terjadi pada hari kawin (9-13 jam kemudian). Fertilitas antara 1-2 jam sesudah kawin, jumlah anak lahir 4-10 ekor (rata-rata 6-8), volume darah 40 ml/kg berat badan, bobot dewasa sangat bervariasi tergantung pada ras, jenis kelamin dan faktor pemeliharaan.
(M Adhisupo)-g http://www.kr.co.id/web/detail.php?sid=192789&actmenu=46

Cetak Berita
Kirim ke teman

4 responses to “Catatan Kontes Kelinci Yogya

  1. Sugeng Supriyono 7 Juni 2009 pukul 1:49 pm

    Kapan ada kontes lagi ?

  2. ryan 15 Juni 2009 pukul 1:39 am

    ni ryan`s rabbits peternak kelinci hias digunungkidul kususnya dikota ponjong, mo cari komunitas ato temen yang pehobies kelinci digunungkidul -yogyakarta & sekitarnya untuk tukar ilmu & pengalaman, utk info hub ryan di 08176 701562

  3. kusdian 11 Oktober 2009 pukul 1:50 pm

    sy ptrnak kelinci di blubuk,sendangsari,pengasih,kulon progo, yogyakarta
    bagi peminat bisa menghubungi kami
    kusdiantoro (085 292 801 141)
    email : kusdian89@yahoo.com
    trima kasih..
    bravo kelinci..!!

  4. irawan wijayanto 11 Desember 2009 pukul 8:39 am

    adakah teman-teman yang punya pejantan flam yg 6Kg-an? sms aja di 085229081347. saya lagi butuh pejantan yg 6Kg-an.trims

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: