KELINCI UNTUK HARI ESOK YANG LEBIH BAIK

rendah lemak, rendah kolesterol, populasi cepat, dahsyat!

Pilihan Jenis


Pengalaman saya bertemu dengan para pembeli kelinci menunjukkan bahwa mereka kebanyakan tertarik pada jenis kelinci bulu tebal, seperti fuzzy lop dan angora. Jenis-jenis ini menarik perhatikan karena unik, seperti anjing dan tidak lazim bagi kelinci. Sayangnya, pengalaman saya menunjukkan bahwa memelihara jenis ini tidak mudah. Selain harus telaten merawat bulu dengan mencukur juga memiliki resiko kematian yang tinggi. Saya duga kelinci bulu tebal ini agak rentah penyakit karena faktor genetika bawaan. Karena itu saya sendiri hanya sedikit memelihara jenis ini supaya tidak terlalu repot dalam merawat.

Para calon pemelihara kelinci di Jateng nampaknya masih belum banyak yang tahu ragam jenis dan keunikan kelinci seperti jenis satin (yang lugu dan jinak berbulu halus), hotot (putih, bermata ninja yang tergolong kuat fisiknya), Tan (yang indah bulu emasnya dan sangat penurut. Apalagi jenis Ducth, yang sekalipun agak kurang jinak tapi sering bertingkah lucu dan penyayang terhadap anak-anaknya.

Pengetahuan kita tentang pemeliharaan jenis kelinci nampaknya perlu dikembangkan karena dengan begitu kita bisa menikmati jenis-jenis lain yang tak sekadar dari sisi bulu, melainkan tingkah lucunya, terutama jenis rex…..

salam
farid ibrahim

PS: kalau sekarang mau beli saya punya stok. Hotot anakan umur 4 bulan Rp 180ribu per ekor. Satin F.1 3 bulan Rp 160 per ekor. Telp : 08179280282

16 responses to “Pilihan Jenis

  1. BiaT 26 Agustus 2008 pukul 5:37 am

    Mohon tips2 untuk melihara kelinci berbulu panjang seperti fuzzy lop dan anggora , lebih spesifiknya ke fuzzy lop deh , soalnya punya jg nih yg fuzzy lop , jd tkut knapa2…hehe
    terima kasih…

  2. Rury 26 Agustus 2008 pukul 8:02 am

    Mas FArid, saya penggemar kelinci dari Jogja. saat ini memelihara dutch dan rex. saya sedang cari info tentang kelinci TAN. kira-kira harganya berapaan ya? mohon info nya dan dimana bisa memperolehnya? trims.

    Rury-Jogja

  3. Rury 26 Agustus 2008 pukul 8:04 am

    Nambah, kalo boleh saya minta daftar jenis dan harga di peternakan njenengan bisa? langsung ke e-mail saya saja. makasih.

  4. fathoni 27 Agustus 2008 pukul 2:44 am

    salam…..
    saya peternak kelinci dari Yogyakarta (Godean)… sementara ini memiliki jenis Rex, Holland Loop, dan Flemish giant…… hanya saja bulan kemarin semua stok anakan sudah laku….. sekarang saya sedang berburu indukanGolden-Dutch, kira-kira berapa harga sepasangnya ya?

  5. BiaT 30 Agustus 2008 pukul 8:49 am

    mas farid Saya tertarik dgn hotot dan dwarf hotot nya , mas farid melayani tidak pengiriman ke luar kota , saya berada di samarinda . terima kasih … mhon jawabannya ya mas farid..

  6. Aris Angara 22 September 2008 pukul 5:00 am

    Mas Farid alamat sampeyan di temanggung di mana saya akan coba main ke sana. tolong balas email saya ke ;aris.anggara@ymail.com

    salam

  7. Adit 18 Oktober 2008 pukul 11:40 am

    Mas, nambh ni..
    Anda thu gk tmpat pternakan kelinci hias di lampung, tpatny di Bandar Lampung, slama ini yg sy tmukn di pdagang cuma jenis dutch/lokal & anggora sja, sya brminat pda jenis Satin & Hotot..
    Skali lg thanks

  8. regent 24 Oktober 2008 pukul 4:48 am

    sya ingin memndapatkan kelinci import th dmne…..n klau bsa sma tempatnya……..

  9. nandanghasan 29 Oktober 2008 pukul 1:31 am

    Buat mas Adit… gimana kelincinya dah nambah belom? sy di bandar lampung juga pengen cari jenis2 lain kira2 dah dapet infonya belon? ym/email saya nandanghasan@yahoo.com

  10. Adit 8 November 2008 pukul 11:34 am

    To : Mas Nandang Hasan & smua pngemar/peternak kelinci di Bandar Lampung.

    Maaf mas bru dblz, maklum jarang OL. Blum nambah ni mas, malah ngurang, kmaren aja kelinci ny mati 3, gara2 kembung. Sya jg agk susah dpat knalan pngemar/peternak di Bandar Lampung, jdi sya agk susah belajar langsung, smua ny sya plajari dr internet. Mas sndiri peternak atau bru mw mulai? Yoo sikam jama-jama ngerintis usaho enow di Bandar Lampung. Oh ni no Hp sya, 085658939119.

  11. agus17 12 November 2008 pukul 7:14 am

    Mas saya pernah beli kelinci angora baru 2 minggu sudah mati,….kemungkinan – kemungkinanya apa mas ?…

    Agus
    Karawang

  12. Rendro 15 November 2008 pukul 4:21 am

    @ Pak Fathoni.
    Pak alamat anda tepatnya dimana? Kebetulan saat ini saya ingin mencari kelinci rex papilon. Berapa harganya sepasang untuk usia 2 dan 6 bulan, . Tolong hubungi saya di w.keilana@yahoo.com. Saya juga di jogja tepatnya di berbah sekitar Kid Fun. Terima kasih

  13. yasin lee 18 November 2008 pukul 7:42 pm

    kami sekumpulan pelajar mahasiswa yang tergabung dalam LEPMA (link entrepreneur pelajar mahasiswa) mencari segala jenis kelinci. please infonya ke : link_entrepreneur@yahoo.com or sms di 0888.2.595.828

  14. admin 27 Maret 2009 pukul 4:36 am

    numpang nawari ya?saya punya kelinci australi ewasa dah besar cocok untuk indukan harga 250ribu ada yang berminat ga kl ada hubungi mailku aja ya?

  15. Abdul tambir 29 Desember 2009 pukul 10:56 pm

    Mas2/mbak2 yg ada d sidoarjo n skitarx,slm kenal smu x.aq pingn bljar ternak klinci,boleh dong blajar lngsung….klo cuma liat gmbr g marem blass…bs mnt almat x dong…

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: