KELINCI UNTUK HARI ESOK YANG LEBIH BAIK

rendah lemak, rendah kolesterol, populasi cepat, dahsyat!

Vitamin untuk Kelinci


Pada umumunya masalah yang dihadapi pemelihara kelinci adalah soal makanan yang kurang baik. Di luar itu hewan golongan roden ini memiliki masalah khusus, yakni terkena kutu telinga.

Asosiasi Breder Rabbit di California menyebut masalah nyamuk dan kutu kelinci dapat membawa myxomatosis, penyakit fatal. Bahkan di Australia soal nyamuk ini tidak dapat divaksinasi. Untuk mengatasi masalah ini kelinci dapat divaksinasi terhadap penyakit Calicivirus (penyakit Haemorrhagic kelinci).

Breeder Rabbit juga mewanti-wanti agar kita memperhatikan soal udara. Kelinci, terutama jenis Rex sangat peka terhadap udara dingin dan panas yang ekstrim, khususnya bila dibiarkan secara permanent di luar ruangan.

‘Snuffles’ merupakan istilah yang umum diberikan pada penyakit infeksi pernafasan (Pasteurella multocida), kelinci dibiarkan terkena angin atau ditempatkan pada kondisi yang buruk ventilasi udaranya.

Penyakit lainnya, termasuk Coccidiosis (parasit protozoa di hati atau intestin), Enteritis (kondisi yang bisa fatal karena perubahan makanan yang tiba-tiba).

Kelinci termasuk salah satu jenis binatang roden dimana kekebalan tubuhnya relatif buruk. Akibatnya sering mudah terinfeksi jamur atau infeksi protozoa sangat tinggi. Karena itulah kelinci sangat membutuhkan vitamin A dan E untuk mencegah kedua infeksi tersebut.

Vitamin A sangat penting agar kesehatan mulut dan paru-paru terjaga. Sedangkan untuk meningkatkan daya tubuh kelinci juga membutuhkan vitamin E.

Salahsatu karekter kelinci adalah hewan yang sering stress. Agar terhindar dari stress kelinci perlu vitamin C. Pemberian daunan mengandung vitamin C sangat penting terutama diberikan saat-saat menjelang kelahiran dan pada masa menyusui. Karena itu sangat penting kita menambahkan beberapa buahan yang mengandung vitamin C secukupnya pada kelinci induk.

Soal vitamin barangkali perlu kami tambahkan. Sebenarnya jenis roden seperti kelinci masalah vitamin tidak terlalu bermasalah, asalkan pemberian makanan stabil dan teratur secara baik. Kelinci hanya sering bermasalah dengan vitamin jika pemberian makanan buruk.

Kekurangan air misalnya gampang membuat kelinci stres, akibatnya untuk mengobatinya kita harus memasok vitamin C. Jika air minum dan sayuran (layu) sudah sering diberikan, kelinci akan terhindar dari stres. Ini jika dilihat dari soal makanan. Perlu diketahui, stress kelinci bisa juga disebabkan dari faktor non makanan, semisal ketidaknyamanan kandang atau ancaman kucing dan anjing.

Kalsium

Soal kekurangan kalsium pada kelinci sebenarnya jarang terjadi selama makanan terjaga baik. Kekurangan vitamin D yang menimpa kelinci kebanyakan disebabkan karena kurang rumput dan sayuran. Kelinci yang hanya rutin diberikan pakan pelet bisa sangat mungkin kekurangan vitamin D. Akibatnya, kelinci sering tertimpa penyakit kista ginjal turunan. (Faiz Manshur)

19 responses to “Vitamin untuk Kelinci

  1. infogue 26 Agustus 2008 pukul 4:48 am

    Artikel di blog ini bagus-bagus dan berguna bagi para pembaca. Anda bisa lebih mempromosikan artikel Anda di infoGue.com dan jadikan artikel Anda Topik yang terbaik bagi para pembaca di seluruh Indonesia.Telah tersedia plugin / widget kirim artikel & vote yang ter-integrasi dengan instalasi mudah & singkat. Salam Blogger!
    http://pendidikan.infogue.com/vitamin_untuk_kelinci

  2. Luqman 21 September 2008 pukul 2:56 pm

    seberapa besar kandang untuk kelinci 1 pasang?

  3. Dheandra 24 September 2008 pukul 3:54 pm

    Mau tanya jika kelinci ga mau kawin,pas mau dikawinin betinanya diam saja.apa penyebabnya kira2.makasih

  4. iqbal 20 Oktober 2008 pukul 6:40 am

    saya ingin membeli kelinci lokal dengan harga murah

  5. arief 5 Desember 2008 pukul 1:56 am

    menurut info yang saya dapatkan kelinci ga mau kawin khususnya kelinci yg berbulu tebal kalau bulunya gimbal ga sering di sisir kadang dy memang g mau kawin atau waktu nya kurang lama cb jantan sama betina 2 atau 3 hari disimpan dalam 1 kandang .selamat mencoba mas dendra.kirim email ke hansip02@yahoo.co.id kita sama2 belajar ok mas

  6. arief 5 Desember 2008 pukul 1:59 am

    buat mas iqbal klau mas berada di jogja coba mas ke jalan kali urang km 9.5 ada peternakan pak joko kebun buah naga mask 500 meter ada tulisannya kok mas

  7. wibisono 1 Januari 2009 pukul 10:42 am

    Saya penghoby kelinci, kelinci saya sekarang ada 28 ekor. Tapi kenapa kelinci Anggora saya, saya beri minum mati. Katanya kelinci tdk usah diberi minum, tapi penjual kelinci bilang harus dikasih minum yang benar yang mana nih. Saya jadi takut helinci pada mati.

  8. wibisono 1 Januari 2009 pukul 9:03 pm

    Terima kasih pak atas info nya tapi kenapa kelinci saya satu persatu pada mati.Apa karena saya beli memang kelinci kurang bagus semua. Atau kalau diumbar banyak makan rumput yg tidak Steril.Thanks atas Infonya kalau mau kenal saya Wibisono tinggal : Jln.AKSES UI Klp2 RT03 RW07 Cimanggis-Depok HP 02199554856.

  9. komar 5 Januari 2009 pukul 4:50 am

    Lumayan bagus, tp punyaku kebanyakan minum malah jadi mencret. Untuk daun-daunan yang cocok buat klinci yang mau melahirkan kira2 apa Y?
    Kira2 untuk menaikkan bobot kelinci gmn usahanya?maksudnya caranya pake apa saja?
    Saya punya indukan yang pny bobot sekitar hampir mencapai 7kg ta saat menyusui bobotnya turun drastis.

  10. V@LeNt 21 Januari 2009 pukul 5:02 am

    buat sekedar informasi buat tmn2 pecinta kelinci…Vitamin utk kelinci bs kasih IM-BOOST sirup cukup 0,3cc/ekor.bisa dibeli di apotik deket rumah,gunanya utk memperbaiki daya tahan tubuh (spy ga gampang sakit)+ nafsu mknnya.informasi ini sy dpt dr Dokter hewan n smpe skrg kelinci2 sy sehat2 aja tuh…yg ingin berbagi informasi seputar kelinci bs imel sy ke MbeLzedez@yahoo.co.id

  11. V@LeNt 23 Januari 2009 pukul 2:33 am

    kasih vitaminnya nya pake suntikan yg 1ml(1cc) ke mulut kelinci cukup 0,3cc/hari,jarum suntiknya dicabut dl oce…sy yakin kelinci2 anda pada suka n ketagihan…sy aja suka…hee..heee..

  12. marta 14 Maret 2009 pukul 5:18 pm

    mao tanya soal basmi kutu kelinci..
    really need help!!
    thanks

  13. Pramitha_Dw 21 April 2009 pukul 2:20 am

    halo, bwt basmi kutu kelinci yang umurnya blm blh dimandiin, bs pake disinfektan mereknya hi-G, aman buat dispray ke kelincinya, tp jgn ampe kena matanya. sehari sekali aja spray ampe kutunya ilang, emang ada efek sampingnya setelah itu bulu kelinci agak rontok, tp kasih aja vit E, ampe pulih. itu pengalaman gw, alhamdulillah skg kelinci2 gw bebas kutu dan sehat2.

  14. vera 30 November 2009 pukul 6:20 am

    mau tanya saya sudah sekitar 4 thun melihara kelinci sepasang,dipelihara sekandang,dari makanan sudah teratur..
    tapi sampai kini kelinci saya belum memiliki anak?
    ada kah kandang ideal??
    ada vitamin yang dapat membantu??
    tks atas infonya

  15. Kabar Kelinci Indonesia 30 November 2009 pukul 10:52 am

    waduh, dicampur sekandang ya malah enggak ada nafsu seks itu. Pasti gagap. mestinya dipisah. Kalau sudah lama begitu repot, kawinkan dengan yg lain saja. Pakai kandang bateray dong, terpisah. Bukan soal vitamin deh. Wortel saja sudah cukup buat vitamin/

  16. Sigit rabbit's 20 Februari 2010 pukul 2:41 am

    Kelinciku menyusui 9 ekor anak, makin lama koq makin kurus.
    Padahal makan, minum udah seimbang. Bagaimana kalo indukannya tak kasih minum susu kambing etawa. Kira kira bagus nggak? Terimakasih. 085643733325

  17. Kabar Kelinci Indonesia 21 Februari 2010 pukul 8:42 am

    sangat tidak bagus kalau anda memakai susu lain. Kami tidak tahu keseimbangan itu yg bagaimana krn Anda tidak menyebut makanan apa saja yang diberikan.
    sebenarnya dengan ampas tahu atau bekatul dengan rumput gula/tegalan seperti bandotan, legetan dan sejenisnya sudah bagus. Tinggal tambah seminggu sekali wortel, atau ubi jalar juga penting. Perhatikan juga apakah selama ini Anda sudah memberikan obat cacing pada kelinci Anda. Untuk menyusui di atas 6 ekor sangat butuh perhatian. Makanan rumput mesti duakali lipat dibanding saat tidak menyusui. Pastikan juga diberikan daun pepaya misalnya seminggu 2x. Biar sehat.

  18. meiky 5 Mei 2010 pukul 3:23 am

    aku punya kelinci jantan, aku mau kawinkan dengan betinanya, tapi kenapa ya pas di masukan dalam satu kandang yang ada malah si jantannya dikejar-kejar dan si janta seperti ketakutan ? apa sih ciri2 spesifik dati kelinci yang mau kawin ?

  19. eko 26 Juni 2010 pukul 3:27 am

    kelinci betina masukan ke kandang yg jantan, jangan sebaliknya

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: