KELINCI UNTUK HARI ESOK YANG LEBIH BAIK

rendah lemak, rendah kolesterol, populasi cepat, dahsyat!

Masalah Gigi Kelinci


Gigi dan persoalannya

Gigi sering menjadi problem tersendiri bagi kelinci mengingat pertumbuhannya tidak berhenti pada usia tertentu, melainkan terus tumbuh sepanjang umurnya. Akibatnya kelinci butuh mengerat dalam setiap minggu, bahkan dalam setiap hari untuk meratakan giginya.

Karena ini menjadi problem alamiah, usaha yang bisa kita lakukan adalah memberikan makanan bijian seperti ubi, singkong (ketela pohon), jagung dan wortel sejak masa usia 27 hari ke atas. Dengan demikian gigi kelinci bisa terjaga pemerataannya.

Tetapi harus diakui ini bukan solusi mendasar sebab masalah gigi, seperti halnya masalah gigi manusia sangat erat kaitannya dengan problem struktur pertumbuhan dari gigi susu. Pencabutan gigi memanjang atau menceng boleh dilakukan dengan bius dan pencabutan atau pemotongan pun harus lewat ahlinya. Kita bisa meminta bantuan dokter gigi untuk hal ini.

Selain ketidak beresan gigi, kelinci juga mengalami problem pengerasan tengkorak yang kurang baik. Pengerasan ini konon disebabkan oleh pengapuran dan gigi yang kurang beres di atas. Solusi untuk kedua masalah ini adalah dikembalikan pada pola makan yang baik. Jika kurang rumput atau kurang bijian, problem alamiah tersebut bisa menjadi bumerang bagi sang kelinci.(Faiz Manshur)

12 responses to “Masalah Gigi Kelinci

  1. hadimanrabbit 12 Agustus 2008 pukul 2:26 pm

    entah kenapa saya heran,,kemarin saya sempet punya rex tri colour umur 2 bulan saya perhatikan ko kelinci ini kurus banget ternyata setelah saya cek gigi bagian atas ompong!!dan gigi bagian bawah tongos memanjang keluar mulutnya..saya begitu prihatin dengan kelinci ini karena dia sama sekali tidak bisa makan yang mengakibatkan tubuhnya begitu kecil kerempeng sampai tulangnya pun kelihatan..segala cara saya coba untuk memberikan asupan makanan salah satunya dengan membuat pakan kelinci encer,,namun pada akhirnya setelah perjalanan hidup yang begitu menderita arnab saya pun gugur.,.

  2. bimo 23 Desember 2008 pukul 8:27 am

    mlnta contoh gambar kelinci flam yang bagus donk….
    pokoknya eto kelinci yang paling bagus pada jenis flam.
    kategori pejantan yang ideal gt
    biar tau jg ciri2nya
    thanks….
    kl bisa ya kirim gambarnya ke email j gt he he he…..

  3. Pramitha_Dw 19 April 2009 pukul 2:32 am

    knp kelinci fuzi lop saya k0q kalo tidur mulutnya kebuka, ampe giginya keliatan gt. saya taroh kelinci saya di kandang besi. tp udh d kasih mainan kayu. memang normal kl tdr kelinci keliatan giginya?

  4. Sugeng 26 Mei 2009 pukul 3:24 am

    Bapak / ibu, barangkali ada yang perlu kelinci jenis flam / rex, bisa menghubungi saya ….081359687409

  5. @myrabbit 20 Oktober 2009 pukul 6:12 pm

    Kelinci saya 3minggu lalu dioperasi bagian rahang atasnya akibat giginya yang tumbuh memanjang.gigi atasnya memanjang sampai keluar dari mulut dan yang bawah memanjang sampai memutar dimulut dalam.karena saya kurang begitu memperhatikannya sehingga suatu hari dia tdk tahan dengan giginya, kelinci saya mungkin menariknya sendiri k kandang besi sampai rahangnya patah. Dan hasil penelitian dokter setelah dirontgen rahangnya patah…akhirnya rahang dan gigi atasnya dicabut.sekarang dia hanua punya didi bawah…itupun setelah dipotong…tapi dalam hitungan minggu giginya sudah memanjang lagi…saya bingung harus bagaimana….apa harus saya bawa kedokter lagi…dan bagaimana nasibnya kedepan…kalo saya perhatikann dia tumbuh lebih lambat dibandingkan yang lain….sedih banget liatnya….

  6. Caroline 21 November 2009 pukul 12:08 pm

    gimana caranya untuk mengatasi pertumbuhan gigi yg tidak bagus ya? kelinci saya jg mengalami nasib yg mirip dg kelinci @myrabbit, gigi bawahnya terlalu panjang & gigi atasnya tidak tumbuh, sehingga saya harus memotong buah & sayurnya kecil2 agar dia bisa makan.. apakah aman memotong gigi kelinci? apakah dia tidak kesakitan? tolong masukannya donk.. terimakasih..🙂

  7. Kabar Kelinci Indonesia 21 November 2009 pukul 12:37 pm

    anda tidak menyebut umur kelincinya berapa? jangan2 bagus jeleknya dinilai subjektif, normal dianggap ab-normal. Kalau mau dipotong pakai apa kira-kira? Golok? guntung? mesin? atau dibawa ke dokter gigi? gak bisa membayangkan deh. Soal sakit apa yang kita rasakan sakit kelinci pun demikian. kalau misalnya gigi anda dicabut atau dipotong tanpa bius tidak sakit, ya mungkin saja kelinci juga tidak sakit.

  8. Kabar Kelinci Indonesia 21 November 2009 pukul 12:39 pm

    Nambah: Jangan buru2 memfovis tidak normal. Yg penting tiap siang hari berikan wortel, gizi baik paling aman dan menyehatkan. Juga diberikan kayu supaya suka mengerat. Pertumbuhan gigi itu alamiah, kalau tidak punya aduan, pasti salahsatu giginya tumbuh menjorok, krn itu wortel dan kayu sebagai ganti aduannya.

  9. siska 20 Desember 2009 pukul 6:44 am

    saya punya kelinci jantan yang umurnya sudah sekitar 5 tahun. Dia juga punya masalah gigi. Gigi bawahnya memanjang tapi tidak rata. Untuk mengatasi makannya saya juga memotong makanannya menjadi kecil – kecil. Apa perlu di bawa ke dokter hewan? Mohon solusinya segera dikirim ke email. Thx

  10. Kabar Kelinci Indonesia 20 Desember 2009 pukul 8:27 am

    mestinya kalau gigi memanjang seperti sejak awal dipotong. Cara motongnya bukan Anda, tetapi dr hewan. Itu gigi kurang mengerat. Di kandang sejak kanak2 mestinya diberi kayu dan sering diberi pakan wortel atau jagung/manis, biar rata. tetapi kalau sudah tua mungkin perlu dipotong. Tentu saja harus dibius krn sakit.

  11. rena 23 Desember 2009 pukul 4:06 am

    Hallo,

    kelinci saya sudah beberapa lama ini suka ngiler dan menyebabkan kebotakan pada
    bagian dagu dan lehernya.
    Saya research di internet dan katanya itu kaena gigi nya bertumbuh kepanjangan
    akibat kekurangan makan serat (hay, wortel, etc). gigi bagian depannya oke oke
    saja tuh tapi.
    jadi katanya gigi bagian belakangnya yang bertumbuh.
    dan salah satu jalan untuk menyembuhkan kelinciku adalah operasi gigi
    ada yang tahu di mana dokter kelinci di jakarta yang bisa operasi gigi bagian
    belakang?

    terima kasih

  12. Rahmat 15 Februari 2010 pukul 12:46 pm

    Saya punya kelinci tapi saya liat gigi bagian atasnya goyang sehingga akhir akhir ini dia jarang makan dan perutnya sudah mengecil.jadi saya mencabuTnya, tdk ada masalahkah jika saya mencabuTnya dan apa solusi lain untuk mengatasi masalah ini?
    Terima kasih…

Tinggalkan Balasan

