KELINCI UNTUK HARI ESOK YANG LEBIH BAIK

rendah lemak, rendah kolesterol, populasi cepat, dahsyat!

Kenapa Kelinci Kanibal?


Biarpun kelinci adalah hewan yang nampak “humanis” dan lucu, tapi kadang bisa kanibal juga lho…..

Dulu saya kurang percaya kalau seekor induk kelinci akan memakan anaknya. Tapi beberapa waktu lalu kenyataan itu terbukti pada kelinci saya. Pagi itu 2 ekor induk kelinci saya melahirkan, masing-masing 10 ekor. Satu induknya berlaku agak aneh, seperti stress. Terus saya lihat mulutnya banyak darah. E, begitu nengok anak-anaknya ternyata beberapa di antaranya sudah pada mati dengan robekan-robekan di bagian tubuhnya. Ada 7 anak yang dibunuh dengan gigitan induknya. Seketika saya inisiatif memisahkan induk dari ketiga anaknya yang masih hidup?

Bagaimana mengatasi soal ini? Memisahkan induk stres dari anak-anaknya adalah langkah tepat. Supaya anak yang masih hidup harus ada induk lain yang sedang menyusui. tapi usahakan jeda melahirkan dengan induk yang stres itu tidak lebih 5 hari. Nah, kebetulan sekali induk alternatif saya itu sama-sama melahirkan. beruntung juga induk alternatif itu mau merawat si anak dari korban ibunya. Lalu bagaimana dengan induk yang stres itu?

Saya sempat bingung, beruntung kenal dengan peternak senior dari Klaten, pak Tazim Fakih. Saya SMS dan bertanya tentang hal ini. Ia menyarankan agar sang induk stres itu dimandikan setiap 2 hari sekali sejumlah 5 kali. alias selama sepuluh hari. Baru setelah itu boleh dikawinkan lagi.

Kenapa sang induk jadi kanibal? Menurut pak Tazim, kemungkinan besar pada masa 20 hari sejak kehamilan pakan kurang terjamin. Ada juga kemungkinan karena situasi tidak tenang, terutama karena sering dilihat banyak orang sehingga sang induk merasa tidak nyaman. Induk hamil ini memang harus nyaman dengan pakan yang sesuai seleranya. (ngidam kali ya…..)

Kalau tidak nyaman ia akan merasa setiap ada makhluk yang hadir sebagai ancaman, termasuk anak-anaknya. Nah…..

Ada pengetahuan lain?

12 responses to “Kenapa Kelinci Kanibal?

  1. Yadhi 24 November 2007 pukul 3:19 am

    ngeri juga ya.eh ngomong 2 nyari obat 2 untuk penyakit dimana ya daerah semarang

  2. eka aulia 9 Februari 2008 pukul 9:18 am

    Kalo kelinci yang habis melahirkan kira2 harus dikasih vitamin jenis apa ya?
    truz kalo kelinci2 supaya sehat dikasih vitamin apa, sama kah jenis vitamin untuk kelinci yang habis melahirkan dengan yang tidak, mohon bantuannya

  3. hadimanrabbit 12 Agustus 2008 pukul 2:29 pm

    kalo boleh ngusulin campurin deh pakan kelinci ama pakan ayam saya jamin kelincinya gendut-gendut boo!sumpah g boong!!

  4. V@LeNt 23 Januari 2009 pukul 2:31 am

    buat sekedar informasi buat tmn2 pecinta kelinci…Vitamin utk kelinci bs kasih IM-BOOST sirup cukup 0,3cc/ekor.bisa dibeli di apotik deket rumah,gunanya utk memperbaiki daya tahan tubuh (spy ga gampang sakit)+ nafsu mknnya.informasi ini sy dpt dr Dokter hewan n smpe skrg kelinci2 sy sehat2 aja tuh…kasih vitaminnya nya pake suntikan yg 1ml(1cc) ke mulut kelinci cukup 0,3cc/hari,jarum suntiknya dicabut dl oce…sy yakin kelinci2 anda pada suka n ketagihan…sy aja suka…hee..heee..yg ingin berbagi informasi seputar kelinci bs imel sy ke Mbelzedez@yahoo.co.id

  5. aab 19 Februari 2009 pukul 4:29 pm

    saya mo nanya data biologis dari kelinci….????
    blh kaaann……….????!!!!

  6. a'ab 27 Maret 2009 pukul 6:18 pm

    saya peternak kelinci pemula……
    saya mau nanya tentang pengaruh suhu di daerah saya terhadap pertumbuhan dan kesehatan kelinci saya karna daerah saya termasuk daerah yg panas sekali ketika musim kemarau?

    trim’s atas saran nya

  7. krida 6 Juli 2009 pukul 3:56 am

    saya mau tanya,,,
    saya punya kelinci jenis flemist,, kelinciya kan saya pelihara dikandang,,dulunya kelinci itu gendut banget, terus telapak kakinya jadi kaya pecah githu, bwat jalan susah,, sekarang kelincinya jadi kurus,,
    itu kira” knapa y?? terus obatnya apa? dapet obat itu dimana?
    mohon di balas di email saya,,
    terima kasih,

  8. yunia 24 Agustus 2009 pukul 12:57 pm

    saya mau tanya, kelinci saya yg wanita sepertiny akn mlahrkan,tp knpa dy mencabuti bulu yg cowok, lalu pda alat klamin yg cowok knpa yang muncul benjolan merah? mhon blas, terima kasih

  9. aab 25 Agustus 2009 pukul 1:17 am

    tolong di pisahkan antara kandang betina dan pejantan….muncul nya benjolan merah pada pejantan itu sdh sangat wajar sekali.krn, benjolan tersebut adalah alat kelamin dari pada si pejantan.

  10. Mohamad Yudi 25 September 2009 pukul 10:16 am

    Salam kenal,
    Saya adalah pemula yang ingin membudidayakan kelinci, mohon teman-teman yang sudah ahli dalam budidaya kelinci dapat membantu saya dalam membudidayakan hewan tersebut, Tks

  11. guy sandy 14 Desember 2009 pukul 4:36 am

    ass.wr.wb
    kalo boleh tau zat apa aja yg bahan2 untuk membuat pelet ?? dimana beli bahan2 nya ?? tolong minta detail persentase bahan untuk makan kelinci…terimakasih.

  12. Kabar Kelinci Indonesia 14 Desember 2009 pukul 4:41 am

    klik saja asep-rabbit.blogspot.com

Tinggalkan Balasan

