KELINCI UNTUK HARI ESOK YANG LEBIH BAIK

rendah lemak, rendah kolesterol, populasi cepat, dahsyat!

Rumput sehat kelinci


Inilah beberapa pakan sehat untuk kelinci Anda. Lain waktu pada bagian ini akan ditambahkan beberapa tanaman lain. KKI masih melakukan penelitian.

Dandelion, pakan tambahan untuk kesehatan kelinci.

Rumput Timothy. Pakan utama kelinci. Kolesterol 0% dan lemak hanya 0,6%. Sehat untuk pakan setiap hari kelinci Anda.

Ini rumput Alfalfa yang sering untuk pakan kuda. Cocok buat kelinci, bahkan dalam hal tertentu bisa menjadi pengobat gangguan pencernaan, mencakup gangguan perut seperti liver, pankreas, usus kecil dan lain sebagainya. Pencampuran antara rumput timothy dengan alfalfa sangat bagus. Pencernaan Kelinci memang seperti kuda yang hanya mengandalkan usus besar (tanpa lambung) saat mencerna sehingga hanya membutuhkan pakan dengan kandungan lemak dan kolesterol rendah. Berbeda dengan ruminansia lain seperti domba/kambing, saping dll yang lebih kuat pencernaannya. Sedikit konsentrat/pelet dan maksimalkan pakan rumput adalah salahsatu langkah mewujudkan kelinci kita sehat.

artikel terkait: http://kelinci.wordpress.com/2010/03/06/pakan-rumput-kelinci/

About these ads

63 responses to “Rumput sehat kelinci

  1. rahayat letiek tea 6 Januari 2010 pukul 11:51 am

    trims ya ,,akhirnya tau jenis rumput walau kadang memilih jenis ini agak sulit di temukan di kampungku.. sebagai bahan makanan tambahan saya kasih ampas tahu ,, kira kira bagus ga ya,, tolong infonya,

  2. andik 10 Januari 2010 pukul 4:54 pm

    kelinci saya hampir setiap hari dikasih makan kangkung,yang saya mau tanyakan apa ada efek samping janka pendek atau jangka panjangnya terhadap kelinci?TRIMAKSIH

  3. Kabar Kelinci Indonesia 10 Januari 2010 pukul 5:16 pm

    sangat tidak baik. 1) Kangkung adalah golongan serat-kasar tinggi yg menyulitkan pencernaan kelinci. 2)tanaman berbambu berpotensi menyimpan gas dan juga bakteri. 3) menimbulkan bau menyengat bagi kencing kelinci.
    Soal enak itu relatif. Kelinci bisa makan apa saja selama ada kandungan seratnya, termasuk nasi, juga coklat. Tetapi itu bukan pakan pokok. Pemberian kangkung harus kering dan itupun hanya boleh sedikit sebagai campuran. Dalam jangka pendek mungkin tidak masalah, tetapi jangka panjang sangat tidak dianjurkan.

  4. asep jo 24 Januari 2010 pukul 6:59 am

    saya selalu kasih kelinci saya rumput ato ijoan yng byk tumbuh di pekarangan and lapangan tapi sebelum saya ambil buat pakan kelinci saya slalu menyicipi rumput or ijoan kl rasanya pait gak saya ambil. and sedikit wortel pelet and bekatul and kadang bungkil jagung. apakah yng saya berikan tersebut sudah cukup untuk kebutuhan kelinci?

  5. Kabar Kelinci Indonesia 24 Januari 2010 pukul 10:34 am

    ya cukup. Kalau nanti kelinci sering mengerat itu tandanya kurang kalsium. Bisa mainkan premium premix, sesekali campuri garam untuk bekatulnya, sedikit saja. Pastikan pemberian air minum.

  6. dagingkuda 17 Februari 2010 pukul 7:31 am

    Saya sedang mencoba memelihara kelinci hias, jenis fuzzy lop.
    Kelinci tersebut, saya kasih makan pelet ayam dan hay.
    Apakah ada komen mengenai hal ini? Sebab, di tempat saya (Jaktim), susah untuk mendapatkan rumput seperti yg tercantum di web ini, kalaupun ada paling rumput liar yang banyak di lapanga.

  7. Kabar Kelinci Indonesia 17 Februari 2010 pukul 10:23 am

    Kalau dikasih pelet ayam itu sama sama merusak pencernaan. Ada kandungan nabati hewani seperti remukan tulang. Hay itu bahannya apa juga mesti dipertimbangkan. Bisa dapat hay tapi tidak bisa rumput gimana itu?
    pakailah pakan padat seperti bekatul-padi atau ampas tahu. Itu bagus.

  8. dagingkuda 21 Februari 2010 pukul 12:45 pm

    Kelinci saya, setelah saya kasih rumput, sekarang malah tidak mau makan pelet khusus kelinci yang saya berikan.
    Apakah 100% makan rumput bisa mencukupi kebutuhan protein, calcium, phospor, dll kelinci?
    Kalau tidak, bagaimana solusi untuk mengatasi masalah ini?
    Terima kasih

  9. Kabar Kelinci Indonesia 22 Februari 2010 pukul 5:21 am

    Itu bukan masalah kok. Rumput yang tepat akan disukai kelinci.
    Kelinci domestik dikasih apapun mau, karena biasanya didorong oleh kelaparan dan tidak ada pilihan lain. Kalau dikasih pilihan pasti dia akan memilih makanan yg paling cocok. Pemberian rumput kelinci seperti bandotan, legetan dll itu sangat baik dan cocok, Jgn rumput setaria dan rumput gajah. Untuk mendapatkan energi kelinci butuh makanan seperti ubi jalar, ampas tahu, bekatul padi dll. Kalau sekiranya masih belum mantab, tambah wortel, daun pepaya sebagai penambahan, misalnya seminggu 2-3 x. Itu bagus dan sehat.

  10. angga 22 Februari 2010 pukul 1:03 pm

    apakah ampas tahu boleh d simpan sampai 3-4 hari terus bagai mana cara memberi takaran makananya

  11. Kabar Kelinci Indonesia 23 Februari 2010 pukul 4:22 pm

    soal boleh tidaknya sih tidak jadi masalah. Yg jadi masalah adalah kalau membusuk. Bakterinya berbahaya.
    kalau belum bisa menyimpan dengan teknik tertentu sebaiknya ampas tahu yg baru saja. Biar aman.
    jatah pakan relatif, menyesuikan besar kecilnya kelinci, termasuk juga tingkat kebiasaan menghabiskan berapa setiapkali diberi makan. Cobalah berikan satu mangkuk dulu. kalau 15 menit habis total berarti masih kurang. kalau sisa sedikit biarkan saja. Biasanya 2-3 jam kemudian makan lagi.

  12. joko 24 Februari 2010 pukul 3:59 pm

    kalo jerami padi segar ato yg sudah dibikin silage bisa buat kelinci ga pak? thx

  13. Kabar Kelinci Indonesia 24 Februari 2010 pukul 4:20 pm

    agaknya seratnya enggak cocok. Tidak bisa dijadikan makanan kelinci. kalaupun mau pasti sedikit, kalau banyak berarti kelaparan. Tetapi jika dimakan tidak berbahaya karena toh kelinci tidak doyan.

  14. asep jo 27 Februari 2010 pukul 3:43 pm

    apakah kelinci jenis rex and nederlan dwaf naluri mengeratnya tinggi?

    coz kt peternak di lembang hampir 70% kelinci jenis itu kebiasaanya mengerat…….

  15. Kabar Kelinci Indonesia 3 Maret 2010 pukul 6:18 pm

    tak ada naluri mengerat pada kelinci. Biasanya kalau mengerat krn asupan pakan buruk, terutama kelaparan dan kurang kalsium. Kalau pakan bagus dan tubuh terpenuhi tidak akan menggerat. Kalau pakan sudah bagus tetapi masih menggerat kemungkinan sakit gangguan gigi (gangguan gigi mayoritas disebabkan oleh keturunan inses/sedarah).

  16. andi 7 Maret 2010 pukul 12:43 pm

    ass.w.w
    pak, sya mo tanya soal pemberian pakan kelinci.
    pd pagi hr,kelinci hanya sy beri pakan konsentrat polar.
    siang dan sore hr sy beri rumput.kadang klo punya ubi sy berikan sore kulit’y(maklum,ibu sy jualan keripik ubi jalar)
    apakh sudah mencukupi keb.gizi’y?
    makasih atas jawaban’y.

  17. Kabar Kelinci Indonesia 7 Maret 2010 pukul 4:12 pm

    segizi apapun kandungan makanan jika tidak mencapai 10 macam tetap akan kurang. Itulah mengapa prinsipnya beragam makanan harus tersedia.
    tetapi jangan cemas. Apa yang anda berikan itu sudah cukup, dalam artian sebagai pakan rutin. Varian seperti wortel, daun pepaya, terus beragam tanaman rumput gulma di tegalan juga diusahakan sering diberikan. Misalnya dalam seminggu sekali sedikit daun pepaya, sedikit wortel dll. Itu akan lebih baik supaya kelinci sehat. Kita tidak akan pernah tahu apa yang kurang dan yang lebih dalam kelinci. Oleh sebab itulah kita mesti terus variatif dalam hal pakan.

  18. deni 9 Maret 2010 pukul 3:55 am

    ass.w.w
    saya mau tanya sya mau tanya, pemberian pakan kelinci sebaiknya di berikan berapa kali dalam satu hari dan pembagian waktunya gmn??

  19. Kabar Kelinci Indonesia 9 Maret 2010 pukul 4:06 am

    habibatnya kelinci memakan banyak rumput secara terus-menerus. Setiap jam butuh makan.
    Prinsipnya makan sedikit tetapi terus karena pencernaannya yang singkat. pada kelinci domestik, penyediaan makanan rumput (kering) bisa diberikan secara tak terbatas di dalam kandangnya. Pakan padat (pelet, bekatul, ampas tahu) diberikan pada pagi hari. Mereka akan memakan secukupnya. Sisanya akan dimakan lanjut. Siang hari diperlukan tambahan sedikit. Nah, malam hari anda bisa berikan rumput banyak. Jangan takut stok pakan sisa. Itu lebih baik daripada kurang. Anda bisa memberikan pakan 2-3 kali sehari. Terserah kelinci mau makan berapa kali.

  20. dharma 9 Maret 2010 pukul 4:08 am

    Selamat siang Pak,

    saya punya kelinci jenis lion umurnya sekitar 5 bulan,
    kalo say perhatikan kok kerjaanya makan terus…
    sudah beberap minggu ini dia suka gigitin kadangnya..
    apakah itu normal..
    selam ini makanannya saya kasih pelet (pagi, malam), rumput kering (malam), daun pisang(siang,malam) dan kalo ada wortel saya kasih siang hari. apakah sudah cukup gizinya…
    kok kelincinya makan trus yah…

  21. Kabar Kelinci Indonesia 9 Maret 2010 pukul 4:17 am

    ya memang. Makan sedikit tetapi terus. Pencernaannya sangat singkat sehingga butuh makan terus. menggigit kandang atau kayu itu perilaku wajar karena sedang masa pertumbuhan gigi. Tetapi jika berlebihan biasanya akibat sakit gigi atau bisa juga akibat kurang kalsium. Daun pisang tidak usah banyak-banyak. Sesekali saja dan itu hanya butuh sedikit. Buat apa juga banyak2. Rumput pastikan yg cocok buat kelinci. Pelet mesti khusus untuk kelinci. Kalau pakai pelet ayam atau ikan bisa jadi itu merusak pencernaan.

  22. dharma 9 Maret 2010 pukul 5:15 am

    oh iya pak, kalo kekurangan kalsium bagaimana cara mengatasinya… makanan apa yang harus diberikan…

    trims..

    dharma

  23. Kabar Kelinci Indonesia 9 Maret 2010 pukul 5:49 am

    wortel itu sudah cukup unsur kalsiumnya. Supaya mantab berikan saja vitamin kalsium.

  24. joko utomo 10 Maret 2010 pukul 2:10 pm

    Selamat malam Pak,
    saya pemula mau tanya :
    apakah kelinci bisa dipelihara di tempat terbuka seperti kambing atau kuda,supaya bebas memakan rumput di lapangan rumput, supaya tercukupi dan menghemat tenaga dan biaya. Terimakasih Pak atas jawabannya.

  25. Kabar Kelinci Indonesia 10 Maret 2010 pukul 7:10 pm

    beresiko. lahan harus ada lerengnya. ntar kalau beranak di tempat datar bisa mati kena air. ancaman mangsa juga banyak. Kalau lahannya seluas hutan ya boleh saja. kalau cuma seribu meter ya menyiksa.

  26. ozhia 17 Maret 2010 pukul 7:31 am

    Sayaaa pnyaaa kelincii jeniss rex yg sangat aktif..umur 1bulan…yg saya mau tnyakan kenapa kelinci saya tidak mau mkn pelet&suka memakan karet sendal saya’apakah itu sifat kelinci yg nornal&apakah smua rumput baik untuk kelinci?…tetapi klo saya beri rumput&wortel’dmakan apakah itu sudah cukup untuk pemberian mknnya…karna saya ga mau ksh kangkung sudah bnyakk yg mati sebelumnya karna kembung&menceret…mknya saya cari tau pkan yg baik untuk kelinci…mksihh^o^

  27. Kabar Kelinci Indonesia 17 Maret 2010 pukul 9:34 am

    rumput di lapangan, atau rumput gulma tegalan/sawah itu banyak untuk kelinci. hanya sedikit yg tidak baik dan tidak mau, yakni rumput jenis panjang kasar seperti setaria, gajah, alang2 dll. Mainlah ke peternakan yg sudah jalan. Biar tahu konkret.

  28. Pingback: Pakan Rumput Kelinci « KELINCI UNTUK HARI ESOK YANG LEBIH BAIK

  29. Sukro 20 Maret 2010 pukul 9:26 am

    Pak saya mau menanyakan kelinci saya suka makan lidah buaya apa itu gpp?

  30. Kabar Kelinci Indonesia 21 Maret 2010 pukul 5:53 am

    lidah buaya sangat baik bagi kelinci, asalkan saat memakannya tidak dalam keadaan hamil dan gangguan pencernaan. Dalam kondisi sehat justru disarankan setiap seminggu sekali memakan sedikit lidah buaya untuk kekebalan tubuh dan mencegah kokidiasis. Di zimbabwe sudah biasa diberikan sebagai suplemen dan UNICEF yang mendorong peternakan di sana mengapresiasi kecerdasan peternak zimbabwe yang menemukan ide ini.

  31. margono 24 Maret 2010 pukul 6:50 am

    bung mau tanya kalau daun kacang tanah kira2 bisa ga buat alternatif pengganti rumput pada musim kemarau? soalnya pas panen ga kepakai & kalau kering bisa awet sampai bbrp bulan (biasanya buat sapi)…saya ternak sekitar 35 indukan, saat kemarau agak susah memenuhi kebutuhan rumput rumput…bagaimana jika ternak sampai ratusan ekor atau bahkan ribuan ekor?

  32. Kabar Kelinci Indonesia 24 Maret 2010 pukul 6:05 pm

    daun kacang tanah hanya layak untuk campuran. Dikasih banyak juga gak bakal makan habis krn itu sangat mengenyangkan. Serat tidak dicernanya kuat, krn itu hanya sebagai campuran saja, termasuk rumput kacangan juga berlaku begitu. Jadi jangan berikan hanya satu jensi itu. Apalagi ditimbun kering, pasti enggak nikmat. Kalau pun makan banyak pasti karena kepepet tidak ada pakan lain.
    Beternak ya mesti mempertimbangkan pakan. Lihat sejauh mana kemampuan dan ketersediaan pakan.

  33. RADEN MAS AJI SUPENO 28 Maret 2010 pukul 2:30 pm

    saya sangat setuju dengan cara beternak anda,apalagi dengan prinsip “SEDIKIT PELET BANYAK RUMPUT”KARENA SELAMA INI KELINCI SAYA G PERNAH TERSENTUH PELET SEDIKITPUN,DAN KELINCI SAYA GAK PERNAH TUCH YG NAMANYA KENA KEMBUNG,ATAU KUDISAN,dan pertumbuhannya normal aja,apa klo g pernah di kasih pelet/polar akan berpengaruh untuk kesehatan kelinci????

  34. Kabar Kelinci Indonesia 28 Maret 2010 pukul 3:42 pm

    Rumput seratnya baik dan standar buat kelinci (dengan catatan aneka ragam rumput gulma itu memang variatif), tetapi kalau hanya kepasok serat dan miskin kalori, karbohidrat, termasuk vitamin juga kalsium dalam masa panjang bisa lumpuh (biasanya kelinci betina saat melahirkan) mengalami kelumpuhan. Kelinci di petani2 desa sering mengalami itu krn hanya makan rumput dan kurang bekatul atau biji-bijian.

  35. wahyu 12 April 2010 pukul 3:26 pm

    mas saya wahyu ditrkan,kal-tim.sy mw tnx daun-daunan apa aj yang baik buat kelinci?

  36. Jusuf 27 April 2010 pukul 8:56 am

    Saya sangat antusias untuk beternak kelinci,
    mau bertanya, apakah ada aturan mengenai pemberian pakan kelinci, misalnya pagi harus dikasih rumput, siang harus buah-buahan, malam harus ampas tahu?
    atau semuanya bebas diberikan, kapanpun.’
    trims . . .

  37. Kabar Kelinci Indonesia 28 April 2010 pukul 12:39 am

    pakan padat pagi saja, soalnya siang akan tidur; dengan begitu produksi urine, caesotrop dan pencernaan lebih lancar. Rumput berikan sore atau malam hari. Buah2han tidak perlu. Sebaiknya pakai aturan dan konsisten sehingga kelinci tidak banyak rewel. Jam pakan juga mesti terjadwal.

  38. Manami 8 Mei 2010 pukul 11:28 am

    Selamat malam..
    saya mau tanya..rumput alfalfa bisa didapat di mana ya?
    saya biasa kasih kelinci saya makan rumput dan pelet..
    rumputnya saya ambil dari lapangan dekat rumah..
    rumputnya besar2 dan tinggi..
    saya tdk tahu itu jenisnya apa..
    sebelum saya kasih kelinci rumputnya saya keringkan dulu dengan di jemur..
    apa sebaiknya tidak usah dijemur?
    langsung diberikaan saja?

  39. Kabar Kelinci Indonesia 9 Mei 2010 pukul 3:48 am

    cari rumput alfalfa? tanam sendiri saja. Nyari bibit di dinas pertanian. yg banyak di amerika. Tapi di purwokerto juga ada kalau mau.
    Rumput besar tinggi2, atau rumput untuk sapi tidak akan dimakan kelinci, selain itu berbahaya krn bisa menyayat mulut kelinci.
    rumput kelinci tidak sulit. dimana-mana ada, terutama di tegalan, bawah pohon jagung/singkong. Tanya saja sama petani2 kan pada tahu mana rumput cocok untuk kelinci. Setiap rumput wajib dilayukan dulu. Biar bakterinya pada kabur dan getahnya berkurang.

  40. Abdul Alim 21 Juni 2010 pukul 3:34 am

    Salam…
    Mas,Pak….mbok saya minta contoh contoh daftar menu makanan pada kelinci perhari dalam satu minggu…termasuk gizi dan vitamin yang akan diberikan…?tapi tetep berdasarkan pola makanan kelinci yang berkualitas….
    semisal menu makan pagi…..apa+apa dengan berat…gr/kg
    oke gitu aja…salam kelinci sehat Indonesia….

    KELINCI2 PANTURA

  41. ema 25 Juni 2010 pukul 11:03 pm

    mas… saya sudah melihat di dua peternak kelinci di kota saya… yang satu hanya memberikan rumput kacang2an sebagai pakan serat, yang satu lagi memberikan rumput campuran (apa saja yang disebut gulma)… pertanyaannya : ada rumput menjalar sepertii daun labu siam, berbulu. bisa nggak diberikan ke kelinci? bulunya bahaya nggak?kalo dilayukan dalam 2-3 hari masih baguskah? soalnya ditempatku gulma jenis itu banyak, dan itu juga digunakan sama peternak kedua, tapi kata peternak pertama hanya boleh daun kacang2n.trims infonya

  42. Kabar Kelinci Indonesia 26 Juni 2010 pukul 11:03 am

    bisa, tapi campur2 dengan gulma. Rumput menjalar dimakan tapi hanya sedikit karena mengenyangkan. Ada serat kasar rendah (gulma) dan ada serat kasar tinggi (tanaman menjalar). nah keduanya tetap perlu diberikan. kalau lewat kering, misalnya 2 hari kelinci tidak enak memakannya, karena itu pasti malas, apalagi rumput kacang. Nanti jadi sampah aja. Mending ambil siang hari, sore diberikan.

  43. helen 26 Juni 2010 pukul 2:39 pm

    saya mempunyai kelinci. umurnya skrg 2thn 7bln. saya biasa memberikan kelinci saya pelet, ubi dan wortel. sehari saya beri 3 kali. pagi pelet dan ubi, siang sayur caisim, malam pelet dan wortel. apa itu sudah cukup? saya sgt jarang memberikan rumput, karena sulit menemukanny di dekat rumah sya. apa boleh menaruh kandang kelinci di teras rumah? saya takut kelinciny sakit karena perubahan cuaca. bagaimana solusiny y?. oia ktny gi2 kelinci sgt cepat tumbuh dan bs melukai mulutny, seharusny di beri apa y untuk mengasah gi2ny? sy tunggu blsanny. tolong kirim ke email sy y (h_lou2@yahoo.com). thx

  44. Kabar Kelinci Indonesia 28 Juni 2010 pukul 9:18 am

    pelet, ubi dan wortel tambah sayuran. Keseimbangan serat belum cukup. Pelet kandungan rumput pun terkadang kandungan seratnya sudah miskin. kami kira tetap penting memperhatikan dgn pemberian rumput gulma/hijauan.
    mau ditaruh di mana asal aman, tidak stres, lingkungan mendukung oke saja. Jangan sampai kehujanan. Cuaca secara umum tidak masalah. Di luar justru lebih sehat karena sirkulasi udara mengalir baik.
    Gigi apapun, termasuk kelinci tumbuh sesuai proses evolusi. Gigi yg bermasalah seperti melenceng sehingga tumbuh terus bukan karena watak kelinci, melainkan beberapa sebab, misalnya akibat kawin inses, kurang serat dari hijauan/rumput. Tidak perlu asah mengasah gigi, sebab kelinci sudah bisa mengasah giginya sejak dini dengan memamah rumput, juga memamah wortel./

  45. nancy3wsb 16 Juli 2010 pukul 6:38 am

    Akhirnya saya jadi tahu setlah melihat gambar jenis rerumputan di kabar kelinci indonesia kalau “kluban sawah” yang saya beli dipasar ternyata ada banyak legetan,sintrongnya :-) Jadi oke deh untuk ransumnya, apalagi sekarang sudah ada pemasok rerumputan dari desa.Sementara rumput dijemur/dilayukan pagi saya beri kelinci2 tsb pellet. Baru siangnya diberi sedikit rumput/kluban sawah yang mulai layu. Kadang juga +daun pepaya layu. Bagaimana memilih pellet yang tepat? Karena yang saya pakai tak dicantumkan komposisi bahan, bagaimana saya tahu kalau itu tidak mengandung tepung jagung, tepung ikan dll yang tak baik untuk kelinci2 saya? Untuk sayuran/rumput, jika dijemur apa tidak menghilangkan vitamin2nya? Trims

  46. nancy3wsb 16 Juli 2010 pukul 8:04 am

    Saya beri ampas kedelai setiap kali saya membuat susu kedelai apa bagus untuk makanan kelinci? lalas/lantai kandang saya baca untuk perawatan/kebersihan bagus pakai kawat, tapi melelahkan untuk kaki kelinci. Luka nggak kaki para kelinci jika kena kawat untuk alas kandang?

  47. Kabar Kelinci Indonesia 16 Juli 2010 pukul 2:58 pm

    untuk tahu pelet secara detail ya datang ke pembuat peletnya.
    Yg namanya pelet ikan, ayam dan lele pasti memiliki tempung2, termasuk rongsokan ikan asin sehingga tidak cocok buat kelinci.
    Vitamin bisa hilang bisa tidak itu tergantung. Tidak dijemur pun kalau lewat 2 hari pasti berkurang drastis. Dijemur kalau lewat kepanasan secara otomatis berkurang. Tinggal dilayukan saja. Kalau terlalu basah dijemur, cukup 1 jam kan bisa.

  48. Kabar Kelinci Indonesia 16 Juli 2010 pukul 3:00 pm

    Kedelai sekedar buat campuran bahan pakan bisa saja. Yg penting itu lihat takaran kandungannya.

    Ya tergantung kawatnya, tergantung bambunya juga. Lihat saja realitasnya dikandang bagaimana desainnya. Kalau desainnya bagus dan jenis kawatnya cocok, besar2 pastinya berbeda dengan kawat kecil. Yg terbaik pakai bambu, tentu dengan desain yang tepat, bukan sekedar bagus. Yang tepat bagaimana? studi langsung dilapangan akan lebih menjamin.

  49. ali nurdin 6 Agustus 2010 pukul 7:38 am

    kki.krna pelet kelinci mahal dan kebetulan d kota saya g ada yang jual.saya pake kosentrat sapi potong.gmana tu boleh g/bagus g pak?kalu pake pelet unggas g baik buat kelincinya………

  50. Kabar Kelinci Indonesia 11 Agustus 2010 pukul 3:09 am

    ampas tahu campurn bekatul bisa. juga sering2 dikasih umbi jalar putih.
    konsentrat sapi itu bahannya apa? bukan soal sapi ayam atau lele, tapi bahan.

  51. nancy3wsb 16 Agustus 2010 pukul 3:45 am

    untuk mengeringkan/mengawetkan rumput persediaan makan kelinci, say jemur kira2 3 jam, setelah layu saya angin2kan diatas kandang besar yang terbuat dari kawat atapnya. Setelah cukup kering saya tumpuk untuk persediaan. Jenis rumputnya saya pilih yang sejenis rumput timothy atau kaki ayam, baunya harum rumput setelah kering;-)
    tahan berapa lama untuk rumput kering itu pak? apa sebulan masih oke diberikan? Apa semua jenis rerumputan yang biasa untuk ransum kelinci baik dikeringkan atau dipilih jenis yang kadar airnya sedikit? Thanks sarannya.

  52. Dini 22 Agustus 2010 pukul 8:43 am

    Ass,saya bru 2hri memelihara kelinci,kelinci yg saya pnya brjenis anggora dan lokal..
    Saya bngung pakan yg cocok bwt klinci ap y?
    Cz sya bru prtma mlihra klinci..
    Slma 2 hri saya ksh wortel dan sawi hijau..
    Kta teman saya pelet ny bsa d ksh pelet burung berkicau??
    Tlong ksh saya info yg membntu sya,saya tkut klinci sya mti,cz klnci ny lg lcu2 ny..

  53. Kabar Kelinci Indonesia 25 Agustus 2010 pukul 7:40 am

    Di sini kan sudah banyak informasi.
    Salahsatunya ialah rumput tegalan itu. Ya itu makananan kelinci, selain ubi.
    Jangan berikan pelet burung, ayam atau lele. Itu tidak layak buat kelinci.

  54. Jean 28 Agustus 2010 pukul 2:03 pm

    Kalo jagung kering ato kacang2an bisa nda Mas ? Thx..

  55. Kabar Kelinci Indonesia 29 Agustus 2010 pukul 5:13 am

    Jagung kering? apa kuat kelinci makan jagung kering? Jagung tidak terlalu dibutuhkan kelinci, kecuali hanya sedikit, sangat sedikit dan itupun jagung muda dan tidak boleh untuk kelinci kecil di bawah 3 bulan. Nanti bisa kolaps perutnya.
    kacang2gan itu apa?
    kalau kacang tidak cocok. kalau daun kacang-kacangan itu bisa, tetapi hanya doyan sedikit (serat kasar tinggi).

  56. PUTRI 10 September 2010 pukul 8:08 am

    maph sebelumnya ….

    saya baru pertama kali ini memeliharaa kelinci dan baru saja membelinya

    saya ingin bertanya , kelinci saya sudah berkali – kali saya lihat memakan daun kering yang sudah jatuh dari pohonnya , apakah itu bagus bagi pencernaannya ????

    dan apakah baik bagi pencernaannya jika saya berikan terus menerus wortel sajaa sebagai makanannnya ????

    dan setiap berapa hari sekali kelinci sebaiknya dimandikan ????
    menggunakan air hangat atau air biasa ????
    apakah menggunakan sabun tertentu atau tidak ??

    maph jika pertanyaan saya terlalu banyak, karena saya sangat sayang
    kelinci saya ….
    TERIMAKASIH

  57. Kabar Kelinci Indonesia 14 September 2010 pukul 1:21 pm

    kelinci sering coba2 makan apa saja. Bahkan dalam situasi kenyang. Tetapi kalau sampai makan daun kering dalam jumlah banyak jangan2 itu karena kurang pakan/serat dari rumput. Wortel itu baik, tetapi tidak mencukupi kebutuhan serat dan karbohidrat. Mestinya diberikan rumput dan juga bekatul/ampas tahu atau beli pelet khusus untuk kelinci.

  58. nancy3wsb 16 September 2010 pukul 11:41 am

    saya sudah membeli buku Kelinci Domestik, oke juga, cukup lengkap infonya, membantu saya untuk meelihara kelinci2 saya. Tapi saya ingin tanya, di kota saya Wonosobo, hujan melulu. Rerumputan yang diambil kemarin sore(basah kena hujan) sampai sore hari ini masih basah sebagian besar meskipun sudah diangin anginkan diatas para-para kawat. Amankah kalau tetap diberikan? Soalnya kalau musim seperti sekarang, dalam seminggu hujan bisa 4 hari-an, jadi rumput basah melulu. Dan untuk dosis suntik ivermectim jika kelinci berat badan 2,8kg cukup 0.02ml/kg berat badan? Jika masih muda (4 bulan) dengan berat badan 1,7kg apakah sudah boleh disuntik subkutan ivermectim jika terkena scabies? Thanks infonya.

  59. Kabar Kelinci Indonesia 16 September 2010 pukul 6:23 pm

    basah terus memang bisa menimbulkan resiko. Kalau hujan terus menerus itu bisa disiasati dengan cara menampung rumput lebih lama baru diberikan. Misalnya setelah sehari lewat. Jadi kalau tidak cukup ditampung dalam 3-4 jam, ya artinya kita berikan setelah benar2 tidak ada air.
    Untuk invermectim sebenarnya sudah ada patokan di label. Lagian juga bisa memakai pola prakiraan karena ini bukan obat dimakan. Tidak terlalu berbahaya.
    Usahakan menghindari suntik selama bisa ditolong dengan pengobatan biasa. Itu lebih baik.

  60. yayat 5 Oktober 2010 pukul 6:31 am

    maf kang mau tanya..kalo bekatul dikasih air gak seperti buat ayam? mksh

  61. Nta 14 Oktober 2010 pukul 11:01 am

    saya mau tanya,kelinci ku sakit kutil tampak nya di pinggir bibir nya,apa yg hrs saya lakukan??dan lokasi saya di surabaya,saya sangat susah untuk mencari dan membeli timothy hay :( kemarin pun saya baru mencoba untukmemberikan susu kelinci,dan mereka tampak suka sekali ^-^

  62. Kabar Kelinci Indonesia 18 Oktober 2010 pukul 5:10 pm

    kutil atau wudun? barangkali itu hanya darah kotor. Kalau sudah matang bisa dibelah, tentu diolesi spirtus dulu biar tidak terlalu sakit.
    Rumput di Indonesia bagus2. kenapa harus ngejar timoty? pakai rumput2 tegalan itu.

  63. Kabar Kelinci Indonesia 18 Oktober 2010 pukul 5:29 pm

    ya dikasih biar makannya nyaman, tidak batuk2. Dengan air panas bakteri mati. Aduknya jgn pakai tangan, ntar sisa yg tidak termakan cepat busuk. Pakai centong atau sendo

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 144 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: