KELINCI UNTUK HARI ESOK YANG LEBIH BAIK

rendah lemak, rendah kolesterol, populasi cepat, dahsyat!

Kelinci Kembung


TANYA: Kelinci saya umur menjelang 3 bulan. Kandang stabil sehat. Bersih dan makanan selama ini tidak bermasalah. Setiap pagi kita kasih pelet dan malam rumput dalam kondisi baik. Sering juga kita berikan wortel dan sayuran lain. Suatu hari kami menemukan kelinci males makan, kaki depan merapat dan perut kembung. Kelinci masih mau makan, tetapi hanya sedikit dan terlihat ada cairan putih menggumpal keluar dari anus, terkadang disertai berak warna cokelat. Apa penyebabnya?

JAWAB: Jika memang penyebabnya demikian sebenarnya ada satu hal yang sedang menganggu dalam masalah pencernaan kelinci. Lain halnya jika penyebabnya stress karena perjalanan jauh atau mendadak dipisah dari induknya. Masalah ini mula-mula harus dilihat pada situasi pencernaan. Kelinci pada umur 2 bulan ke atas sedang giat-giatnya makan. Nafsu makan biasanya meninggi karena ia menjelang dewasa, terlebih pada umur genap 3 bulan biasanya disertai dengan perkembangan hormonal dengan ciri-ciri seringnya kelinci bermain-main sex dengan cara menunggangi kelinci lain. Pada masa perkembangan ini nafsu makan kelinci terkadang kurang seimbang dengan kemampuan pencernaan. Kita tahu pencernaan kelinci tidak sekuat hewan ruminansia lain karena proses fermentasinya hanya melalui usus besar. Jika makanan dengan kandungan non serat terlalu berlebihan porsinya, seringkali terjadi gangguan perncernaan (Gastro Intestinal). Melambatnya atau penghentian gerak peristaltik usus dikenal sebagai gastrointestinal (GI) stasis atau ileus.

Latar belakang masalahnya biasanya kelinci makan terlalu banyak pelet karena lapar atau bisa juga disebabkan porsi berlebih sayuran serat-kasar tinggi seperti terlalu banyak wortel, sayuran, kubis, jagung manis, kangkung, atau buah-buahan dengan kadar gula tinggi (mangga, rambutan, apel dan lain sebagainya). Ingat, makanan-makanan tersebut memang tidak berbahaya, tetapi jika berlebihan bisa jadi menimbulkan kembung, atau minimal mengakibatkan feses lunak.  Jika Anda melihat gejala seperti ini sebaiknya kurangi pakan padat, termasuk sayuran dan dilarang memberikan buahan. Sementara total berikan rumput saja dulu selama 2-3 hari. Baru kemudian nanti pakan padat (pelet) diberikan lagi dengan porsi yang separoh dari kebiasaan. Sedikit saja asal bisa mengganjal perut. Kalaupun mau dikasih sayuran cukuplah wortel dalam jumlah sedikit. Intinya masalah ini terkait dengan ketidakseimbangan antara nafsu makan dengan kemampuan mencerna.

Karena kelinci kembung rata-rata menimpa kelinci umur 2-3 bulan, biasanya yang tertimpa adalah kelinci dominan dalam koloni. Itulah sebabnya mengapa kelinci kembung dalam situasi seperti ini menimpa mereka yang nafsu makannya tinggi dan kelinci yang lain aman. Prinsipnya makanan tidak masalah, tetapi kalau kadar kalsium dan gula serta karbohidrat terlalu tinggi akan menjadi masalah. Jadi kita harus jeli melihat kasus ini dengan menata pola makan yang baik.

BAGAIMANA MENGOBATINYA? MENGAPA PEMAKAIAN ANTIBIOTIK JUGA TIDAK SEMBUH?

Kembung dalam kasus ini bukan disebabkan masalah bakteri atau protozoa sehingga tidak butuh antibiotik khusus. Ini murni ketidaklancaran pencernaan karena kebanyakan pakan padat dengan kandungan serat kasar terlalu tinggi, gula atau juga kalsium. Karena gangguan itulah kotoran sulit difermentasi, kemudian menjadi masalah dengan munculnya udara yang kemudian mengalirkan mucus (cairan putih). Gangguan ini dalam kelinci sering mengakibatkan kematian karena kelinci tidak bisa muntah. Itu saja masalahnya.

PENGOBATAN: Jika tidak disertai penyakit lain salahsatu teori yang bisa dilakukan adalah dengan cara mendorong kelinci berak secepatnya. Caranya, pangku kelinci anda dan urut perut kurang lebih 10 menit. Tarik perut pelan-pelan ke bawah supaya kotoran terdorong keluar. Antibiotik alamiah dari bawah putih bisa diberikan sedikit ke mulut. Perlu juga membasahi tangan anda untuk mengurut perut dengan cairan bawang putih. Mula-mula kelinci pasti tidak nyaman dan berontak. Kita harus sabar dan pelan-pelan. Nanti pada langkah selanjutnya biasanya kelinci akan merasa nyaman dengan elusan tersebut karena memang pencernaannya sedang membutuhkan bantuan dorongan. Setiap 5 menit mengurut lepaskan di alam bebas biar kelinci lari. Biasanya kita akan melihat kotoran keluar. Terus lanjutkan proses ini sampai berkali-kali. cairan kelinci yang keluar itu tidak menular dan tidak berbahaya. Untuk membantu kelancaran pengeluaran anda mesti memasok air putih terus menerus.

Cara lain yang sangat efektif adalah dengan menyuntik perut kelinci untuk mengeluarkan gas. Tetapi bagi yang belum pernah melihat praktik ini biasanya sulit melakukan. Kesulitan utamanya ialah letak dimana bagian perut yang akan disuntik untuk menarik gas keluar. Rekan saya, Mutazim Fakkih di Klaten sudah biasa melakukan hal ini dan sukses.

Pada masa perawatan seperti ini jangan memberikan pakan berat, seperti pelet. Semua harus diganti rumput biasa saja sebab memang rumputlah pakan utama kelinci yang cocok untuk pencernaannya yang lemah. Biasanya dalam kondisi kembung masih mau makan. Cairan putih atau feses akibat kembung murni ini tidak menular. Lain halnya jika disertai penyakit yang disebabkan oleh bakteri atau protozoa. Perawatan seperti itu biasanya bisa dilakukan 3-4 hari. Kita memang harus telaten dan sabar menemani kelinci. Kelak jika sehat kelinci akan sangat akrab dengan kita karena kita menyelamatkannya dari sakit gawat. (fm/kabar kelinci indonesia)

54 responses to “Kelinci Kembung

  1. PALAGAN RABBIT BREEDER 2 Januari 2010 pukul 11:00 am

    kembung memang sering menyerang pd ternak kelinci. gampang-gampang susah untuk mengobatinya. berikut cara yang biasa kami lakukan saat ada kelinci kami yang terserang kembung. dalam memelihara kebersihan & pemilihan bahan pakan tepat adalah utama. tanda-tanda yg sering kami jumpai: kelinci terlihat diam, mata sayu, perut membesar dan tidak buang kotoran. pengobatan: 1. diberi minum minyak kelapa dengan cara menggunakan spet ( suntikan tanpa jarum) melalui mulut sedikit demi sedikit. hal ini akan membuat kelinci bisa buang kotoran/ mencret. 2. suntik dengan medoxyl. 3. beri minum teh manis sbg doping stamina saat sakit.
    catatan : alternatif pengobatan berdasar pengalaman, smoga bisa menjadi salah satu solusi. terimakasih.

  2. Pradika Rabbit 3 Januari 2010 pukul 10:30 am

    Paling mudah dan perlu diingat, mencegah daripada mengobati..
    So, jangan memberi sesuatu (jenis makanan) secara berlebihan, ingat secukupnya saja :)

  3. ikhwan 14 Januari 2010 pukul 7:36 am

    Kelinciku sekarang lagi sekarat krna perutnya kembung. hati2 jangan ngasih makanan ubi-an….ini pengalaman pahitku. kemarin aja yang betina mati, sekrang yang jantan sdng sekarat….oh Tuhan maafkan aku….aku sedih banget…terima kasih buat penulis artikelnya.

  4. ikhwan 14 Januari 2010 pukul 8:07 am

    Oh Tuhan….sekarang Cipu ku sudah mati….Cipi Kemarin mati. aku sekarng tidak memiliki Cipu-Cipi…dua kelinci yang manis-manis penghias hari-hariku…AKU SANGAT SEDIH kawan-kawan……….Selamat jalan Cipi-Cipu….aku sangat menyayangimu…maafkan aku karena telah salah memberimu makan….hiks..hiks..hiks…

  5. Kabar Kelinci Indonesia 14 Januari 2010 pukul 8:17 am

    Ubian (golongan serat-kasar-tinggi) artinya sulit dicerna. Memang ada hubungannya dengan kembung. tetapi pada prinsipnya umbian juga dibutuhkan kelinci dan tidak akan menjadi masalah jika 1) tidak boreten/penuh lubang hitam. Itu ada racun dan berpotensi penimbul bakteri. Artinya harus bersih. 2) kurang baik diberikan dlm jumlah banyak. Kelinci hanya butuh untuk mengenyangkan sedikit saja. Kelinci akan makan banyak jika tidak ada pakan lain. 3) anakan di bawah 3 bulan tidak boleh sembarang makan umbian, kecuali sedikit dan bersih. 4) saat terjadi penyakit pencernaan seperti kembung/mencret mestinya hanya diberikan rumput sebab saat itu pencernaan sedang terganggu dan berat mengurai makanan. Rumput mudah dicerna dan tidak berbahaya. memang itulah pakan utama kelinci. Rendah lemak.

  6. Kevin M 17 Januari 2010 pukul 3:12 pm

    mas, pak, kang…
    sy jg jadi korban konsumen yg beli kelinci terlalu awal disapih..
    akibatnya kelinci saya mota – mati terus..
    dari 15 ekor, tinggal 3 ekor..
    waktu beli umur 1.5bln an lah..
    kebanyakan mati karena mencret dan kembung…
    sekarang yg betina hamil..
    sy tau kalo rumput timothy n’ alfalfa baik buat kelinci, tp sy kesulitan cari…apa ada nama umum yg mungkin orang tau???
    kalo ta kasih rumput teki gmn?
    trus kalau hay buat susuhan kelinci sy pake rumput teki blh?apa sm sj?thx
    bls cpt ya, keburu melahirkan…thx skl lg..

  7. Kabar Kelinci Indonesia 17 Januari 2010 pukul 3:21 pm

    Istilah timothy dan alfalfa seringkali malah mempersulit, padahal tujuan kita memudahkan. Rumput untuk kelinci itu tidak sulit, di lapangan, pinggir sawah, bahkan pinggir jalan juga banyak. Rumput teki juga disukai kelinci. Yg penting beberapa jenis rumput setiapkali memberikan, itu baik. Pokoknya cari saja rumput2 yang ada disekitar kita. Mudah. Yg penting bersih, jgn cari rumput dekat tempat sampah atau aliran selokan, banyak bakteri jahat. Rumput harus layu supaya aman bagi pencernaan, minimal 4 jam setelah mengambil. Rumput terkena air hujan juga kurang bagus, banyak air=banyak bakteri.

  8. alif 18 Januari 2010 pukul 2:37 am

    kalau pakan umbi terutama singkong memang dapat membikin kembung, jika memang umbi digunakan maka pilihlah umbi yang berwarna putih bersih jika sudah berwana hijau maka umbi tersebut mengandung bahan yang dinamakan hcn yang merupakan racun bagi tubuh. jika akan digunakan sebaiknya dikeringkan dahulu supaya kandungan hcn dapat dikurangi, untuk pemberian kelinci sebaiknya sebanyak 20 dari bobot rasum

  9. Kevin M 18 Januari 2010 pukul 3:56 pm

    Thx buat jawabannya..

    O iy..td siang sy udah coba ngurut perut kelinci sy yg kembung..hasilnya cukup memuaskan(kotoran ud mau keluar)..tp kok masih lemes y?trus kotorannya kok lembek?
    apa wajar?

  10. Kabar Kelinci Indonesia 18 Januari 2010 pukul 4:00 pm

    ya, teruskan saja. telaten. Jangan kasih makan yg berat-berat. Cukup rumput. Lemes krn dehidrasi dan kurang gizi. Minum harus dipasok terus. Berikan cairan jus wortel biar kekebalan tubuh dan fisiknya kuat. Soal feses lembek ya itu krn belum tuntas. Jgn berhenti ditengah jalan sebelum sampai kotoran mengering.

  11. asep jo 24 Januari 2010 pukul 3:14 pm

    salam kenal semua
    saya peternak pemula
    ya….. saran2 dari kki sangat membantu sekali.
    bagi saya kebersihan kandang adalah faktor terpenting yng harus di nomersatukan. pakan yng gak dimakan atau yng sudah di injak2, sebaiknya dibuang karena akan menimbulkan berbagai macam penyakit. feses lembek yng menempel pada anus jangan sampai mengering dan menutupi anus dan menyulitkan kotoran berikutnya yng akan keluar. itu penyebab kelinci kembung kebanyakan mati. sebaiknya di bersihkan dngn air hangat, bersihkan sampai bersih dan baunya hilang, ulangi terus sampai fases tidak lembek dan bau.
    itu pengalaman pribadi saya.
    insya allah akan sembuh.
    thanks. http://kelinci.wordpress.com and KKI. you are the best.

  12. fajar 28 Januari 2010 pukul 12:42 pm

    sir kemarin ada kelinci saya yang mati, kenapa ya! sir. apa mungkin karena saat saya ngasih rumput nya tidak saya jemur dulu atau gimana sir di bales ya sir

  13. Kabar Kelinci Indonesia 28 Januari 2010 pukul 1:00 pm

    ya kami tidak bisa menjawab kalau pertanyaannya begitu. mati banyak sebabnya. Mesti dijelaskan secara detail.

  14. wagimin taruna, DVM 28 Januari 2010 pukul 5:08 pm

    kembung adalah penyakit srdehana tapi jadi momok.asal serat seimbang, tepat waktu kasi makan dan di hindarkan dari anagin malam kemungknan besar akan terhindr dari kembung.jika kelinci anda kembung sediakan air minum cmpur anti biotik, puasakan sehari tnpa dikasih makanan hanya minum tadi.tdak semua umbi imbian berbahaya relo pendem adalah contohnya dia justru dat mencegah kembung.janagn sesekali kasih wortel dari kulkas lgsung ,yaa akbatnya setengah jam kemudian kelinci akan sekarat..kenapa…?tunggu selanjutnya..

  15. shushie 11 Februari 2010 pukul 8:57 am

    aq juga baru punya kelinci yang baru kembung, kasiaan sekali dech, perutnya udah aq urut2 tp kok tidak mau keluar kotorannya terus gimana nich?

  16. Kabar Kelinci Indonesia 11 Februari 2010 pukul 2:56 pm

    ya jangan minimalis usahanya. Kombinasikan dengan bawang putih. mesti intensif setiap hari. Layani terus. Kalau malas-malasan ya tidak akan sembuh.

  17. Mita 12 Februari 2010 pukul 4:53 am

    saya punya 2 ekor kelinci, msh kecil2 krna beli d peternak kecil yg berjualan kelinci dan hamster d pasar.
    hari ke 3 kelinci jantan yg lbh kecil dari yg betina (perhitungan saya umur kira2 2 bulanan) kotorannya lembek, sesuai anjuran salah satu teman saya yg sedikit mengerti, kelinci saya stress. jd jgn dulu beri hijau2an, jgn beri wortel, apalagi kangkung krn bisa buat kembung.
    sarannya kasih saja pelet, daun pisang yg sudah d layukan, dan rumput yg juga sudah d layukan krn agar getah dan kadar airnya berkurang. krn kl msh segar akan menimbulkan kembung dan diare juga.
    dan dlm keadaan sakit ksh saja pelet kelinci.
    saya ikuti semua anjurannya, kelinci saya sudah tdk mengeluarkan kotoran yg lembek lg, 1 hari dia agak males makan, tp skrng sudah senang makan pelet-nya yg setiap jam 10 pagi saya jampurkan konsentrat sedikit saja.
    kemudian keadaan kelinci saya skrng yg paling kecil kaki depannya d rapatkan. saya khawatir… apakah itu tanda2 kalau perutnya kembung?
    kotorannya agak sedikit kecil size-nya d bandingkan sblmnya, tp msh lancar, begitu jg dgn buang air kecilnya.
    kemudian nafsu minum air-nya lbh tinggi stlh makan pelet. ada yg mengatakan kl makan pelet dia bagus apabila minum air agak banyak. krn pelet itu serat kasar. banyak minum bs menghindarkannya dari sembelit.
    beri saya solusinya…
    apa yg harus saya lakukan, krn sayng kl kelinci2 saya ini smp mati.. padahal udh lumayan jinak dgn saya… dan gemuk2 lagi…

  18. Mita 12 Februari 2010 pukul 4:56 am

    Beri tau saya ciri2 kelinci yg sudah mulai sakit dan yg sudah sehat kembali… krna perbedaannya sngt tipis kan… tau2 tiba2 dia suh hilng selera mkn, dan bbrp jam kemudian mati…

  19. Kabar Kelinci Indonesia 12 Februari 2010 pukul 10:06 am

    sudah baca belum artikel di atas?
    apa yg anda sampaikan itu sudah terjawab semua.
    darimana Anda bisa memperkirakan 2 bulanan? kelinci anakan dipasar paling juga 25 hari, pas lucu-lucunya.
    Anjuran dari pedagang itu sudah kami kritik semua di dalam tulisan itu. Cermati saja.
    Biasanya kembung ya perut membesar. Pelet serat kasar? ya bisa benar. Apapun ada kandungan seratnya. Masalahnya kelinci di bawah dua bulan itu gak butuh pelet, melainkan rumput dan ASI induknya. Itu saja.

  20. Kabar Kelinci Indonesia 12 Februari 2010 pukul 10:12 am

    sakit makannya menurun. Semakin fatal semakin tidakmau makan. Tetapi penyakit seperti kembung pada masa dua hari masih mau makan karena biasanya gumpalan gasnya belum memenuhi perut. Kalau sudah tiga hari kelinci tidak mau makan karena tidak ada ruang kosong dalam perut. Perbedaan sakit dan sehat sangat tebal, bukan tipis.

  21. Mita 12 Februari 2010 pukul 12:08 pm

    terimakasih mas atas sarannya. saya sudah baca artikel d atas. tp merasa hrs bertanya lg agar lbh puas dan mendapat jawaban yg pas dgn apa yg msh buat saya bingung.
    saya juga menye,ing-nyelingi pakan pelet-nya itu dgn rumput yg sudah saya layukan dr pekarangan saya sendiri.
    tetapi kadarnya lbh sedikit dr pada sblmnya krn sudah sakit kmrn.
    saya menafsir tntng umur itu krn ada foto dr situs peternakan kelinci yg mirip bgt dgn salah satu kelinci saya. mreka bilng itu berumur 2bln, dan kelinci saya sedikit lbh besar dr itu.
    krn sya sblmnya nggak ngerti kl kelinci d pasar itu sgt blm pantas utk pisah induk jd saya beli. sekarang mau berusaha maksimal aja ngurusnya, pengennya berhasil biarpun mgkn dia gak bakal jd kelinci yg kualitas-nya tinggi. yg penting hidup dan sehat.

  22. Mita 12 Februari 2010 pukul 12:14 pm

    terimakasih mas…
    saya tdk tau mengenai perbedaan itu krn kelinci pertama saya pagi kena diare, malmnya lngsung mati.
    sdngkan yg 2 ekor skrg msh 1 minggu saya pelihara. takut kejadian kyk kmrn lg jd saya bertanya.

  23. Mita 13 Februari 2010 pukul 4:57 am

    Mas…

    pagi ini kelinci saya yg betina, kotorannya agak lembek tp teksturnya msh bulat2 nmn lengket jd sekali keluar nyambung gt. warnanya hijau tua… itu tanda2 apa mas? apa kembung juga?
    saya sudah coba urut perutnya, krna kelinci saya yg betina ini agak hiperactive jd agak sulit. saya urut dia kl posisi sdng tiduran santai saja.. apa itu bisa mas? gak mesti d pegang dan d telentangkan d pangkuan kita kan?
    memng setelah saya urut begitu (blm pake bawang putih) dia lngsung buang kotoran, tp msh menyatu agak basah dan berwarna hijau tua….

  24. Kabar Kelinci Indonesia 13 Februari 2010 pukul 7:48 am

    makanannya apa saja setelah 3 hari terakhir ini?
    kalau hitam mengumpul itu caesotroph. Pahami soal caesotroph.
    Kalau hijau biasanya enteritis. Ini soal makanan yg salah saja.

  25. asep jo 13 Februari 2010 pukul 2:39 pm

    kasih madu pada air mium supaya kelici anakan tidak rentan penyakit…………..

  26. Kabar Kelinci Indonesia 13 Februari 2010 pukul 2:40 pm

    untuk masa pengobatan tidak apa2. sedikit saja. Madu selain energi juga antibiotik.

  27. Mita 15 Februari 2010 pukul 5:40 am

    makanan-nya sudah 3 hari terakhir ini saya kasih pelet Bitter Bunny mas.
    saya akan coba campur madu d minumannya.

    terimakasih mas….

  28. Zach 4 Maret 2010 pukul 3:45 am

    Salam kelinci
    1. Saya punya 2 anak kelinci rex ,tiba2 dr anusnya kluar sesuatu sprti ambein gitu pertama2 brdarah tp kelincinya tetap hidup cuma kalo kencing membasahi smua tubuh bagian bawahny walaupun bertahan sampai 1,5 minggu akhirny kduany mati …kenapa ?
    2. Kelinci NGAMBEK…., ini trjadi dgn klinci , sy punya 4 kelinci umur 3 s/d 4 bulan sy tempatkan dalam 1 kandang krn sudah cukup besar sy pisahkan salahsatuny kekandang yg lain bsokny klinciku yg tadinya sehat , aktif dan nafsu makannya bagus mulai lain sikapny dia hanya diam , dan samasekali tidak mau makan benar2 berbalik 360 derajat dari semalam ,soreny krn perutny kosong dia masuk angin mungkin sehingga kotorannya klihatan lembek sy coba obati dgn daun jambu biji dia diam sj padahal biasany daun apasaja lansung disikat ,blum smpat sy obati dgn obat kembung klincinya sudah trbujur kaku ,menyesal skali memisahkan mereka. kasih solusinya dong.
    Thanks sblumnya

  29. Mita 5 Maret 2010 pukul 2:02 am

    mas zach, saya juga baru2 ini memishkan kelinci saya yg selama ini satu kandang. sbnrnya yg betina agak ngambek jg, ciri2-nya sprti yg mas bilng td. tp kebetulan per 2 hari sekali mreka saya keluarkan, jd bs ketemu d luar biar sbntr. kemudian kandangnya bersebelahan jd dia mash merasa berdekatan dgn pasangannya itu. biarpun dampaknya kelinci betina yg mulai dewasa ini akan lbh agresif dgn menyerang kelinci lain kecuali pasangannya itu. solusinya lngsung saya pisahkn lagi dia. tp kelinci saya jd tetap mau mkn, biarpun prosesnya bertahap. smp sekarang dia msh kurng nafsu makannya tetapi msh mau makan. saya rasa boleh d coba mas.
    pisahkan tp jgn terlalu jauh dan pertemukan sekali2 jgn lgsng drastis.
    jenis kelinci apa yg mas punya?

  30. ozhie 18 Maret 2010 pukul 1:16 am

    Halooo…ada yg saya mau tnyakan???saya punyaa kelinci rex umur 1’5bln..yg saya mau tnyakan. Knapa kelinci saya mkn rumputnya hanya sedikit&tdak mau minum’kelincinya hanya mau mkn kangkung&wortel saja…apakah itu pakan yg cukup&klo tidak mau minum apakah jd bermasalah untuk pencernaanya&bgaimana mengatasi agar kelinci. Dpat mau minum…trima. Kasihh..dtnggu blsnya..

  31. Kabar Kelinci Indonesia 18 Maret 2010 pukul 2:43 am

    pemberian minumnya yg efektif dengan botol. pastikan kelinci bisa mengakses secara baik. Kalau botolnya ngadat biasanya nanti tidak mau lagi meminumnya. Sebenarnya rumput sangat disukai kelinci selama ini memang rumput2 yg cocok buat kelinci seperti sintrong, legetan, patikan cina, patikan kebo dan tanaman gulma lain.

  32. ozhie 18 Maret 2010 pukul 3:09 am

    Mksihhh ya atas infonya…^o^..oiaa mslah minum saya jga sudah memberikan tmpat khusus yaitu tempat wadah botol yg menempel dkandangnya untuk kelinci saya minum tp tetep tdak mau dminum…itu bgaimana solusinya agar kelinci saya mau minum…trima kasih^o^

  33. Kabar Kelinci Indonesia 18 Maret 2010 pukul 9:26 am

    kalau begitu sesekali dibimbing saja, dengan pemberian air minum vitamin,. biasanya lebih enak. cara meminumkan dengan memakai suntik (tanpa jarum), dibaringkan. nanti kalau dia sudah merasakan nikmatnya air pasti akan punya naluri minum lagi. Sama seperti orang. kalau enggak pernah minum air putih juga susah.

  34. ozhie 18 Maret 2010 pukul 10:49 am

    Trima ksih atas infonya♉…btw klo blehhh tau vitamin yg baik seperti apa untuk kelinciii&namanya apa???karena saya blum pahan vitamin untuk klinci…trima kasih…♉

  35. Fadhil 22 Maret 2010 pukul 6:51 am

    Indukan Kelinci ku tiba2 tidak bisa mengangkat kepalanya…….padahal lagi menyusui ke 6 anaknya yng baru 2 minggu…..sekarang terbaring lemas tidak bisa berdiri apalagi makan…..kalo sempat aku kasih susu bendera tak suapin … kira2 kenapa ya.. ada yang pernah mengalami….kasihan sekali anak2nya…

  36. Kabar Kelinci Indonesia 22 Maret 2010 pukul 9:31 am

    miskin kalsium. Pakan sangat buruk sebelumnya. Sama seperti ibu hamil remaja yg kurang gizi, sering lumpuh, cacat atau bahkan mati karena pasokan pakan tidak baik. Itu masalah gizi buruk. Rumput harus banyak, pasok kalsium, seperti wortel. Penting juga daun pepaya.

  37. budi 28 Maret 2010 pukul 3:46 pm

    saya punya kelinci dewasa betina 9 jantan 5.pakan saya kasih kangkung juga daun ama buah melon yang masih muda.sementara ini belum ada masalah.apa akan mengganggu pada saat akan melahirkan nanti.

  38. Kabar Kelinci Indonesia 28 Maret 2010 pukul 3:50 pm

    buat apa melon segala? tujuannya untuk apa? bijinya tidak bisa dicerna. Kelinci yg sering diberi buah tidak baik, apalagi hanya diberi kangkung. Silahkan baca2 info pakan dan rumput dan segeralah mengganti pakan itu karena pemberian pakan itu sangat miskin kebutuhan perut kelinci.

  39. anton 30 Maret 2010 pukul 11:57 pm

    helo mas ,,,,dan pemula yg pelihara kelinci.
    pernah nggak denger kelinci tiba2 mati setelah di kasih makan rumpaut dari pinggir sawah???

    setelah saya tanya2 pada para petani desa, jawabnya apa?
    ITU KARENA PARA PETANI SUKA MEMBERIKAN OBAT ANTI HAMA TANAMAN MEREKA DENGAN SEMPROTAN. yg kemungkinannya rumput2 sekitarnya juga kena obat itu,

    maka…jangan ambil resiko dengan rumput sawah,walau nampak hijau subur,,,tapi beracun,,,lebih baik rumput di lapangan bola.
    ok boss sekedar sharing aja

  40. Kabar Kelinci Indonesia 31 Maret 2010 pukul 1:16 am

    Ya, pestisida juga beresiko. Mesti hati-hati. Sebenarnya kalau musim hujan dan sering kehujanan pestisida terkadang sudah tidak terlalu membahayakan. Tetapi mesti tetap hati-hati karena bisa beracun. Rumput tegalan yg bukan pertanian komersil (terutama ladang singkong dan jagung) biasanya lebih aman. tetapi tetap harus waspada.

  41. waluyo 7 April 2010 pukul 2:20 am

    salam kenal dr kota gaplek..
    met pagi mas.. saya sangat menyukai kelinci sejak dari kecil dan berhasrat mengembangbiakanya.. sebulan lalu saya membeli 4 ekor kelinci, 2 australia dan 2 anggora (kt penjualnya..) umur 1.5 bulan. tp seminggu kemudian jantan aussienya mati.. kemudian saya beli lg jantan pengganti.. tp 4 ahri kemudian gantian betina aussienya yg mati
    sebelum mati meraka susah makan..padahal saya sdh beri rumput,legetan,daun mlanding, dan wotel serta kangkung.. dan ke 2nya mati di malam hari.. knp ya mas..
    saya berniat membeli 2 pasang lagi ..tp kasian klo mati terus..
    mohon info..
    terimakasih
    waluyo

  42. Kabar Kelinci Indonesia 9 April 2010 pukul 3:44 am

    kelinci kecil begitu memang rawan stres. Itu bukan disebabkan pakan, tapi stres dipisah dari induk sebelum waktunya. Minimal pemisahan itu 2 bulan. Itupun tidak boleh secara mendadak, baru setelah umur 3 bulan bisa dibeli. Kalau beli anakan 90 persen pada mati.

  43. Mita 29 April 2010 pukul 9:55 am

    mas ozhie, saran saya utk kelinci yg blm mau mnm cukup membimbingnya saja. dgn cara mendekatkan tempat minum nya. ato dgn kata lain d sulangin k mulutnya, tp bkn pk sendok melainkan ttp dgn tmpt minum khusunya itu. krn saya juga punya 2 ekor kelinci pertama saya yg cuma saya beli d pinggir jalan. yg msh kurng umur blm lepas sapih. gak tau keturunannya. dan sblmnya gak pernah d kasih minum.
    awalnya saya bimbing sprti itu dulu. tdk berapa lama kelinci2 saya sudh bs minum sndiri.
    kl utk obat2an usahakan jgn terlalu pedoman dgn itu dl.
    kl pun sakit ato gejala ksh obat yg alami dulu.
    seperti:
    bawang putih d tumbuk utk kembung (d oleskan d perutnya)
    kasih minuman hangat utk mendukung pengobatan.
    jgn kasih sayuran sprti kangkung, wortel. (sesuai dgn pengalaman saya, kelinci 1 minggu mati).
    makanan cukup kasih pelet yg cukup asupan gizi d dalamnya, kemudian cemilan serat basahnya tiap jam 10 pagi kasih daun pisang yg sudah d bersihkan dan sudah d layukan, min. 1 x 24jam.
    jangn kurng memberi minum.
    jadwal memberi makan yg teratur (2x sehari).
    jangan lupa perhatian utk kelinci jg perlu, biar dia kenal sm kita.

    selamat mencoba tips simple dr saya ini mas.

  44. Mita 29 April 2010 pukul 9:59 am

    begini mas, saran saya semua rumput segar yg kita akan beri utk kelinci sebaiknya di jemur dulu, setelah layu baru d beri k kelinci.
    krn dgn menjemur getah, racun dan kadar air-nya sudah berkurang. yg pasti stlh baru kita dapat d cuci dulu yg bersih dgn air bersih.
    jgn lupa ksh minum kelinci dgn air masak ya.

  45. Mita 29 April 2010 pukul 10:05 am

    mas… saran dari saya, sblm mas melanjutkan membeli kelinci lg, banyak2 browsing utk cara pemeliharaan.
    kemudian beli lah kelinci di peternak. krn kualitas lbh terjamin, kita bs tetap berkonsultasi utk cara yg baik utk pengurusan.
    makanan yg baik jg sesuai dgn saran dr peternak tsb.
    ini sudh saya alami sblmnya, jd saran ini sesuai dgn pengalaman saya. skrng kelinci2 saya yg bahkan ada yg saya beli d pinggir jln (sblm tau sebaiknya bgmn) yg msh kurng umur, kualitas jg kurng. sekrng udh gede2. biarpun kurng kualitsnya dgn yg lain tp sy senang krn sudh berhasil utk tahap penyelamatan anak kelinci yg blm lepas sapih.

    selamat mencoba mas.

  46. mukhtar setiawan 9 Mei 2010 pukul 7:51 pm

    om,dr ulasan berita yg ad,penyakit mencret tu asal muasalnya kembung dlu ya, klo udah parah baru mencret ya,klo salah penangananya bs menimbulkan kematian pd kelinci.atau kembung ama mencret emang berbeda penyakitnya pada kelinci.Mohon jwbnya sebab kelinciku 2hr yg llu mencret kuabti pake jus daun bji ama dibri sulemen jus wortel cmpr rumput,tp kondisiny mkin melmah n perutny tdk kuurut/dksih bwang putih kaya kasus kembung.Ni mlm aku baru mngubur klinciku td yg tdk tertolong lg akibat kkurangn ilmuku/pahamku dlm mrwat mereka.

  47. Kabar Kelinci Indonesia 10 Mei 2010 pukul 12:38 pm

    kembung dan mencret berbeda. Kalau kembung murni ya mudah.
    Mencret itu apa yg disebut mencret? tidak semua berak berair itu mencret. kalau memang mencret murni bisa sembuh sendiri atau cukup dengan daun jambu itu.
    Masalahnya ciri2 feses cairannya itu seperti apa?

  48. juwita 18 Juni 2010 pukul 8:50 am

    mas,,,,kmrn kelincinya dikasih makan wortel baik – baik aja..kotorannya ga begitu bau dan ga lunak..tapi setelah dikasih pelet kok malah mencret dan jadi bau..itu knp ya??

    makasihh

  49. Dinda 25 Juni 2010 pukul 6:15 am

    om aku pnya klinci kecil kampung..
    perutnya kembung dan eeknya coklat2 lembek gt..
    sampe nempel2 di bulu2 bagian anusnya,,
    aku bersihin pk tisu basah malah nangis..
    aku takut euyyy!!
    ]gmna ya caranya pengobatan nya??
    buru balesss om..berabee…..:)

  50. rayidede 21 Juli 2010 pukul 6:42 pm

    saya salah satu pecinta kelinci..
    maap mw nanya,kmren lusa kelinci saya umur kira2 1,4 bulan yg tdix lincah trus makanx jg bnyak (rumput) tiba2 jd pndiem trus makanx jg dikit..
    dri gejala2x saya duga it kembung soalx dri posisi kaki dpan trus ada lendir yg kluar dri anus dsb..
    saya cri info tg kelinci kembung smpe akhirx saya ktmu salah satu peternak klinci trus katax d kasi antangin cair,
    hal it saya lakukan tp smpe skrng blom ada kmajuan yg brarti,
    kelinci saya sudah 3 hri ini kyak gt mas (ga lincah,makanx dikit,tp lendir d anus ud ilank)..cman kotornx biasa mas tetep bulet2 trus keras gt..
    sebaikx gmn y mas ngobatn klinci tsb?
    skalian mw nanya klo umur 1,4 bulan plink baik d kasi makan apa?
    soalx indukx mati :(
    trus ada satu mslh lg mas,klinci saya umur 2,8 bulan sma 1,4 bulan (sdrax yg sakit d atas) badanx gemeteran gt mas?tp nafsu makan ma fesesx biasa..
    saya biasa kasi makan klinci saya pke hay,daun kacang, ma pelet klinci..
    trus mnumx saya kasi vitamin ti-rex..
    mohon penjelasanx y mas?
    trimakasih..

  51. Annie 9 Agustus 2010 pukul 3:51 am

    Hi Pak,…minta tolong masukan donk,..kelinci saya 4bulan semalem tiba2 lemes ngga bisa berdiri,makan udah ngga mau,minum mau dikit2 selama ini saya cuman kasih makan pelet aja (tiga hari yang lalu saya ganti dgn merk lain krn cari merk y sama ngga nemu).untuk kotorannya tetep bulet2 hitam kira2 kenapa ya? dan bagaimana penanganannya? saya panik banget,kasihan ngeliatnya.pls jawab asap ya.Thanks a lot

  52. Ramadana Suyihno 17 Agustus 2010 pukul 5:14 am

    ” kenapa ya setiap aku suntik kelinci dengan obat gudik kok g ada kasiatnya…..”

  53. Putri 31 Agustus 2010 pukul 2:33 am

    aku mau nanya soal kelinciku tolong dijawab ya!! sebenarnya kelinci boleh dikasih obat manusia gak? kelinciku umurnya 3 jalan 4 bulan.. karena kelinciku ada 7 ekor dalam 1 kandang yang lumayan sempit+ 3 dewasa. papaku buat kandang lagi untuk kelinciku. oleh karna itu, semua kelinci kubiarkan lepas di belakang rumah. beberapa hari setelah itu, kelinci kesayanganku yang biasanya paling lincah jadi paling lemes, kupingnya turun, matanya sayu, trus kalo tiduran bikin serem (posisinya ngegeletak). dia mau makan tapi sedikit, kadang gak sama sekali. aku baca kesemua media dann situs itu ciri2x penyakit kembung! tapi di anusnya gak keluar cairan2x. dan dari beberapa situs ada yang mengatakan jangan diberi air. dan diberi makan daun kacang kering! sudah saya coba, tetapi tidak ada perubahan, saat baca situs ini saya coba mengurut perutnya, dan setelah itu saya lepaskan. tapi kelinci saya tidak mau lari dan hanya tiduran saja. tolong beri saya jawaban tentang ini secepatnya!!

  54. joko 24 September 2010 pukul 6:42 am

    kalau kembung kasih aja kelinci minuman air +garam+gula dan kasih makanan rumput kelinciku bisa sembuh saat kembung

Tinggalkan Balasan

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 140 pengikut lainnya.

