KELINCI UNTUK HARI ESOK YANG LEBIH BAIK

rendah lemak, rendah kolesterol, populasi cepat, dahsyat!

Tips Memelihara Kelinci untuk Pemula


  1. Jangan membeli kelinci anakan di bawah umur 2 bulan. Itu akan mengakibatkan kelinci mudah mati karena kekebalan tubuhnya rentan.
  2. Kelinci di petshop atau pinggir jalan sering dikatakan umur 1 bulan, bahkan ada yang bilang 2 bulan. Kita tidak tahu betul akan hal itu sebab kita tidak menerima kalender kelahiran. Para pedagang sering berbohong dengan mengatakan kelinci umur 1 bulan, padahal kecil-kecil, biasanya baru umur 20-25 hari. Kalau 2 bulan saja tidak diperbolehkan dibeli, maka 1 bulan jelas lebih gawat.
  3. Kelinci di bawah umur 3 bulan sangat rawan dibawa pergi jauh melewati 100 km perjalanan.
  4. Jangan percaya kelinci tidak boleh dikasih air minum. Semua makhluk hidup butuh air minum, terlebih kelinci anakan yang baru saja dipisahkan dari induknya.
  5. Jangan percaya bahwa kelinci kebutuhan air minumnya cukup dari rumput, sebab rumput layu kadar airnya sangat minim sementara kebutuhan untuk melancarkan pencernaan dengan air dan kebutuhan kencing sangat banyak. Air putih matang atau mentah sangat dibutuhkan kelinci.
  6. Kangkung bukan pakan terbaik. Setiap pohon berjenis berbambu berpotensi menyimpan gas. Jangan terkecoh pada kesukaan kelinci. Kelinci suka kangkung karena lapar dan tidak ada pakan lain. Kalau sudah lapar apapun jadi.
  7. Kangkung dan kubis menyimpan potensi gas yang tinggi dan mengakibatkan air kencing bau (amoniak).
  8. Jangan percaya bahwa musim hujan banyak mengakibatkan kematian. Bukan soal musim hujannya, tetapi kelembabab dan kebersihan yang jadi masalah. Kalau bisa ditangani secara baik dijamin tidak akan banyak kematian.
  9. Pakan kelinci adalah rumput. Anak kelinci di bawah 3 bulan lebih cocok rumput ketimbang pelet. Pemberian pelet (atau pakan padat lain) seperti ampas tahu atau bekatul boleh tetapi hanya sedikit. Baru setelah umur 2,5 bulan boleh lebih banyak (sekitar 50 gram) sedang kelinci di atas 3 bulan bisa 100gram per hari. Kelinci anak lebih cocok rumput karena sistem pencernaannya masih labil. Kalau banyak pelet jadi berat, terlebih jika tidak diberi air minum.
  10. Penyebab kudis/budugen hanya satu sebab, yakni karena kandang jorok. Kuku kelinci yang sering menginjak kotoran biasanya menularkan penyakit kudis itu ke telinga. Solusi kebersihan sebagai syarat mutlak. Kaki/kuku kelinci perlu dibersihkan dengan air hangat supaya kuman/kutu pada mati. Kalau perlu dipotong kukunya biar lebih aman.
  11. Wortel (bersih) sangat baik bagi Kelinci Anakan maupun kelinci dewasa. Gizi wortel tinggi sehingga anakan kelinci pun sangat perlu memakan wortel. Hindari wortel kotor dan busuk sebab bisa jadi penyakit pencernaan.
  12. Jangan percaya bahwa kelinci anakan bisa dibawa pergi jauh. Itu akan membuat celaka sebab kelinci anakan di bawah 2 bulan masih sangat rawan stres. Stres mengakibatkan pencernaan terganggu, terlebih jika kurang air minum dan kurang serat (rumput).
  13. Jangan percaya air membuat kelinci mati. Bukan airnya yang membuat mati, melainkan karena penyakit. Penyakit kelinci yang ditimbulkan oleh bateri, protozoa atau kuman bisa muncul dari mana saja. Termasuk air. Pastikan air itu bersih. Kalau kena kotoran segera ganti yang bersih.
  14. Jangan percaya setiap jenis kelinci yang dijual umum itu keturunan ras murni. Kita tidak tahu soal kawin silang. Pada umur 1 bulan kelinci bisa jadi nampak murni, tetapi pada dewasa kelak jenisnya jadi aneh-aneh. Biasanya sudah terjadi perkawinan silang. Kalau mau dapat bibit yang baik sesuai keinginan mesti melihat induknya langsung.
  15. Jangan membawa kelinci di perjalanan dengan kardus sebab kardus menimbulkan panas dan sumpek. Banyak kejadian kelinci pada mati. Kalaupun hidup hanya beberapa hari selanjutnya mati karena pengaruh banyak hal, seperti stress dipisah dari induk, perjalanan jauh, dehidrasi (kekurangan air) atau stres karena kepadatan kelinci.

Artikel terkait baca: http://kelinci.wordpress.com/2009/12/13/tips-memelihara-kelinci/

About these ads

38 responses to “Tips Memelihara Kelinci untuk Pemula

  1. apa makan kelinci yang baik 29 Desember 2009 pukul 7:44 am

    apa ngak kangkung

  2. apa makan kelinci yang baik 29 Desember 2009 pukul 7:45 am

    apa ngak kangkung kalau rumput ,rumput apa

  3. Kabar Kelinci Indonesia 29 Desember 2009 pukul 11:25 am

    kalau nanti kami sebutkan jenis rumput Anda pasti bertanya adanya dimana, kalau sudah disebut adanya dimana, nanti minta contohnya. Rumput pakan kelinci sudah dikenal luas siapa saja, termasuk petani desa. Mending anda datang ke peternakan kelinci langsung saja ketimbang studi di internet. Lebih lebih real. Ada puluhan jenis rumput untuk kelinci. Mudah.

  4. Fujiwara ayumu 30 Desember 2009 pukul 8:52 am

    Klnci q mencret2,,,pa obtny y?Law d ksih oralit/diapet/entrostop bleh g’?

  5. nabilah 30 Desember 2009 pukul 1:10 pm

    kelinci ku mencret padahal aku sudah memberikan ia vitamin apa obat nya ya………???????????????????

  6. Tri suryadi 31 Desember 2009 pukul 1:19 am

    Kelinciku (angora betina 5,5 bulan) sdh birahi, tp yg jantan blm ad yg siap. Skr si betinax jd murung dan gak nafsu makan. D kandangx gak pernah kelihatam sisa kotoranx. Kira2 si kelinci knp y? Trus penangananx gmn?

  7. Kabar Kelinci Indonesia 31 Desember 2009 pukul 1:22 am

    biar aman metronidazol atau enrofloxacin saja.

  8. Kabar Kelinci Indonesia 31 Desember 2009 pukul 1:27 am

    Enggak ada hubungannya antara birahi dengan nafsu makan. Umur kelinci 5,5 bulan kami rasa tidak akan stress akibat tertunda kawin. Soal tidak nafsu makan itu masalah pencernaan yg tidak beres. Ketiadaan kotoran normal itu tandanya sudah akut. Segera cari metronidazol atau enrofloxacin saja biar aman. Sementara kalau tidak ada pasok makanan pakai just wortel, terus kasih minum air putih dan cairan bawang putih. Ini penanganan darurat. Kelinci anda kemungkinan terkena eimeria atau bakteri jenis lain.

  9. Mur`s 4 Januari 2010 pukul 1:28 am

    Kelinciku, tiap hari cuma takkasih makan kangkung dan daun kancu ( pohon untuk pagar ) tidak tak kasih air, tidak masalah. sekarang ada masalah kaki kelinciku kejepit kandang trus nggak bisa jalan gimana Tuh?

  10. Kabar Kelinci Indonesia 4 Januari 2010 pukul 1:50 am

    Tidak masalah itu maksudnya bagaimana?
    Ya syukur tidak masalah, itu harapan kita semua. Bau kencingnya tentu menyengat ketimbang pakan rumput. Kalau soal bau tidak masalah ya silahkan berjorok2 dengan kelinci. Anda kasih nasi setiap hari juga tidak masalah kok, apalagi kalau ukuran tidak masalahnya dalam waktu dekat. Suatu ketika saat kelinci terserang penyakit pencernaan, kangkung akan memperberat dan menyulitkan kelancaran pencernaan. Yg terbaik menghindari kemungkinan buruk. Tapi terserah Anda. Penjelasan sudah digelar banyak secara argumentatif kok. Soal Air, anda tidak usah minum juga tidak akan mati. Seolah-olah masalah itu hanya pada kematian. Inilah cara pemikiran yg keliru. Apakah belum tahu penyakit ginjal kelinci? Ayo buktikan dulu berapa lama kelinci Anda hidup. Jika tidak pernah dikasih air minum dan bisa hidup lebih 4 tahun hebat. Soal kecepit, itu adalah bukti bahwa Anda belum bisa mengelola kelinci secara baik. Sama seperti pemberian kangkung dan tanpa air minum itu, suatu ketika anda mengeluh kelinci saya begini begitu….lalu baru nyari solusi. Kelinci sudah patah kaki baru nyari solusi, sementara dulu saat membuat kandang tidak memperhatikan. Bagaimana kalau begitu?

  11. Eka 4 Januari 2010 pukul 6:17 am

    Tolong sy nic. .
    Sy pny klinci angora jntn. .
    Telinga ny sebelah kanan turun k bwh truz. .
    Tp yg kiri biasa aj. .
    Klw d liat sptny gag ad luka. .jd klinci sy knp yahh. .??
    Kshn liat dia gt truz. .
    Tlg bntuanny. .trimz. .

  12. Kabar Kelinci Indonesia 4 Januari 2010 pukul 9:01 am

    konsekuensi barang panjang pasti bisa lentur. Tidak mungkin 100 persen tegak terus. Selama sehat, tidak ada masalah. Sudah biasa begitu di mana2. tak usah dicurigai sakit atau apa. Nanti juga lurus sendiri.

  13. etna 11 Januari 2010 pukul 7:53 am

    kalo kelincinya keracunan, misalnya gara-gara salah makan daun yang beracun, dikasih apa ya?

  14. Kabar Kelinci Indonesia 11 Januari 2010 pukul 1:37 pm

    memang keracunan daun apa? bisa diberikan lidah buaya campur bawang putih. Takaran kira-kira 2-3 sendok per pemberian. 3 hari sekali. Biar mau makan pakai suntikan tanpa jarum. Baringkan kelinci lalu masukkan cairan dan tekan pangkal suntiknya.

  15. recky 28 Januari 2010 pukul 11:45 am

    Salam kenal,
    Aku punya kelinci jenis lion, saat ini kelinci mengalami pilek/flu karena bagian bulu sekitar hidung selalu basah terus, apakah tidak apa2 jika aku kasih obat flu untuk manusia dengan ukuran 1/4 bagian aja.

    Thank’s sebelumnya atas bantuannya

  16. Kabar Kelinci Indonesia 28 Januari 2010 pukul 12:59 pm

    baca saja penjelasannya dibagian kelinci pilek.
    Diberi obat pilek tidak akan bakal sembuh. Dijamin deh. Itu terkena pasteurella multocida. Sudah lengkap kami jelaskan dalam artikel itu.

  17. wahyu purwanto 9 Maret 2010 pukul 8:41 am

    Saya mau tau dimana saja dapat memiliki kelinci F1 dan bagaimana kalo kelinci saya tidak mau minum dr beli samapai sekarang (6 bln)?

  18. Kabar Kelinci Indonesia 9 Maret 2010 pukul 8:43 am

    sangat jarang yg punya kelinci unggul. Kalau kebiasaan dari kecil tidak diberi minum memang sulit. Mesti terus diberikan karena kelinci butuh pembantu untuk mendorong pencernaan. Musuh kelinci adalah dehindrasi, sehingga butuh minum yg baik agar tidak mudah stress. Pakai botol minum barangkali akan merangsang minat minum.

  19. agung yudhistira 14 Maret 2010 pukul 7:10 am

    salam satu jiwa,saya punya kelinci bulu karpet, jika dikawinkan dg jenis inggris,hasilnya bagaimana(jenisnya) klo di beri makan ketimun bagus gak? klo di kasih kangkung tapi jarang-jarang boleh kan? trimzz

  20. Kabar Kelinci Indonesia 14 Maret 2010 pukul 10:16 pm

    ketimun tidak masalah. tetapi tidak perlu. Kangkung banyak menimbulkan masalah, sebaiknya rumput gulma tegalan saja.

  21. yoga 6 April 2010 pukul 12:30 pm

    pak saya memiliki kelinci lop saya ingin tahu umurnya berapa jika ingin mengetahui umur nya bagaiman ya pak??? dan bagaimana cara mengetahui kelinci itu asli??? jawab ya pak

  22. yoga 6 April 2010 pukul 12:35 pm

    pak kok kelinci saya gak mau minum ya?????? terima kasih ya pak atas saranya nanti

  23. Kabar Kelinci Indonesia 9 April 2010 pukul 3:43 am

    berikan saja. nanti kebiasaan juga minum.

  24. hary 9 April 2010 pukul 3:37 pm

    mau nanya nich mas . . saya pny kelinci kena diare pas saya kasih makan pelet ga kenapa2 tapi setelah dia saya kasih sayur2an (wortel n jagung ) kok langsung murung dan mencret lalu hanya selang 2 jam dari mencret2 dia langsung mati . . tuh salah dimana yaa. . .salah di pakan nya apa karena hal lain ya . . . .

  25. Kabar Kelinci Indonesia 10 April 2010 pukul 5:32 am

    salah deteksi. Bukan soal pakannya, tetapi mungkin karena bakteri, atau hal lain. Karena soal pencernaan biasanya kalau tidak disebabkan pakan ya stres. Itu saja.

  26. yolan 11 April 2010 pukul 12:00 pm

    saya mao pelihara kelinci dwarf, tp kalau misalnya nantinya kelinci saya kurung melulu di kurungan dalam kamar, krena saya ngekos..apakah baik? apakah tidak akan menyebabkan stress pada kelinci? terima kasih…

  27. Deco 1 Mei 2010 pukul 4:17 pm

    Kalo anda orang sunda, hijauan yang baik buat kelinci yaitu Galinggang. Di setiap daerah pasti ada hanya namanya saja yang mungkin berbeda.

  28. Fadhil 28 Juni 2010 pukul 3:30 pm

    Kelinci saya udah mengumpulkan rumput kerik,tapi belum mencabut bulunya,kira2 berapa hari lagi dia mau melahirkan?

  29. Kabar Kelinci Indonesia 29 Juni 2010 pukul 5:05 am

    itu relatif. Kadang gejala reaksi seperti itu terjadi pada 10 hari, 12 hari. Kalau Anda tahu kapan kawinnya maka cukup dengan menghitung hari. kalau sejak kawin, maka 25 hari kemudian siapkan kotak sarang. Kelahiran bisa terjadi pada umur 29 hari, atau 33 hari. Yg paling lazim pada 30 hari. Begitu saja rumusnya.

  30. Robbany 10 Agustus 2010 pukul 4:38 am

    sejauh mana pengaruh polusi suara seperti suara knalpot kendaraan mempengaruhi kehidupan kelinci (dalam hal stress) ? mengingat saya punya niat beternak kelinci, masalahnya lahannya berada di pinggir jalan utama yg banyak lalu lalang kendaraan. Mencari rumput tentu dalam skala kecil mudah, tapi akan menjadi masalah dalam skala besar yang sifatnya kontinue. Bagaimana dengan limbah daun wortel, daun kol, daun bawang merah dan daun tomat, apakah tidak akan menjadi masalah jika diberikan terus menerus ? mengingat di lokasi saya banyak yang menanam tumbuhan tsb. Thx.

  31. indah novita sari 26 September 2010 pukul 7:23 am

    halo…,
    langsung saja,saya punya kelinci yg bru saya beli 2 hari yg lalu,kbetulan saya membelinya di tukang klinci di pinggiran jalan…
    yg saya ingin tanyakan,Bagaimanakah cra merawat kelinci itu dgn baik?sementara tempat tinggal saya ada di perumahan2 yg minim lahan,seperti lapangan,kbun dll…bagaimanakah cra mngatasi klinciagar tdaK Stress?mohon di balas

  32. Kabar Kelinci Indonesia 27 September 2010 pukul 2:16 am

    tempatkan di kandang secukupnya. Kalau sudah usia 4,5 bulan satu persatu dibuatkan kandang. Lihat saja kandang-kandang domestik yang dibuat para peternak itu. Ukuran relatif menyesuaikan besar kecilnya kelinci dewasa. Semakin lebar semakin baik. Jgn terlalu pendek supaya kelinci bisa berdiri bebas. Lihat gambar dan datang langsung ke peternak supaya tidak salah. banyak yg harus diketahui, termasuk ukuran celah alas supaya tidak terjepit dan juga perlu diperhatikan tempatnya. Jgn kepanasan lansgung dari sinar matahari.

  33. sovya gandy 27 September 2010 pukul 6:54 am

    bagaimana merawat kelinci dgn baik???
    dan jika dikasih makan rumput,lebih baik rumput apa????
    suhu yang baik buat kelinci itu gimana dan kandang yang aman buat kelinci itu bagaimana???

    tolong jawab…..

  34. Kabar Kelinci Indonesia 3 Oktober 2010 pukul 8:00 am

    soal rumput sudah dibahas di tulisan lain di situ ini.

  35. sari 17 Oktober 2010 pukul 5:36 am

    Saya baru beli kelinci anggora umur 2 bulan.cara merawatnya gimana ? Makanan yg bagus apa ?
    Kalau saya lepas di halaman rumah,mereka suka makan tanaman tanaman yg tumbuh disana.apakah itu bisa berdampak buruk ?

  36. Kabar Kelinci Indonesia 18 Oktober 2010 pukul 5:09 pm

    kalau saran umum ya sebaiknya baca-baca materi di blog ini. Silahkan.
    ya tergantung apa saja yang dimakan di sekitar itu. Kalau kelaparan bisa makan apa saja. Tapi prinsipnya tumbuhan yang dimakan itu memang layak untuk kelinci.

  37. ATFAL 22 Oktober 2010 pukul 9:59 am

    mu nanya ni bang…lama kehamilan dari stelah kawin berapa lama bang?
    terus cara ngasih minuman lewat botol kita masukin tu botol ke mulutnya apa biar sendirinya?
    metronidazol atau enrofloxacin…obat apaan tuh en di mana bisa saya dapetin?
    sory ag deso nihm takut sesatdijalan lagi sesat dijaln
    thnks sebelumnya

  38. Kabar Kelinci Indonesia 25 Oktober 2010 pukul 11:49 am

    kalau telaten baca, sebenarnya sudah ada jawabannya. Botolnya itu botol khusus untuk kelinci, atau botol minum untuk anjing itu.
    Semua pertanyaan Anda sudah ada di situs ini.

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 144 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: