KELINCI UNTUK HARI ESOK YANG LEBIH BAIK

rendah lemak, rendah kolesterol, populasi cepat, dahsyat!

Teknik Budidaya Tepat, Kelinci Sehat


Pakan utama kelinci adalah Rumput, Sayuran dan Bijian. Rumput timothy adalah pakan terbaik kelinci. Timothy adalah sejenis rumput lapangan yang pada bagian atasnya terdapat “ekor kucing”. (DI Indonesia rumput ini jarang ada kecuali ditanam oleh para peternak industrial). Kadar serat rumput timothy cukup baik sehingga tidak menimbulkan masalah pencernakan. Tetapi di Indonesia memiliki anekaragam rumput yang bagus, terutama rumput tegalan seperti legetan yang biasa dirumput para petani. Takaran rumput perhari, sebesar badan kelinci. Diberikan pada sore hari. Sayuran sangat perlu buat kelinci untuk mempermudah pencernakan dan mengurangi kadar serat berlebihan. Berikan 3-7 lembar perhari sayuran layu pada siang hari sebagai makanan siang. Sayuran yang baik adalah sosin/ceisim (sayuran untuk mie ayam) dan wortel. Sedangkan kangkung dan kubis usahakan tidak diberikan karena kadar airnya berlebihan dan mengakibatkan air kencing bau pesing .

Bijian, jagung muda, ketela pohon atau ubi jalar bisa diberikan pada malam hari di atas jam 10 malam, atau bisa juga diberikan pada pagi siang hari. Pelet kelinci dengan kadar serat standar sangat baik sebagai makanan pagi karena mengandung bijian dan serat.Usahakan tidak memakai pelet unggas sebab memiliki komponen non-serat karena terbuat dari jagung dan remukan ikan/tulang. Pellet kadaluwarsa bisa mengakibatkan diare. Jangan asal membeli pellet murah daripada kelinci mati. Seandainya pellet sulit, bisa diganti dengan bekatul/dedak. Pakan ini bisa dicampur dengan air, namun jangan sampai membusuk. Usahakan dalam waktu kurang dari tiga jam habis dan bersihkan. Di atas tiga jam bisa mengakibatkan kelinci diare.

Buah-buahan adalah pakan yang diperbolehkan namun hanya sedikit karena dalam buah terdapat kadar gula yang bisa mengakibatkan metabolisme perut kelinci tidak beres. Satu ekor kelinci tidak boleh lebih memakan lebih dari 1 kulit pisang dalam sehari. Minuman. Orang bilang kelinci tidak butuh minum karena kadar air dalam rumput mencapai 70%. Ini adalah logika ngawur. Semua makhluk hidup tidak sekadar butuh air, tapi juga butuh minum.

Manusia juga tidak cukup makan sayur dan kuah. Air minum tetap wajib diberikan untuk menggerus pencernakan dan menghindari dehidrasi. Kebutuhan tiap hari cukup setengah gelas. Jauhkan air minum dari kotoran. Usahakan memakai botol khusus supaya tidak perlu mengganti setiap hari. Kelinci yang jarang minum akan stres dan pertumbuhannya tidak baik serta gampang mati ketika terserang penyakit.

Perut: Kelinci hewan berusus satu. Wajar jika disebut hewan “tidak beres pencernaan”. Saat perut sakit, kelinci tidak bisa muntah sehingga satu jalur pakanan (ususnya) terkena beban berat. Akibatnya, kembung, diare dan mencret menjadi problem utama kelinci.

Ciri-ciri kelinci sakit: mata sayu, lesu, tidak tertarik makan, dan tahinya cair, atau lengket berwarna coklat/hijau jelly. Kelinci sehat tahinya berwarna hitam kering. Solusi: tarik rumput, sayuran dan minuman ganti dengan pellet dan rumput kering timothy. Berikan juga daun papaya kering getah, pupus pohon pisang dan/atau daun bambu muda untuk menetralkan cairan dalam perut.

Kelinci mencret juga harus dipisah dari kelinci lain karena jika tahinya berceceran di rumput bisa dimakan kelinci lain dan menularkan penyakit dalam.

Penyakit scabies (penyakit kulit). Faktor utama adalah karena kandang jorok. Setiap hari kandang wajib dibersihkan, kotoran tidak boleh menumpuk, rumput sisa harus dibuang. Semprot vaksin minimal sebulan sekali. Kelinci scabies harus dikarantina supaya tidak menular ke kelinci lain.

Berikan perawatan yang terbaik dengan kadar gizi yang baik, seperti wortel untuk mempercepat pergantian kulit ari. Suntik dengan obat khusus hewan serta oleskan obat kulit salep (pinicilin) setiap hari.

Scabies butuh waktu penyembuhan antara 3-7 minggu, bahkan bisa lebih. Setelah sembuh (dengan ciri-ciri kembalinya bulu sampai normal, kelinci boleh kembali ke kandang asal.

Kandang: ukuran kandang minimal 40×50 cm untuk ukuran kelinci rata-rata. Kandang kelinci jenis besar seperti Satin, Flam, New Zealand sebaiknya 50×70 atau lebih besar lagi. Kandang bisa terbuat dari bambu kuat (tidak berbubuk). Kandang besi dan kawat sangat baik karena penyakit tidak mudah menular.

Kandang jangan sampai berlubang sehingga tikus tidak bisa masuk. Kelinci sangat takut dengan tikus karena tikus sering menyerang anak-anak kelinci, bahkan memakan bayi kelinci. Selain aman dari tikus kandang juga tidak boleh kemasukan angin besar, terutama angin malam.

Kelinci butuh cahaya terang selama 17 jam sehari. Berikan lampu penerangan secukupnya di malam hari. Kebersihan kandang harus terjaga. Tempat pakan dicuci dan kering.

Perkawinan dan Kehamilan

Masa puber kelinci jantan umur 3 bulan dan bisa membuahi pada usia 5 bulan. Sedangkan masa puber kelinci betina pada usia 5 bulan dan bisa hamil pada usia 5,5 bulan ke atas.

Cara kawin. Bawa betina ke kandang jantan. Masukkan dan biarkan bercumbu. Biasanya pejantan akan menciumi bagian muka dan kelamin betina. Betina yang cenderung lari-lari biasanya mudah kawin dibanding yang tengkurap tanpa gairah.

Tunggu sekitar 2-4 menit sampai betina nungging memberikan kelaminnya kepada pejantan. Dalam waktu sekitar 30-40 detik pejantan akan terkulai lepas. Satu menit kemudian ambil betina, istirahatkan dan berikan makan. Sepuluh hingga lima belas menit kemudian kembali betina ke kandang pejantan, ulang lagi hingga tiga kali. Jika pada ketiga kali betina tidak minat kawin lagi tidak masalah. Dua kali cukup.

Kawin sekali bisa melahirkan antara 2-4 ekor anak. Sedangkan jika kawin 2-3 kali biasanya mampu melahirkan 4-8, bahkan 10 anak, tergantung kondisi produktivitas sang betina.

Ciri-ciri kelinci jantan maupun betina hendak kawin bisa dilihat pada bagian kelaminnya. Jika merah, tanda sudah pingin kawin. Bisa juga dengan melihat tingkahnya, seperti pantatnya ngesot dip agar kandang, atau menggesek-gesek dagunya. Atau bisa juga melihat dengan memegang bagian pantat. Jika saat kelinci dipegang langsung nungging itulah tanda kepingin kawin.

Kelinci hamil sangat butuh perhatian. Sebagaimana manusia hamil, kelinci butuh pasokan gizi baik dan pakan stabil. Lapar dan kurang minum saat hamil membuat stres sang induk. Wortel setiap hari 1 batang cukup untuk memasok gizi. Masa hamil kelinci antara 29-33 hari.

Minggu pertama biasanya gelisah ketika janin tumbuh. Berikan perhatian pakan yang cukup dan belaian khusus untuk menghindari stres. Pada usia kehamilan 17 hari, kandungan mulai membesar. Sang induk semakin butuh banyak makan. Pagi, siang, sore dan malam harus tersedia makanan.

Memasuki usia kandungan 25 hari kelinci nampak gelisah karena menjelang kelahiran. Ciri-ciri hendak melahirkan adalah sang induk mengorek-ngorek kandang dengan kuku kaki depannya. Ini adalah karakteristik kelinci yang ingin menggali lubang di tanah. Sediakan kotak dan jerami kering supaya induk merasa ada jaminan tempat melahirkan.

Sebelum melahirkan biasanya kelinci mencabuti bulunya untuk tempat tidur sang anak. Kehamilan pertama dan kedua biasanya sang induk agak gugup, namun sebagian ada yang langsung tanggap. Jerami untuk induk baru sangat penting karena biasanya ia akan telat mencabuti bulunya. Kotak harus bersih, tidak basah dan jangan sampai muncul hewan kutu (atau uget-uget).

Saat hendak dan sesudah melahirkan jangan sering dilihat, kecuali oleh Anda yang sudah terbiasa merawat. Kelinci merasa ketakukan anaknya diganggu orang jika dilihat terus-menerus.

Berikan sayuran atau rumput serta minuman saat menjelang kelahiran sebab setelah melahirkan kelinci sangat capek, dehidrasi dan butuh makanan yang banyak. Telat memberi makanan saat kelahiran adalah penyiksaan.

Kenapa kelinci kanibal? Dua kemungkinan utama. 1) Stres karena pasokan pakan sehat sejak minggu pertama hingga minggu ke empat kurang terjamin sehingga dirinya merasa tersiksa dengan kehadiran anak-anaknya. 2) Takut terhadap bahaya seperti ancaman tikus, anjing, kucing dll.

Pasca kelahiran

Kelinci lahir hanya mengandalkan makan dari air susu induknya (ASI). Biasanya induk menyusui pada jam-jam tertentu pada subuh atau malam hari. Anak kelinci wajib mendapat pasokan ASI hingga usia 35 hari. Di bawah itu anak tidak sehat dan gampang mati. Berdosa jika kita memisahkan anak kelinci dari induknya sebelum usia 35 hari.

Pemisahan anak dari induk minimal 35 hari. Dimulai sapih pada usia 32 hari dengan cara memisahkan pada siang hari dan mengembalikan pada sore hari. Jika belum hendak dijual atau alasan lain, anak kelinci bisa terus menyatu dengan induknya hingga umur 45 hari.

Anak kelinci akan belajar makan rumput pada umur 14 hari dan mulai banyak makan diusia 26 hari. Wortel atau ubi kayu sangat bagus diberikan pada umur 14 hari supaya gigi-gigi kelinci mulai tertata baik.

Perlu diketahui, kelinci memiliki pertumbuhan gigi yang terus menerus sehingga butuh menggerat untuk mencegah pertumbuhan. Berikan bata merah di kandang, terutama kandang pejantan yang gemar menggerat. Farid Ibrahim

naskah ini pernah dimuat di majalah peternakan Trobos 01 Juli 2008

About these ads

40 responses to “Teknik Budidaya Tepat, Kelinci Sehat

  1. fahrul 13 Desember 2009 pukul 9:13 pm

    faktor cuaca di musim penghujan anak kelinci sangatlah rentan terhadap penyakit yang mematikan…. di tempat saya anakan fuzzy loop dan anggora ingris pada mati yg seharusnya bulan ini dapat saya jual akhirnya tak tertolong alias mati.

  2. Kabar Kelinci Indonesia 14 Desember 2009 pukul 4:40 am

    tidak usah menyalahkan cuaca. Setiap cuaca adalah masalah.
    Itu masalah pergantian cuaca bisa disiasati dengan kebersihan, pakan yg bersih dan persiapan penangangan pengobatan. Biasanya yg sakit hanya satu, tetapi kalau abai kontrol kemudian menular.
    Obat antibiotik yg harus disiapkan untuk penyakit enteritis, pasteurella multocida atau penyakit lain bisa dengan antibiotik metronidazol atau enrofloxacin.

  3. arifin 14 Desember 2009 pukul 10:47 am

    kalau saya sering sibuk kerja,untuk kelinci sering saya kasih makan pepaya mentah tapi sudah layu perhari 1buah/1ekor,kira2 bermasalah pa tidak ?

  4. Kabar Kelinci Indonesia 14 Desember 2009 pukul 12:08 pm

    pepaya-nya kurang baik. Seratkasarnya terlalu tinggi dan itu belum memasok kebutuhan kelinci. Benar bahwa kelinci bisa suka, terlebih kalau tidak ada rumput atau pakan yg lain. Sangat bermasalah dikemudian hari misalnya akan makan bulu, stres dalam waktu lama dan seterusnya. Bukan pepaya yg jadi makan kelinci, tetapi daunnya. Itu pun tidak cukup jika tidak dengan serat dari rumput. pakan seperti wortel, daun pepaya, kemangi dll harus sedikit saja, misal setiap hari satu lembar/satu batang, selebihnya rumput dan konsentrat.

  5. Faqih 14 Desember 2009 pukul 4:02 pm

    Setiap pagi sy slalu membersihkan kandang besi kelinci sy dng wisol, apakah membahayakan kelinci?? ..sedangkan u/ pakan selalu saya berikan rumput dan Pelet (slalu ada di kandang),kenapa ketika saya berikan daun pisang tidak mau di makan??

    Sy selalu memberikan air matang u/ minum kelinci..apakah kalo sy berikan air mentah membahayakan kelinci??…

  6. Kabar Kelinci Indonesia 14 Desember 2009 pukul 4:23 pm

    wisol tidak berbahaya. Tetapi jangan sampai tertelan. bagaimana menghindari tertelan? tentu anda bisa bertindak sendiri lah. usahakan kering baru dimasukkan kelincinya. atau dilap.

    soal pakan itu butuh kebiasaan. Yg paling mudah adaptasi biasanya hanya daun pepaya dan wortel. Tetapi sebagaian juga butuh adaptasi. Bisa jadi saat memberikan dlm kondisi kenyang. Coba2 saja terus. kelinci sangat hati2 soal pakan kok memang.

    air matang ya itu lebih bagus. Jika mentah usahakan yg bersih. Sekalipun air minum ada bakteri biasanya seimbang antara negatif dan positifnya. Tidak masalah. Yg penting gizi baik dan kekebalan tubuh terjaga.

  7. arifin 17 Desember 2009 pukul 1:12 pm

    kalau dikasih makan rumput gajah gimana ?

  8. Kabar Kelinci Indonesia 17 Desember 2009 pukul 2:39 pm

    boleh, kandungan serat-kasarnya bagus. Cuma bahaya untuk kelinci, lidah dan tenggorokannya bisa terluka. Byk kasus kelinci sakit bagian kerongkongan atau lidah/bibir akibat mengunyah rumput gajah. Kalau mau, bisa dikeringkan dua hari dulu lalu dipotong2 lembut. Sayangnya kalau sudah terlalu kering aroma segar hilang dan kelinci kurang nafsu. Rumput gajah lebih cocok dibuat campuran bahan pelet. Mending bulu2 pucuk dari rumput gajah saja yg diberikan. Itu vitaminnya bagus dan kelinci suka.

  9. yudi 18 Desember 2009 pukul 11:52 am

    klo ngembaliin nafsu makan kelinci yg abis sakit gmn ya? coz kelinci gw skrg jd ga mo makan setelah sakit. trus klo klinci 2 bulan makanan yg bagus selain pelet apa ya, soalnya takut kelincinya bosan makan yg itu2 melulu tp jg yg gak bikin mencret??

  10. Kabar Kelinci Indonesia 18 Desember 2009 pukul 1:08 pm

    pelet itu bukan pakan yg baik selamanya. Selain membosankan juga bisa membuat kelinci stres krn miskin serat. Rumput adalah pakan pokok kelinci. Yg membuat mencret bukan rumput, tetapi bisa karena kotor atau karena bakteri. Mesti tahu bagaimana memberi pasokan rumput yg baik. Rumput yg bersih, kalau kotor ya dicuci dulu, keringkan. baru diberikan. Pelet itu hanya pakan sekunder untuk mendapatkan karbohidrat, selebihnya harus lebih banyak serat dari rumput dan sayuran. Kasih wortel (yg bersih) dan tidak busuk. Pasti lahap.

  11. yudi 18 Desember 2009 pukul 4:36 pm

    2 hari yg lalu saya kasih wortel tp kelincinya malah mati. tp yg satu lg masih hidup(pny 2 kelinci)tp skrg mencret. memang trakhir saya kasih wortelnya agak sedikit busuk. trus ap tdk terlalu berbahaya memberi makan sayuran pd kelinci yg masih kecil.klo jenis sayuran lain yg bagus utk kelinci itu ap yg tdk byk mengandung air? oh ya kelinci saya umur 2 bln.

  12. Kabar Kelinci Indonesia 18 Desember 2009 pukul 5:12 pm

    pertanyaannya kok aneh. wortel penyebab kematian? kenapa banyak orang makan wortel tidak pada mati? Kalau yg namanya racun mestinya setiap makhluk hidup yg makan pasti mati. Itu bukan wortelnya. gali latar bekalangnya mengapa mati. Jangan2 beli kelinci di pinggir jalan.
    wortel busuk tidak penyebab kematian juga. Paling menganggu sedikit pencernaan. Mengapa dengan kandungan air? kok takut sama air? air justru baik bagi kelinci, bahkan harus dikasih air minum selalu, terutama saat sakit. Tanpa air bagaimana sirkulasi pencernaan bisa lancar? Rumput adalah pakan terbaik. Sayur kangkung dan kobis hindari.
    Umur 2 bulan, dari mana itu? beli dipinggir jalan umur 3minggu juga dibilang 2 bulan.

  13. yudi 18 Desember 2009 pukul 5:38 pm

    saya beli di petshop. kata’a sih 2 bln tp saya kurang tahu karna saya newbie. kata dokter hewan yg saya temui memang kelinci umur segitu bagus’a sih jgn di kasih sayuran dulu karna pencernaannya masih lemah. benar kah itu. tp klo saya liat memang kelinci yg saya kasih makan sayur besoknya sudah mencret. gmn it??

  14. Kabar Kelinci Indonesia 18 Desember 2009 pukul 5:47 pm

    Ya. tidak selalu benar kalau sayuran jadi sumber masalah. Sumber masalahnya itu adalah Anda beli di petshop. bagaimana bisa tahu umur 2 bulan? bohong itu. Paling 3 minggu atau 5 minggu. Bacalah artikel2 di situs ini. Yg jadi masalah kelinci di bawah 3 bulan kalau hanya diberi pelet. Pencernaannya belum kuat. Rumput dan sayur justru mudah. Soal mencret itu akibat dari stres, jalan jauh, tidak dirawat secara baik. Tahu sendiri di petshop bagaimana kondisinya. Baca artikel ini. http://kelinci.wordpress.com/2009/12/13/tips-memelihara-kelinci/

  15. Kabar Kelinci Indonesia 18 Desember 2009 pukul 5:48 pm

    Mucoid Enteropathy dalam kelinci sampai kini sulit obatnya, kecuali sekadar perawatan dan itu sangat tidak menjamin kesembuhan. Gejala: 1) rendah serat dan kelebihan karbohidrat (kebanyakan terjadi pada kelinci yg dijual di petshop/pinggir jalan.2) Stres krn dipisah dari induk mendadak dibawah umur 2 bulan lalu dibawa pergi jauh. 3)kekurangan enzim, 4) enterotoxin dan 5) kemungkinan pengaruh dysautonomia.

    Tanda-tanda biasanya ditunjukkan oleh;
    1) perut mengembung, penuh cairan gas.2) sekum kosong mengembang (tanpa feses pada anus), 3)perut buncit dgn lendir (yang sering dikatakan kelinci mencret).

    Solusinya memang ada tiga, tetapi tidak bermaksud mengobati, yakni 1). Berikan pakan rumput untuk memasok serat karena kelinci kekurangan serat. Tarik pelet/konsentrat. (kalau para bakul justru sering menyarankan diberi pelet saja cukup) Ini jelas kebalik. 2) kurangi stres lingkungan. Gimana caranya ya? apa sih yg membuat stres? bukankah penyebab stres adalah krn terpisahnya dgn induk dan perjalanan jauh?

    3). wajib dipasok air minum dan vitamin krn kelinci dehidrasi. (bodoh banget ya kalau percaya kelinci jgn dikasih air minum saat perjalanan).

    INILAH KONDISI YG TERJADI DARI KELINCI YG DIJUAL DI PETSHOP ATAU PINGGIR JALAN. Kalau para bakul tentu senang dengan kondisi ini krn mereka punya pemikiran kelinci mati lalu orang beli lagi. Kematian kelinci biasanya terjadi tepat pada antara hari ke 5-10 sejak dipisah dari induk, tepat saat dirawat oleh para pembeli yg biasanya menerima kelinci pada hari ke 4 dari petani desa. Jangan tanya obat soal ini, sebab banyak buku dengan sajian penelitian hanya menganjurkan rekomendasi pengobatannya pada tiga hal1). kemungkinan coccidiosis, enteritis (radang usus), atau pengaruhh Clostridia. Semuanya serba sulit. Yang termudah adalah membeli anakan yang sehat, tidak dibawa pergi jauh kecuali induk yang kuat fisik.

  16. randif 2 Januari 2010 pukul 3:11 am

    Kelinci saya sukanya makan daun pisang…
    dan selalu saja kalau di kasih habis.
    Apakah cukup bila hanya diberi daun pisang dan pelet tanpa minuman…??
    apakah minuman itu wajib diberikan juga..

  17. Kabar Kelinci Indonesia 2 Januari 2010 pukul 12:08 pm

    Makan sendiri atau diberi? Ya pasti habis saja karena lapar dan pakannya cuma daun pisang. Coba anda campur rumput dan daun pisang, pasti daun pisangnya hanya dimakan sendikit. Di situ sudah dikatakan pakan terbaik dan pokok adalah rumput, bukan dedaunan. Kelinci hanya sedikit makan daun krn kebutuhan serat-kasar-tingginya sangat sedikit. Tetapi kalau tiada pakan lain apapun dimakan. Coba buat kelinci Anda lapar, lalu kasih cokelat, pasti habis….habis itu sakit…..

  18. iwalyfa 24 Maret 2010 pukul 4:36 am

    mau nanya donk..
    klo saya kasih daun pisang yang udah tua boleh ga y?(yang warna`y agk gelap)
    truz cari rumput timothy yang gampang dimana y?
    saya lepas di deket rumah buat cari makan sendiri gpp makan rumput liar didkt rumah?thx y

  19. Kabar Kelinci Indonesia 24 Maret 2010 pukul 4:57 am

    daun pisang itu sedikit saja. Tidak penting. Paling kalau lagi gangguan pencernaan/perut diberi pupusnya. Rumput itu jangan dipersulit. Rumput2 gulma di tegalan/sawah dan lapangan itu banyak. Indonesia kayaraya rumput.

  20. anton 28 Maret 2010 pukul 3:07 am

    tolong blog saya di masukan list jaringan.
    trimakasih

  21. Kabar Kelinci Indonesia 28 Maret 2010 pukul 3:44 pm

    yg mau dimasukin apanya? blognya mana? kalau masuk jaringan itu sudah telat. Itu jaringan yg diambil dari buku Ternak Uang. Bukunya sudah lama terbit.

  22. IYAN 30 Maret 2010 pukul 5:38 am

    mo tanya, bgmana dg kandang yg berlantai tanah? baik atw tidak, coz dulu di tempat kakek sy pernah pelihara kelinci dg kandang berlantai tanah. dan ketika akan melahirkan induknya menggali lubang dan melahirkannya di dlm lubang tsb dan anak2 nya cukup aman dari tikus atw kucing. mohon penjelasannya

  23. gilang 30 Maret 2010 pukul 1:55 pm

    saya punya kelinci umur 1-3 bulanan lah,klo saya hanya memberi makan sayuran saja bgs apa tidak ya ? klo bgs,kira2 dikasih sayuran apa ya biar kelincinya sehat (sayuran yang gampang ditemukan di pasar)

  24. Kabar Kelinci Indonesia 30 Maret 2010 pukul 3:21 pm

    kurang bagus kalau hanya sayuran. itu komponen seratnya kurang pas. “Sayur” terbaik, adalah rumput….:).
    sedikit bayam, sedikit wortel boleh, selebihnya rumput gulma.

  25. Kabar Kelinci Indonesia 30 Maret 2010 pukul 3:23 pm

    ya bagus. Syarat kebersihan terjaga. Apapun lantainya yg penting tidak kotor krn kelinci anti kotor, berpindah2 tempat kalau di alam lepas.
    Kalau mau lantai tanah, misalnya 2 x4 meter cukup. Nah, supaya tidak timbul kutu, dan hewan lain dari tanah, taruh rumput kering/jerami setebal 10cm. Nanti tiap kotor, misalnya 2minggu sekali ganti. Silahkan kalau merasa tidak repot.

  26. randif 30 Maret 2010 pukul 3:27 pm

    Kalau kelinciku sich suka daun pisang sama jagung muda…
    dan kebetulan sekarang lincah dan sehat tuch….

  27. gerrard 31 Maret 2010 pukul 8:52 am

    saya punya kelinci,klo dilepas,itu kelinci senangnya main di tanah2,dan kaki nya cepat kotor sama tanah2.kira2 klo kakinya kotor kayak gitu,bisa bikin tuh kelinci sakit apa nggak ya ? abisnya tuh kelinci tiap dibersihin berontak terus,dan klo dah dibersihin main lagi ke tanah ! sarannya gimana ya ?

  28. Dian 2 April 2010 pukul 4:03 pm

    kelinci saya ada 3 nah yang betina baru melahirkan kemarin pagi,,, tp induknya tidak mau menyusuinya,, itu sudah berulang sampai 3x melahirkan,, malah setelah melahirkan anaknya diinjek” sm induknya,, jd kelahiran yang k 3 ini cuma 1 anaknya yang hidup, saya tdk ingin yg 1 anak ini mati lagi jadi saya berikan susu formula untuk menggantikan ASI induknya,,, gmn solusinya,,, saya takut karna br pertama kali merawat anak kelinci umur 1 hari,,, tlng y solusinya,,, makasih,,,

  29. Kabar Kelinci Indonesia 3 April 2010 pukul 8:40 am

    Kalau sampai berulang2, biasanya kotak sarang dan situasi kandang tidak tepat dan tidak nyaman. secara alamiah induk tidak mau menyusui itu tidak ada, yang ada adalah sikap tidak mampu menyusui karena miskin gizi, stres dan faktor lain.

  30. Dian 13 April 2010 pukul 5:16 am

    saya mw nanya lagi, kelinci saya baru seminggu mlahirkan anaknya sampai skr masih hidup. tp temen saya bilang klw baby kelinci tdk boleh d sentuh ya sma manusia?klw sudah dsentuh manusia induknya tdk mw lagi menyusui anak”nya karena sdh ada bau manusia,,, apakah itu benar? dan klw benar sampai kapan sya boleh menyentuh baby kelinci tsb

  31. Kabar Kelinci Indonesia 13 April 2010 pukul 8:11 pm

    sebaiknya jangan. Kalau terpaksa harus megang pakai tisue, koran atau kain. Sebab penciuman kelinci sangat tajam sehingga mencium bau makhluk lain ia akan merasakan kelainan. Tidak semua kelinci menolak anak yg telah dipegang oleh manusia, tetapi sebagian memang sensitif. Kalau induk sudah lama akrab dgn tubuh kita biasanya tidak masalah. Nah, sebaiknya hindari. Itu saja lebih baik.

  32. alif 6 Mei 2010 pukul 12:34 pm

    mas saya mo tanya:
    saya br beli kelinci di salah satu peternak,menurut peternak tersebut kelincinya sedang hamil dan menurut dia akan melahirkan pada tgl 12/5/2010. yang saya mo tanyakan kenapa ya kelinci saya makannya sedikit sekali?

    thank’s buat jawabannnya

  33. Kabar Kelinci Indonesia 9 Mei 2010 pukul 3:53 am

    kalau hamil mestinya banyak. Kalau cuma sedikit jangan2 makanannya itu yg bermasalah. Berikan rumput2 sehat untuk kelinci hamil dan juga daun pepaya serta wortel. Jangan lupa pelet khusus kelinci, atau ubi jalar putih.

  34. sandi 10 Agustus 2010 pukul 8:41 am

    saya dapat info dr penjual pelet jika peletnya sudah kaya akan serat jd tidak perlu rumput lg apakah benar ini

  35. Kabar Kelinci Indonesia 11 Agustus 2010 pukul 3:03 am

    benar dari sisi kandungan. tapi kelinci sendiri yg akan membuktikan nanti. Ciri miskin serat 1) suka makan tiang kandang, gelisah, bulu rontok, dan seterusnya. Yg namanya pakan ransum tetaplah tidak cukup.

  36. Wisnu 19 September 2010 pukul 5:40 am

    mas mau nanya ni,,saya pny 2 klnci(betina-jantan)
    tb* si jantan bulunya di punggung botak bbrp tmpat stlh saya amati,tnyt si betina memakan bulu nya trsbut
    knp bs bgtu mas?apa bhaya nya bgi si jantan maupun si betina?
    bgaimana solusi nya,,trims

  37. Kabar Kelinci Indonesia 20 September 2010 pukul 9:52 am

    Makan bulu kurang serat dari rerumputan. Itu pertanda benih-benih stres. Kalau suka mengerat kemungkinan besar karena kekurangseimbangan pakan, terutama kalsium. Pastikan kelinci anda seimbang dalam hal pakan, terutama rumput.

  38. Mahendra Cipta 30 September 2010 pukul 1:24 am

    kelinci ku ada 3 mas, dulu beli kalo dipegang badannya ada tulang menonjol… sekarang alhamdullilah agak endutan…

    yang jadi pertanyaan
    1. kalo masalah rumput, jenis rumput apa aja yang cocok buat si kelinci.. karena saya kasih rumput yang di rumah itu ama campuran ilalang.. boleh ga ya..??

    2. trus hay itu apa ya mas..?? kalo ilalang kering itu juga termasuk hay bukan??

    3. kandang klinci ku 40-50cm dari tanah dan beralaskan bambu udah dua minggu belum tak bersihin… hanya saja kotoran + kencing yang dibawah rutin saya bersihin..kira2 ngaruh ga ya mas??

    4. itu dulu aja mas… :D

  39. Kabar Kelinci Indonesia 3 Oktober 2010 pukul 7:57 am

    di bagian lain web ini jenis-jenis rumput sudah ditulis. Silahkan cari. Rumput ilalang ya enggak bisa dong. Rumput tegalan. Baca saya di bagian lain situs ini.
    Hay itu rumput yg dikeringkan untuk jangka waktu lama. Tidak semua rumput bisa karena biasanya busuk, apalagi iklim tropis seperti indonesia. biasanya di amerrika dan eropa krn di sana musimnya beda dengan indonesia.
    Lihat saja kotor atau tidak? dibersihkan atau tidak sama-sama memiliki pengaruh. bersih berpengaruh sehat, kotor bisa menyebabkan kudisen atau penyakit lain.
    bersihkan setiap hari. Kalau byk kotoran kering menempel juga harus dikerik sampai bersih.

  40. Beno 30 Oktober 2010 pukul 4:02 am

    Salam buat pengelola blog kelinci.
    saya punya kelinci sedang melahirkan seminggu lalu jenis rex, asupan yg saya kasih : daun pisang tua, rumput, ubi, pelet kelinci, kadang diselingi wortel, semua saya cuci sebelum dikasihkan kecuali pelet.
    sekarang kelinci mencret lendir bening, sudah saya obati dgn caniva, selama 3 hari tdk ada perubahan dan ga mau makan tragisnya tadi pagi yg satu sudah tdk kuat anaknya jadi yatimpiatu. Bagaimana solusinya Pak ?! mohon pencerahan !! terima kisah.

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 145 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: