KELINCI UNTUK HARI ESOK YANG LEBIH BAIK

rendah lemak, rendah kolesterol, populasi cepat, dahsyat!

Induk Tidak Mau Menyusui?


Ini adalah pertanyaan yang sering muncul bagi pemelihara kelinci pemula. Kebanyakan mereka bingung karena satu hal, tidak mau mencari pengetahuan terlebih dahulu sebelum memelihara kelinci. Akibatnya saat masa kelahiran didera kebingungan.

Anehnya, pertanyaan itu tidak disertai penjelasan latar belakang kenapa induk kelinci tidak mau menyusui. Akibatnya, pengelola situs ini maupun di fesbuk susah menjelaskan.

Sebaiknya berikut ini diperhatikan.

Induk kelinci menyusui itu ada waktunya. Biasanya pada jam-jam tertentu, bisa jam gelap datang (18:00), bisa pula jam 20:00, bisa pula menjelang subuh. Pokoknya pada jam malam, dan hanya sedikit yang menyusui pada siang hari.

Setelah melahirkan, induk memang seolah-olah cuek dengan anak-anaknya yang berjempalitan di kotak. Saat melahirkan pagi atau siang hari terkadang induk menyusui setelah beberapa jam kemudian, untuk kemudian diulang pada malam hari, tetapi ada kalanya yang menyusui langsung malam harinya.

Maka, pertanyaan mengapa induk kelinci tidak mau menyusui itu perlu diperjelas, apakah benar-benar tidak mau menyusui? untuk memastikan bahwa apakah induk menyusui atau tidak kita perlu nongkrongi sejak sore hingga subuh. Jadi, Jangan terburu-buru menyimpulkan tanpa mengenal karakteristik perawatan induk kelinci terhadap anak. Beternaklah dengan kaidah supaya tidak salah arah.

Bagaimana jika memang Induk tidak mau menyusui dengan bukti anak-anaknya pada mati? Kemungkinan tiga hal, (1) mastitis (2), keringnya air susu karena kurang gizi (karbohidrat dan serat), dan (3) karena disebabkan stress, biasanya disertai kanibal.

Untuk menyelamatkan semuanya, masa kehamilan harus dirawat secara baik, pasokan serat (rumput), gizi (wortel) dan konsentrat harus bagus. Ini dari sisi pakan. Dari sisi lingkungan harus tertib, jangan berdekatan dengan hewan pemangsa, banyak kunjungan orang atau berisik sehingga induk merasakan ancaman.

About these ads

51 responses to “Induk Tidak Mau Menyusui?

  1. rizkidwianda 7 Desember 2009 pukul 2:17 am

    maaf ni boz.. kelinci saya baru hamil.. ada 6.. dua mati karena di injak.. yang 4 idup tapi sampai jatuh ke kandang… akhirnya saya pindahin dan angkat pake tangan.,, induknya gak bisa diem.. injek2in terus,, marah2.. takut klo di gabung nanti anakannya di matiin.. kira2 gmn ya? apa di kasih susu bayi aja?

  2. Kabar Kelinci Indonesia 7 Desember 2009 pukul 7:35 am

    mati karena terinjak benarkah?
    kenapa terinjak?
    kotak terlalu sempit, kandang sempit?
    jatuh ke kandang? jelas ini bukan salah induk, tetapi salah pemeliharanya.
    Induk tidak bisa diem?
    1. bisa krn stres, kurang pakan dan merasa terancam setiapkali ada orang. Tidak akrab dengan pemeliharanya. Jangan sering membuat induk stress sering dilihat byk orang saat hamil atau menyusui.

    susu bayi? susu sapi? tidak direkomendasikan kepada kelinci.
    Pindah kandang, perbaiki yg nyaman, masukkan dalam kotaknya lagi. kotak yg agak luas biar tidak terinjak. Tidak ada niatan induk menginjak anaknya sendiri. kalau kotaknya luas pasti tidak terinjak. Induk menginjak karena tiada tempat pijak. Itu saja.

  3. Kabar Kelinci Indonesia 7 Desember 2009 pukul 7:36 am

    2. induk kurang pakan, terutama rumput dan sayuran. Pasok wortel, buat dia kenyang. Minimal akan mengurangi stress. Jangan lupa air minum yg bersih dan terus.

  4. reymond 7 Desember 2009 pukul 9:51 am

    mau coba ternak kelinci untuk tambahan uang dapur,kira2 prospek ny gimana ya ?

  5. Kabar Kelinci Indonesia 7 Desember 2009 pukul 10:28 am

    baca-baca saja telaten di situs ini. soal itungan sudah banyak.

  6. wawan 7 Desember 2009 pukul 7:48 pm

    Induk dulu pernah melahirkan 4 dan hidup semua tapi kemarin melahirkan lagi 8 puting tidak membesar kenapa ya?mohon penjelasan

  7. Kabar Kelinci Indonesia 7 Desember 2009 pukul 8:17 pm

    waduh. Pertanyaan seperti itu ya sulit dijawab. kenapa harus membesar? apa hubungannya melahirkan empat dan sekarang 8 lalu pertanyaanya susu membesar? coba buat skema pertanyaan yg lebih bagus supaya bisa dijawab.

  8. wawan 7 Desember 2009 pukul 8:28 pm

    jadi gini mas puting si induk tidak kelihatan gitu. biasanya kalau sudah melahirkan puting berwarna merah to?

  9. Kabar Kelinci Indonesia 8 Desember 2009 pukul 4:26 am

    Tadi Anda tanya apakah membesar atau tidak, sekarang kok tanya memerah atau tidak. Jadi membingunkan. Masalah yg anda tanyakan itu bukan merujuk pada kondisi bermasalah.

  10. wawan 8 Desember 2009 pukul 2:16 pm

    ya pokoknya intinya itu induk dulu bisa menyusui tapi sekarang tidak bisa

  11. tono 24 Desember 2009 pukul 10:02 am

    wah kelincine smpean kejam terhadap anaknya he he he.

  12. Rental Komputer Murah 11 Januari 2010 pukul 3:48 am

    Mas saya mau tanya saat kelinci saya melahirkan 9ekor kok si induknya malah memakan anaknya dan yang dmakan itu suka kepalanya knapa ya mas trimaksh.

  13. Kabar Kelinci Indonesia 11 Januari 2010 pukul 3:57 am

    Induk memakan anaknya bukan karena dia jahat tetapi karena perawatan yang salah sebelumnya. Kelinci memakan anaknya berarti stres karena dia sedang menghadapi problem dirinya dan juga problem keselamatan anaknya. Biasanya disebabkan beberapa hal atau kombinasi dari, pakan yang tidak menjamin kandungan air susu secara baik sehingga induk merasa tidak bisa melayani penyusuan. Situasi kandang yg tidak nyaman, misal terlalu banyak dikunjungi orang atau sering terancam oleh hewan pemangsa seperti kucing, anjing dll. Terlalu sering memindah induk pada masa kehamilan juga membuat kelinci stres. Intinya induk memakan anaknya untuk menyelamatkan anaknya dari ancaman. Hanya dengan cara itulah ia bisa berbuat karena ia dalam situasi penjara.

  14. Dennis 17 Januari 2010 pukul 8:01 am

    kok kelinci ada yang perutnya kembung dan mncret kenapa tu diare mungkingak bales ye Boz

  15. agus 29 Januari 2010 pukul 2:14 am

    mas, kalo anak kelinci yang baru lahir dipegang, nggak apa-apa ? kemarin ada anak kelinci yang baru lahir keluar dari kotaknya. saya kasihan takut kedinginan. akhirnya saya masukin ke kotaknya lagi. karena da yang bilang kalo anak kelinci yang baru lahir dipegang, anaknya nggak diakui

  16. Kabar Kelinci Indonesia 29 Januari 2010 pukul 10:57 am

    semoga tidak masalah. Usahakan kalau megang anak lahir dibawah 6 hari pakai kain atau kertas koran, tisue. Terkadang induk sensitif terhadap bau makhluk lain.

  17. aryati 31 Januari 2010 pukul 3:13 pm

    tlngin donk…….
    udah 5 hari ini kelinci saya melahirkan 4 anak. yang 2 sehat yang 2 lagi kurus banget, gada tenaga buat bergerak. jd terpaksa deh pake cara manual supaya anak yng kurus itu bisa mendapatkan asi dari si induk, tapi tetep ja dia gak mau ngempeng ke induknya yng saya pegangin. gimana donk? saya takut anakan kelinci yng kurus itu gak bisa selamat……….

  18. mira 11 Februari 2010 pukul 1:54 pm

    mas kelinci saya kan baru lahir… anaknya skrg umur 2minggu lucu2.. tp skrg saya bingung karna induknya br aja mati.. anak2nya ada kemungkinan hidup lebih lama ga? thanks

  19. mira 11 Februari 2010 pukul 1:55 pm

    gantinya asi si induk apa mas? soalnya saya pengen anak2nya bisa hidup lama..

  20. Kabar Kelinci Indonesia 11 Februari 2010 pukul 2:54 pm

    disusui ke induk lain yang masa menyusuinya hampir sama. Jika diusir atau digigit, maka solusinya minta bantuan induk itu dengan cara membaringkannya dan naruh anaknya di atas perutnya. Kalau tidak punya induk menyusui pinjem teman lain.

  21. Kabar Kelinci Indonesia 11 Februari 2010 pukul 2:55 pm

    masih butuh minimal 2 minggu untuk mengasup asi. Jika tidak kelak kekebalan tubuhnya rawan dan mudah kena penyakit.

  22. mira 13 Februari 2010 pukul 4:22 am

    brarti memang harus asi dong tanpa cara laen ga ada mas?
    soalnya br itu aja yg ngelahirin,, thanks atas infonya mas?
    sukses slalu

  23. inoe 22 Februari 2010 pukul 6:11 pm

    klinci saya jenis rex 3 colour, tgl 18/2 beranak 7 ekor. induknya maw menyusui tapi tampaknya susunya tidak keluar. Pakan yang saya berikan campuran: 3 polar,1 konsentrat penggemuk,1 bubuk jagung,minerl + sedikit air. minta saran karena sudah mati tiga ekor…

  24. Kabar Kelinci Indonesia 23 Februari 2010 pukul 4:18 pm

    Kata tampaknya ini yang meragukan. Bagaimana bisa memastikan asi tidak keluar? Yang bisa memastikan hanya dua cara, yakni kita isep langsung atau memakai model sedot medis. kematian bisa disebabkan banyak hal. Biasanya pemicunya adalah miskin serat dari rumput/tanaman yang ideal untuk kelinci.

  25. angga 8 Maret 2010 pukul 5:43 am

    pak saya punya kelinci rex ( dara ) yang baru melahirkan dengan jumlah 8 ekor, terus beberapa saat kemudian sang induk memakan 2 ekor anaknya, yang mau saya tanyakan apakah wajar sang induk tersebut memakan anaknya karana masih baru atau ada hal lain yang menyebabkan sang induk memakan anaknya sendiri

  26. Kabar Kelinci Indonesia 8 Maret 2010 pukul 7:40 am

    sangat tidak wajar bagi hewan herbivora. Tetapi manakala sang induk miskin gizi yg layak atau stres, atau bisa jadi kombinasi keduanya itu sangat mungkin terjadi. Induk merasa bingung untuk apa anak-anak ini lahir sementara hidupnya sendiri sangat menderita karena makanan dan kehidupan lingkungannya tidak membuat cukup dan bisa menjalankan tugas hidupnya. Lahirnya anak sangat menguras energi, kalsium, dan gizi lain sehingga ia merasa kehilangan banyak hal dari tubuhnya,- karena stres itulah ia lantas hanya bisa melakukan dengan cara menelan kembali apa yg membuat dirinya menderita. Tidak sulit menganalisa ini. Sumbernya hanya itu.

  27. joko 9 Maret 2010 pukul 3:42 pm

    berapa lama bayi kelinci bisa hidup jika induk tak mau menyusui?

  28. pacul (DEMAK) 10 Maret 2010 pukul 2:46 pm

    mau tanya nie bozz? mengapa indukan kelinciq tdk pernah mengerami anak2x? apakah wajar……???
    pda saat kpan indukan kelinci mengerami anak2x????

  29. Kabar Kelinci Indonesia 10 Maret 2010 pukul 7:12 pm

    tongkrongi saja dari jam 6 sore sampai jam 6 pagi. Biasanya hanya menyusui 2-3 menit.

  30. ivan 22 Maret 2010 pukul 6:43 am

    kelinci saya beranak 7 ekor baru berumur 2 minggu kemarin saya temukan 2 anak yang mencret, bagaimana mengatasinya ya pak ? terima kasih

  31. Kabar Kelinci Indonesia 22 Maret 2010 pukul 9:33 am

    mencretnya itu gimana? makanan sebelumnya, selama 3 hari terakhir apa?

  32. ivan 24 Maret 2010 pukul 7:09 am

    pantatnya basah & bau pada 2 ekor anakan..induk makannya seperti biasa ampas tahu pagi, sore rumput jenis sintrong…apa mungkin pengaruh obat koreng (wormectin) yang saya suntikkan pada induk 2 hari terakhir? sekarang sudah 1 anak yang mati…o ya ..induknya sama sekali tidak ada gejala mencret…

  33. Kabar Kelinci Indonesia 24 Maret 2010 pukul 6:02 pm

    ya bisa jadi. untuk supaya aman hindari ampas tahu dulu, ganti rumput2 gulma. Sintrong aman, cuma lebih baik kalau agak kering. Yg bagus itu legetan dan rumput lembut lain. Yg ada bunga2nya juga bagus.

  34. ican 26 April 2010 pukul 2:04 am

    anak kelinci sy umur 10 hari ditinggal mati induknya karena kembung (menurut dokter hewan), bagaimana cara memberi makan atau asi pada anak kelinci tersebut agar dapat bertahan hidup

  35. Kabar Kelinci Indonesia 26 April 2010 pukul 10:07 am

    Susukan ke induk lain. yang juga sedang mengandung. Kalau diserang oleh induk, baringkan induk, taruh anak-anak di atas perut induknya.

  36. nugroho 3 Mei 2010 pukul 11:57 am

    pak, saya mau nanya, umur berapa ya anak kelinci bisa disapih dari induknya??? trus selama belum disapih, makanannya hanya asi induk aja atau boleh makan makanan lain (misal pelet atau hijauan) ya?
    terimakasih

  37. derly 3 Mei 2010 pukul 8:16 pm

    apa penyebab yg paling mungkin induk tdk menyusui? flamish saya baru pertama x melahirkan 11 ekor, dr hasil rekaman cctv yg sy pasang mulai jam 6 sore-pagi selama 3 hari ternyata induknya ga menyusui dan skrg anaknya mati semua.
    ada rencana didlm kandang dipasangin lampu dgn tujuan agar kelinci tdk kedinginan krn kandang diluar, apakah hal ini diperbolehkan

  38. Kabar Kelinci Indonesia 4 Mei 2010 pukul 10:45 am

    artikel penyapihan sudah ada di situs ini. Cari.

  39. herlambang2710 2 Juni 2010 pukul 11:23 am

    Mas KKI, saya punya kelinci Lop yang baru melahirkan 2 ekor sekitar 3 minggu lalu. Masalahnya sekarang induknya sedang mencret. Apakah si induk harus dipisah dulu, atau dibiarkan saja sama anaknya? mengingat anaknya belum disapih. Sekarang induknya saya kasih makan pelet dan daun pisang.
    Terima kasih

  40. Kabar Kelinci Indonesia 4 Juni 2010 pukul 2:05 pm

    Kalau sedang sakit apalagi pencernaan, mestinya ditarik itu pelet. Apalagi kok dikasih daun pisang. Serat kasarnya kan tinggi. Daun pisang pupus boleh diberikan, tetapi pasokan rumput mestinya yang jadi utama. Tidak perlu memisah, asal jangan sampai kotoran itu mendekat ke anak. Kandang penangkar sakit mestinya luas sehingga anak punya tempat sendiri. Pasok rumput. Berikan pengobatan praktis dengan mencampur bawang putih dan jahe merah, syukur tambah biji pepaya kering. Berikan minum 2-3 sehari.

  41. dhede mega 23 Juni 2010 pukul 5:30 am

    saya mau tanya , anak kelinci menyusui sampe kapan ya ??
    tlong di jawab ya………..

  42. Kabar Kelinci Indonesia 23 Juni 2010 pukul 9:55 pm

    dari umur O-20 hari menyusui total. di atas 21 hari- 32 hari masih butuh menyusui, tetapi sebagian pakan sudah bergeser ke serat/rumput. di atas 32 hari, selain sedikit susu induk, rumput juga butuh konsentrat. Menyusui akan secara alami berhenti dengan sendirinya. Biasanya pada umur 35-37 hari. Satukan saja sekalipun menyusui sudah selesai. 50 hari penyatuan dengan induk akan lebih baik asal kandang lebar dan bersih serta nyaman bagi kehidupan mereka. Kalau pemisahan mesti memakai pola, tidak mendadak dan antara induk dan anak tetap berdekatan.

  43. Bachtiar 22 Agustus 2010 pukul 1:10 pm

    Kelinci sy melahirkan sdh 1 minggu dg 6 ekor anak, saat ini sisa hanya 2 anak, akibat mati terinjak oleh sang induk, dan terlihat sang induk kok nampak cuek terhdp anaknya ? mohon solusi apa yg harus sy lakukan??…

    Trm ksh.
    Bachtiar-Ps. Minggu, Jak-Sel

  44. Kabar Kelinci Indonesia 25 Agustus 2010 pukul 7:39 am

    Penjelasan mengenai hal ini sudah berulangkali.
    Solusinya mudah. Kotak sarang itu harus ideal lebarnya. Pakan saat hamil dan menyusui harus terjamin baik.
    Kelinci cuek? memang ukuran pedulinya bagaimana? menyusui ada masanya, hanya butuh 2-3 menit, biasanya di tengah malam. Sangat jarang kelinci tidak mau menyusui kecuali kelinci stres akibat perawatan buruk.

  45. kuntoaji 25 Agustus 2010 pukul 4:55 pm

    om kki saya mw bertanya masih seputar kelinci tdk mw menyusui.
    saya ada indukan dwarf hotot, track recordnya seperti ini:
    pertama melahirkan anaknya mati semua tidak disusui, induk tdk mencabuti bulu,melahirkan tidak dikotak,makan sehari2nya pelet 214+rumput.
    melahirkan untuk kedua kalinya, induk mencabuti bulu, lahir dikotak, anak mati 2 ekor dikerubutin semut, sisanya mati ga disusuin lagi.
    tgl 23 kemaren melahirkan untuk ketiga kalinya, saya inisiatif langsung paksa menyusui.
    yg mw saya tanyakan sampai kapan saya paksa menyusui seperti ini??

  46. Kabar Kelinci Indonesia 25 Agustus 2010 pukul 9:08 pm

    kelahiran pertama, kedua dan ketiga bahkan keempat gagal itu bisa saja terjadi. masing-masing kelinci memiliki “kepribadian” yg berbeda.
    Tetapi agaknya anda belum mengenal kapan waktunya kelinci menyusui. Bagaimana anda bisa menilai kematian itu disebabkan karena kelinci tidak mau menyusui?
    apakah anda sudah nongkrongin di kandang dari sore sampai subuh untuk melihat 2-3 menit kelinci menyusui?
    Memaksa seperti itu sia-sia saja. Biarkan saja dia menyusui.
    Pastikan saja kandang bersih dan pakan bergizi untuk sang induk. Air minum, wortel dan pasokan makan yg lebih banyak mesti ditambah biar sehat.

  47. ivan pontianak 5 September 2010 pukul 11:21 pm

    mas kelinci saya sisa 3 ekor dari 8 ekor karena induknya hanya nyusukan anak nya 3 ekor jadi yang lain mati.
    mungkin waktu itu mati satu, karena saya takut megangnya/membuang yang mati jadi saya pake sarung tangan biar tidak kecium bau tangan karena katanya anak kelinci endak boleh di pegang.
    untuk kedepan kalau beranak lagi kira-kira apa yang saya harus lakukan?
    sebelumnya makasih atas sarannnya.

  48. Kabar Kelinci Indonesia 7 September 2010 pukul 8:02 am

    kok bisa tahu bahwa yang disusuin cuma 3 ekor? teorinya setiap menyusui induk kelinci itu ya menyusui saja ke semua anak.
    yg penting itu perawatan masa hamil pada induk dan layanan standarnya terpenuhi ya sudah. Biasanya selamat.

  49. TINA 17 September 2010 pukul 3:50 am

    kelinci saya punya anak 6 dan dalam 2/3 hari mati semua, karena induknya tidak mau menyusui , setelah ngelahiran berapa lama lagi bisa dikawinkan,
    karena 2 bulan kemudian hamil, tapi keguguran semua (3) bayinya belum berbentuk sempurna

  50. Kabar Kelinci Indonesia 18 September 2010 pukul 1:10 am

    Yang lebih penting dimengerti itu mengapa terjadi tidak menyusui dan juga keguguran?
    kalau soal mengawinkan lagi tunggu saja 2 bulan supaya aman. Kelinci hamil jgn dikawinkan lagi, jangan pula sering dipindah2 tempat dan harus baik pakan serta tidak stress. Perawatan hamil harus serius.

  51. AAN BANJARBARU 6 Oktober 2010 pukul 3:39 am

    Salam hangat dr banjarbaru kalsel,
    Kelinci saya anggora baru melahirkan, tp bulu bagian bawah tubuhnya sangat tebal,apa boleh saya cukur sampai puting susunya keliatan agar mudah bagi ank kelinci menyusu pd ibunya. Terima kasih

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 145 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: