KELINCI UNTUK HARI ESOK YANG LEBIH BAIK

rendah lemak, rendah kolesterol, populasi cepat, dahsyat!

Saat rumput atau pakan padat tidak ada


DSC00212Standar pakan kelinci domestik biasanya mengacu rumus efektif sebagai berikut.

Pagi sebelum jam 09:00 pakan padat salahsatu diantara tiga hal ini bekatul/dedak, ampastahu, atau pelet. Sore lepas jam 17:00 pakan serat, yakni rumput. (Tambahan sayur atau wortel bisa diberikan pada siang hari atau malam jam 22:00). Tetapi dalam praktiknya tidak semulus itu diterapkan. Sesekali seringkali pasti terkendala oleh ketidaan pasokan baik rumput atau pakan padat manakala tidak didapat.

Bagaimana seandainya pada suatu hari persediaan pelet banyak tetapi rumput dan sayur sama sekali tidak ada atau hanya sedikit? Tentu kita tidak boleh membiarkan kelinci kesayangan kita lapar. Mesti ada jalan darurat yang harus ditempuh. Kalau sore/malam tiada rumput atau sayuran sama sekali, maka solusinya tentu saja pakan pellet. Jika pasokan rumput atau sayur sedikit, kita biasa mensiasati agar kelinci tidak lapar dengan cara memberikan pellet sedikit sebelum memberi rumput. Apa tujuannya? saat kelinci di sore hari lapar mereka akan merasa nikmat dengan makanan apa saja. Secara alamiah, karena lapar, pellet pun akan dimakan. Nah, dari situ mereka akan kenyang. Satu atau dua jam kemudian barulah stok rumput yang sedikit itu dibagikan. Dengan demikian mereka tetap makan rumput.

Bagaimana jika sebaliknya? Pelet tidak ada sementara rumput ada? Apakah pagi hari boleh diberikan rumput?Jawabnya boleh dan sangat boleh. Hal ini dilakukan karena darurat. Yang penting kelinci tidak lapar, toh tidak setiap hari akan berlangsung demikian. Saran ini seyogianya dipahami dalam situasi keterdesakan, jangan sampai lebih sehari. Ini hanya berlaku dalam sehari saja saat memang situasi sedang sulit. Yang penting jangan sampai kelinci kelaparan. Kalau sampai kelaparan, terutama induk hamil/menyusui mereka mudah stres. Kalau sudah stres tahu sendiri akibatnya bukan?

About these ads

103 responses to “Saat rumput atau pakan padat tidak ada

  1. ganjar 11 November 2009 pukul 9:20 am

    Om, mau tanya, kalo klinci dikasih dedak yang dicampur dengan air baik atau tidak? Kalo baik, lebih baik mana antara dedak itu dengan pelet? Trus kalo mau buat pellet sendiri caranya bagaimana? Terima kasih

  2. nonik 12 November 2009 pukul 3:50 am

    dikasih roti tawar aja… kelinci saya suka banget ama roti tawar ^^

  3. tria 13 November 2009 pukul 12:51 pm

    Kelinci saya yang ostrali sama lyon (kata penjuale loh!),kalo pagi cuma dikasih dedak + air dikit kadang2 kasih ubi, siang kasih kangkung/sawi/wortel dikit,kalo malem banyakin porsinya,kadang2 pas ada sisa roti tawar/sisa jus jambu biji(Jus favorit majikan kelinci)juga lahap banget….tapi kok ekslusif banget ya makan ala barat getu….jangan lupa kasih minum.Buktinya ni kelinciku sehat plus lutuu2 plus reproduksinya sippp.coba deh…

  4. Kiki_Kelinci 2 Desember 2009 pukul 5:33 pm

    @tria: Yang jdi kelincinya Tria damai bgt ^_^

    tpi klo untuk peternak sebaiknya jgn tiru gayanya Tria, coz bisa2 nombok terus.coba dech :p

  5. ekosulistio 4 Desember 2009 pukul 5:21 am

    emang kalo dikasih dedakwajib ya??gimana kalo cuma dikasih rumput aj?

  6. Kabar Kelinci Indonesia 4 Desember 2009 pukul 10:48 am

    rumput saja hanya dalam waktu 2-3 hari, pagi rumput sore rumput tidak masalah. tetapi kalau terus-terusan pemenuhan gizinya sangat kurang, bisa kurang kebal penyakit, kurang kenyang, stress dll. Rumput adalah pemasok serat, dan bekatul/detak, ampas tahu atau pelet adalah pemasok gizi, ada kalori, dll.

  7. yayat 4 Desember 2009 pukul 2:34 pm

    Motanya gimana kalau kelincinya di kasih pelet setiap hari

  8. Kabar Kelinci Indonesia 4 Desember 2009 pukul 2:51 pm

    motanya juga, pertanyaan anda itu gimana maksudnya? bingung deh menjawabnya.

  9. yayat 4 Desember 2009 pukul 11:01 pm

    maksudnya kelinci dikasih makanya pelet sama air minum setiap harinya tidak apapa/tidak masalah bagi kesehatan kelincinya.terimakasih

  10. Kabar Kelinci Indonesia 5 Desember 2009 pukul 1:55 pm

    harus ada rumput atau kandungan serat. kalau tidak ada rumput/sayuran nanti kelinci makan bulunya sendiri. Rumput itu pakan termudah. Pelet mesti beli, yg lain mesti beli, rumput tinggal ambil gratis.

  11. yayat 5 Desember 2009 pukul 3:10 pm

    Terimakasih atas tanggapannya ini menambah pengetahuan bagi saya.
    Cuman saya masih pingin tahu ada kelinci lokal yang anaknya ada yang angoranya ada lokalnya campur gitu terus yang anak angoranya kalau betina di kawinkan lagi dengan jantan angora nanti anaknya bagainana keluarnya campur atau angora semua.terimakasih

  12. anwar_rabit 7 Desember 2009 pukul 5:38 am

    wah semua ahli dalam masalah pakan….
    apakah kelinci perlu dimandikan?
    kalau mau mandikan kelinci gimana caranya?

  13. Kabar Kelinci Indonesia 7 Desember 2009 pukul 7:37 am

    kalau kotor bersihkan. mandi belum menjamin bersih, apalagi kalau kelincinya berontak. Salah2 malah stres nanti. Kelinci boleh dimandikan kalau sudah 4 bulan.
    mending jaga kebersihan, kalau ada kotoran lengket cukup dicukur, atau cuci bagian yg kotor saja.

  14. Angindesa 13 Desember 2009 pukul 9:42 am

    bosss mautanya, idealnya nyapeh / misah anakan dari indukanya itu umur brapa ?

  15. Kabar Kelinci Indonesia 13 Desember 2009 pukul 1:45 pm

    lho, kan pada artikel di KKI sini buanyak penjelasan soal masa menyusui. Tolong dong lebih telaten membaca.

  16. abu 13 Desember 2009 pukul 10:13 pm

    cara membuat makanannya gimana
    dedaknya dicampur air perlu dimasak lagi ? berapa gram sehari per kelinci.
    kalau runput untuk pakan keinci itu yang seperti apa, soalnya beberapa rumput yg diberikan kelincinya ngga mau.
    kalau ngga ada ampas tahu, tahunya sendiri bisa dikasih (direbus atau kasih mentah aja). dedak, ampas tsb bisa juga untuk pakan anakan kelinci yg masih menyusui. terima kasih sdh berbagi ilmu. salam

  17. Kabar Kelinci Indonesia 14 Desember 2009 pukul 4:48 am

    waduh. pertanyaan berondongan. Riset-riset di internet. atau bisa didapat pada buku ini. Lengkap kalau cuma urusan pakan.http://ternaksukses.blogspot.com/

  18. ERNI 15 Desember 2009 pukul 4:04 pm

    om Farid ditempatku gak ada yg jual pelet kelinci,gmn cara buatnya?trims

  19. Kabar Kelinci Indonesia 15 Desember 2009 pukul 5:05 pm

    bekatul saja, atau ampas tahu. atau campuran.

  20. Rental Komputer Murah 11 Januari 2010 pukul 3:37 am

    Boss mau tanya gimana caranya supaya kelinci kencingnya tidak bau trmksh.

  21. Kabar Kelinci Indonesia 11 Januari 2010 pukul 3:52 am

    sangat tidak baik. 1) Kangkung adalah golongan serat-kasar tinggi yg menyulitkan pencernaan kelinci. 2)tanaman berbambu berpotensi menyimpan gas dan juga bakteri. 3) menimbulkan bau menyengat bagi kencing kelinci.
    Soal enak itu relatif. Kelinci bisa makan apa saja selama ada kandungan seratnya, termasuk nasi, juga coklat. Tetapi itu bukan pakan pokok. Pemberian kangkung harus kering dan itupun hanya boleh sedikit sebagai campuran. Dalam jangka pendek mungkin tidak masalah, tetapi jangka panjang sangat tidak dianjurkan. Kangkung dan kubis tidak baik buat kelinci.

  22. Kabar Kelinci Indonesia 11 Januari 2010 pukul 3:52 am

    Kangkung dan kubis sangat tidak baik. 1) Kangkung adalah golongan serat-kasar tinggi yg menyulitkan pencernaan kelinci. 2)tanaman berbambu berpotensi menyimpan gas dan juga bakteri. 3) menimbulkan bau menyengat bagi kencing kelinci.
    Soal enak itu relatif. Kelinci bisa makan apa saja selama ada kandungan seratnya, termasuk nasi, juga coklat. Tetapi itu bukan pakan pokok. Pemberian kangkung harus kering dan itupun hanya boleh sedikit sebagai campuran. Dalam jangka pendek mungkin tidak masalah, tetapi jangka panjang sangat tidak dianjurkan. Kangkung dan kubis tidak baik buat kelinci. sama-sama bikin bau air kencing.

  23. Chika 25 Januari 2010 pukul 4:12 am

    Bos, aq br tau kelinci ga boleh sering makan kangkung. Pantes pup kelinci q bau. Jd harus dganti apa dunk?
    Aq kasi rumput,ato daun ubi,atau sawi hijau, pada ga dmakan. Apa krn tbiasa makan kangkung n wortel? Gmna menu sehat unt kelnci q? Trims

  24. Kabar Kelinci Indonesia 25 Januari 2010 pukul 1:50 pm

    Bukan soal diganti. Pakan kelinci itu pokoknya memang rumput. ya rumput dong. Sekiranya tidak bisa rumput mohon tidak usah memelihara kelinci ketimbang memaksakan diri dan membuat kelinci menderita. Pelet kelinci juga tetap harus ditambah rumput.

  25. sherin 30 Januari 2010 pukul 5:13 am

    met siang mas, sherin mau tanya mas gmn caranya membuat pelet kelinci sendiri dan bahan2 apa saja yang diperlukan dalam membuat pelet sehingga kelinci terpenuhi gizinya dan cepat berkembang! mohon penjelasannya, sebelum dan sesudahnya sherin ucapkan banyak terima kasih.

  26. Iban 4 Februari 2010 pukul 3:53 pm

    Ok thank atas banyak artikel yang bagus semoga berjaya kelinci indonesia

  27. mlehoy rabbit 7 Februari 2010 pukul 4:07 pm

    waduh…selama ini kelinci ku aku kasih makan ; pagi hari pelet atau amapas tahu, siang dan malam kangkung… kelinciku nanti mati gak yuach… please balas….Tq

  28. Kabar Kelinci Indonesia 8 Februari 2010 pukul 7:12 am

    Kalau urusan mati tergantung kekebalan tubuhnya. Tapi dengan pola makan yg seperti itu tidak ada jaminan kelinci bertahan lama dan sehat.

  29. lelo 10 Februari 2010 pukul 10:01 am

    numpang nanya kalo di kasi timun,tomat gitu buat makan sekali sekali boleh ngga ??

  30. Kabar Kelinci Indonesia 10 Februari 2010 pukul 11:15 am

    tidak mengapa dengan syarat. 1. kelinci di atas 4 bulan. 2) porsi pemberian sangat sedikit. tomat sekalipun gizi baik tetapi bisa mengakibatkan bau kencing menyengat. Mengapa harus ketat? karena kami khawatir nanti bermasalah. Perlu diketahui, tidak perlu juga memberinya setiap hari.

  31. lelo 10 Februari 2010 pukul 12:31 pm

    gawat kelinci saya masi umur 1,5 blanan ..
    “sudah tidak saya kasi lagi” tapi ngga ada masalah kan ??

  32. Kabar Kelinci Indonesia 10 Februari 2010 pukul 2:23 pm

    ya selama memang tidak masalah ya tidak mengapa. Ini kita menjaga kelangsungan hidup kelinci saja. jaga2 jangan sampai terkena masalah. jangan sampai kelinci kita cuma jadi penelitian, setelah celaka baru sadar kan malah rugi.

  33. ririn 19 Februari 2010 pukul 7:59 am

    mas, saya masih baru pelihara kelinci jd saya baru tahu sdikit2..
    saya beli rumput kering di petshop merk Vitakraft tp kok kelinci saya gak mau makan rumputnya ya?
    di cm mau makan sayur2an (sawi,selada,daun ketumbar,wortel)
    gmn caranya spya dia mau makan rumput?
    apa ada yg salah ya?

  34. Kabar Kelinci Indonesia 19 Februari 2010 pukul 5:06 pm

    walah, rumput kayak gitu dibeli. mending uangnya buat bayar tukang ngarit ngambil rumput2 gulma di pinggir lapangan, sawah atau tegalan. Lihat bagian rumput di situs ini. Itulah jenis yang ditunggu. Gak percaya? buktikan.

  35. angga 20 Februari 2010 pukul 6:14 am

    kang kalau kelinci d kasih ampas tahu terus boleh gak soalnya biayanya agak murah….

    balas ke e-mail …angga_kusumah71@yahoo.co.id

  36. Kabar Kelinci Indonesia 21 Februari 2010 pukul 8:36 am

    Bukan dilarang, tetapi dianjurkan. Itu makan kaya protein dan kadarnya cocok buat kelinci. Bisa diberikan dengan campuran bekatul padi, bisa juga bergantian.
    Jika ada ampas tahu itu suatu keberuntungan. Dengan begitu punya pasokan makanan selain rumput-gulma di tegalan yg juga sangat cocok dengan kelinci. Ampas tahu diberikan setelah dikeringkan atau diperas airnya. Biar enak buat kelinci. Tetapi jangan kaget jika satu dua ekor kurang suka, itu bisa proses nantinya.

  37. ririn 22 Februari 2010 pukul 4:32 am

    kalau rumput gajah bisa mas?
    harus dikeringkan atau gmn?

  38. Kabar Kelinci Indonesia 22 Februari 2010 pukul 5:18 am

    sudah dijelaskan di bagian rumput. Rumput gajah atau setaria bisa melukai kelinci. Sangat tidak boleh dan kalaupun mau makan itu karena terpaksa tidak ada makanan lain.

  39. ririn 22 Februari 2010 pukul 9:33 am

    oke.trima kasih byk ya mas

  40. endud 25 Februari 2010 pukul 5:27 pm

    assalammualaikum wr.wb

    pak saya ingin bertanya tentang ampas tahu, saya belum begitu mengerti ampas tahu itu maksudnya apa? lalu dimana kita bisa mendapatkan nya? apa ada campuran lain di ampas tahu itu? terus pak yang di maksud bekatul itu apa sih pak? mohon pencerahannya ya pak. terimakasih :)

  41. Kabar Kelinci Indonesia 25 Februari 2010 pukul 5:48 pm

    Ampas tahu bisa dilihat di pabrik tahu.
    Bekatul bisa dilihat di pabrik pakan ternak/burung.

  42. eko kecil 3 Maret 2010 pukul 4:35 am

    Kelinci q tak kasih makan pelet lele, pagi dikit sore dikit, siangnya kasih rumput. gemuk2 produksi lancar. kl yg anakan cepet gede2

  43. Kabar Kelinci Indonesia 3 Maret 2010 pukul 6:10 pm

    pelet ayam/unggan atau ikan, ini adalah makanan yang kacau untuk kelinci. Dalam masa yang lama pencernaan kelinci akan rusak dan biasanya tidak hidup jangka panjang. terkena penyakit bakteri sedikit saja akan gampang mati.

  44. endud 3 Maret 2010 pukul 8:34 pm

    iya pak kabar kelinci… yang saya bingung pemberian makan ampas tahunya bagaimana?? apa ada tambahan lain seperti air atau vitamin?
    maaf pak merepot kan hehe

  45. fadhli 4 Maret 2010 pukul 2:41 am

    om boleh g kelinci d ksih tomat..???
    blz y..??
    thanks..

  46. Kabar Kelinci Indonesia 4 Maret 2010 pukul 12:55 pm

    boleh saja. bagus gizinya. tapi sedikit saja. cukup seminggu 2x maksimal. setiap pemberian sekitar satu sendok makan itu.
    Tetapi ada Resiko kencing bau lho.

  47. Kabar Kelinci Indonesia 4 Maret 2010 pukul 12:56 pm

    keringkan dengan cara memeras, lalu dijemur. padatkan dengan tangan. lalu berikan pakai mangkuk.

  48. angga 5 Maret 2010 pukul 3:50 am

    kang kalau pagi nya di kasih ampas tahu terus sorenya d kasih rumputnya berapa banyak

  49. Kabar Kelinci Indonesia 5 Maret 2010 pukul 5:43 am

    ya tergantung besar kecilnya kelinci. Induk hamil dan menyusui butuh lebih banyak. Ukuran cukup atau tidaknya dilihat pada sekali makan apakah langsung habis total atau sisa dalam waktu sekitar 10 menit. Kalau langsung ludes berarti kurang.

  50. angga 5 Maret 2010 pukul 12:29 pm

    terus apa waktu malam d kasih lagi makan enggak yach

  51. Kabar Kelinci Indonesia 5 Maret 2010 pukul 3:09 pm

    Pak Angga, sebaiknya belajar secara mendasar dan menyeluruh lewat pelatihan, kunjungan ke peternakan dan juga membaca buku2 kelinci biar hal-hal yg sepele seperti itu tidak membebani. Jadwal makan 2-3 kali sehari.

  52. angga 6 Maret 2010 pukul 1:51 pm

    habisnya saya baca d buku bahwa jam 7 malam kelinci itu d beri makan lagi

  53. Kabar Kelinci Indonesia 6 Maret 2010 pukul 3:45 pm

    kalau sekiranya pemberian makan pada jam 7 itu banyak dan memang dipersiapkan untuk pasokan sampai pagi ya cukup. Biasanya rumput.
    Kalau sekiranya pemberian itu jumlah sedikit, maka jam 11 malam perlu ditambah.

  54. Qie.Rabbit 14 Maret 2010 pukul 1:56 pm

    Sangat manfaat pak….Trima Kasih

    Mo Tanya Pak, anakan Kelinci jenis Flam berumur 1.5 Bulan harga 50.000 kemahalan ato standart pak..??

    Makasih Sebelumnya

  55. Kabar Kelinci Indonesia 14 Maret 2010 pukul 10:17 pm

    tidak ada kata mahal kalau sudah cocok. Biasa saja. Yg harga 300ribu umur 2 bulan juga banyak. Masalahnya kenapa baru umur 1,5 bulan dibeli. Pemisahan dari induk umur segitu masih rawan, apalagi kelinci jenis flemish.

  56. raditya 28 Maret 2010 pukul 12:11 pm

    bulu kelinci q koq pada rontok” ? ,
    apa krn lg sakit ?

  57. Kabar Kelinci Indonesia 28 Maret 2010 pukul 3:43 pm

    kalau rontoknya sedikit, bisa jadi hanya masa peralihan. Tetapi jika mencemaskan, seperti kerontokan sampai jumlah banyak bisa jadi makanan yg buruk. Periksa makanan apakah sudah baik atau belum.

  58. raditya 29 Maret 2010 pukul 12:57 am

    om , q kan kalau pagi q kasih pellet sore x ku kasih kol ,
    tapi sayuran x cuma q kasih kol aj …
    nda apa” kah ?

  59. Kabar Kelinci Indonesia 29 Maret 2010 pukul 2:53 am

    Kurang sehat, kecuali kalau peletnya memiliki kandungan serat yang sudah teruji baik. Berikan rumput. Kol itu hanya boleh diberikan sangat sedikit.

  60. margono 29 Maret 2010 pukul 1:54 pm

    sekedar pengen tau aja bung…kalau peternakan besar yang indukannya sampai ribuan ekor gimana cara memenuhi kebutuhan rumputnya apalagi pas susah cari rumput…

  61. Kabar Kelinci Indonesia 29 Maret 2010 pukul 3:12 pm

    Ya setiap usaha pasti memperhitungkan kemampuan. Kalau ternak sapi butuh tanah khusus untuk rumput sapi, kenapa kelinci tidak?

  62. rizky 30 Maret 2010 pukul 3:55 am

    mas, pellet yang baik buat kelinci , pellet ap ?

  63. aziz ramadan 3 April 2010 pukul 2:39 pm

    mas,,,,,
    kelinci saya tu tiap hari makanannya rumput, itu baek g buead kelinci?
    coz’na daerah saya tu di pegunungan jadi mayoritas pakan rumput,,,,,,,,,
    ”lam juragan kelinci”

  64. Kabar Kelinci Indonesia 6 April 2010 pukul 1:32 am

    ya bagus, apalagi rumput2 gulma dekat tanaman jagung dan ketela pohon/singkong. tetapi kalau hanya dikasih makan rumput tidak cukup. Biasanya di petani karena hanya makan rumput saat betina melahirkan terkena lumpuh. Mengapa? karena kurang kalori, karbohidrat, atau lebih tepatnya miskin kalsium. Oleh sebab itu setiap hari tetap harus diberikan pakan padat seperti bekatul-padi, ubi jalar atau yg lain.

  65. yavi 7 April 2010 pukul 3:03 am

    kl selaen ampas tahu klinci makanan campur ya apaan,,,,,,,,,
    kl pake roti tawar makanya sklia aj nti tdur ya brengan hehehehehe……………..

  66. Kabar Kelinci Indonesia 9 April 2010 pukul 3:45 am

    jangan pakai roti tawar. Memiliki lemak yang kurang baik dalam jangka panjang.

  67. Ari 14 April 2010 pukul 8:49 am

    Salam kenal,
    Apakah boleh dasar kandang (keramik) dengan tinggi +/- 50 cm sebelum kandang disiram karbol supaya kencing tidak menyengat, saya pernah baca penciuman kelinci sensitif bau tajam dan bisa menimbulkan penyakit baru, harus menghindari bau menyengat (cat, pengharum, dll) ? thx

  68. Kabar Kelinci Indonesia 16 April 2010 pukul 11:28 pm

    tidak masalah. bau menyengat yg dimaksud itu bau busuk. Kotoran memang mudah menimbulkan penyakit. Hindari. Soal bau cat atau bau yg lain bukan masalah.

  69. Suara 20 April 2010 pukul 8:26 am

    mas … mau tanya neh … sudah cukup ga gizi kelinciku dengan jadwal makan sbb : jam 7 Pagi : rumput, jam 10 pagi : sayur, jam 12 siang : pelet, jam 2 siang- malam : rumput . terima kasih.

  70. Kabar Kelinci Indonesia 21 April 2010 pukul 11:59 am

    menganalisa makan cukup itu tidak bisa langsung tanpa melihat. Bagaimana kondisi rumputnya? apa saja jenisnya? bagaimana kandungan peletnya?
    Untuk kemantaban, sebaiknya selain pelet mesti ditambah variasi misal ubi jalar seminggu dua kali, sedikit wortel 2 kali seminggu, dan seminggu sekali daun pepaya serta rumput2 gulma yang mengandung kasiat obat seperti patikan cina, patikan kebo, tempuyung, dandelion dll.

  71. Dallin 29 April 2010 pukul 7:10 am

    bozz mau tanya Lo ngasih makan dedak cumah d campur air doang….????
    truzz d taro y dmn ???

  72. Nurull Unk Azizah 30 April 2010 pukul 10:38 am

    mau tanya, rumput yang dikasih itu tidak perlu dikeringkan lagi?
    selain rumput yang diatas, rumput apa saja yang jadi pakan kelinci ?

    makasih . :)

  73. Fefa 30 April 2010 pukul 4:33 pm

    Mau tanya nih…..biar kelincinya ga susah di kasih pelet kelinci,caranya gimana ya?soalnya stiap di kasih pelet ga di makan trus…kalo cuma di kasih rumput gizinya kurang…Makasih pa….

  74. Kabar Kelinci Indonesia 2 Mei 2010 pukul 5:15 pm

    itu masalahnya pada pelet. Karena itu cari pelet yg disukai kelinci. Sementara sebelum dapat pelet yg cocok ganti dengan ubi jalar putih. Yg merah atau kuning jelek.

  75. Kabar Kelinci Indonesia 2 Mei 2010 pukul 5:17 pm

    rumput basah kurang baik krn banyak bakteri. Yg bener rumput layu, misalnya 3-5 jam setelah merumput baru diberikan. Untuk musim kemarau cukup 2 jam saja sudah bisa diberikan. Rumput apa saja? kalau kami sebut nama satu persatu toh membingungkan. Cobalah tanya ke petani yg memelihara kelinci, biasanya untuk hal ini tahu mana rumput kelinci dan mana yg tidak cocok. Rumput di tegalan jagung/ketela itu biasanya yg cocok buat kelinci.

  76. Kabar Kelinci Indonesia 2 Mei 2010 pukul 5:26 pm

    dedak jagung tidak baik. Kalau dedak padi/bekatul ya gpp. tetapi itu masih kurang gizi, mesti diselingi ubi jalar, wortel, daun pepaya, misalnya 4 hari sekali.
    kasihnya dimana? maksudnya? ya taruh tempat dong, mangkok atau panci, atu tempat kusus pakan. Mohon sebelum memelihara kelinci studi ke peternakan dulu biar hal2 seperti itu diketahui sejak awal.

  77. cindy 9 Mei 2010 pukul 12:39 pm

    mu tanya kalo kelinci yang biasa di kasih pelet trus di kasih rumput gak apa apa? kalo ampas tahu harus di keringkan dulu atau tidk? makasih

  78. arimentez. 13 Juni 2010 pukul 6:23 am

    mas sya mw nanya ni…sputar masalah pelet…saya udah tanya peternak kelinci..pelet yg bgus tu utk kelinci ktanya pelet 511 (itu pelet ayam)..ktnya kelinci cpet besar gemuk dan sehat2..mmg saya liat kelinci dia besar2 n sht2…tp stelah saya baca di artikel mas ni..pelet ayam gk bgus utk pencernaan kelinci…jd bingung niii…
    1 lgi mknan yg baik bwt kelinci hias kira2 apa ya..
    saya punya anggora eglish dan fuzy loop…khusus utk bulunya spya kliatan cerah n gk kusam…
    sblumnya mkasih…

  79. Kabar Kelinci Indonesia 15 Juni 2010 pukul 2:17 am

    ndak usah bingung. Kalau kita mau menyadari bahwa pencernaan kelinci itu tidak sama dengan pencernaan ayam sudah jelas bahwa pelet untuk ayam itu akan merusak usus kelinci. Tidak langsung mati memang. tetapi lama-kelamaan usus kelinci rusak, dan saat disertai sakit lain mudah mati. Biasanya umur kelinci yg memakan barang2 seperti itu tidak akan lebih 2 tahun.

  80. Hari Happy Kelinci 22 Juni 2010 pukul 5:29 am

    Saya baru niat mau beli Kelinci. Kira-kira jenis apa yang paling baik dan aman untuk pemula serta kalo di Jakarta Selatan belinya di mana yang terjamin kualitasnya. Terima kasih untuk info nya.

  81. ema 22 Juni 2010 pukul 2:43 pm

    mas mau tanya, rumputnya perlu dicuci dulu apa ga? kalo ga dicuci pertimbangan kotor bersihnya gimana?

  82. Kabar Kelinci Indonesia 23 Juni 2010 pukul 9:57 pm

    kalau soal perlu ya pasti perlu. masalahnya realistis atau tidak? lihat saja kotorannya seperti apa. Kalau banyak kotoran dari sampah ya sebaiknya dicuci. tetapi akan lebih baik mencari rumput bersih. kalau sekedar kotor tanah pertanian ya enggak masalah. bakteri dimana-mana dan tidak jadi masalah, tetapi bakteri dengan penyakit tertentu bisa jadi masalah. Saya harap anda bisa belajar praktis dengan mendatangi peternakan secara langsung.

  83. ema 24 Juni 2010 pukul 1:06 am

    mas di buku kelinci (yg biru covernya) ditulis untuk pemberian pakan katul ada campuran tepung jagung atau dedak gandum,garam dan kalsium… tepung jagung tuh yang seperti apa? sama ga dengan maizena (yang buat bikin kue itu lho secara di kotaknya di tulis tepung maizena=tepung jagung) trus kalo tidak sama dengan maizena belinya tepung jagung dimana?trims

  84. ema 24 Juni 2010 pukul 1:12 am

    sekalian mas…. kalo rumput tegalan kan dilayukan (berdaun lebar), kalo rumput tegalan di keringkan/jemur masih baikkah diberikan pada kelinci nantinya? secara di buku ditulis kalo HAY dibuat dari rumput tegalan/lapangan yang berdaun panjang/kurus lalu dijemur… trus ada lagi rumput tegalan yang bentuknya seperti daun bambu kecil2…kelinciku suka banget, tapi apa baik rumput jenis yang itu soalnya katanya rumput apapun dengan bentuk seperti bambu cenderung menghasilkan gas? terimakasih atas penjelasannya

  85. dian 27 Juni 2010 pukul 9:22 am

    mo tanya… kelinci ku ga suka makan pelet kelinci.. padahal aku beli yg di pet shop.. yg pake kotak. agak mahal sih. tp kalo dikasih makan pelet ikan lele, doyan banget… aku tanya ke tukang jual pelet,mereka adanya pelt ayam, lele, ama babi… ditanya bekatul, malah bingung.. nama lainnya bekatul itu apaan sih??? trus, kalo dikasih pelet lele, gemana???

  86. Kabar Kelinci Indonesia 28 Juni 2010 pukul 9:20 am

    tidak suka bisa jadi karena masalah penyesuaian. Kalau semua kelinci tidak suka berarti jelas peletnya yg bermasalah.kalau hanya 1 ekor barangkali karena soal selera personal. Bisa diberikan terus, suatu saat akan minat.
    Jangan berikan pelet ikan, lele, ayam atau babi. Di dalamnya terdapat kandungan lemak hewani yang sangat berpotensi merusak usus kelinci. Kelinci yg suka makan pelet hewan lain tidak akan hidup lama, paling 2 tahun. Suatu ketika ketika terjadi penyakit mudah mati.
    Kalau tidak tahu bekatul ya itu kebangeten. Bekatul/dedak (bekatul padi) mosok tidak tahu.

  87. Jow 3 Juli 2010 pukul 9:40 am

    Mendingan bgini aja untuk pakan kelinci yang jenis konsentrat pake ampas tahu kalo beli 1 ember paling2 5 rebu ada yg jual 50kg cuman Rp 10.000 itu bisa buat 25 – 30 dalam jangka waktu 1 minggu. ampas tahu tadi d pres ( d keringkan dari airnya dgn cara d peras). 6 kg ampas plus 500 gr katul dan 150 gr pelet plus 750 gr air. Komposisi ini irit Pelet dapat dicari di petshop. di jamin deh gizinya baik dan kelinci cepet gemuk dan gede
    untuk sore hari sampe malam hari cukup d kasi rerumputan yg sudah kering. lebih baik sudah agak layu agar racun2 ato kandugan yg aneh2 dari rumput2 tsb sudah ilang jadi baik kalo d makan kelinci. jenis rumput tadi bisa d liat d artikel rumput kelinci ^^
    bgini masukan saia smoga berguna buat smua

  88. Sayang kelinci 8 Agustus 2010 pukul 10:26 am

    kelinci saya umur 5 bulan kaki kiri belakang bengkak pas di mata kakinya.
    jadi jalan pincang, tapi tetap lincah dan doyan makan. kira2 kenapa ya, apakah patah atau radang sendi? apa solusinya….???? ditunggu jawabanya secepat mungkin… trima kasih.. ^_^

  89. Silmy Cicin 19 Agustus 2010 pukul 6:04 am

    oom kelinci saya ada 3, 2 betina, 1 jantan….disatuin kandangnya,itu gimana?? trus kok belum beranak aja ya… saya kasih makan labu lejet boleh ga??

  90. Kabar Kelinci Indonesia 25 Agustus 2010 pukul 7:43 am

    umurnya berapa?
    Kalau sudah lewat 4,5 bulan tidak boleh dicampur, apalagi kelinci hamil dan melahirkan. bisa mati semua nanti.

  91. ivan 25 Agustus 2010 pukul 11:38 am

    pelet yang di maksud macam apa mas di sini ki kalbar hanya ada pelet hewan ayam
    bagai mana ada aternatif yg lain yg sama kandungan makanannya
    makasih

  92. Kabar Kelinci Indonesia 25 Agustus 2010 pukul 2:35 pm

    Pelet adalah produk hasil olahan berbahan makanan khusus untuk masing-masing hewan.
    Pelet ayam dibuat khusus untuk ayam, pelet ikan khusus untuk ikan. Pelet kelinci tentu khusus untuk kelinci.
    Pelet ayam atau pelet ikan memang bisa jadi doyan dimakan kelinci karena ada unsur kandungan yang cocok, tetapi bagaimanapun juga banyak kandungan yg bertengangan seperti adanya tulang ikan pada pelet unggas atau pelet ikan.

  93. rizkyy 26 Agustus 2010 pukul 6:16 am

    klo kelinci saya ga mau makan rumput ma pelet . .
    saya kasih wortell ajj . .
    apa gpp buat jangka waktu panjng mas .

  94. Kabar Kelinci Indonesia 26 Agustus 2010 pukul 2:01 pm

    barangkali hanya sementara tdk maunya. Rumputnya itu jenis apa, dan apa pula peletnya. Kalau baru 1-2 hari tidak mau makan keduanya itu belum bisa jadi ukuran untuk menilai. Aneh kalau kelinci tidak suka rumput. Perlu pembiasaan beberapa hari saja nanti pasti mau. Hanya mengandalkan wortel serat jelas sangat kurang. Berikan rumput2 tegalan, lihat di bagian blog ini.

  95. rizky 27 Agustus 2010 pukul 2:19 am

    oh y mas apa kelinci wajib setiap hari makan rumput ,
    saya pernah kasih ampas tahu dicampur bekatul dan gula merah ,
    jangankan dimakan , dicium jg enga ma kelinci saya . .
    yang bagus bekatul itu diapain supaya dimakan y mas ???
    trimss

  96. Kabar Kelinci Indonesia 27 Agustus 2010 pukul 2:22 pm

    butuh pembiasaan dan proses. biasanya kelinci mau. coba periksa kondisi bekatulnya apakah terlalu lama ditimbun atau masih baru. Itu juga mempengaruhi.
    bisa juga dengan cara mencampur dengan makanan yang mau sebelumnya, misal pelet. Jadi campuran separoh pelet, separoh bekatul.

  97. ervan 6 Oktober 2010 pukul 12:35 pm

    pengen nanya kalau bekatul”padi”apakah berbahaya and gimana cara menggolahnya?

  98. rizky 12 Oktober 2010 pukul 4:15 am

    mas mau tanya .
    kok kelinci saya kuping na turun 1 ya ,
    padahal jenisnya buka fuzzy lop .

  99. piloes 17 Oktober 2010 pukul 3:16 pm

    mas.. aku kasih kelinciku daun pepaya,, dia suka sekali. kalo boleh tau ada effek sampingnya gak ya buat kelinciku

  100. Kabar Kelinci Indonesia 18 Oktober 2010 pukul 5:07 pm

    daun pepaya bagus. bahkan disarankan untuk kelinci hamil dan menyusui. dengan syarat, harus layu karena getahnya banyak. setelah mengambil biarkan dulu minimal 4 jam. Hati-hati kalau daunnya ada kutu putih2 itu. bisa menyebabkan peradangan. Sebaiknya dicuci bersih.

  101. Kabar Kelinci Indonesia 18 Oktober 2010 pukul 5:15 pm

    namanya barang panjang sedikit lentur sedikit tegak ya wajar saja. nanti pulih sendiri.

  102. Kabar Kelinci Indonesia 18 Oktober 2010 pukul 5:26 pm

    kok berbahaya? justru bekatul padi itulah yg cocok. Tapi jangan padi ketan. berikan dengan menuangkan air hangat secukupnya. Pakai air panas tapi tunda supaya hangat. Dengan air panas bakteri mati. Aduknya jgn pakai tangan, ntar sisa yg tidak termakan cepat busuk. Pakai centong atau sendok.

  103. chhc 4 November 2010 pukul 12:58 pm

    Saya newbie disini, mohon pencerahannya. Kemarin saya ditawari kelinci ama temen ini fotonya http://i55.tinypic.com/2rdg176.jpg
    Yang saya tanyakan, itu kelinci jenis apa dan berapa harga pasarannya. Makasih sebelumnya

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 145 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: