KELINCI UNTUK HARI ESOK YANG LEBIH BAIK

rendah lemak, rendah kolesterol, populasi cepat, dahsyat!

Ciri-ciri kehamilan.


Setelah 7 hari dikawinkan, biasanya janin mulai tumbuh. Tetapi hal ini belum tentu mudah mengenali kehamilan secara pasti. Hanya peternak yang sudah lama saja yang peka letak kehamilan kelinci pada umur 7 hari. Pada umur perkawinan 14 hari kita sudah bisa mendapatkan kejelasan. Ciri-cirinya di antaranya ialah. bagian mulut sedikit kemerah-merahan. (2) terkadang merasa stress, mengorek-ngorek kandang. Kalau missal dikeluarkan dari kandang dan menemukan tanah, ia akan langsung mengaduk-aduk tanah sebagai tempat persembunyian. (pada umur 17 hari biasanya stress meningkat). Tak usah buru-buru memberikan kotak. Tunggu sampai umur kehamilan diatas 25 hari. (3) makan banyak dan selalu lapar. Anda harus serius dalam hal pakan, jangan sampai sering kelaparan sehingga stress bertambah. Kekurangan pakan dan air minum bisa mengakibatkan kanibal, atau tidak mau menyusui. 4) pada umur kehamilan 17 hari sudah bisa diraba bagian bawah perut. Cara meraba yang akurat dengan mengangkat kelinci lalu ditaruh dipangkuan kita. Elus-elus dulu sebelum tangan kita masuk ke bagian perut bawah. Sebab kalau tangan kita langsung nyosor bagian perut kelinci hamil bisa berontak. Kalau sudah diraba, elus-elus pelan, kalau belum yakin terasa, tekan sedikit jari anda, meraba rata bagian perut, bagian tengah sampai belakang. Jika hamil akan terasa beberapa benjolan seperti kelereng. pada umur kandungan 23 hari sangat jelas terasa dan pada umur 29 hari saat induk mulai gusar dengan hidung memerah biji-biji “kelereng” di dalam perut itu semakin menurun mendekati vagina.

Kalau sudah dikawinkan tetapi pada umur 35 hari tidak berhasil itu bisa jadi bunting semu. Atau saat mengawinkan tidak benar.

Apakah perlu tidak usah menunggu 35 hari kita bisa mengawinkan?

Jika Anda yakin bahwa kelinci tidak hamil boleh saja. Lakukan pada umur kehamilan 20 hari sejak kawin yang Anda anggap gagal tersebut. Tetapi jika Anda ragu apakah kelinci gagal hamil atau memang benar hamil, sebaiknya kita bersabar sampai umur perkawinan benar-benar melewati 30 hari.  Sebab kalau kita nekad mengawinka lagi pada saat kelinci hamil bisa jadi nanti hamil susulan. Harus diingat, tidak setiap kelinci yang hamil menolak kawin, sebagian ada yang mau kawin. (Penjelasan ini sebagian disandur dari Buku Kelinci Pemeliharaan Secara Ilmiah, Tepat dan Terpadu.)

Mukti, Brebes, kontributor KKI)

About these ads

32 responses to “Ciri-ciri kehamilan.

  1. agus 30 Desember 2009 pukul 7:18 am

    blh mnt tlg dikasih gbr mulut yg merah tu gm????
    soal na agk kesulitan kl pke teknik meraba,,, krn ukuran tangan q lmyn besar… dan si kelinci susah diem…

    jg tlng dikasih tw cara ngejinakin kelinci…. cz kl dipegang selalu menendang2,,,

  2. angga 25 Februari 2010 pukul 3:17 am

    saya mau tanya bagai mana cara menghitung masa hamil kelinci, misalkan saya mengawinkan kelinci tanggal 4, apakah saya hitung mulai dari tanggal tersebut, tolong d bantu soalnya saya suka kecolongan tau2 kelinci sudah beranak.

  3. angga 25 Februari 2010 pukul 3:45 am

    saya mau tanya lagi saya punya kelinci hamil sudah 35 hari tp bl juga beranak, lalu saya kawinkan lagi dan seminggu kemudian kelinci saya beranak, apakah kelinci saya akan hamil susulan terus bagai mana solusinya.

  4. Kabar Kelinci Indonesia 25 Februari 2010 pukul 5:52 pm

    ketidakakuratan mengakibatkan salah hitung. Kalau biasanya dikawinkan pada umur kehamilan 14 hari bisa hamil susulan. Karena baru seminggu, semoga tidak terjadi. Tetapi mesti diperhatikan. Mesti teliti dan hati-hati menjaga kelinci. Bisa jadi Anda tidak mengawinkan, tetapi manakala kelinci lepas dan bertemu kelinci lawan jenis terjadi perkawinan.

  5. Kabar Kelinci Indonesia 25 Februari 2010 pukul 5:57 pm

    Yg namanya hitungan sehari ya biasa saja. Misal tgl 4, berarti tgl 5 dimulai hitungan 1. Coret kalender tgl 4 itu. Nanti pada umur 25/26 kehamilan siapkan kotak sarang dan rumput kering/jerami.

  6. kiswandi 1 Maret 2010 pukul 3:01 pm

    untuk kelinci hamil yang paling baik kandangnya di tanah atau di buatkan kandang tersendiri, pakannya tambah banyak sebaiknya apa biar kematiannya pada anaknya dpt diminimalisir . kiswandi skm waduk cacaban tegal 0283 6119785

  7. saya 2 Maret 2010 pukul 9:21 am

    coba kelinci q punya pasangannya, soalnya dia jantan sih

  8. angga 5 Maret 2010 pukul 12:39 pm

    pak saya mau tanya bagai mana perhatian buat kelinci yang pertama hamil ( dara ), terus kelinci tersebut slalu ingin keluar kandang padahal sudah d siapkan kotak anakan

  9. Kabar Kelinci Indonesia 5 Maret 2010 pukul 3:08 pm

    stres itu. penyebabnya pakan kurang menunjang kehamilan. pakan kelinci hamil harus baik dan cukup banyak, 2x dari biasanya.
    Rumput harus tiap hari, begitu juga bekatul atau pakan padat yg lain. Jgn lupa daun pepaya dan wortel tiap 2hari sekali. kandang juga sampai terganggu oleh tikus. Jangan juga bersanding dengan pejantan krn induk akan cemas dan selalu diganggu pejantan.

  10. cici 23 Maret 2010 pukul 1:30 pm

    kang,, klinci betinaku akhir2 ini suka aneh.. slama ini kan dia kubiarin bebas g pke kandang,, bbrp hari ini dia suka ngumpulin kain2 bekas yg dtemuinnya lalu dia bawa k sarang dia (dbawah tumpukan kayu2 dipan,, jd susah ngejangkaunya),, kadang lucu jg sih liatnya,, apakah itu jg ciri2 hamil?? yg jantan jg g prnah dikandangin sih..

  11. nunurabbit 23 Maret 2010 pukul 2:09 pm

    saya mao tanya. kenapa kelinci saya susah hamil, selalu gagal bunting?

  12. Kabar Kelinci Indonesia 24 Maret 2010 pukul 1:40 am

    ya. Itu dia merasa ada hal yang harus dikeluarkan dari perut. Besar kemungkinan hamil. Siapkan perawatan dan penjagaan secara khusus.

  13. cici 25 Maret 2010 pukul 6:29 am

    oh gt y kang,, harus dkandangin nih biar g mlahirin d smbarang tmpat,, kira2 udah brapa minggu itu y kang?? abisnya,, jantan ma btina dua duanya dbiarin bebas aja d rumah

  14. angga 28 Maret 2010 pukul 3:01 am

    pak saya mau tanya, saya punya kelinci yg sedang menyusui dan sudah berumur 1 bulan, terus tiba2 di kandang dah ada kelinci jantan, yg mau saya tanyakan apabila kelinci itu terjadi perkawinan apakah akan hamil padahal kelinci betina itu sdng menyusui,,,?

  15. Kabar Kelinci Indonesia 28 Maret 2010 pukul 3:47 pm

    ya bisa jadi, bisa tidak. Tetapi melihat kelinci Anda sudah pernah hamil bisa jadi hamil nantinya. Sebenarnya terlalu cepat mengawinkan umur 1 bulan itu.
    Beberapa hari lagi nanti anak2 kelinci itu akan diusir karena pada usia kehamilan 5-10 hari induk sudah tidak mau menyusui. Kalau tidak diusir ya syukurlah, berarti masih bisa merawat. Nanti pada pemisahan (saran kami 10 hari lagi, kalau tidak ditendang2 sama induknya), anak-anak itu dipisah kandang, tetapi masih bisa melihat dan saling berdekatan. Sandingkan dalam batas kandang yg berlubang sehingga antara anak dan induk masih bertemu. Supaya tidak stres.

  16. Faulana 31 Maret 2010 pukul 3:50 pm

    pak mau nanya, kelinci sy udah bunting 33 ghari kok belum nglahirin? apa bunting palsu? dia ngga nyabutin mulu, tetep aktiv lompat sana sini tp kl dilepas di tanan dia langusng cari area buat bukin lobang terus buat berbaring. mohon penjelasan

  17. ahmad 2 April 2010 pukul 3:48 am

    mau tanya, kapan kelinci bisa dikawinkan lagi jika setelah melahirkan anak2 nya pada mati?

  18. Kabar Kelinci Indonesia 2 April 2010 pukul 7:30 am

    sebaiknya menunggu 2-3mingggu.

  19. Kabar Kelinci Indonesia 2 April 2010 pukul 11:57 am

    ya tunggu saja. Kalau memang tempat kelahirannya sudah nyaman dan aman biarkan saja. Jangan cepat2 menyimpulkan gagal bunting. Jangan2 salah itung kehamilan.

  20. Fachri 29 April 2010 pukul 12:50 pm

    Pak mau tanya kelinci saya sudah beberapa hari susah makan, saat saya masukan ke kotak dia mau, apakah kelinci saya akan hamil, atau malah sakit?

  21. Kabar Kelinci Indonesia 2 Mei 2010 pukul 5:22 pm

    kalau hamil ya justru makan banyak. Kalau susah makan biasanya sakit pencernaan atau stres berat. Kronologinya itu yg mesti dijelaskan supaya kami bisa menjawab tepat.

  22. fajar 23 Juni 2010 pukul 5:03 pm

    mau nanya pak,dua kelinci betina saya dah 2 kali dikawinkan tp gagal terus,pdhal dah siap kawin smua& dah masa birahi,pdhal yg lain klau dikawinkan slalu jadi,knapa ya pak?trims

  23. Kabar Kelinci Indonesia 23 Juni 2010 pukul 9:53 pm

    siap kawin semua itu maksudnya gimana? apa benar kelinci betina anda sudah umur di atas 7 bulan?
    banyak pengaruh kegagalan, dan itu harus dikenali secara detail. Bisa jadi betina tidak cocok kawin sama pejantan itu sehingga tidak jadi kawin. Bisa pula masa kawin kurang tepat, atau karena faktor lain.

  24. ducati069 15 Juli 2010 pukul 1:53 am

    prend, sy bingung nie ma kelinci sy.

    wkt sy beli 1minggu kmrn, kata tmn sy baru aja dikawinin skitar 10 hari
    sbelum sy beli, tp sy belum bisa mastiin bunny itu udah hamil pa blum. wkt sy baca artikel
    ciri” kelinci mau melahirkan yg mengorek” kandang, itu sudah sering
    …nampak bbrp hari ini. kalo sy lepas, seringnya dia cari tempat lorong”
    utk sembunyi. trz skrg sy kasih kotak, dia sudah selalu masuk dlm kotak,
    klo mau sy pegang dia langsung masuk lagi. kalo sy gendong dan pegang
    bagian bawah dia lgsg berontak dan menggigit. sy elus” bulu nya saja
    skrg dia tidak mau. biasanya sy suapin dia mau tenang. tapi skrg tidak
    bisa tenang.

    tapi untuk yg ciri kelinci hamil makannya lebih banyak itu tidak bgitu
    jelas. soalnya dari dulu sy sll memberi dia banyak makan. seringnya
    pelet C.P ma briter bunny. sayuran spt daun kacang, adas, wortel dia
    sudah tidak bgitu suka.

    apakah kelinci sy sudah bener” hamil.?

    kalo makan nya banyak pelet bagus ato tidak.?

    mohon infonya….

  25. ducati069 15 Juli 2010 pukul 2:01 am

    sy mau tanya lagi, kelinci sy yg mungkin lg hamil itu bbrp hari ini kalo sy lepas dia ngejar” kelinci yg satunya. sempat dia itu kyk kawin, padahal cewe semua kelinci sy. trz bbrp hari ini dia itu seakan stress berat. kandang di gebrak”, kalo mau dipegang dia lgsg masuk kotak yg sy taruh dalam kandang, kadang jg dia menyerang sy, nafsu makan juga kurang.
    Pertanyaan sy, dia stress akibat dia memang mau melahirkan, ato akibat sy mandikan kmrn soalnya stiap kali dimandikan dia itu tidak merasa suka, ato krn faktor laen.??
    Pemberian cairan penambah nafsu makan, dan gula aren pada minuman itu bagus ato tidak.??
    mohon infonya..

  26. Kabar Kelinci Indonesia 16 Juli 2010 pukul 2:37 am

    mungkin lagi hamil?
    ya ini yg sulit. Apa hamil atau tidak. Yg jelas kalau sudah kawin dan memasuki umur 25 hari segera siapkan kotak sarang. Layani makanan yang baik. air minum yg bersih. tambahkan gizi dari bayam, daun pepaya dan wortel. Jangan sendiri di keluarkan atau pindah2. Bisa stres nanti. gebrak2 itu tanda banyak permintaan. Misal minta kawin, merasa stres, atau juga karena dia memang mau melahirkan.
    Tidak usah dimandikan? buat apa? bersihkan saja. Bikin stres saja kalau tdk terbiasa.
    Gula aren bisa, sedikit saja. Yg penting itu kasih makan yg baik nanti nafsu makan juga baik. dan jangan dipaksa harus makan banyak. Makan itu juga ada ukurannya sendiri.

  27. Kabar Kelinci Indonesia 16 Juli 2010 pukul 2:38 am

    kalau belum terbiasa memelihara soal hamilnya kelinci susah. Sudah gini saja. Kalau memang sudah kawin, yakin saja itu hamil dan berikan pelayanan yang baik.
    Kalau sudah umur 25 hari dari perkawinan, siapkan kotak sarang. Soal tingkah laku itu cuma perkara sepele. Itu ketakutan tandanya karena pemiliknya belum akrab, kelincinya merasa takut. Masih liar itu. Pelayannanya kurang humanis.

  28. anisa 3 Oktober 2010 pukul 12:01 pm

    pa,saya mau nanya…
    saya baru beli kelinci betina umur 6 bln, pas sy mau kwinkan dgn yg jantan dia g mau mlh lari dan mengeluarkan suara bulunya juga rontok sikapnya galak klau saya sentuh,apakah kelincinya hamil?karena pas saya beli sudah di satuin sm pejantanny.
    mohon infonya…Terima Kasih

  29. Kabar Kelinci Indonesia 5 Oktober 2010 pukul 4:22 am

    pokoknya kalau tidak mau jangan dipaksa. Apalagi sampai memberontak.
    1. bisa jadi karena sudah hamil.
    2. bisa jadi belum minat karena umur atau sedang stres atau bisa juga tidak minat dengan pejantannya.
    Kalau sudah tahu hamil persiapkan itu untuk kelahirannya. Umur kehamilan 26 hari harus disediakan kotak sarang.
    kalau anda tidak tahu berapa umur kehamilannya itu memang agak repot. Tidak ada salahnya mengira-kira dengan cara meraba bagian perut pelan2. Kalau sekiranya benjolannya sudah membesar pasang saja kotak. Sebenarnya tidak baik memasang kotak beranak sebelum 25 hari. tetapi jika itu darurat, daripada tidak dikasih kotak lebih berbahaya. Selain induk stres, anak-anaknya bisa mati krn tidak punya tempat. Jangan satukan kelinci umur 4,5 dalam koloni yang sempit.

  30. adhiet 10 Oktober 2010 pukul 11:23 pm

    wah blog nya interaktif bgt,berguna buat saya yg msh pemula dlm perkelincian.
    Saya mau tanya nih, saya punya sepasang fuzzylop kira2 umur 6-7 bln.dari awal beli umur 3 blnan disatuin dlm 1 kandang. Nah tgl 20 september kmrn sy lihat mereka seperti kawin, dan setelah itu beberapa hari berikut tetap bertingkah sprti itu tapi si betina lari terus dan bersuara nguk nguk nguk,tdk sprti tgl 20 si betina diam saja saat dinaiki. Bahkan smpat sy lht mlh betina yang menaiki sijantan.
    sekarang sy pisahkan.
    Pertanyaan saya apakah klinci saya hamil? Karna ada beberapa perubahan seperti si betina lebih galak skrg dan takut saat mw di pegang. Saat sy kluarkan dr kandang,dia mncari sudut dan brusaha mengeruk2 (krna keramik jd ga bisa,hehe). Trus saya ga pernah mlihat dia mncabuti bulu,tapi saya lihat di sisi kandang byk bulu nya,ga sprti wktu msh saya satukan kandangnya dgn jantan.
    Apakah klinci saya hamil? Krna sy ga bs meraba bagian bwh perutnya.. Trimakasih…

  31. Haryogi Suyatno 11 Oktober 2010 pukul 3:56 am

    Yang repot memang kalau betinanya yang jauh lebih agresif, kaminya yang deg-degan, ada solusi jitu ga pak

  32. Kabar Kelinci Indonesia 18 Oktober 2010 pukul 5:19 pm

    agresif tidak jadi masalah. Itu harus disyukuri karena minat kawin tinggi. Tinggal atur saja siklus kawinnya. Supaya tidak agresif kawin jangan sandingkan betina dan jantan berdampingan.

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 145 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: