KELINCI UNTUK HARI ESOK YANG LEBIH BAIK

rendah lemak, rendah kolesterol, populasi cepat, dahsyat!

Saat hendak melahirkan


Saat hendak melahirkan kelinci nampak gusar dan gelisah. Mereka merasakan perutnya bergerak-gerak. Tanda-tanda ini dibaca oleh sang induk sebagai bahwa sebentar lagi akan terjadi kelahirkan. Biasanya kelinci melahirkan antara umur 28-34 hari. Namun kebanyakan kelinci melahirkan pada usia kandungan 29-30 hari. Masa-masa hamil membutuhkan perhatian khusus. Minggu pertama setelah kawin peternak harus memperhatikan pakan yang baik, yakni rumput, sayuran dan pellet. Jangan sampai telat air minumnya.

dsc03138.jpgdsc03122.jpgPelet harus tersedia siang dan malam. Jangan sampai kotak makanan kosong sama sekali. Sayuran setengah kering diberikan sedikit pada siang hari. Sorenya diberikan rumput sebesar badan kelinci. Usahakan malam harinya, sekitar jam 10 atau jam 11 diberi tambahan rumput atau umbi, wortel, atau bisa juga ketela pohon. Kelinci hamil seperti halnya manusia. Banyak keinginan untuk makan. Karena itu supaya anaknya sehat dan pola menyusuinya bagus pakan tersebut harus dipenuhi. Selama masa kehamilan kelinci biasanya gelisah dalam tiga periode, yakni minggu pertama dengan membesarnya janin. Minggu kedua bergesernya janin, dan minggu akhir, 3 hari sebelum melahirkan.

Pada usia kandungan 27 hari usahakan sudah tersedia kotak untuk calon jabang bayi. Berikan jerami secukupnya agar Induk merasa tenang. Jika kotak tidak diadakan, induk akan merasa stress berat karena ia merasa khawatir tidak bisa melindungi anak-anaknya. Hal lain yang harus diperjelas adalah pemenuhan minum. Orang bilang kelinci cukup mengonsumsi kandungan air yang ada dalam rumput. Mereka berasumsi rumput mengandung 80% lebih air sehingga tidak perlu diberikan minum. Ini pola pikir kebanyakan yang sembrono dan ngawur. Memang benar kadar air rumput sudah banyak, namun sebagai makhluk hidup kelinci juga butuh minum. Analoginya, cukupkah manusia hanya mengonsumsi air dari kuah sayuran?

Jelas tidak. Kelinci juga butuh minum. Untuk kelinci yang tidak hamil cukup ½ gelas perhari. Sedangkan kelinci hamil membutuhkan 1 gelas perhari.

Anak kelinci yang lahir dari induk sehat dengan mengonsumsi air secara baik akan terjamin kesehatan dan kekebalan tubuhnya dibanding anakan induk yang tidak diberikan air. aat-saat menjelang kelahiran, induk akan mencabuti bulunya. Biarkan saja. Usahakan saat hendak melahirkan jangan dilihat terlalu dekat karena akan menimbulkan kekhawatiran anak-anaknya dimangsa manusia. Karena itu persiapan sebelum melahirkan harus dipenuhi secara baik sehingga kita tidak perlu khawatir adanya anak yang kejepit dikandang atau ketidaknyamanan kandang. Setelah 5 menit melahirkan, berikan air segar dan sayuran. Perlu diketahui, Induk setelah melahirkan akan mengalami dehidrasi dan rasa lapar yang hebat. Karena itu berikan perhatian dengan sayuran, wortel dan minuman, syukur ditambah vitamin. Berikan kasih sayang dengan cara mengelus-elus kepala dan badannya saat sang induk makan. Tapi jangan coba-coba memegang anak-anaknya yang baru lahir, sebab sang induk akan marah dan cemas. Usahakan kalau terpaksa harus mengatur anak-anaknya karena jatuh dari kandang atau kejepit jangan pakai tangan kosong. Pakailah plastik yang bersih atau koran. Sebab jika daging sang anak bau tangan manusia ada sebagian induk yang enggan menyusuinya.(Bersambung)

Farid

About these ads

71 responses to “Saat hendak melahirkan

  1. aLay 2 Januari 2008 pukul 3:03 am

    itu klo kelinci yak..
    oia..ada gak ya foto kelinci yang pas detik2 ngelahirin?

  2. eka 25 Januari 2008 pukul 10:39 am

    kelinci saya belakangan ini tidur mlulu!!! ciri-ciri hamil bukan? minumnya jg banyak banget!!! oya klo ngasih minum yang gampang pake botol minum khusus hewan aja tersedia di pet shop!!!

  3. peppy_crb 5 Februari 2008 pukul 1:42 pm

    to. pembaca

    sebagai petenak pemula mohon bantuan informasinya,baik penanganan penyakit, makanan serta obat-obatan pendukung budidaya kelinci.

    to. kang dimas di lembang mohon informasi lengkap harga kelinci usia 3 bln untuk jenis Flem, dutch,new zewland,dan F1, sekarang saya punya 14 ekor indukan dan diantaranya ada satin 2 ekor.
    ditunggu balasannya.

    peppy_crb
    085295520981
    email. tani_asik@yahoo.com

  4. eka aulia 9 Februari 2008 pukul 9:22 am

    Kalo kelinci yang habis melahirkan kira2 harus dikasih vitamin jenis apa ya?
    truz kalo kelinci2 supaya sehat dikasih vitamin apa, sama kah jenis vitamin untuk kelinci yang habis melahirkan dengan yang tidak, mohon bantuannya

  5. Rusli 15 Maret 2008 pukul 2:49 pm

    kelinci cew gw tadi sore br siap lahirin aza. jadinya skrg induknya lagi mencret, jadi tuh induknya boleh dikase marukan gak? soalnya biasa kalo mencret dikase marukan 2-3hari pasti sembuh, tapi ini kan baru lahir aja.. tolong dijawab secepatnya ya, mas farid. Thx banget!!

  6. silvia 10 September 2008 pukul 6:07 am

    oia, gw mw tanya nich……………..
    kelinci cew yang layak hamil usia na brp bulan yach……..????
    cz klinci cow na dah siap kawin dan slalu klo gw perhatiin, cow na ngejar2 mlulu………

  7. gracia 12 September 2008 pukul 6:26 am

    saya punya kelinci betina, ketika ia telah melahirkan,ia tidak mau menyusui anaknya???saya hampir kewalahan harus memaksa dgn memegangi bdanx,dan anaknya pun mendpt asi dr induknya,namun itu hanya sementara,hari2 brikutx induknya tidak mau menyusui anaknya lagi//gmn y???

  8. komar 5 Januari 2009 pukul 4:55 am

    Punyaku saat melahirkan anak2nya mati, terus yang hidup warnanya pucat, dan hanya bertahan sekitar 2 hari,kira2 apa penyebabnya dan bagaimana cara mengatasinya

  9. Anshari 16 Januari 2009 pukul 7:08 am

    oya mas bang ato apalah mau dikata!
    aku punya kelinci dia baru 2minggu lalu aku kawinkan n mulai merontokkan bulunya apakah hamil? n kalo hamil gimana cara mendeteksinya.kasi tauy dunks biar gak penasaran…………….!

  10. febby 27 Januari 2009 pukul 2:52 am

    wah cepat sekali ya lahirnya 30 hari udah borojol he3

  11. wisnu 3 Februari 2009 pukul 2:08 pm

    saya sedang mencoba ternak sekarang ada 15 indukan,ada salah satu kelinci yang terserang flu,apa sebabnya?

  12. wisnu,jasinga bogor 3 Februari 2009 pukul 2:13 pm

    jenis rumput apa saja yang cocok buat kelinci,rumput apa yang bisa dibuat hay?

  13. yassin el_barbasy 4 Februari 2009 pukul 2:27 am

    mas kelinci,…
    eh…maksud saya sang pecinta kelinci,
    dalam dunia kelinci,ada ga istilah kelinci melahirkan yang belum waktunya(premature)…???
    trus kalo ada,
    apa penyebabnya juga resikonya?
    kalo sdh terjadi…..
    langkah apa yang harus ditempuh supaya bayi kelinci bisa selamat….
    KARENA….
    kelinci holand saya melahirkan 7 ekor bayi,tapi smuanya ga ada yang selamat…..
    saya malah ikut2an stress…
    oh iy@….
    tadinya saya ga tau kalo kelinci saya sedang hamil,karena baru saya beli seminggu yang lalu,terus selama itu sering dikeluarin dan masukin kandang dengan cara dipegang dan diangkat…..
    terus suatu saat saya kawinkan kelinci saya(malah saya sempet panggil pak mudin dan penghulu)
    5 menit setelah saya kawinkan,tiba2 kelinci melahirkan,…tapi anak yang keluar dari rahim sudah almarhum smua(mati dalam kandungan)……
    NAH LO…..
    kira2 apa penyebab dari kematian kelinci saya yah???
    trus untuk kedepannya,langkah apa yang harus diambil untuk merawat kelinci hamil….??
    KARE coz….
    saya masih punya 4 kelinci holand yang lagi hamil….

    OH yes..!!!!
    bagi pecinta kelinci mania….
    saya punya anakan kelinci yang siap JUALLLLLLL
    ada
    5 ekor anggora inggris
    9 ekor white new zeland
    7 ekor flamish giant….DAN….
    18 ekor rex three colour

    bagi yang berminat…….
    sumonggo kontex2 saya di 081391806000
    ATAU
    fresh_shandy@yahoo.co.id
    mas kelinci…
    eh salah lagi….
    mas yang pecinta kelinci(asal jangan kawin ama kelinci aja yah…)
    mohon jawab dan balas pertakonan saya via E_mail saya yah……..
    DITUNGGU……………….!!!!!!!!!

    TARARENGKYU….

  14. jeffri 4 Februari 2009 pukul 6:52 am

    Saya juga punya koleksi kelinci hias siap jual dan lucu-lucu. Buktikan dengan mengunjungi ke:
    http://indonetwork.co.id/result.html?search_for=kelinci&search_cat=all&subcat=&owner=244356

  15. arsen 11 Februari 2009 pukul 8:29 am

    saya punya kelinci perempuan, udah disatuin sama yang jantan tapi kok blm melahirkan?, beberapa lama kemudian kelincinya bulu sedikit botak!, itu kenapa ya?

  16. Wisnu Djati Prasodjo 15 Maret 2009 pukul 1:19 am

    Aku punya kelinci, baru aja melahirkan. Tp kok saya liat kelinci yang besar nggak pernah nyusuin yaaa. Anaknya ada 8. Apa dia menyusuinya pada waktu malam hari.Waktu saya tidak melihatnya. Kalo ada yang tahu tolong segera kasih tahu dong. Biar yang kecil nggak mati. Soalnya saya maunya bayi kelinci ini cepat besar.

  17. Kabar Kelinci Indonesia 15 Maret 2009 pukul 4:53 pm

    Pak, mengelola kelinci itu agaknya membutuhkan pengetahuan yang detail. Masalah seperti itu juga sangat kasuistis, tidak bisa dijawab dengan satu jawaban karena latar belakang masalahnya berbeda-beda. Bisa saja karena kelinci anda kurang gizi, kurang minum atau karena sejumlah sebab lain. Supaya detail sebaiknya Anda saya sarankan membaca pedoman peternakan melalui buku-buku yang lebih serius. Maaf, hal seperti itu sulit dijawab, mengatasinya harus tahu latarbelakang masalahnya.

    salam
    dodi

  18. chou 11 April 2009 pukul 2:46 am

    mas knapa klinciQ g”mw mlahirkan dlm kotak?padahal udah tak kasih kotak tp klo nglahirin dluar so anakx mati kdinginan

  19. chou 11 April 2009 pukul 2:49 am

    gni kan udah tak kasih kotak tp klo buat sarang slu d sbelahe kotak.sarang tak pindah dkotak tp sama induk dpindah dluar lg qsampek pusing

  20. Kabar Kelinci Indonesia 11 April 2009 pukul 6:39 am

    Kalau paham betul kondisi kelinci hendak melahirkan tidak akan kejadian itu. Sayang anda tak ceritakan kondisi kandang dan induknya. Induk melahirkan pertama belum cerdas, terkadang tidak mengeluarkan bulu.
    Karena saya tidak melihat situasi sceara langsung ya tidak bisa memberikan solusi secara tepat. Paling2 karena kotaknya tidak nyaman.Atau bisa jadi kandangnya juga tidak nyaman.

  21. chou 13 April 2009 pukul 2:34 pm

    ukuran Kandang udah standart kok koktak juga udah bgus udah buat sarang,padahal udah pernah nglahirin y induknya cerdas tp kli ini kok gtu bingung jadinya kelincinya tmenQ peternakan kemaren jggtw udah hampir 2th dy merawatnya baru kli ini jg ngalihirin diluar kotak.oh y harga anakan buat disetorkan berapa?oh y harga kelinci buat disembelih /kgnya berapa yy?

  22. Pingback: klinci saat hendak melahirkan « Bejonewong’s Blog

  23. Prast 5 Mei 2009 pukul 5:30 pm

    Tanda tanda kelinci bunting semu gimana ya?

  24. cha 10 Mei 2009 pukul 4:37 am

    mas..kelinci aq br aj melahirkan td mlm…ad 5 bayi kelinci..dan semuanya hidup..
    tp yg skrg aq khawatirin tu induknya gmw nyusuin…
    ini emang proses ngelahirin pertama bwt dy…aq bnr” khawatir stlh baca d bbrp website spt ini bahwa ada kemungkinan klo induk gmw nyusuin anak”nya salah satunya karna dy blm berpengalaman..duh…gimana donk…aq mw anak” kelinciku itu ttp hidup..aq mw lyt gmn jadinya kawin silang antara angora english sm papilon…
    kelinci pasca melahirkan it pasti ada air susunya kn mas?? help me please.. >,<

  25. Cubang 11 Mei 2009 pukul 9:20 am

    Mas, kelinci saya khn dah mlhrkan! Trus d pisahin ma indukny stelah brp bulan?

  26. Mathori 13 Mei 2009 pukul 10:24 am

    waduh, sudah ternak kok belum paham? bahaya itu. kasihan kelincinya kalau salah urus. Kang, belajar yg lengkap. Kalau soal pemisahan anak saja belum tahu pastinya kerumitan yg lain juga belum tahu tho? baca buku dan tanya langsung ke peternak yg sudah pengalaman.
    Anak kelinci minimal boleh dipisah dari induk kalau sudah 37 hari. Bisa tetap dicampur sama induknya sampai 2,5 bulan. Tapi awas jangan sampai upek-upekan di kandang, ntar gampang kena penyakit.

  27. aji 23 Mei 2009 pukul 12:01 pm

    ciri2 kelinci hamil gimana mas
    lo hamil anaknya paling banyak berapa

  28. zEin 12 Juni 2009 pukul 11:23 am

    kelinciku kalau melahirkan kok disembarang tempat?

  29. wicaksono 23 Juni 2009 pukul 7:02 am

    kelinci saya sdh 2 kali melahirkan tp kok langsung mati, kenapa ya. kandang sdh ada kotaknya, kl jerami kering diganti rumput kerinh untuk sarang bisa ga ? . Tks

  30. daniels PS MINGGU 26 Juni 2009 pukul 7:52 am

    kalau kelinci hendak melahirkan hendaknya kita tenang,apabila beranaknya tidak pada kotak segera angkat anakan dengan menggunakan kain atau sarung tangan atu hubungi budan terdekat atau dukun beranak…he.he.he

  31. daniels PS MINGGU 26 Juni 2009 pukul 7:57 am

    kalau kelinci hendak melahirkan hendaknya kita tenang,apabila beranaknya tidak pada kotak segera angkat anakan dengan menggunakan kain atau sarung tangan atau hubungi bidan terdekat atau dukun beranak…he.he.he

  32. popy 17 Juli 2009 pukul 7:22 am

    pak mo nanya nih…
    tadi pagi kelinci ku lahiran 4 ekor tapi semua telinga anaknya d gigit ma induk, alhasil semuanya ga punya telinga…
    itu termasuk wajar ato gimana pa ??
    behubung in pertama kali saya jd agak panik, mohon masukannya ya pak…

  33. iffa 17 September 2009 pukul 6:27 am

    Kelinci saya baru saja melahirkan 5 anak, yg satu sudah keburu mati tadi pagi..krn ternyata si ibu kelinci tidak mau menyusui anak2nya… dia cuek bebek saja dan tidak perduli.

    Tolong masukannya tindakan apa yg harus saya lakukan, apa si kelinci2 kecil bisa diberi susu biasa pakai pipet / sedotan.

    Ditunggu sekali informasinya, karena anak2 saya sudah keburu jatuh cinta dgn bayi2 kelinci tsb dan saya tidak ingin mereka kecewa krn bayi kelincinya pada mati…

    Terimakasih,

  34. tun 11 Oktober 2009 pukul 1:22 am

    wah! kl gt kelinci gw yag udah punya anak hr di kasih makan &minum dong? wah , repot nih !

  35. ican 11 Oktober 2009 pukul 5:22 am

    blh engga saya minta tips cra mrawat anak klinci
    trimakasih

  36. roni 14 Oktober 2009 pukul 3:04 pm

    pak mau nanya, kemarin kelinciku melahirkan tapi induknya tidak mau menyusui. tolong dong kasih solusinya ?
    strees gue ..
    sudah 2x melahirkan , pertama bertahan 2 hr. kedua melahirkan 6 bayi mati 2 tinggal 4. induk tidak mau menyusui.
    pusiiiing gue nih.

  37. tiara fethrina aulia 23 Oktober 2009 pukul 1:34 pm

    mas… kelinciku …
    ga tau dah hamil ato blum abis nya cwo nya ngejar – ngejar terus … eh mala yang cwo gigit leher cweknya….
    terus klo ciri-ciri kalinci hamil apa…. ??
    jawab …..!!

  38. V-3 4 November 2009 pukul 8:29 am

    Pak…gw punya kelinci cwe ma cwo…umurnya kira-kira dah 8 bulanan…tyap hari gw keluarin tu kelinci dari kandang…gw mo nanya,koq tyap gw keluarin..yg cwe slalu buat lubang dit4 yg sama?sampe kayak lubang tikus..dalemm banget…sampe gw ga’ bisa ngambil…truzz kalo dideketin ma cwo-nya,lari trus ke lubang yg dy buat…sebenernya yg cwe dah dikawinin ma cwo nya…apa itu tanda-tanda bahwa si cwe hamil?

  39. Kabar Kelinci Indonesia 4 November 2009 pukul 8:39 am

    belum baca teori dasar pemeliharaan kelinci ya?
    Kelinci betina atau pejantan butuh rumah berlindung. Manakala di alam bebas otomatis harus punya galian untuk tidur atau melindungi diri. Itu watak bawaan.Tidak hamil pun pasti mempersiapkan galian. Kalau pejantan biasanya cukup mencari tempat berlindung, tetapi terkadang jg harus menggali. Lari ke lubang ya itu tandanya dia ingin sembunyi, bahkan bisa jadi sudah hamil. Periksa serius. Tanda2 kehamilan? aduh…panjang deh. Yg serius memeliharanya, kasihan nanti. Mosok belum tahu tanda2 hamil. Sayangi peliharaanmu dengan ilmu yg bener. Tidak cukup dijelaskan disini, sebaiknya belajar pakai referensi yg banyak.

  40. Kabar Kelinci Indonesia 4 November 2009 pukul 8:41 am

    aduh….hamil itu kalau sudah dikawinkan. seminggu juga sudah kelihatan. raba saja bagian perutnya. ada bulatan2 anaknya tidak? 20 hari kehamilan biasanya menonjol.

  41. Kabar Kelinci Indonesia 4 November 2009 pukul 8:43 am

    @ RONI: ya stress krn anda tidak memakai ilmu. Kalau asal-asalan serba pusing begitu. Pelajari dari buku kelinci biar jelas.

  42. annisa 11 November 2009 pukul 11:28 am

    aduuh , gimana ni si induk kelinci ga mau nyusuin anaknyaa ?
    malah di diemin aja , cuek bebek !

    huh :(

  43. Alvi 18 November 2009 pukul 2:20 pm

    Saya punya kelinci udah ngelahirin tapi gak mw disusuin gimana donk? Padahal udah ditaruh dikotak!

  44. Kabar Kelinci Indonesia 18 November 2009 pukul 3:19 pm

    astaga. Pertanyaan tidak mau menyusui ini muncul hampir setiap hari. Waduh, cari buku panduan atau nyari materi di google, bahasa inggris deh…..capek nih.
    kenapa sih kalau mau memelihara tidak mau pakai ilmu dulu? baru kalau sudah ada masalah bingung? gimana mau sukses dong.
    Kok tahu tidak mau menyusui? Memang dari sore sampai subuh Anda lihat terus kelinci? menyusui itu ada jamnya, biasanya jam 9, bisa jadi jam 11, bisa pula menjelang subuh. Dan waktunya juga hanya 2-3 menit.

    sudah tahu larangan tidak anak kelinci tidak boleh dipegang pakai tangan kosong belum?

    ayo belajar yang bener.

  45. joki 25 November 2009 pukul 4:11 pm

    kayak nya flem bisa buat bisnis ni

  46. ardi 29 November 2009 pukul 9:31 am

    ku pnya klinci yg baru melahirkan v indukx ga mau menyusui anakx.tlng solusix?

  47. Kabar Kelinci Indonesia 29 November 2009 pukul 1:24 pm

    baca yg telaten, sudah puluhan jawaban di sini. coba sedikit telaten cari-cari di situs ini. Memang anda nungguin dari magrib sampai subuh sehingga tahu bahwa induk tidak menyusui?

  48. Kabar Kelinci Indonesia 29 November 2009 pukul 1:36 pm

    Induk Tidak Mau Menyusui?
    Ini adalah pertanyaan yang sering muncul bagi pemelihara pemula. Kebanyakan mereka bingung karena satu hal, tidak mau mencari pengetahuan terlebih dahulu sebelum memelihara kelinci. Akibatnya saat masa kelahiran didera kebingungan.
    Anehnya, pertanyaan itu tidak disertai penjelasan latar belakang kenapa induk kelinci tidak mau menyusui. Akibatnya, pengelola situs ini maupun di fesbuk susah menjelaskan.
    Sebaiknya berikut ini diperhatikan.
    Induk kelinci menyusui itu ada waktunya. Biasanya pada jam-jam tertentu, bisa jam gelap datang (18:00), bisa pula jam 20:00, bisa pula menjelang subuh. Pokoknya pada jam malam, dan hanya sedikit yang menyusui pada siang hari.
    Setelah melahirkan, induk memang seolah-olah cuek dengan anak-anaknya yang berjempalitan di kotak. Saat melahirkan pagi atau siang hari terkadang induk menyusui setelah beberapa jam kemudian, untuk kemudian diulang pada malam hari, tetapi ada kalanya yang menyusui langsung malam harinya.
    Jadi pertanyaan mengapa induk kelinci tidak mau menyusui itu perlu diperjelas, apakah benar-benar tidak mau menyusui? Jangan terburu-buru menyimpulkan tanpa mengenal karakteristik perawatan induk kelinci terhadap anak. Beternaklah dengan kaidah supaya tidak salah arah.
    Bagaimana jika memang Induk tidak mau menyusui dengan bukti anak-anaknya pada mati? Kemungkinan tiga hal.
    1. mastitis 2), keringnya air susu karena kurang gizi (karbohidrat dan serat), dan 3) karena disebabkan stress, biasanya disertai kanibal.

    Untuk menyelamatkan semuanya, masa kehamilan harus dirawat secara baik, pasokan serat (rumput), gizi (wortel) dan konsentrat harus bagus. Ini dari sisi pakan. Dari sisi lingkungan harus tertib, jangan berdekatan dengan hewan pemangsa, banyak kunjungan orang atau berisik sehingga induk merasakan ancaman.

  49. Rika 3 Januari 2010 pukul 8:19 am

    Aqu mau tanya donk,,,kelinci saya kan habis melahirkan,,, anak nya sudah disusui dengan induknya tapi dengan cara induknya saya pegang dan anaknya pun begitu saya pegang, krena kalau disatukan trinjak”, jadi saat ini induknya di kandang sendiri,, dan anaknya dikandang sendiri”,,,,yang akan saya tanyakan apakah anaknya akan sehat ?? kalau anaknya dipisah dengan induknya,,, dan mata anak kelinci yang baru lahir kapan akan terbukanya ?? krena sudah berumur satu hari matanya masih blum terbuka,,

  50. Kabar Kelinci Indonesia 3 Januari 2010 pukul 11:43 am

    banyak pertanyaan seperti itu dan kami mulai curiga bahwa bukan kelincinya yang bodoh menginjak anaknya melainkan karena pemeliharannya kurang beres. Ukuran kotaknya gimana? Kalau sekedar induk masuk laku menginjak sebentar itu lazim. menjadi tidak lazim ketika terinjak kemudian induk tidak bisa mengubah posisi kakinya karena kotak terlalu sempit. Kalau sudah mau menyusui begitu ya sudah biarkan saja dirawat induknya. Kita ini kadang terlalu meremehkan kasihsayang induk krn menganggap kelinci tidak punya akal, padahal di situ bukan soal akal, tapi naluri kasihsayang yg main.

  51. iwan diatama 30 Januari 2010 pukul 2:38 pm

    wah kbtulan kelinciku br mlhirkan nih,pertama induknya kulepas trus melahirkan d lobang karena kasihan kupindah ke kandang satu persatu tlong dong gimana solusinya kan udah bau tanganku,yang tadinya 8 ekor tinggal 7 karena indknya gamau menyusui,tlong dong scpatnya kasih tau solusinya, thank’s bfore….

  52. Kabar Kelinci Indonesia 30 Januari 2010 pukul 3:12 pm

    minta tolong apanya? masalahnya kenapa dilepas itu lho. Ini kan jadi persoalan. Lagian kenapa tidak pakai koran atau tisue? karena sudah terlanjur ya mau apa lagi. Tinggal doa, semoga selamat. Kok tahu induk tidak mau menyusui? itu darimana? kalau sudah tahu tidak mau menyusui pastinya Anda tahu solusinya bagaimana.

  53. fara 12 Februari 2010 pukul 3:55 am

    gini,,,q mau tanya nicch..kelinciQ kmrn tau2 melahirkan 6 ekor,,,trus sebelumY dah q kasih rumput,,,tp rumputY malah diorak-arik indukY dan dimakan,,,trus q kasih kotakan dan q beri jerami,,,malah kotakan tersebut diorak-arik lg,,,akhirY kotakan tersebut q keluarin,,,trus cm tak ksih jerami di kandangY…dan sekarang anak tersebut tergeletak di atas jerami itu tnp kotakan…trus indukY biarin anakY gt aja ga disusui….pertanyaan q,,,apa bayi kelinci itu aman (ga kedinginan)? tp klo mlm kandangY q tutup dgn kain kok,,trus indukY ntr kira2 nyusui ga ya….kataY klo nyusui sekitar mlm hari ya…..tp q kasihan bgt klo anakY ga disusui coz indukY lum pengalamn melahirkan gt….(kandangY terbuat dari besi bolong2 kecil dan beralaskn papan). trims…

  54. Kabar Kelinci Indonesia 12 Februari 2010 pukul 10:09 am

    baca dulu artikel2 itu. Kami sudah menjelaskan banyak hal soal induk menyusui.

    Induk makan rumput itu harusnya Anda senang. Mau makan. Bayangkan kalau gak mau makan. 3 hari pasti mati.
    Dimakan karena induk lapar dan masa melahirkan butuh banyak pakan.
    Masukkan lagi kotaknya. Taruh jerami lagi, dan pindahkan anaknya ke dalamnya. Kalau Anak sudah dimasukkan dalam kotak induk gak bakalan memindahkan lagi.

  55. bagus hanggoro 23 Februari 2010 pukul 1:03 pm

    biasanya harganya relatif .ya…. kalau beli di bredernya langcung mungkn lebih murah . kalau di tempat saya haarganya berkisar 150000 untuk satu pasang umur 4 bln

  56. bagus hanggoro 23 Februari 2010 pukul 1:06 pm

    gila lu ye masak klinci baru uumur 2 minggu lo kawinin ma yng besar . untung gak mati n masih rontok bulunya . biasanya bulu rontok tu tandanya kelincimu mau melhirkan

  57. bagus hanggoro 23 Februari 2010 pukul 1:07 pm

    munkin kotaknya terlalu kecil atau kurang teduh

  58. bagus hanggoro 23 Februari 2010 pukul 1:08 pm

    setelah umur 2bulsn

  59. bagus hanggoro 23 Februari 2010 pukul 1:10 pm

    itu mungkkin kamu gak kasih tempat khusu buat si kelinci buatin aja kotak bervjuran 50×50 taruh ditempat teduh dan jangan di tempat terbuka

  60. Julius Sitorus 10 Maret 2010 pukul 2:41 am

    Saya mau bertanya, bagaimana pendapat Anda jika sepasang anak kelinci dirawat bersamaaan? Apakah ada efeknya??

    @ kelinci saya akhir2 ini agak gelisah karena belakangan ini saya pernah lihat kalo kelinci saya sudah kawin. Saya pun lihat kalo akhir2 ini kelinci saya yang betina, nafsu makannya sangat baek. Yang mau saya tanyakan, apakah kelinci betina harus dipisahkan dari kelinci jantan mengingat kelinci betina sudah menunjukkan tanda-tanda kehamilan??

  61. Kabar Kelinci Indonesia 10 Maret 2010 pukul 2:45 am

    hamil atau tidak hamil kalau sudah di atas 4,5 bulan wajib dipisah. Sebab kalau disatukan akan terjadi beberapa hal. 1) perkelahian antara jantan dengan jantan, maupun betina dengan betina. 2) jika betina dan jantan disatukan kita sulit mengontrol perkawinan. Terlebih kalau sudah hamil, maka betina bisa stres dan tidak sangat buruk bagi kelahirannya. 3) kalau sudah melahirkan anak-anak kelinci bisa diinjak-injak pejantan. Jangankan mencampur, sekedar menyandingkan antara betina dengan jantan berdekatan saja seringkali induk terganggu karena kebutuhan seksual pejantan yg terus menerus. Usahakan pemisahan juga berjauhan supaya betina tidak terganggu. Kalaupun berdampingan jangan banyak lubang sebab pejantan sering menggebrak-gebrak kaki untuk mengajak seks dan itu menganggu betina yg hamil atau menyusui. Segera pindahkan. Sebab nanti kalau terlalu banyak memindahkan betina saat kehamilan ia tidak akan nyaman. Kalau sudah nyaman jangan pindah2. Siapkan kotak sarang pada umur kehamilan 25 hari.

  62. muhklis 23 April 2010 pukul 12:38 am

    ass….mas aku mau nanya nich…aku punya kelinci betina…aku rasa kasihan ma betinanya jadi aku belikan kelinci jantan…yang jadi msalah…kelinci betina agak lebih besar dari pada kelinci yang jantang ga beda jauh sih besarx,,,cuma beda dikit aja postur tubuhnya…waktu pertama gabungkan antara kelinci betina sama jantan…kelinci yg jantan naiki betinanya terus…terkadang yang betina juga yang naiki jantangnya….jadi bingun nech mas itu maksudny apa yach,,,..terus kalau aku pegang perut si betina dia kadang meronta,,,
    ada lagi nech mas,,sorry yach mas aku kebanyakan nanya nich..aku punya kelinci betina warna putih,,,matanya merah,,yang kelinci jantan warna hitam campur putih matanya hitam,,.kira2 tipe kelncinya apa yach mas…ada ge nech mas,,,kelinci yang jantan ko biji alat kelaminnya cuma satu seh,,,bisa kawin dengan sempurna ngak yach,,,sorry yach mas bru pemula pelihara kelinci nech,,terima kasih sebelumnya,,,

  63. Kabar Kelinci Indonesia 23 April 2010 pukul 2:42 pm

    dalam hal seks, tunggang menunggang tidak usah ribet. Laki-laki atau perempuan sama saja. masing2 bisa menunggangi bukan? hehe…
    namanya juga cumbuan. Soal warna tidak menentukan untuk menentukan jenis apa itu. Kalau tidak melihat fotonya secara jelas sulit.

  64. muhklis 26 April 2010 pukul 5:02 am

    mas aku mw nanya lagi nech….2 hari yang lalu aku beli kelinci jantan,,,,terus aku lepas betinanya dari kandang,,,sengaja biar kawinnya juga enak…bisa lari2 gthu,,,yang aku tanyakan kelincinya sudah kawin sampai 5 kali dalam sehari itu,,,trus langkah apa yng harus di lakukan apa kah harus di pisahkan ato tetap di satukan aja sampai masa melahirkan…ada lagi nech kok kelinci betinanya malas makan yach setelah kawin padahl dlu tidak sperti itu,,tks…

  65. Kabar Kelinci Indonesia 26 April 2010 pukul 10:05 am

    wajib dipisah. Disatukan terus akan menyiksa betina karena daya seksualitas jantan terus. Kalau terus dibiarkan menyatu akan tersiksa. Soal malas makan bisa disebabkan stres atau terkena penyakit. Stres juga sangat berpotensi mengakibatkan penyakit pencernaan.

  66. rach 1 Mei 2010 pukul 7:46 am

    maw tanya ni mas..
    klo kelinci ga mau menyusui, boleh ga kita yang kasi susu ke kelincinya(pake pipet isi susu cair bendera)?

    sebagian besar orang berkata : kelinci jantan dan betina harus di pisah supaya pejantan tidak mengawini betinanya terus menerus.
    lantas bagaimana dengan kelinci yang ada di alam bebas? mereka pasti kan berdampingan. ga ada campur tangan manusia yang misahin mereka..
    tolong tanggapannya ya..

    seperti halnya manusia yang selalu ingin ada pendampingnya, saya rasa itu seharusnya juga berlaku pada kelinci..(klo di pisah,ntar kesepian..)
    thx

  67. Kabar Kelinci Indonesia 2 Mei 2010 pukul 5:15 pm

    susu hewan lain beresiko. Oleh karena itu dalam memelihara kelinci sebaiknya dalam jumlah banyak, atau punya tetangga yg juga memelihara kelinci sehiangga saat anak mati ditinggal induk bisa dititipkan. Perkawinannya pun harus dijadwal bersamaan supaya nanti bisa saling tolong menolong.

    kelinci mau jantan mau betina kalau sudah lewat 4 bulan wajib dipisah. Bukan hanya soal kawin, tetapi berantem juga. bahaya itu.
    kelinci di alam bebas punya kebebasan, termasuk untuk lari. Mereka punya kelompok2 sendiri. Kelinci betina saat musim hamil dan menyusui menjauh dari pejantan. Kelinci domestik mesti diatur karena banyak hal yang mana lingkungan kita tidak mendukung untuk gaya hidup alam liar.
    Pemisahan tidak berarti kesepian sebab kandang berdampingan. Apalagi untuk pemisahan anak dari induk, wajib berdampingan dengan lobang yg agak lebar.

  68. Julius Sitorus 8 Mei 2010 pukul 7:08 am

    Terima kasih atas jawabannya yang kemarin,,,
    Tpi aku mau tanya laage,,,

    kmarin aku baru beli kelinci anggora dan english spot yang betina,,,
    karena kelinci jantan aku sudah punya jenis dutch coklat
    yang mau aku tanya ,, apakah kelinci dutch coklat dapat kawin dengan kelinci anggora dan english spot betina?????
    Terima kasih

  69. Kabar Kelinci Indonesia 9 Mei 2010 pukul 3:50 am

    tidak ada larangan. semua kelinci bisa dikawinkan. masalahnya nanti hasil keturunannya itu yg berabe kalau tidak memakai kaidah. Kalau sekadar untuk pedaging maka yang penting perkawinannya menarget penghasil daging. tapi untuk penghasil bulu dan jenis anda harus berpikir ulang.

  70. rio 14 Oktober 2010 pukul 7:10 am

    klinci tu y…klo mw mlahirkan cma d ksi kotak aja. gk usah d ksi jerami y

  71. Kabar Kelinci Indonesia 18 Oktober 2010 pukul 5:12 pm

    Tanpa jeramin atau rumput kering itu menyiksa. Pakai ukuran kelaziman. Kalau gak dikasih ya tetap saja melahirkan. Tapi itu memaksakan kehendak.
    Jerami itu penting karena tidak setiap induk bisa merontokkan bulu secara maksimal. Secara psikologis sang induk harus mengamankan anak-anaknya.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 140 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: